”Untuk dapat memiliki teman, maka jadilah seorang teman”

Mungkin demikian yang selalu dinasihatkan orang tua kepada kita. Dan ini mungkin juga merupakan saran terbaik buat kita sebagai bekal dalam hidup berdampingan dengan tetangga.

Merekalah yang ada di sekitar kita ketika suatu saat kita membutuhkan mereka.

Berikut ini adalah Tips menjadi –dan mendapatkan- tetangga yang baik :

1. Perkenalkan diri.

Jika Anda belum mengenal tetangga Anda, maka ada baiknya Anda berkeliling dan memperkenalkan diri Anda (dan keluarga Anda).

Kenali nama mereka, memiliki berapa anak, atau hobi mereka.

Cobalah untuk menanyakan pertanyaan yang bersifat umum jangan pertanyaan2 personal yang khusus atau kontroversial.

Atau jika mereka mempersilahkan Anda masuk ke rumah, sampaikan apresiasi Anda tentang suasana rumahnya –yang bersifat positif.

2. Buat Catatan.

Ketika Anda telah sampai rumah, buatlah catatan singkat (rangkuman) hasil percakapan Anda semisal tentang pekerjaan, hobi –kalau mungkin hari ulang tahun- mereka.
Sehingga Anda akan dapat selalu mengingatnya, tanpa harus menanyakan ulang kepada mereka.

3. Senyum Ramah.

Selalu menyapa mereka dengan senyum dan teguran yang ramah. Misalnya, sapa mereka dengan “Baru pulang nih bos?” atau “Pagi bu, momong si kecil nih”.

4. Sampaikan Undangan Ramah Tamah.

Undanglah tetangga Anda untuk sekedar mampir makan siang (wanita), atau mampir minum kopi/teh pada malam hari sambil ngobrol ringan (pria).

5. Peduli.

Untuk mengembangkan hubungan Anda lebih jauh, segelas air pada siang hari terik ketika tetangga Anda sedang berkebun di samping rumah Anda, bisa juga Anda gunakan sebagai trik pendekatan.

Dan tetangga Anda cenderung ingin membalasnya (reciprocate). Jika pada suatu saat, ia menawarkan sesuatu untuk Anda, maka terimalah dengan senang hati dan – tentu saja- senyum.

6. Jadi Pendengar Yang Baik.

Menjadi pendengar yang baik tidak hanya ketika berbicara dengan sahabat, pacar atau istri.
Tetangga Anda mungkin dating kepada Anda dengan permasalahannya.

Dan bila mungkin tawarkan solusi untuk mereka, apabila Anda mampu.

7. Keseimbangan.

Jika Anda telah banyak membantu tetangga Anda, mintalah mereka agar membantu Anda untuk sesuatu hal yang ringan, hanya agar keseimbangan dapat tercipta.

Misalnya, Jika tetangga Anda tengah tertimpa musibah, banjir misalnya dan Anda telah membantunya dengan menampung Anak-anak mereka untuk sementara waktu di rumah Anda.

Dan ketika semuanya sudah berjalan normal, tibalah saatnya Anda meminta bantuan mereka, misalnya meminjam peratan kebunnya.


8. Berbicara Positif.

Selalu berbicara positif tentang mereka di depan tetangga2  yang lain dan jangan sekali-kali mengkritiknya.
Jangan biarkan Anda terpancing pembicaraan tetangga yang lain untuk membicarakan hal2  negative tentangnya –bahkan ketika Anda juga mengetahuinya.

9. Berpikir Tenang.

Jika suatu saat muncul ketidak -sepahaman antara Anda dan tetangga, misalnya mereka complain kepada Anda tentang sesuatu hal yang telah Anda lakukan, sampaikan maaf . So, every body is happy !.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

37 responses »

Comment navigation

  1. Di catat deh bunda tipsnya biar gak lupa juga…. Kalo kleuarga saya suka antar-antar maknan kecil tu bunda… namanya juga dikampung….

  2. abu ghalib says:

    tips ini sangat bermanfaat bagi kami yang insya Allah akan pindah rumah beberapa hari ke depan.
    Sepertinya point nomor dua yg selama ini sering saya abaikan, padahal itu sangat penting bagi org yg pelupa seperti saya.😀

    Jadi pengen tetanggan sama Bunda😀

    khan kita udah tetanggaan Mas Abu,
    walaupun masih aja sering kangen2 an😀
    semoga kepindahan ini membawa lebih banyak berkah bagi Mas Abu dan keluarga,amin
    titip salam hangat bunda utk anak2 dan Umi Ghalib🙂
    salam

  3. kyaine says:

    di kompleks kami, bisa bertemu dng banyak tetangga ketika minggu pagi (pada olah raga) atau pada momen2 spt pengajian, peringatan HUT RI

    sama Gus, di tempatku juga ,
    paling gak di mesjid atau lapangan bisa bertemu tetangga ,
    saling menyapa dan berbagi cerita🙂
    salam

  4. Oyen udah kurus says:

    hohoho, Oyen demen bertetangga sama Bunda, cuman jaman sekarang kadang orang baru gak mau keliling kek dulu, kadang kita nyang orang lama kagak tahu ada orang baru di dekat kita, hawong mereka gak mau nyamper ke kita😦

    berusaha dulu jadi sahabat dan tetangga yang baik ya Bun, biar kita juga bisa mendapatkan sahabat dan tetangga yg seperti itu. AMin

    mengaminkan doanya Mbak Oyen
    bunda bahagia punya tetangga cantik dan smart kayak Mbak Oyen🙂
    salam

  5. PF says:

    Saya juga mau jadi tetangga yang baik bunda, cuma tetangganya sering bkin gara-gara😦

    asal jangan berasap lagi kepalanya ya Mas Aldy🙂
    salam

  6. dedekusn says:

    Sy termasuk tetangga yg baik ga ya?😀
    Mudah2a saja demikian..

    tetangga bunda yang paling baik itu, ya Mas Dedekusn🙂
    dan, paling baik hati juga
    salam

  7. hellgalicious says:

    waah alhamdulillah selama ini saya bisa menjadi tetangga yang baik(menurut saya sih)
    hehehe

    bunda juga yakin, pasti Mas Hellga memang tetangga yg baik🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s