Kritik bisa menjadi hal yang membangun, tapi juga bisa menjadi hal yang menjatuhkan, tergantung cara penyampaian dan penerimaan.

Bagaimana cara menyampaikan kritik yang tepat sehingga bisa tersampaikan maksud baik di baliknya?

Teknik  Mengkritik:
Tujuan utama mengkritik sebaiknya berupa memperbaiki kualitas seseorang. Karena hal ini berkenaan dengan harga diri seseorang, maka harus disampaikan dengan benar.

Karena kalau tidak, orang yang dikritik bisa salah mempersepsikan, dan ujung-ujungnya tersinggung atau marah.

Supaya hubungan akrab tetap terjaga, cobalah teknik berikut:

1. Perhatikan siapa yang dikritik.

Hubungan yang berbeda, tentu berbeda cara pendekatannya. Misal, cara berbicara dengan saudara kandung berbeda dari cara bicara dengan teman sekantor.

2. Perhatikan intonasi suara dan nadanya.

Sebisa mungkin diucapkan dengan kalimat yang enak didengar, dan nada suara yang ramah, bukan menuduh atau menguliahi.

3. Jangan pernah mengkritik orang di depan banyak orang.

Siapa pun itu yang Anda kritik akan merasa sangat sakit hati jika Anda membuka kelemahannya di hadapan banyak orang.

Katakan pada momen yang tepat dan pribadi.

Hal ini pun akan mempengaruhi penilaian orang lain kepada Anda.

Jika Anda berani mengkritik orang lain di hadapan orang banyak, orang-orang pun akan takut untuk berteman atau berada dekat Anda.

4. Perhatikan situasi dan kondisi orang yang dikritik.

Supaya maksud baik Anda tidak disalahartikan, perhatikan suasana hati orang tersebut.

Jika ia sedang terlihat sedih, marah, atau tidak bersemangat, sebaiknya tunda dulu hingga suasana hatinya sedang baik dan dalam keadaan santai.

Jika tidak, emosinya bisa meninggi, dan kritikan tersebut justru akan menjadi bibit pertengkaran Anda dan dia.

5. Sebelum Anda membuka mulut untuk mengkritik seseorang, ketahuilah duduk persoalan dengan sebaik-baiknya.

Lihat segala kemungkinan, pelajari hal tersebut dari berbagai sisi. Ini penting untuk menghindari kesalahan persepsi, juga memastikan agar kritik Anda tepat sasaran.

Tips:


– Tak semua orang mampu menangkap beberapa kritik sekaligus dengan cepat. Saat menghadapi orang seperti ini, berikan kritik satu demi satu, jangan sekaligus. Upayakan untuk bersikap ramah, agar orang yang dikritik tidak minder atau grogi.
– Bila memungkinkan, sebutkan dahulu sisi positifnya, barung negatifnya. Misal, “Bajumu bagus sekali, tapi rasanya lebih cocok kalo dikenakan malam hari, deh.”
– Menghadapi orang yang tidak suka dikritik itu tidak mudah. Perlu diingat, orang yang hobi mengkritik tetapi tidak suka dikritik adalah orang yang kurang percaya diri.

Sebenarnya, ia tak sanggup mendengarkan pendapat orang lain mengenai dirinya dan takut kecewa.

Kalau sanggup berkorban perasaan karena kasihan padanya, berusahalah untuk “melunakkan” hatinya. Kalau merasa tak sanggup, apa boleh buat, hindari saja.

Salam


About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

60 responses »

Comment navigation

  1. Apri says:

    TQ,Tulisan Bunda akan saya gunakan referensi PTK saya.
    Salam,
    Apri Hartono~

    PTK tuh apa Apri?
    (* maklum bunda ndeso banget nih *)🙂
    salam

  2. hellgalicious says:

    tips bagus bunda
    jadi tau teknik teknik yang pas untuk mengkritik seseorang
    makasih!

    alhamdulillah, terimakasih banyak Mas Hellga🙂
    salam

  3. Agus Siswoyo says:

    idealnya, sebelum kita mengkritik orang lain seharusnya diri kita sudah bisa memberi solusi sekaligus pernah menjalaninya. makasih sharing Bunda.

    setidaknya, kritiklah diri sendiri dulu ya Gus
    salam

  4. Oyen udah kurus says:

    Oyen lebih demen dikritik daripada di puji, tapi Oyen gak demen kalo dikritik di depan orang banyak🙂

    salam bundaku🙂

    kalau dikritik di depan banyak orang,
    itu sih kayaknya niatnya gak baik ya😦
    salam

  5. grandchief says:

    Mengkritik dengan baik dan tepat sasaran,Itu yang berhasil saya tangkap bunda,semoga bisa menjadi pribadi yang baik yang Mau dikritik dan dapat mengkritik dengan baik

    semua kritikan sebaiknya memang diniatkan utk lebih baik,
    bukan niat ingin menjatuhkan orang lain
    salam

  6. Bee'J says:

    jujurlah kepada diri sendiri ketika menerima kritik. Jangan sibuk menyalahkan pengkritik, atau mencari kambing hitam dengan menyalahkan orang lain.

    gud job bunda..😀

    dengan kata lain, kritiklah diri sendiri dulu,sebelum mengkritik orang lain ya Bang?
    salam

  7. nandini says:

    wah, saya termasuk golongan “cabe rawit” kalo ngomong lho Bunda…😦 hanya saya sangat hati2 soal mengkritik & meminta tolong😉

    kalau gitu, tolong kritik bunda aja ya ,Dini sayang🙂
    salam

  8. edratna says:

    Dan walau kita udah teman dekat, kemudian saling buka2an, tanpa oranglain tahu….kita tetap harus berhati-hati…tak semua orang mau dikritik, walau dia mengungkapkan dengan jelas..kritiklah aku”

    karena itu kita perlu juga mempersiapkan
    diri utk di kritik, bukan hanya mengkritik ya Bu🙂
    salam

  9. Den Hanafi says:

    kritiklah diri sendiri sebelum mengkritik orang lain..🙂 iya kan bunda?

    setuju ………….
    Kang Pai sangat bijak sekali🙂
    salam

  10. dedekusn says:

    Tips yg tepat bunda,… kadang kita mengkritik tidak pada tempatnya

    harus lihat sikon juga ya Mas🙂
    salam

  11. Brotoadmojo says:

    gedang wohe pakel, ngomong gampang nglakoni angel…🙂
    harus hati2 sekarang, terimakasih Bunda untuk teknik2 bermanfaat ini🙂

    nglakoni nya memang perlu dilatih utk diri sendiri dulu ya Mas🙂
    salam

  12. Radesya says:

    Bener tuh bun, setuju banget ma bunda..

    Sekarang bunda harus kritik gambar desya deh, dijamin desya gag akn tersinggung, malah senang ada yg mengkritik😀

    pagi bunda cayang..

    pagi juga Desya sayang……….
    saling mengkritik utk kebaikan bersama , khan bagus ya Desya🙂
    salam

  13. bintang says:

    kalo tidak bisa mengkritik pake etika,
    mendingan ga usa ngritik segala.

    atau, kritik diri sendiri saja dulu ya Bintang🙂
    salam

  14. Ifan Jayadi says:

    Benar sekali bu. jika kita ingin mengkritik seseorang kita harus melihat situasi dan kondisinya. Jangan sampai, kritik kita tsb malah menyakiti yang bersangkutan dan membuat ia tersinggung. Dan yang pasti, kita harus menyampaikan kritik itu dengan bahasa yang santun.

    juga kita sendiri hrs siap utk menerima kritikan ya Mas Ifan🙂
    salam

  15. gusrohman says:

    langsung dicoba yukk

    yuuuukkkk……….:)
    salam

  16. zarod says:

    atasanku mau gak ya dikritik… he…

    wah, hrs dilihat karakter nya dulu mungkin ya,
    jangan2 ,malah jadi tambah gawat🙂
    salam

  17. aldy says:

    Satu yang pasti Bunda,
    Jangan pernah mengkritik atasan atau….

    cocok, bisa gawat deh ya Mas Aldy…………
    salam

  18. bayuputra says:

    terimakasih banyak untuk tipsnya bunda … (hee mau mengkritik bos … iihh takut ah …)

    boss gak boleh dikritik lho Mas Bayu………
    nanti bisa gawat lho………….🙂
    salam

  19. Artikel yang sangat bermanfaat, bisa saya gunakan sebagai referensi. terima kasih

    terimakasih utk apresiasinya pada tulisan ini,Mas.
    salam

  20. eka says:

    makasih banyak tips2nya,,,

    sama2 Eka, semoga bermanfaat🙂
    salam

  21. TuSuda says:

    Sulit sekali memang menempatkan diri bila mau mengkritisi orang lain, yang penting kita bisa bersikap empati saja. Karena dilemanya, apakah kita juga bisa merasakan hal yang sama bila dikritik orang lain. Makasi bunda atas tipsnya…

    setuju Bli dokter………
    krn kitapun hrs bisa melatih diri utk menerima kritikan ya🙂
    salam

  22. Tips yang bagus Bunda.

    Kemampuan seseorang menerima kritik memang tak lepas dari budaya yang ada.

    karena dgn niat yg baik, kritikan yg disampaikanpun pasti tdk akan menyakiti ya🙂
    salam

  23. haritsmugni says:

    Nah setuju banget dengan bunda !
    Jadi kalau cara ini itu termasuk kritik dengan cara baik-baik yah bun ?

    kurang lebih gitu Harits🙂
    salam

  24. deady says:

    sejam sebelum nulis nih komentar
    sempat saya ngekritik orang dengan kurang beradab
    ah, andai membaca ini dulu. Pasti keadaannya gak kek tadi

    tapi gakpapa sih. Setidaknya udah dapat pengalamannn

    selalu ada hikmah dibalik setiap kejadian ya Deady🙂
    salam

  25. Sugeng says:

    Poibt yang ke 5 itu bundo kadang dilupakan orang akan mengkritik membuat kuping ini panas👿
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    semoga kita gak kayak gitu ya Mas Sugeng
    salam

  26. nanaharmanto says:

    Saya pernah dapat kritikan yang pedes dan nylekit, dan itu dilakukan di depan banyak orang… aduh malunya saya… dan sakit hati… saya baru bisa memaafkan orang tersebut setelah bertahun-tahun lho…

    Setelah dapat pengalaman itu, saya jadi lebih berhati-hati memberi kritikan pada orang lain, daripada saya jadi menyakiti hatinya…

    Terim kasih tipsnya Bunda…

    duh, Mbak Nana, siapa sih orang yg gak punya kesantunan itu?
    sini bunda jitak…………. !!👿
    belajar dr pengalaman, menjadikan kita lebih bijak ya Mbak Na.
    salam

  27. Kritik itu gak bisa sembarangan bunda, harus ada pendapat yang tepat dan bisa diterima.
    Makasih untuk tipsnya bunda.

    jadi jelas tdk ada niat menjatuhkan ya Mas Dy
    salam

  28. B! says:

    Tipsnya bermanfaat bunda. Jujur saja saya dulu sangat tidak suka di kritik, tapi seiring dengan waktu saya mulai mengerti manfaat dari kritikan orang lain.🙂

    Salam kenal

    salam kenal juga B!
    terimakasih sudah mampir.
    kian hari kita memang kian bijak ya B!
    salam

  29. fitr4y says:

    setuju bunda, kalau mau mengkritik orang, harus mau juga dikritik..
    salam kenal bunda..

    setuju 100% dgn Fitr4y🙂
    salm

  30. Heny Oliper says:

    Tanpa baca secera keseluruhan…emmmmmph…heny cuma baca Point2 nya aj bun,,,,keyen…emng betul banget..

    terkadang Heny juga suka kasih kritikan pedas tanpa pandang bulu…heg…hegh..😆

    whuaaa………..kalau bunda di kritik sama Heny,
    biar pedas juga, mau aja kok (* toss*)🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s