Rencana untuk akhir pekan dengan bersantai di rumah biasanya selalu gagal. Hal itu karena anak-anak lebih memilih pergi ke mal atau ke luar kota.

Padahal, menghabiskan akhir pekan di rumah bisa menjadi hal mengasyikkan tanpa perlu keluar banyak uang.

Ini triknya agar liburan di rumah menjadi lebih seru:

– Minta bantuan

Dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga, mintalah bantuan orang lain. Jangan biarkan tenaga habis hanya untuk membersihkan rumah

Manfaatkan waktu untuk bermain bersama anak-anak.

Untuk urusan makanan, jika Anda tidak mau repot, pesan saja makanan dari restoran favorit.

– Manjakan diri

Saat libur, berarti Anda yang mengontrol jadwal.

Anda tetap bisa memanjakan diri di rumah seharian, misalnya memangil tukang pijat ke rumah.

Atau, pergi ke salon seharian dan menitipkan anak-anak pada ayahnya. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk memanjakan diri.

– Ciptakan suasana restoran

Karena kesibukan, Anda pasti jarang memasak atau bahkan tidak pernah.

Inilah saatnya Anda masuk dapur dan membuat masakan.

Pilihlah resep yang sederhana dan libatkan pasangan serta anak-anak untuk menyiapkan masakan.

Ciptakan juga suasana ruang makan seperti di restoran.

Jika Anda malas memasak, memesan makanan adalah hal yang paling tepat.

Tapi, sajikanlah dengan cantik seperti di restoran mahal. Ajak juga anak-anak mempersiapkannya.

– Menggelar pesta barbeque

Agar liburan lebih seru, buatlah pesta barbeque.

Anda bisa mengundang orangtua, kakak atau adik yang memiliki anak yang seumur dengan anak-anak Anda.

Sediakan juga permainan, agar anak-anak tidak bosan.

Hal ini bisa membuat hubungan antar keluarga lebih intim.

– Berkebun

Jangan biarkan taman depan rumah terlihat gersang.

Berkebun bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Isilah waktu liburan dengan berkebun.

Tanam bunga kesukaan Anda, dan saat tumbuh dengan sempurna akan muncul kepuasan tersendiri.

Ajak anak-anak membantu Anda, mereka pasti akan sangat senang menggali tanah atau menyiram bunga.

– Berjalan-jalan di sekitar rumah

Anda juga bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak dengan berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah.

Bangunlah lebih pagi dan nikmati udara segar dengan berjalan kaki.

Kegiatan ini sangat menyenangkan karena Anda bisa sekaligus berolahraga.

– Mencoba hal baru

Saat memiliki waktu luang, cobalah hal-hal yang belum pernah Anda lakukan.

Misalnya, mencoba resep kue, merajut, atau kursus memasak.

Tidak perlu memikirkan hasilnya.

Yang terpenting adalah Anda mendapatkan pengalaman baru.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

54 responses »

Comment navigation

  1. Citra Indah says:

    Boleh di coba tips dari bunda🙂 blognya baru di baca aja udanh ngebayanginnya menyenangkan gimana gitu🙂 apalagi di lakuin😀

  2. ainulyahoo says:

    kadang mencari ide itu memang sulit, tapi kdang tiba-tiba ide itu datang dengan sendirinya

  3. rurumichan says:

    hehehe iyah nih bunda aku smenjak lulus n lagi nyari kerja berasa kurang aktivitas bgt boseenn luar biasa hehehe,biasa super sibuk skrg super gak jelas hehe cuma tes2 kerja doanggg,hehe lumayan advice dr bunda hehe🙂

  4. kandang Tips says:

    ngaji Quran adalah jawaban tepat! Mat kenal!

    setuju, dan bisa dilakukan setiap waktu,
    kapanpun, tdk hanya ketika weekend saja ya🙂
    salam

  5. nandini says:

    98,9% waktu akhir pekan saya habiskan di rumah, Bun..😉

    dan, sisanya ……….pasti utk mengunjungi bunda ya Dini🙂 (* si bunda geer banget deh*)
    salam

  6. edratna says:

    Karena sering sendirian di rumah (anak-anak sudah besar dan tinggal di luar Jakarta), suami kadang di luar kota…saya sering jalan2 sendiri, sekedar ke toko buku atau membaca di rumah…..asyik juga kok menyibukkan diri sendiri

    kok kita hampir sama ya Bu,
    anak2 sudah besar, punya kesibukan sendiri, suami juga sering keluar kota,
    jadi hrs pandai2 menyibukkan diri🙂
    slam

  7. dedekusn says:

    Akhir pekan dirumah… kadang membosankan, dgn idenya bunda bisa menjadi menyenangkan ya Bunda…

    ternyata banyak juga yg bisa dikerjakan,
    walau hanya di rumah saja ya Mas Dedekusn🙂
    salam

  8. monda says:

    akhir pekan kalau nggak ada undangan, dimanfaatkan untuk istirahat dan ngobrol sama anak2 di kamar bun

    paling asik memang dikamar sama anak2 ya Mbak Monda,
    bisa bercanda dan cerita2🙂
    salam

  9. Wah,bisa di coba ni sarannya..
    Menarik jg🙂

    silakan dicoba ,dan laporkan hasilnya ya😀😀
    salam

  10. eka says:

    kalau liburan lebih enak ngobrol2 atau hangout sama teman2.. mencari tempat yang sesuai untuk melepas kepenatan…

    ketemu dgn teman2 ,memang saat yg indah ya Eka🙂
    salam

  11. Abdul Hakim says:

    kalo saya liburan terus bund….

    cihuyyy……….bunda ada temennya…..
    kita sama dunk Hakim, bunda juga libur terus …..maklum pensiunan😀
    salam

  12. dreesc says:

    dree pilih manjain diri ah… ke salon… spa… berendam…hmmm… enaknya…

    eh nonton juga asik tuh bunda…

    yuk….kita barengan Dree….luluran dan spa………🙂
    salam

  13. Den Hanafi says:

    Sepertinya saya lebih senang berkebun, bunda. atau kalau tidak, memancing.🙂

    kalau dapat ikannya, bagi2 bunda ya Kang Pi🙂
    salam

  14. masndol says:

    seringnya akhir pekan saya kek hari hari biasa tetep ada aj kerjaannya hehheh

    lembur ya Masndol?
    gak apa apa kok, yg penting tetap dinikmati saja🙂
    salam

  15. kanvasmaya says:

    hahaha.. sya jarang berakhir pekan bunda..
    keseringan libur2 pun terkadang masih dikantor..
    hmmm..🙂

    jadi, akhir pekannya tetap utk kerja juga ya Mas🙂
    salam

  16. oby says:

    ide bagus!!! xD
    makasih yah bundaaaa

    Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya Oby🙂
    salam

  17. alamendah says:

    saya malah jarang kebagian akhir pekan, Bun

    lho kok?
    memangnya akhir pekannya gak mampir disana tho Mas Alam ?🙂
    salam

  18. Tary Sonora says:

    wahhhh bagus juga nih bund idenya, utk ibu2 rumah tangga khususnya ya🙂

    aku malah nemuin ide dari hobby lama yg sempet terhenti bund, akhir pekan baca komik jepang heheheh

    bunda juga suka iseng baca komik jepang punya anaknya bunda ,Tari🙂
    salam

  19. ais ariani says:

    bundaaa… weekend sama mamah sama bapak di sini malah ditinggal tidur. katanya mereka, mereka cape selama weekdays kerja😦
    atau gak, kalo pun pergi, pergi nya ke kondangan. nemenin mereka. hehehehehee

    Tapi masih sempet ngobrol sama Mama khan,Mbak Ais🙂
    salam

  20. akhir pekan ini gagal lagi bisa menikmati suasana dirumah, padahal udah buat plan segala mau bakar ikan bandeng yang masih seger langsung di ambil dari tambak, teman-temanpun undang pada kami undang, sekalian silaturrahmi dan reunian.
    tapi apa boleh buat, ada urusan keluar kota… sedih banget..
    Insyallah akan di plann lagi minggu ini, ada yang mau ikut? hehee

  21. hafidz ^_^ says:

    assalamu’alaikum salam hormat selalu untuk bundo yang selama ini memberi kami kehangatan penuh kasih sayang pada kami yang nakal ini,… bila kami pernah berbuat salah… kami mohon minta maaf yah bundo😀

  22. Bang Iwan says:

    Mohon maaf baru sempat mampir Bund…
    Salam hangat selalu.

    gak apa apa Bang🙂
    gimana ? dah rampungkah kesibukan kemarin ?
    semoga selalu sehat ya Bang
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s