mashed potatoe

Kebanyakan dari kita akan lebih lahap makan makanan yang masih hangat.

Tetapi ternyata tidak semua makanan hangat itu sehat.

Contohnya adalah mashed potato.

Coba kaji apa saja yang ada di dalamnya.

Mentega, susu murni, garam, telur, dan krim.

Menurut ahli Prevention, Dr Johanes C. Chandrawinata, MND, SpGK, mashed potato atau kentang tumbuk berkadar lemak jenuh dan kolesterol tinggi.

Belum lagi menurut spesialis gizi klinik ini, kadar sodium yang tinggi berisiko untuk memicu terjadinya penyakit darah tinggi.

Jika ingin memakan kentang, Johanes menyarankan memilih yang diolah bersama kulitnya.

Sebab kulit kentang kaya akan kalium, vitamin C, dan serat, sehingga sangat baik untuk mencegah sembelit.

Hanya saja sebelum dimasak, ada baiknya menghilangkan lapisan kulit paling luar dengan cara menggosoknya perlahan-lahan.

Tetapi ingat, jangan kupas lapisan berikutnya karena kaya nutrisi.

Salam

Referensi: Prevention Indonesia

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

57 responses »

Comment navigation

  1. nanaharmanto says:

    wah… saya biasanya ngupas kentang yang akan dimasak nih Bunda… rasanya nggak bersih aja kalau nggak dikupas..

    Lalu sebaiknya makan kentang yang udah dingin kah, Bunda?

    makan kentang dingin hanya utk mashed potato saja Mbak Nana,
    krn kandungannya sewaktu membuat khan bermacam2 diantaranya,
    ada keju, mentega dan telurnya, ini yg bikin tdk baik bagi kita.
    kalau kentang biasa yg di goreng atau di rebus, paling baik memang kulitnya gak usah dikupas,
    lebih enak juga lho Mbak rasanya🙂
    salam

  2. krismariana says:

    saya suka sekali mashed potato, apalagi kalau masih hangat. tapi ternyata…? terima kasih informasinya.🙂

    mashed potato kurang baik ketika masih hangat ya Kris🙂
    gak apa apa kok, makannya kalau dah dingin aja ya
    salam

  3. kamil010290 says:

    oh,,ternyata pake telur mentega dan susu..
    pantas aja saya gagal terus buat bubur kentang rebus..

    jadi sekarang dah dapat resepnya ya Mas🙂
    salam

  4. cobaberbagi says:

    wah mesti waspada ini

    waspada pada mashed potato khan ?🙂
    salam

  5. gadgetboi says:

    mmmm … jadi lapar bun …:mrgreen:

    makan dunk…………🙂
    salam

  6. kang ian says:

    owh jadi kulit kentang maah lebih punya manfaat yah baru tahu hehe ^^
    makasih bunda🙂

    begitulah Ian🙂
    salam

  7. Sepertinya nikmat tapi memang makanan perlu seimbang dan perlu diperhatikan hal2 yang mempengaruhi nilai Gizi. Jadi makan tidak sekedar kenyang. Salam dari kami salam sehat dari Rumah sehat afiat

    setuju sekali dgn pernyataan ini ,Mas
    salam

  8. wi3nd says:

    belum pernah makan bund:mrgreen:

    kalu kentang goreng kaya yan9 di Mcd ato KFC itu enake anget anget yah bund he he

  9. cempaka says:

    mashed potato?? belon pernah makan bun *blushing*

    wah.. bau tau.. ternyata gak bolehhh dikupas ya bun -_- …. secara kan kentang2 lokal… kotor bun.. beda ama kentanggg impor.. jadi kalo kulitnya gak dikupas.. jadi gmna gitu😦

  10. Kakaakin says:

    Wah, saya belom pernah makan mashed potato, tapi kalo perkedel sih sering😀

  11. dedekusn says:

    pengetahuan baru unda, hatur nuhun…

  12. yani says:

    hmm.. misalnya lagi teh hangat tapi gulanya kebanyakan, itu juga ngga sehat ya bun?😉

  13. Miftahur says:

    Waaah, baru tau manfaat kulit kentang . . . makasih banyak Ilmunya bunda . . .🙂

  14. sepele tapi sangat penting rupanya,

  15. nandini says:

    dalam dunia farmasi, namanya SEES bunda…🙂

  16. marsudiyanto says:

    Ternyata banyak hal yang kita salah prosedural ya Bun…
    Seperti buah salak, kulit halus terluarnya itu juga sebaiknya tidak dikupas habis…
    Makasih tipsnya
    Salam…😀

  17. Wah,baru tau kulitnya ternyata kayak kulit apel,banyak nutrisinya…

    Salam persahabatan ,-

  18. vandick says:

    teh hangat sehat kan bunda? hehe

  19. An says:

    Baru tau saya kalau kulit kentang punya kandungan yg bermanfaat bagi tubuh kita.
    Thanks bunda ilmunya🙂

  20. Ifan Jayadi says:

    Informasinya sangat berguna. Agar diperlukan kewaspadaan dari kita semua thd apa yang dikonsumsi. Misalnya saja pada tulisan diatas kita perlu mencari informasi yang lebih tentang makanan apa saja yang tak boleh disantap sewaktu hangat krn dikhawatirkan dapat menggangu kesehatan

  21. aldy says:

    Emang kalau kelewat hangat nggak bagus bunda, apalagi jika dikombinasikan dengan air Es, kata ahlinya bikin gigi cepat ancur😦

  22. sangsaka says:

    Tak Selamanya Hangat Itu Sehat

    betul Bunda, kemaren juga badan saya sempet anget – trus kata dokter saya lagi kurang sehat😆

  23. sangsaka says:

    wah saya baru tau Bunda… ternyata makan kulit kentang juga gpp ya…😆

  24. Harits says:

    Oh begitu yah bun saya baru tahu, jadinya kalau makan kentang itu ada effect sampingnya yah ?
    Tapi kalau jarang-jarang makannya tidak ada effect sampingnya kan ?

    Salam kenal yah bun.

  25. Brotoadmojo says:

    saya adalah tipe orang yang tidak terlalu perduli dengan hal2 seperti ini Bunda.. masalahnya saya tidak tahu tentang hal2 spt ini…😀 sekarang disini dapat ilmu baru, nanti bisa buat referensi..🙂 trimakasih Bunda..

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s