Berikut adalah peraturan yang sederhana tetapi dahsyat… berikan selalu kepada orang lain lebih dari yang mereka harapkan. (Nelson Boswell)

Anda suka kejutan? Semua orang pasti suka bila diperlakukan dengan istimewa.

Namun, perlu Anda ketahui (dan Anda coba) bahwa adalah pengalaman yang lebih mengesankan jika kita yang memberi kejutan pada orang lain.

Melihat orang lain tercengang dan terheran-heran karena kejutan yang kita berikan secara tiba-tiba adalah sebuah pengalaman yang ‘membekas’ di hati.

Kejutan yang Anda berikan tak harus yang mewah dan spektakuler.

Hal-hal sederhana yang ‘bukan Anda banget’ akan selalu menjadi kejutan bagi orang lain.

Misalnya saja, jika sehari-hari Anda berada di kantor dan selalu mengurus urusan Anda sendiri (cuek), maka tidak ada salahnya jika Anda mulai memperhatikan orang lain juga.

Bukan menyarankan agar Anda ikut campur dalam urusan orang lain, namun tak ada salahnya bila Anda membuatkan secangkir teh atau kopi untuk rekan semeja Anda.

Bisa juga Anda memberi kejutan sederhana namun spesial pada pasangan dengan meletakkan kartu ucapan ‘I LOVE YOU’ di kantung kemejanya.

Suami Anda pasti akan kaget (mungkin akan senyum-senyum sendiri) saat menemukan kartu rahasia itu.

Saat mengunjungi ibu Anda, berikanlah padanya bingkisan yang istimewa, mungkin saat ini beliau sedang membutuhkan syal baru…..Hal ini menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan mempedulikan kebutuhannya.

Pernahkah Anda melempar senyum manis pada seorang pemulung di jalan? Tahukah Anda bahwa senyum itu dapat mengangkat harga diri mereka?! Mereka akan merasa bahwa mereka masih dianggap sebagai manusia, sampai-sampai Anda masih mau menoleh dan tersenyum pada mereka.

Banyak hal lain yang dapat Anda lakukan, tanpa harus merogoh kocek, tanpa harus dengan susah payah, Anda hanya harus sedikit berpikir tentang kejutan apa yang bisa Anda lakukan bagi orang lain di sekitar Anda.

Jika Anda kehabisan ide, maka Anda masih bisa tersenyum pada orang lain.

Menyapa kenalan Anda terlebih dulu.

Menyemangati teman yang sedang down.

Membantu seorang tua menyeberang jalan.

Memberi tisu pada seseorang yang sedang bersin di jalan.

Berterima kasih pada penjual setelah Anda membeli.

Apapun bisa Anda lakukan.

Kesempatan juga selalu ada.

Gunakan itu, pedulilah dengan orang lain.

Lihatlah hasilnya!

Kehidupan Anda dijamin bakal jauh (sangat jauh lebih manis) dari sebelum-sebelumnya.

Sebab, berbuat baik selalu membuat muka dan hati jadi berseri-seri.

Selain itu, memberi adalah lebih membahagiakan daripada menerima.

Tidak percaya?!

Buktikan saja!

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

58 responses »

Comment navigation

  1. sebuah pembahasan yang sangat menohok kesadaran kita sebagai manusia yang terkadang lebih banyak egonya ketimbang mencoba sedikit keluar dari kesombingan kita, memberi yang mungkin sangat sepele kepada sesama,,,, nice posting Bunda🙂

    http://pengembangandiriku.blogspot.com/2010/06/download-kumpulan-e-book-motivasi.html

    padahal ketika tersenyum saja ,kita sudah membuat orang lain senang,
    pun sulit dilakukan😦
    salam

  2. jumialely says:

    dan terbukti kok bundaa…. nenek di sebelah saya di pesawat itu merasa bahagia, walau hanya saya bantu memasak sabuk pengaman dan mengencangkannya..

    saya ditawari untuk datang kerumahnya😀

    dan, terbukti juga, kalau bunda selalu bahagia bila ‘bertemu’ Mbak Lely.
    Mbak Lely ……………… kangeeennn………….. (*peluk erat*)
    semoga selalu sehat ya
    salam

  3. senyumanpagi says:

    Indahnya kasih sayang
    Kasih sayang itu fitrah
    Kasih sayang itu indah dan mulia
    kasih sayang itu kunci sukses dunia dan akhirat
    Bagaimana meraih kasih sayang?
    Merasa bersaudara,mengenang budi baik,meraba derita,silaturahmi,berikan hadiah
    Insya Allah…kasih sayangNYA dan makhlukNYA akan teraih…Amin

    duh, komen yg teduh dan menyejukkan hati,Mbak Ning🙂
    Semoga kita semua mampu meraih ridhaNYA,amin
    salam

    Salam kenal Bund…

  4. Meidhy Aja says:

    orang lain akan senang bun melihat saya karena muka saya kan ganteng n imoet-imoet gt….he.hhe..

    http://Meidhyandarestablogme.wordpress.com

    pastinyaaa………………. Meidhy😀
    salam

  5. edratna says:

    Berbuat baik bagi orang lain, akan membuat kita sendiri ikut senang

    setuju sekali, melihat orang lain bahagia , kitapun ikut merasakannya🙂
    salam

  6. Den Hanafi says:

    “meletakkan kartu ucapan ‘I LOVE YOU’ di kantung kemejanya”

    Apakah masih bunda lakukan sampai saat ini???🙂

    benar2 tips yang bermanfaat banget bun. tips ini bagus untuk menumbuhkan jiwa sosial kita.

    masih, sesekali, dan efeknya luar biasa🙂
    salam

  7. aldy says:

    Kepinginnya sih selalu memberi Bunda, walaupun hanya sedikit.

    Apakah kemudian orang senang ketika melihat bertemu dengan saya ? entahlah Bunda, soalnya saya sering cuek sih😀

    bunda selalu senang bertemu dgn Mas Aldy🙂
    dan, gak pernah dicuekin😀
    salam

  8. wi3nd says:

    i Luuv Yuu bUndaaaa *peluk eraat*

    kejutan disiang ini:mrgreen:

    makasi tipsnya bunda😉

    I love You too, Wi3nd sayang……. (* peluk hangat*)
    apa kabar ?
    semoga selalu sehat,amin🙂
    salam

  9. rainbroccoli says:

    Wah…terimakasih sudah mengingatkan untuk berbagi senyuman dan membuat orang lain senang dengan kehadiran kita, Bunda…

    semoga kita termasuk orang2 yg disenangi dimanapun ya🙂
    salam

  10. munir ardi says:

    semoga hati kita selalu tergerak untuk membantu orang lain

    karena Rasulullah saw juga mengajarkan kita begitu ya Mas Munir🙂
    salam

  11. terima kasih bunda buat tips nya🙂

    Alhamdulillah, sama2, terimakasih juga🙂
    salam

  12. tips yang berhargadan mengingatkan ku ttg sesuatu,..

    apakah sesuatu itu Mas ……….. ?🙂
    salam

  13. dira says:

    Ya… semangat memberi itulah yang sudah mulai pudar, sehingga tatanan masyarakat ini menjadi runyam. Masing2 ingin berebut memiliki dan menerima, meskipun bukan haknya..nice posting bunda, cukup menginspirasi.

    padahal memberi sebenarnya adalah mendapatkan.
    kenapa kita sering (pura2) lupaya Mas Dira😦
    salam

  14. fety says:

    seperti biasa, selalu ada yang didapat jika berkunjung ke sini. makasih bunda🙂

    duh, Mbak Fety pinter menyanjung bunda😳
    salam

  15. ahsanfile says:

    Iya juga yaaa…
    kadang-kadang aku emang autis, sama teman sebelah aja kurang perhatian…
    habis gimana yak, kalo udah di depan komputer rasanya tidak ada yang lebih mengasyikan..

    Target adalah menyelesaikan pekerjaan agar kalo jam istirahat bis ngeblog… xixiiii

    tapi, senyum dan menyapa bunda, gak pernah cuek khan ,Ahsan ?🙂
    salam

  16. satrya says:

    Kunjungan pertama satrya langsung disuguhkan dengan artikel menarik.
    memang saya adalah salah satu orang yang cuek dengan lingkungan bun, saya harus mencoba untuk lebih membaur bahkan mencoba untuk menyenagkan orang2 di sekitar satrya🙂

    terimakasih utk kunjungannya ,Satrya.
    bunda bahagia sekali dikunjungi🙂
    salam

  17. Abdul Aziz says:

    Assalamu’alaikum,
    Sebuah sajian yang menarik. Kalimat terakhir,”… memberi adalah lebih membahagiakan daripada menerima. Tidak percaya?! Buktikan saja!”. Saya percaya 100%. Kalimat yang semakna dengan itu pernah diucapkan lebih 14 abad yang lalu oleh Rasulullah SAW,”Memberi lebih baik dari pada menerima”.

    Terima kasih.
    Salam

    dan, kini kenapa kita sering melupakannya ya Pak Abdaz ?😦
    padahal seharusnya hal tsb menjadi karakter seorang muslim
    salam

  18. windflowers says:

    melakukan hal sederhana tp sangat berarti bwt orang lain…thanks for share ya bun…
    kunjungan pertamaku ni…have a nice day…^_^

    terimakasih utk kunjungannya ,Wind :))
    salam

  19. Wah bener banget Bun, saya aja seneng bgt klo ada mahasiswa yang mengucapkan terima kasih atas bantuan saya…

    bunda mau donk jd mahasisswi
    yang disenyumi Ibu dosen🙂
    salam

  20. mattwahyu says:

    saya percaya sekali bunda, pepatah Jawa, Sapa sing nandur bakal ngunduh,
    terimakasih telah mengingatkan

    betul Matt………
    apa kabar ,Matt ?
    semoga selalu sehat ya🙂
    salam

  21. Terima kasih kembali atas pencerahannya. Memang susah memberikan senyum apalagi orang yang tidak kita kenal.

    padahal senyuman kecil atau anggukan saja.
    sudah merupakan sedekah🙂
    salam

  22. sedjatee says:

    sebuah refleksi yang mengena di hati
    terkadang orang lupa mengukur kebaikan dirinya
    merasa baik, padahal orang tak senang dengan kehadirannya
    salam sukses..

    sedj

    seringkali kita merasa seperti itu ya Mas ,
    padahal baik atau tidaknya diri kita
    hanya orang lain yg bisa menilai🙂
    salam

  23. vandick says:

    mau membuka hari ini dengan memberi senyum ke bunda aaah🙂

    selamat pagi bunda….

    selamat pagi juga Van……………
    terimakasih senyumnya Van🙂
    salam

  24. tips yang berharga, trims bunda atas keju dan ketan “Kejutan” nya

    hahaha………gitu ya singkatannya😀😀
    salam

  25. masndol says:

    mau senyum dulu an buat bunda, seenggak2nya ini langkah awal bgi saya untuk membuktikannya😀 ato ug ini🙂 yg lebih mirip senyum.
    thanks 4 all bunda.

    terimakasih utk senyumnya ,Masndol🙂
    bunda ikut senyum juga🙂
    salam

  26. muamdisini says:

    🙂 ….🙂
    menyapa dengan senyum terlebih dahulu kepada bunda…
    hehehe…
    semoga sehat selalu…
    mendoakan bunda…

    bunda ikut senyum juga🙂
    terimakasih utk senyumannya Mas Muam ………:)
    salam

  27. dykapede says:

    Belakangan ini saya sering diam bunda, kenapa ya bunda?
    “sedikitnya sudah saya terapkan bun, terima kasih”…

    kenapa Mas Dyka?
    lagi pingin diam aja ya?
    gak apa apa kok, yg penting senumnya masih khan ?🙂
    salam

  28. bintang says:

    makasih ya bun nasehat plus tipsnya😀
    *siap siap nulis I LOVE U*

    bunda juga dikirimin tulisan ILU nya ya Bintang🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s