Teh seringkali dihubungkan dengan dunia kecantikan dan kesehatan.

Hal tersebut memang benar, karena dengan mengonsumsi teh, kita dapat menjaga daya tahan tubuh serta terhindar dari segala infeksi penyakit.

Adalah zat yang disebut polifenol, zat yang terkandung di dalam teh yang dikenal sebagai antioksidan.

Antioksidan ini memberikan perlindungan bagi tubuh dari penuaan dini, kanker serta radikal bebas.

Menurut para ahli, mengonsumsi 5 cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu tubuh membakar kalori secara lebih efektif, daya tahan tubuhpun meningkat dan tubuh menjadi semakin bugar.

Ide yang bagus untuk mengawali hidup sehat bukan?

Ya, ide tersebut memang patut untuk dicoba.

Namun sebelum mencoba, Anda perlu tahu cara tepat menyeduh dan menghidangkan teh yang benar agar teh dapat memberikan manfaatnya secara efektif.

  • Seduh teh dengan air panas, bukan air mendidih.

Air mendidih akan membuat zat antioksidan di dalam teh menjadi rusak, seperti halnya saat menyeduh susu.

Ada baiknya air mendidih dibiarkan barang sejenak sebelum digunakan untuk menyeduh teh.

Suhu terbaik untuk menyeduh teh adalah 60-70 derajat celcius, memang mungkin warna teh tak akan sepekat biasanya.

Namun justru antioksidan teh akan lebih efektif bagi tubuh.

  • Teko penyeduh.

Teh juga sebaiknya tidak diseduh di sembarang tempat.

Adakalanya zat kimia yang terkandung pada gelas/tempat untuk menyeduh teh ikut terlarut bersama teh.

Untuk itu disarankan agar Anda menggunakan teko tanah liat, gelas/cangkir porselen, gelas kaca, cangkir perak atau stainless steel.

  • No Sugar and cream!


Menambahkan gula atau krim ke dalam teh adalah kebiasaan buruk yang perlu kita hilangkan.

Teh berfungsi mengurangi kalori, namun krim dan gula yang ditambahkan justru membawa serta kalori.

Lantas apa gunanya minum teh jika Anda malah menambah kalori di dalam tubuh? So, skip gula dan krim dari teh Anda.

  • Teh 5 menitan

Setelah menyeduh teh, jangan langsung meminumnya.

Biarkan katekin yang ada di dalam teh keluar dari daun teh, untuk itu biarkan selama 5 menit, barulah teh bisa dinikmati.

Selamat menikmati kesegaran teh yang menyehatkan……..

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

86 responses »

Comment navigation

  1. Harun Al Rasyid says:

    THANKS ATAS INFO NYA BUNDA, TERNYATA SELAMA INI SAYA SALAH CARA MENYEDUHNYA.

  2. didi says:

    kalo minum teh hijaunya pas udah dingin gimana? apa masih boleh? atau khasiat untuk menurunkan lemaknya udah berkurang dibandingkan yang masih hangat suam2 kuku?

  3. Bambang says:

    Menurut ditv kemarin ada cara lain lagi.
    1. Teh sebelum diseduh dicuci dulu dgn air panas. Kalo teh hitam 3x kalo teh hijau 1x. Mencucinya dengan cara teh dalam teko disiram air panas kemudian air dibuang.
    2. Setelah itu baru diseduh. Untuk menyeduh tidak boleh terlalu lama cukup 30detik saja. Setelah itu dituang ke gelas.

  4. wah kalo saya suka sekali minum teh tu bunda, apalagi sambil ngeblog ditemani secangkir teh🙂
    maknyus..

    sama dong kita ya, bunda juga suka banget minum teh hijau🙂
    salam

  5. Menurut orang Inggris penyuka teh, sebenanya ada dua hal yang harus diperhatikan dalam mebuat teh. Pertama, kita harus mendidihkan airnya, jangan hanya memanaskan. Kedua, tambahkan air yang sudah mendidih tersebut ke kantong teh, bukan sebaliknya (mencelupkan kantong teh ke air.
    Postingan yang menarik,
    Salam🙂

    terimakasih utk tambahan masukannya ttg teh ini🙂
    slm

  6. Den Hanafi says:

    Loh..loh? komen saya mana ya?😦

    itu ada kok, Kang Pai…….😀
    salam

  7. Den Hanafi says:

    Apa kabar bunda?🙂 Lama tidak berkunjung kesini, sepertinya saya ketinggalan informasi nih.
    berarti menambahkan gula itu tidak bagus ya bun?? tapi kalau ga pake gula, tehnya ga enak. jadi dilema ini mah.
    hehmm.. sepertinya saya harus belajar menikmati teh tawar ya.🙄

    Kalau sudah terbiasa, gak masalah kok ,Kang Pai🙂
    salam

  8. Annaura says:

    Kami juga senang minum teh bunda, kadang manis dan kadang tawar.
    Salam manis dari Batam

    sama dgn bunda ya nak,
    bunda lebih suka yg tawar🙂
    salam

  9. callme eno says:

    waaah ternyata dalam menyeduh teh ada tata cara nya ya bund….eno baru tau…. :p

    pantesan slama ini kok rasa walau sering ngeteh tetep aja kurang seger….btw klo sering minum green tea yg di botolan bagus ga ya bund???

    hehe so makasih buanget ya bunda atas share infonya…. ^_^

    bagus2 aja sih, Mbak Eno,
    namun kalau minum green tea yg mnasih fresh,
    wah, pasti tau deh kenikmatan nya yg lebih🙂
    salam

  10. deewahjoedi says:

    ada rekomendasi teh yg bagus?
    Apa mesti teh *tuuutt* apa teh *tuuutt*?hehe
    salam hangat

    duh, kayaknya semua teh bagus kok,Dee
    hanya caranya saja yg bikin teh punya sensasi rasa tersendiri🙂
    salam

  11. Sugeng says:

    aku juga sudah membiasakan meminum teh saat hari kerja dan tidak minta kopi. tapi tehnya pake teh celup dan aku seduh dengan air dispenser, apa ada pengaruhnya bunda❓ plus gula karena minum teh tanpa gula seperti gimana gitu. tapi aku juga berusaha mengurangi gula meski sampai sekarang belum bisa maksimal.😆
    salam hangat serta jabat erat selalu dari tabanan

    bagus juga kok,Mas Sugeng
    pakai air dr dispenser khan ,memang gak mendidih, tapi tetap panas.
    bener , kurangi gula sedikit2 dulu,
    nanti lama2 juga biasa, bundapun dulu gitu,
    sekarang gak pernah minum teh pakai gula,
    teh tawar hangat itu, nikmat rasanya kok🙂
    salam

  12. anna says:

    hehe.. baru tau kalo sebaiknya nggak pake air mendidih.
    selama ini justru ketika lagi mendidih.. bener2 masih ada gelembung2 nya.. langsung nyeduh teh..

    ok bunda, saya coba🙂

    nanti kalau sudah dicoba dgn cara ini,Mbak Anna pasti lebih suka
    lagi deh menikmati tehnya🙂 insyaallah ………
    salam

  13. arkasala says:

    kesalahan pertama saya suka pake air mendidih karena berbarengan dengan nyeduh kopi
    Kesalahan kedua : gula jelas melengkapi karena saya suka sekali teh manis …
    Harus merekonstruksi ulang kebiasaan saya donk Bun ya ?

    kalau sudah kebiasaan, mungkin agak sulit ya Kang🙂
    jadi, gulanya aja mungkin yg agak dikurangi
    salam

  14. foto pinrang says:

    ngeteh sambil mampir ke blog bunda

    bunda dibawain teh nya juga khan?🙂
    salam

  15. trims bundo info yang menarik untuk dibaca.. saya termasuk penggemar teh🙂

    bunda juga suka teh,
    kapan kita ngeteh bareng ya😀
    salam

  16. wah kemaren bunda jualan es jeruk, sekarang teh. besok bikin warung makan deh, hehehe….

    makasih informasinya bun, kebetulan saya penyuka teh.

    kalau Agung sering mampir disini,
    besok2 boleh bunda bekelin nasi bungkus komplit dgn minumnya deh😀😀
    salam

  17. Agus Siswoyo says:

    saya kebiasaan pakai air mendidih, bun. mungkin itu juga yang membuat teh bikinan saya nggak manjur ya. hehehe…

    hahaa…..manjur utk apa sih Gus ?🙂
    salam

  18. fansmaniac says:

    makasih bunda atas infonya, teh saja udah sehat dan baik bagi tubuh apalagi bila dibarengi dengan cara yang sehat makin maknyuss. dan setuju kalo minum nya jangan saat masih terlalu panas, selain bisa buat lidah bengkak juga manfaatnya agak bekurang dikit…

    setuju sekali, Mas
    krn minum ketika hangat terasa nikmat sekali,🙂
    salam

  19. fansnatural says:

    info yang bermanfaat bunda, trnyata ada cara sehat yg lebih baik untuk menyeduh teh

    alhamdulillah, terimakasih Mas, hanya mencoba sekedar berbagi🙂
    salam

  20. Tary Sonora says:

    wahhh ternyata gak langsung asal seduh dan minum juga ya bund, harus ada trik2nya juga heheh, met minum teh malam ini ya bund🙂

    yuk, kita ngeteh bareng , Tary🙂
    salam

  21. thanks buat infonya ya,…

    sama2, terimakasih juga Mas🙂
    salam

  22. Bee'J says:

    ternyata menyedu teh juga ada aturannya toh…🙂
    kapan nih bunda menyediakan teh untuk saya? hehe…

    tuh, dah disediakan kok Bang……
    tinggal diminum aja🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s