Kebaikan-kebaikan yang Anda tanam setiap hari di lingkungan kerja, tidak akan sia-sia. Anggaplah sebagai investasi yang akan memuluskan jalan Anda untuk mendapat kesempatan lebih baik kelak.

Keberhasilan dalam berkarier tak hanya ditentukan oleh perkara-perkara hebat atau prestasi yag terukur semata.

Anda juga perlu menanam ” pahala ”.

Kedengarannya mungkin sederhana, tapi percayalah, cukup sulit melakukannya karena melibatkan hati.

Yuk, menanam kebaikan ! .

Senyum Dong .


Wajah Anda yang tersenyum memberi kebahagiaan buat orang lain. Perbuatan yang mudah dan murah tapi acapkali diabaikan.

Cobalah tersenyum setiap kali berpapasan dengan rekan Anda di kantor. Enggak perlu terlalu lebar, tapi jangan cuma basa-basi. Tersenyumlah yang tulus.

Beri Empati .


Saat rekan mengadukan kesulitannya pada Ada, dengarkan baik-baik dan cobalah pahami posisinya. Ucapkan kata-kata yang dapat menghiburnya.

Syukur-syukur Anda dapat membantunya keluar dari kesulitan. Belajarlah untuk mengekspresikan empati Anda.

Helpful .


Rekan kerja sangat berharga bagi Ada. Merekalah batu loncatan untuk meraih promosi. Ketika mereka terlihat sangat sibuk, dikejar deadline sementara masih banyak pekerjaan belum terselesaikan, jangan pelit memberikan bantuan.

Inisiatif .


Ketika atasan atau senior Anda ingin cuti, berinisiatiflah menawarkan apa yang bisa Anda lakukan, pekerjaan apa saja yang dapat Anda tangani selama mereka tidak ada di kantor.

Tindakan ini sebagai cara untuk selalu komunikatif dan dalam rangka menjalin hubungan yang baik.

Jaga Sikap .


Kepada rekan kerja yang lebih tua atau kepada atasan, perhatikan tutur kata Anda. Selain itu, jagalah ucapan Anda.

Tahan keinginan untuk melontarkan komentar buruk terhadap rekan kerja. Karena siapa tahu, mereka inilah yang membantu Anda di kemudian hari.

Murah Pujian .


Saat rekan kerja atau atasan Anda berhasil menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, berilah pujian yang tulus kepadanya. Jangan pujian basa-basi, karena mereka mengetahui mana pujian yang tulus dan tidak.

Meski sederhana, pujian Anda ini dapat berdampak positif untuk Anda dan juga diri mereka yang Anda puji.

Mengalah.


Mengalah untuk menang. Prinsip ini yang mesti Anda tanamkan. Saat rekan kerja melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan, bersikap mengalah lebih baik daripada berkonfrontasi. Anda akan dilihat sebagai orang yang bisa mengendalikan diri dan matang.

Jangan Gampang Menolak .


Jangan mudah menolak ketika menerima tugas dadakan. Justru ini kesempatan Anda memberi kesan baik. Sikap ini juga menunjukkan Anda orang yang bisa mereka andalkan dan mau belajar.

Selama tugas yang mereka berikan tidak mengganggu pekerjaan Anda, dan Anda punya banyak waktu, jangan buru-buru menolak. Terima saja, karena bisa menambah poin di mata atasan.

Mulai sekarang, perbanyaklah menabur benih kebaikan di kantor. Enggak bakal mubazir, kok.

Kalimat terlarang .


Robyn Ryan, penulis buku 60 Seconds and You’re Hired mengatakan, ada lima kalimat terlarang yang sebaiknya dihindari di kantor:
* “Maaf, saya sedang sibuk.”
* “Lho, itu kan, bukan pekerjaan saya.”
* “Saya tidak tahu.”
* “Saya sedang tidak bisa konsentrasi.”
* “Saya punya masalah keluarga.

Salam.

dr berbagai sumber.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

60 responses »

Comment navigation

  1. Ngeblog Jadi Ladang Pahala, Bisakah ?…

    Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan blog. Ada blogger memanfaatkan blog untuk membangun suatu komunitas, ada juga yang menggunakannya untuk mencari uang tambahan atau bahkan menjadi penghasilan utama tetapi tidak jarang juga blogger yang menggunak…

  2. windienoor says:

    assalammualaikum bunda
    satu lagi investasi pahala,…
    mengenal & mengamalkan asmaa ul husnah,… saya lg mencoba membahasnya,… mudah2n ini juga menjadi amal jariyah saya nanti,… amiin

    http://www.windienoor.wordpress.com

    walaikumsalam.wr. wb Wind.
    insyaallah , semoga segala niat baik mendapat ridhaNYA,amin
    salam

  3. kamil010290 says:

    dengan tulisan juga investasi pahala lho bun..

    apabila tulisan itu bermanfaat dan mambawa kebaikan ya Mas🙂
    salam

  4. Blogcamp says:

    Allah Yang Pemurah,Maha Pengasih dan Maha Penyayang telah menggelar begitu banyak ladang amal bagi manusia. Sayangnya masih ada yang kurang bisa memanfaatkannya.

    Ada orang yang jarang senyum hanya untuk mempertahankan imagenya.
    Ada orang yang lupa tetangga dan para sahabatnya karena telah menduduki jabatan, dll.

    Mari kita senyum dengan ikhlas dan proporsional, sebuah shodaqoh yang sangat ringan tetapi dampaknya sungguh sangat dahsyat.

    terima kasih atas senyum tulus mbak

    aku selalu merasakan senyum tulus PakDhe setiap hari🙂
    setuju Dhe, semoga kita termasuk orang2 yg jeli melihat kesempatan utk
    selalu berbuat kebajikan ,amin
    salam

    salam hangat dari Surabaya

  5. windienoor says:

    assalammualaikum bunda
    numpang coment+ numpang beken,… mudah2n blogku bisa dibaca juga, xixix,… maksa ya(maklum masih baru nih)

    investasi pahala emang wajib hukumnya,… karena kaitannya, kita tidak hidup sendiri, kita lakukan kebaikan pada siapapun,
    karena siapa tahu kita akan dibantu pada saat kita kesulitan. meskipun ternyata yg membantu kita bukan orang yang kita tolong,…

    walaikumsalam.wr.wb Windie
    investasi pahal utk kebaikan kita sendiri
    dan keberuntungan di kampung akhirat nanti🙂
    salam

  6. kikakirana says:

    qkqkqkq 5 kalimat terakhirnya itu loh bunda,,,:mrgreen:

    HIDUP!!! ^_^

    kalimat yg gak banget ya QK🙂
    salam

  7. dykapede says:

    Semoga kata-kaya ini tidak suka dengan saya…:-)
    * “Maaf, saya sedang sibuk.”
    * “Lho, itu kan, bukan pekerjaan saya.”
    * “Saya tidak tahu.”
    * “Saya sedang tidak bisa konsentrasi.”
    * “Saya punya masalah keluarga.

    serem ya, kalau bilang ke bos, langsung kena PHK🙂
    salam

  8. Kakaakin says:

    Hehe… kalo 5 kalimat yang ada di bawah itu kita omongin ke boss, pasti langsung naik pitam deh😀

    hehehe………kayaknya langsung dikasih SP deh Kakaakin🙂
    salam

  9. Annaura says:

    Assalamu ‘alaikum wr.wb.

    Maaf bude ada yang keluapaan.
    Saya dengar dari pakde katanya bude dulu pramugari ya.
    Wah pasti bude cantik dan pintar bahasa Inggris ya.
    Saya boleh tanya ya bude, apakah setiap pramugari harus berwajah cantik dan pintar bahasa Inggris ?

    Saya dan beberapa teman ingin sekali menjadi pramugari loch. Doakan ya bude agar cita-cita kami terkabul.
    Betapa senangnya jika kami bisa menjadi pramugari, bisa keliling dunia…..sambil mengintip alam semesta ciptaan Allah Swt.

    Maaaf bude kepanjangan ya komen saya…hi i hi..maklum bude baru belajar negblog.
    Terima kasih ya bude. Salam manis dari Batam

    Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

    hahha……….. kebetulan memang aku mantan pramugari, tapi masalah cantik itu khan
    relatif, yg penting cantik hati🙂
    Bude doakan semoga apa yg kalian cita2kan tercapai dgn kemudahan dr Allah swt,amin.
    Bude seneng kok dgn komen yg panjang, gak masalah🙂
    salam

  10. Annaura says:

    Assalamu ‘alaikum wr.wb.

    Bude, terima kasih kami sudah diberi pencerahan yang begitu bermanfaat. Insya Allah saya dan sahabat-sahabat di Batam akan melaksanakannya sesuai dengan kemampuan kami.
    Bukankah Allah Swt sangat senang dengan amal yang istiqomah walau sedikit-sedikit.

    Bude, silahkan menengok rumah kami yang baru. Tapi maaf ya bude masih dalam proses pembangunan.Kami sangat senang jika bude sudi berkunjung kerumah kami. Insya Allah akan kami suguhkan musik rebana, jika berkunjung.

    Salam hormat kami untuk bude sekeluarga dengan iringan doa semoga bude sekeluarga senantiasa mendapatkan curahan rahmad, hidayat dan karunia dari Allah Swt.Amin
    Jaga kesehatan ya bude.

    Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

    Walailumsalam.wr.wb.
    alhamdulillah, kalau memang tulisan disini ada manfaatnya,
    bude juga sekalian mengingatkan diri sendiri,
    semoga melalui blog ,kita bisa selalu berbagi dlm kebaikan ya ,amin
    Segera meluncur ke tekape.
    bahagianya bisa menambah sahabat🙂
    salam

  11. BlogCamp says:

    Alhamdulillah, pencerahan demi pecenrahan saya dapatkan di blog mbakyu ini. Kita harus sebanyak-banyaknya beinvestasi di jalan Allah ya mbak.
    Terima kasih sudah diingatkan. Semoga saya sekeluarga diberi kemampuan dan kemauan untuk berinvestasi sebagaimana diuraikan diatas.

    Salam hangat dari Surabaya

    Alhamdulillah, terimakasih banyak juga PakDhe
    utk apresiasinya pd tulisan ini,
    sekalian aku juga mengingatkan diri sendiri Dhe🙂
    salam

  12. hellgalicious says:

    pagi bunda!

    saya usahakan bisa menanam investasi pahala di kantor

    dan, dimanapun kita berada ya Mas🙂
    salam

  13. haii..haiii..
    ada pelangii disini.. hohohoho,, apa kabar kawan??
    mampir dunk ke blog pelangii..
    mari kita berbagi pengalaman…
    http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/06/01/ibu-pertiwi-janganlah-kau-menangis-kembali-2/
    kasih komentar ya untuk tulisan pelangiii..
    terima kasih banyaakk \^^/

    nanti bunda kesana ya Betha sayang
    terimaksih utk infonya🙂
    salam

  14. rista says:

    sesuatu yang terlihat sederhana…namun sangat sulit untuk ikhlas melakukannya…
    terlebih dalam lingkungan kerja yang heterogen….
    tapi bagaimanapun kita harus berupaya keras untuk mewujudkannya….
    benarkan bundaku sayang?

    karena sulit bukan berarti gak mungkin khan ?🙂
    salam

  15. wardoyo says:

    Indahnya berbagi.
    Itu saya alami setiap berkunjung ke rumah bunda. Ada sajian tips yang nikmat dan baik yang selalu dibagikan bunda untuk dikunyah perlahan-lahan.
    Maturnuwwun.

    Mas Wardoyo selalu tak kehabisan cara utk memuji bunda😳
    salam

  16. sunflo says:

    ini investasi yang menguntungkan bunda…🙂

    belum ada tandingannya ya Mbak Novi🙂
    salam

  17. Aldy says:

    Orang rumah selalu bilang, ” tersenyumlah kasih, cinta ini milik kita”,😀

    Makanya Mas Aldy sering senyum ya🙂
    salam sayang utk orang rumah ya Mas
    salam

  18. elmoudy says:

    investasi pahala… bikin tambah adem di hati bunda..
    moga slalu bisa menabung untuk masa2 mendatang itu..
    dengan senyum dan segala kebaikannya

    semoga kita diberikan kemudahan olehNYA ya Mas Moudy
    salam

  19. Asop says:

    Ini bukti bahwa berbuat baik itu mudah ya, Bunda.🙂

    kapanpun, dimanapun dan pd siapapun, ya Asop🙂
    salam

  20. Rivanlee says:

    seneng baca postingannya bunda, tentang islami . jadi nambah pengetahuan saya🙂

    Alhamdulillah, terimakasih banyak,Mas Ivan🙂
    salam

  21. ceuceu says:

    ‘saya sedang tidak bisa konsentrasi..’ itu kalimat yang beberapa kali saya ucapkan di kantor…. waduh.. makasi bunda sudah mengingatkan…

    *ada point di atas yang tidak mudah dilakukan (bagi saya) yaitu.. mengalah .. dalam beberapa hal/kejadian saya memang kadang mengalah Bun..tapi sambil menggerutu gitu..🙂 .. saatnya untuk memperbaiki diri deh.. ehhe .. love you Bunda…

    bunda juga kadang2 masih kayak gitu ,Ceu😳
    mari ,kita sama2 memperbaikinya ya Ceu🙂
    salam

  22. Bunda, tipsnya bagus-bagus. Beberapa sudah saya lakukan dan rasakan. InsyaAllah kedepannya akan berusaha lebih baik lagi. makasih ya Bunda..

    Alhamdulillah, bunda yakin kok, pasti Mas Dy sudah melakukannya ,
    sebelum bunda publish postingan ini🙂
    salam

  23. tukangpoto says:

    Sudah saya rasakan sendiri,bunda gimana rasanya nanam ‘pahala’ itu, terutama untuk rekan kerja yang setiap hari bekerja sama dengan kita. Salam jepret!

    Alhamdulillah, ternyata rasanya nikmat ya Mas Didit🙂
    salam

  24. jumialely says:

    Maaf saya begitu kagum pada anda dan jatuh cinta pada rumah anda

    semoga kalimat iniu tidak dilarang ya bunda

    I love you bunda

    I love you too and always Mbak Lely sayang🙂
    salam

  25. Delia says:

    Bunda.. jujur kadang lia juga sering bilang gak tahu…😦
    padahal untuk menghindar… hikss hikss..
    makasih bunda sudah diingatin.. ^_^

  26. wah makasih bunda sudah mengingatkan…

    sama2, sambil mengingatkan diri sendiri juga🙂
    salam

  27. citromduro says:

    pencerahan yang luar biasa
    dengan energik dalam bekerja kita sudah memiliki tabungan pahala

    Alhamdulillah, mudah dilakukan , hanya tinggal kita mau atau tidak ya Mas Citro🙂
    salam

  28. Hairullah says:

    Asallamualaikum bunda..
    Sebuah pahala adalah sebuah imbalan kesabaran yang kita dapatkan,, kesabaran adalah kerja keras.. Dan kerja keras adalah tenaga
    Salam kenal bunda dontwory,,🙂

    salam kenal juga Mas.
    terimakasih utk kunjungannya.

    demi kebaikan bagi kita dan sekitar ya Mas
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s