Cita rasa yang lezat dan bergizi tinggi menyebabkan tuna menjadi ikan yang nilai jualnya tinggi.

Akibatnya tuna banyak dicari dan dicuri dari laut Indonesia.

Hingga saat ini tuna masih dihasilkan dari kegiatan penangkapan, bukan hasil budi daya.

Nikmati tuna segar, karena lebih sehat.

Kaya Omega-3


Kandungan gizi tuna dua kali kadar protein pada telur.

Ikan tuna, kaya asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan menghambat proses terjadinya ateroklerosis (penyumbatan pembuluh darah).

Asam lemak omega-3 juga mempunyai peran penting untuk proses tumbuh kembang sel-sel saraf, termasuk sel otak, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan, terutama pada anak-anak yang sedang mengalami proses tumbuh kembang.

Sumber Mineral


Tuna juga meningkatkan kecerdasan dan mencegah penyakit gondok.

Kandungan iodiumnya mencapai 28 kali kandungan ikan air tawar.

Selain itu, kaya selenium yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab berbagai jenis kanker.

Menikmati tuna 30 gram sehari dapat menghindari kita dari serangan jantung (50 persen).

Kandungan rasio kalium dan natriumnya 5:1.

Kalium bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah.

Kalium yang tinggi akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh.

Jadi, jangan lupa untuk memasukkan tuna sebagai pelengkap menu bersantap.

Salam

Referensi : health today

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

44 responses »

Comment navigation

  1. rhesahatake says:

    sayang Indonesia belum bs menangani ikan tuna dengan baik terutama dari segi sanitasi dan higiene yang sy perhatikan langsung d pelabuhan nusantara pelabuhan ratu jd`y hrg`y tidak maksimal..sekedar info ikan tuna sdh bisa di budidayakan oleh orang Israel..

    dan, terlebih lagi negara2 yg lebih baik pengelolaan ikan tunanya ,
    malah banyak yg mencurinya dr perairan kita ya Mas.
    (menyedihkan sekaligus sebal)😦
    info ttg israel yg makin menyebalkan😦
    salam

  2. Debby says:

    paling suka makan Tuna karena durinya ga ada ^^
    salam kenal Bunda….kunjungan pertamax neh ^^

    Salam kenal juga ,Debby
    terimakasih sudah mampir🙂
    salam

  3. Kakaakin says:

    Ooo… ternyata banyak banget kandunggan gizinya…
    Saya lumayan suka ikan ini😀

    😳 Kaakakin yg komen, jadi malu, ada pakarnya🙂
    salam

  4. BlogCamp says:

    he he he..pengalaman makan tuna di AS.tuna salad..gak nendang blas….
    tuna enak dan enuh gizi ya mbak
    terima kasih artikelnya
    salam hangat dari Surabaya

    sama2 , terimakasih banyak juga Dhe🙂
    salam

  5. fara says:

    Tapi mahal bunda, sekarang si cari yang murah meriah, asala kebutuhan akan protein hewani nya tercukupi…🙂

    setuju Fara, msh banyak kok penggantinya yg sama sehatnya
    salam

  6. wardoyo says:

    Hmm, tuna memang mahal, sebagai gantinya saya suka tongkol (masih saudara sepupunya tuna sepertinya??)… Rasanya juga enak lho.

    yang penting ikan laut ya Mas,
    krn umumnya ikan laut hampir semuanya mengandung omega-3
    salam

  7. Abula says:

    pantesan mahal ya, ternyata selain lezat juga sarat akan kandungan yang menyehatkan …

    sebetulnya harganya hampir sama saja dgn tongkol dan cakalang kok Mas Abu,
    yg mahal malahan ikan salmon, yg sama2 mengandung omega-3 juga🙂
    salam

  8. wi3nd says:

    bisa diganti ayam bunda?

    aku tak suka ikan😦

    kalau gitu, omega-3 nya yg pil aja deh, utk Wi3nd😀
    salam

  9. novi says:

    hmmm… novi suka banget ma ikan ini bund, pokoknya ikan laut deh… secara banyak bgt manfaatnya ya… bunda, kenalan nie bund… bentuk asli sunflo..:mrgreen:

    rumah baru ya Mbak ?
    ok nanti bunda bertamu kesana.
    gak sedih2 melulu kayak Rose khan?🙂
    sedih2 juga gak apa apa, kata2nya indah .
    salam

  10. Ifan Jayadi says:

    Saya paling suka dengan ikan tuna. Rasanya enak dan empuk. Hmm..yummy😛

    enak, bermanfaat dan gak terlalu mahal🙂
    salam

  11. Aldy says:

    Boro-boro makan ikan tuna bunda, lha wong jarak tempat tinggal dengan laut saja hampir 500Km.
    Tapi tenang ada gantinya kok, disini ada ikan “Semah/Sembah”, mirip ikan siluk/arwana, masih murni dari alam pegunungan.

    bunda belum pernah dan gak tau ikan sembah itu Mas,
    mudah2an kapan2 Mas Aldy bikin posting yg ada gambar ikan sembahnya ya🙂
    salam

  12. tutinonka says:

    Waah … pengin nyicipin masakan Bunda nih …
    Kapan ngundang saya makan tuna, Bun? Saya siap bawa perut deh … (ha? perut doang?)😀

    Yuk, kita makan tuna, kapan Mbak Tuti sempatnya?
    hehe apa sih yg gak , kalau utk Mbak Tuti😀
    salam

  13. Nohara says:

    berarti nohara nda begitu cerdas karna nda pernah makan tuna ya??
    hiii…
    ndeso bun!!

    lho lho siapa yang berani bilang anak bunda yg cantik ini gak cerdas ?? (* sambil tolak pinggang*)
    sini bunda jitak (* si bunda ngomel*)
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s