Anda tahu kenapa ibu kita dulu sering menggunakan perasan air jeruk lemon untuk masakan? Ternyata air jeruk lemon bisa memberikan sensasi rasa segar dan mempertegas rasa masakan.

Selain itu, ternyata jeruk lemon juga punya berbagai manfaat lainnya, seperti:

1. Menambah aroma
Tambahkan perasan air jeruk lemon pada teh hijau sehingga menghilangkan rasa sepat pada teh dan membantu menyerap kandungan antioksidannya. Aromanya juga bisa membuat tubuh jadi lebih rileks.

2. Menghilangkan bau
Potong jeruk lemon, kemudian gosok pada tangan untuk menghilangkan bau amis setelah makan.

Atau gunakan potongan jeruk lemon dan gosokkan pada kaki untuk menghilangkan bau pada kaki.

3. Meredakan rasa panas
Campurkan perasan jeruk lemon dengan air dingin, lalu sapukan pada bagian kulit yang terasa panas atau terbakar akibat matahari.

Cara ini cocok digunakan untuk mereka yang mengalami kulit terbakar matahari tingkat rendah.

4. Menyegarkan bau cucian
Peras air jeruk lemon, lalu tuangkan ke dalam air cucian.

Biarkan beberapa jam untuk merendam cucian.

Air jeruk lemon akan membuat cucian Anda jadi wangi dan bebas bau apek, terutama saat musim hujan.

5. Membuat perabotan perak dan logam jadi bersinar
Campurkan air jeruk lemon dan garam.

Kemudian gosokkan pada peralatan perak dan tembaga Anda.

Cara ini akan membantu untuk menghilangkan noda dan warna kusam akibat oksidasi atau udara.

Setelah itu, cuci dan keringkan.

Salam

Gambar dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

60 responses »

Comment navigation

  1. Waah artikelnya menarik🙂
    Jeruk lemon merupakan salah satu buah yang sering kita jumpai sebagai campuran minuman, terutama teh. Karena rasanya yang menyegarkan, tidak salah jika banyak orang yang menyukainya. Jeruk lemon ternyata memiliki manfaat yang beragam, selain sebagai penghilang bau amis pada ikan, jeruk lemon juga dapat dimanfaatkan untuk menyegarkan cucian. Tapi apa tidak mempengaruhi warna baju?? Terimakasih atas artikelnya🙂

  2. lemontea selain itu enak dibikin minuman,,
    untuk menjaga kelangsingan tubuh,,

  3. Endang.JSF says:

    Antara bulan Mei / Juni- 2010 aku sakit dibagian perut sebelah kanan lalu ke dr.Urologi hasil cek n ricek ternyata ada sedikit pasir di ginjalku selain dapat resep dokter, dokter juga kasih saran kalau malam mau tidur jangan lupa minum lemon tea yg dibuat sendiri, jadi smp skrg aku selalu minum lemon tea kl mau tidur enak banget…..

  4. Irfan says:

    wahhh..
    bara tau saya bund..
    terima kasih ya bund, infonya sangat bermanfaat..🙂

    sama2 Irfan, terimakasih juga🙂
    salam

  5. jeruk lemon emang seger bunda… apalagi klw di buat minuman rasa lemon terus diminum waktu panas2 wuidih segernya
    …🙂

    bikin ngiler deh…..😀
    salam

  6. fdnugroho says:

    memang seger es lemon n banyaf manpaat, aplagi panas-panas gini

    enaknya minum yang seger dingin ya
    salam

  7. dafiDRiau says:

    manfaat untuk kesehatannya apa Bun..???

    mengurangi batuk, menyembuhkan /mengeringkan jerawat
    dan menjadi anti oksidan di tubuh
    salam

  8. dreesc says:

    dree suka lemon…. soalnya dree punya radang tenggorakan… suara nya dree sering ilang… lemon lah penyelamat dree…

    wah, kenapa kok bisa sering hilang gitu suaranya Dree?
    salam

  9. achoey says:

    selain diminum, ternyata manfaatnya banyak ya bunda

    di kedai sahaja Mie Janda, es lemon dan es lemon tea juga banyak yan suka😀

    kapan ya bunda bisa minum lemon tea di Mie Janda (* mengkhayal*) 🙂
    salam

  10. sangsaka says:

    jeruk oh jeruk… *jadi pengen makan jeruk*
    *piraku jeruk makan jeruk…?!!!*

    Kang Saka , gitu deh, khasnyaaa …..😀😀
    salam

  11. citromduro says:

    makanya bahan penghilang lemak seperti sabun cuci mempergunakan jeruk nipis ya bunda

    iya bener ,Mas Citro
    salam

    • citromduro says:

      Campurkan perasan jeruk lemon dengan air dingin, lalu sapukan pada bagian kulit yang terasa panas atau terbakar akibat matahari.

      saya pikir awalnya untuk pereda panas/kompres

      salam dari pamekasan madura

      untuk kalau kita terlalu lama terpapar sinar matahari, biar gak gosong kulitnya Mas
      salam

  12. dedekusn says:

    Waduh Bunda… komen sy ada yg ketangkep, keluaran ya bund

    udah tuh, dibebaskan tanpa syarat Mas🙂
    salam

  13. dedekusn says:

    ternyata dibalik rasamasamnya begitu banyak manfaatnya…

    betul,Mas .
    Allah swt tdk menciptakan sesuatu dgn sia2
    salam

  14. hellgalicious says:

    enaknya itu dibikin jus bundaa!
    hehe

    seger pastinya😀
    salam

  15. abu ghalib says:

    dulu saya suka makan jeruk nipis
    makanya wajah saya rada2 kinclong😀

    whaaaa………..iri dengan Mas Abu:mrgreen:
    salam

  16. BlogCamp says:

    saya punya jeruk seperti itu tetapi warnanya hijau mbak.
    gak bisa dimakan, hanya bisa untuk membersihkan kuningan
    salam hangat dari surabaya

    kalau itu jeruk apa ya namanya Dhe ?
    salam

  17. Shanty says:

    Mantap dwehh manfaat lemon..!!!

    ayo….. langsung di cobain Shanty🙂
    salam

  18. sapta says:

    assalamu’alaikum..
    weww.. untung aku termasuk penggemar lemon.. ternyata banyak manfaatnya yah…🙂
    makasih infonnya bund..😀

    walalikumslam.wr.wb Sapta
    sama2, terimakasih juga
    salam

  19. makanya ada sarung tangan rasa jeruk lemon dan sudah dapat dibeli di pasaran dengan judul spontex fresh lemon gloves
    *jiahaaahahah tetep promosi*

    hehehe………dagang…teuteup…namanya juga usaha ya Mbak Juli🙂
    boleh2 aja dong😀
    salam

  20. jumialely says:

    untuk wajah juga bagus bundo, untuk rambut juga😀

    mengurangi lemak di wajah, dan utk mengurangi ketombe ya Mbak Lely😀
    salam

  21. nh18 says:

    Nomer satu dan nomer dua itu adalah kegunaan Lemon yang paling dominan ya Bunda …

    Yang jelas …
    Teh Panas Manis saya akan terasa lezat dengan beberapa tetes air lemon …

    Salam saya Bunda

    ehmm… ice lemon tea , segar bin maknyusss ya Mas🙂
    salam

  22. yangputri says:

    pagiiiiii bundaaaaaaa

    seepp jeruk lemon emang banyak banget manfaatnya

    pagiiiiiii juga Yank …..
    selalu sehat ya Yank🙂
    salam

  23. saya suka yang nomor satu itu Bunda, menyegarkan

    disediakan utk Mas Narno seorang😀
    salam

  24. Wah harus dicoba nih Bun… makasih Bunda ^_^

    silakan, semoga bermanfaat🙂
    salam

  25. Jeruk banyak sekali manfaatnya, termasuk lemon.. Apalagi klo dikasih es, pasti suegerrrrr..yummy!!

    hmmmmm…………… diminum siang atau sore hari, sama segarnya😀
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s