Banyak orang pandai berbicara, namun hal itu tak berarti ia juga pandai berkomunikasi.

Berkomunikasi itu lebih dari sekedar berbicara dan mendengarkan.

Tak hanya itu, ternyata diperlukan upaya yang keras untuk dapat berkomunikasi dengan benar.

Keuntungan jika kita dapat berkomunikasi dengan benar adalah hilangnya salah paham, sebaliknya akan timbul pengertian dan pemenuhan kebutuhan yang sesungguhnya.

Jangan bicara atau mendengarkan sambil sms-an atau merias wajah, terutama bila hal yang dibicarakan sangat pelik.

Sebaliknya, beri perhatian penuh lewat bahasa tubuh Anda.

Nada bicara

Seseorang lebih terpengaruh dengan nada bicara seseorang daripada isi pembicaraan.

Usahakan untuk berbicara dengan lembut tapi tegas, bukan kasar.

Nada bicara yang tulus juga dapat dibedakan dari nada bicara yang penuh kejengkelan, walau keduanya mungkin sama lembutnya.

Nada bicara Anda menentukan nada hati Anda saat itu, apakah hati Anda sedang dalam keadaan ‘sumbang’ atau ‘merdu’.

Sikap Tubuh

Saat berkomunikasi dengan seseorang, sikap tubuh turut memegang peranan penting.

Tatap lawan bicara Anda! Mata jangan sampai ‘lari’ atau melirik ke mana-mana.

Posisi badan (entah duduk atau berdiri) usahakan dalam keadaan siaga atau tegak.

Berbicara lembut juga mudah diterima daripada jika Anda berbicara dengan nada keras.

Jika Anda ingin maksud hati Anda tercapai, maka berbicaralah dengan nada baik-baik.

Isi pembicaraan

Hal ini tak kalah pentingnya. Banyak orang, khususnya wanita berbicara dengan bahasa yang tersirat.

Kita mengharapkan agar orang lain, entah itu pasangan, anak, atau kenalan, mengerti maksud kita dengan ‘kode-kode’ yang kita sampaikan.

Oh, tolonglah! Tidak seorangpun di dunia ini yang berkuasa untuk membaca pikiran orang lain.

Banyak kehancuran terjadi dalam hubungan dan keluarga dikarenakan pembicaraan tersirat ini.

Sudah maksud tak sampai, salah paham pula. Hmmmmmm…………

Wanita, kita perlu belajar bicara dengan lebih detail.

Jangan malu atau gengsi! Sampaikan maksud Anda dengan jelas.

Pemikiran Anda, perasaan Anda, juga harapan-harapan Anda.

Semakin jelas Anda mengutarakannya, maka semakin kecil peluang salah paham dan pastinya apa yang jadi tujuan Anda bisa tercapai dengan baik.

Jika tak suka, katakan.

Jika tak mau, katakan.

Jika lapar, katakan.

Daftar ini bisa panjang.

Intinya katakan apa yang Anda ingin orang lain tahu.

Katakan dengan baik.

Katakan dengan jelas.

Hubungan yang hancur, pernikahan yang kandas, atau keluarga yang berantakan dapat dipulihkan dan diperbaharui kembali, jika komunikasi diperbaiki.

Jadi, mari kita mulai pembenahan itu dari diri kita sendiri!

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

81 responses »

Comment navigation

  1. uyaaa says:

    Saya bila berbicara susah sangat nak concentrate kat mata si lawan

  2. desicandra says:

    Assalamu’alaikum, salam kenal..
    Postingan yang baik bunda, makasih ya…

    walaikumsalam.wr.wb
    salam kenal juga Desi🙂
    terimakasih sudah mampir.
    salam

  3. terimakasih Bun, tips nya, krn komunikasi sangat penting n tak bs lepas dr kehidupan normal manusia, dan tentunya kominikasi jg bth teknik2 yg kudu dikuasai… nice share🙂

    dan salah satu komunikasi yg agak susah dilaksanakan,
    adalah mendengarkan.
    krn semua orang inginnya didengarkan, namun jarang yg mau mendengarkan🙂
    salam

  4. ini luar biasa postingan. kami jadi sering membaca ini walau kadang tak berkomentar. Salam sehat bu

    terimakasih Mas,
    semoga selalu sehat juga ya🙂
    salam

  5. rurumichan says:

    iyaah yaa bun harus gt yaah hehehe
    kdang aku jg masi gak bner nh komunikasinya hehe

    akh, masa’ sih ?
    bunda yakin kok Ruru pasti ok komunikasinya🙂
    salam

  6. didot says:

    jadi ingat permainan komunikasi,kadang sampai ujung pesannya beda sama yg pertama kali dibisikkan🙂

    ya bener Mas, malah kadang ngawur kemana2😀😀
    salam

  7. DikMa says:

    bu, setiap habis sholat doa yang tak terlupakan adalah ” Mudahkan ucapanku ya Allah “.

    seperti doa Nabi Musa as. ya DikMa🙂
    salam

  8. Huang says:

    saya gak tahu mau berkomentar apa dari tulisan bunda, tapi kemarin saya memang mengalami masalah komunikasi antara saya dan pimpinan saya, dan menurut dia itu kesalahan saya yang fatal tapi menurut saya itu hanya penyepelehan akan kemampuan orang saja.

    tapi saya berinisiatif untuk meminta maaf, persoalan dia gak mau maafin itu dosa dia😀

    Mas Huang , hebat sekali. ( bunda kagum)
    krn hanya orang yg berjiwa besar dan orang2 yg sukses yang
    mampu memaafkan.
    salam

  9. guskar says:

    komunikasi kunci utama dalam berhubungan dng orang lain, entah dalam urusan rumah tangga atau bisnis. dlm berkomunikasi yg baik, mestinya bisa mengalahkan ego diri, dan berempati kpd org yg diajak berkomunikasi

    dan,mendengarkan adalah salah satu komunikasi yg tdk mudah diterapkan,
    krn biasanya banyak orang yg hanya ingin didengarkan,
    namun jarang yg ingin mendengarkan🙂
    salam

  10. arkasala says:

    Setuju Bunda, kejelasan berkomunikasi itu penting banget. Gara-gara gak jelas pernah saya ribut berat🙂
    Terima kasih sekali atas artikelnya🙂

    yg susah kalau menerjemahkan yg tersirat ya Kang🙂
    salam

  11. Asop says:

    Huaaaa cara berkomunikasi saya juga belum sempurna.😀

    tapi, kalau lihat tulisan2 nya Asop, sudah tersampaikan kok yg dimaksud dan dituju🙂
    salam

  12. wooooow,…topiknya bagus n sangat menariik,… skalian buat pengetahuan n belajar bagi yg blom tau cara komunikasi yang baik,…

  13. topiknya bagus n sangat menariik,… skalian buat pengetahuan n belajar bagi yg blom tau cara komunikasi yang baik,…

    terimakasih, krn komunikasi itu tdk melulu bicara,
    melainkan juga mendengarkan
    salam

  14. Abu Ghalib says:

    wow, saya suka topik ini
    bagaimana berkomunikasi secara baik dan efektif merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan kesuksesan seseorang

    trims

    baik dlm hubungan pertemanan maupun bisnis
    salam

  15. Plesiran says:

    Komunikasi memag penting mbak.
    Ipung dah ngerti kok kalau malam Jum’at saya ngedip-ngedipkan mata berarti pemungutan suara bisa dilaksanakan. maka kamipun segera bergegas menuju bilik pencoblosan ha ha ha ha ha

    Thanks artikel yg bermanfaat

    salam hangat dari Plesiran – media untuk mempromosikan pariwisata daerah anda secara gratis. Bahkan pengirim artikelnya akan mendapat tali asih berupa sebuah buku yang menarik dan bermanfaat. Join this site, please !!!

  16. Tips ini aku catet , benar bund kadang omongan terlalu banyak tapi tak bermanfaat . salam sehat selalu. Bund mohon ijin tukeran link , linknya bunda sudah kami masukan di blogroll Rumah-sehat afiat terima kasih atas perhatiannya . moga link kami masuk ke linknya bunda . Blog kami Insya Allah akan di isi tetang tema2 kesehatan . Semoga kami bisa eksisi

    terimakasih Mas, nanti bunda add ya linknya
    di VIP links disini🙂
    salam

  17. dedekusn says:

    Kadang sy tidak menyadari hal2 yg bunda sebutkan, terima kasih Bunda Insya ALlah akan sy coba terapkan, mudah2an bisa menjadi komunikator yg baik🙂
    Salam & sukses untuk bunda

    terimakasih Mas Dedekusn, semoga saja ,amin
    salam

  18. cah ndueso says:

    ngteh dulu baru bicara,,,,loh kok malah iklan…

    di sponsori ya Cah ?😀
    salam

  19. Sapril says:

    Naaa…. sepertinya salah satu hal yang sering membuat ‘gempar’ saya dan dia-yang-saya-sayangi ini ya masalah ‘tersirat’ ini Bunda. Ngomongnya apa, saya nangkep nya apa. Ga nyambung.🙂 Tapi kalo giliran saya ngomong dengan gaya saya yang langsung, dibilangnya kasar-gak-romantis…🙂
    Ga pa pa belajar memahami ya Bunda kehkehkehkeh…

    hahaha…… kadang repot juga ya Mas,
    tapi lama2 juga akhirnya bisa kok,
    kan alah bisa krn biasa🙂
    salam

  20. Aldy says:

    Kalau saya sih karena bawaannya cuek, ya nggak mikir bunda *(sungguh*).

    sungguh juga, bunda percaya Mas Aldy cuek😀
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s