Secara sederhana, steak adalah daging yang dipotong dari seekor sapi (atau ayam, atau ikan) yang kemudian dimatangkan dengan cara dibakar diatas bara, di bakar diatas nyala api, di oven, atau bahkan digoreng.

Steak pada umumnya berasal dari daging sapi, yang dimasak singkat.

Pada umumnya disajikan dengan nasi, kentang, roti atau pasta.

Pada umumnya, kita mengenal beberapa macam steak, dan dari beberapa macam ini, yang paling populer jika kita berbicara mengenai steak, adalah Tenderloin, Sirloin dan T-Bone Steak.

Bagian manakah mereka?

1. Tenderloin
xxxxxxx
Dianggap sebagai raja steak karena paling lembut dan empuk.

Teksturnya lembut, berbentuk oval dan ukurannya kira-kira sebesar bola baseball.

Daging ini diambil diatas paha belakang sapi. 85 gram (3 oz) daging ini mengandung 250 kalori, 21,4 gram protein, dan 17,2 gram lemak.

2. Sirloin
xxxxxxx
Sirloin steak adalah potongan daging dengan sedikit potongan tulang yang ditinggalkan karena akan menambah rasa daging yang ada.

Menurut daerah tempat daging ini dipotong, sirloin dapat berupa bottom sirloin atau top sirloin steak.

Ukuran steak ini biasanya berada di ukuran diameter 5-10 cm dengan tebal 1,5 sampai 4 cm. 85 gram (3 oz) sirloin adalah 220 kalori, 22 gram protein, 12,8 gr lemak.

Sirloin biasanya lebih murah daripada tenderloin dengan rasa yang hampir sama nikmatnya.

3. T-Bone

xxxxxxxSteak ini dinamai demikian karena tulang berbentuk T yang ada di dalam daging tadi.

85 gram daging T-Bone mengandung sekitar 260 kalori, dengan 19.6 gram lemak dan protein dalam jumlah yang sama.

Daging ini memiliki nutrisi yang tinggi dan biasanya dimatangkan dengan cara dibakar diatas bara atau nyala api.

Steak ini lebih mahal daripada Sirloin tapi masih lebih murah daripada tenderloin.


Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

51 responses »

Comment navigation

  1. Si Bawel says:

    wah…. akunya ngiler ketika lihat tulisan ini… nyam-nyam…

    boleh dicicpi kok ,kalau mau, silakan……………..🙂
    salam

  2. isdiyanto says:

    HHHhhhmmmmmMMMMMM… E N A K N I H . . . .

    silakan , boleh dicicipi kok Mas🙂
    salam

  3. guskar says:

    ketika memesan steak tenderloin/sirloin, akan ada pertanyaan lanjutan dr si pramusaji : mau yg lokal atau yg impor pak?
    saya jawab : wis.. pokoke sing enak dan empuk🙂

    setuju Gus, kalau import gak maknyus ..ya percuma,
    gak bisa dinikmati🙂
    salam

  4. dinoyudha says:

    hmm… baru tau nih info ini, biasanya beli ya beli aja yang murah yang mana.. hehe..
    Liat fotonya jadi pengen..😀

    boleh dicobain kok Mas Dino :d
    salam

  5. wi3nd says:

    hiks..pa9i pa9i da liat steaks..lapeer bunda😀

    enak bund,tapi aku jaran9 makan steaks bund..

    gak usah sering2 Wi3nd, gak baik,
    utk kesehatan juga kantong hehehe😀😀
    salam

  6. BENY KADIR says:

    Kalo di kampung tdk tau namanya steak.
    Makan daging yg dibakar di atas bara sdh sering, tapi ukurannya masih setengah dari steak.

    pasti lebih nikmat ya Mas Benny🙂
    apalagi bila disantap bersama keluarga
    salam

  7. nakjaDimande says:

    Bunda aku makan steak hanya sekali 5 tahun, hehhe.. dan itupun pusing abis makan. ngga kuat ngabisin daging seukuran itu.

    klo rendang sama dendeng balado, gpp bun😀

    Selamat malam bunda sayang.

    apalagi dendeng batokok cabe ijo ya Bundoku🙂 * jadi ngiler🙂 *
    salam

  8. Tanti says:

    Hmmm… langsung kriuk2 nih perut liat steak…
    Kayaknya aku suka semua jenis ini. nyam..nyam..nyam..

    kapan yuk, kita makan steak bareng, Tanti ?🙂
    salam

  9. anno says:

    iya..saya paling suka yang tenderloin…
    cuma banyak lemaknya ya..

    sekali2 gak apa apa makan yg berlemak Anno
    asal jgn keseringan……………… mahal ………… 🙂
    salam

  10. Asop says:

    Yap, sirloin bisa dibilang alot!😦
    Untuk T-bone, saya mau asalkan tulangnya dipisahin. :p Gak ada ya restoran yang menyediakan T-bone steak yang udah dipisahin.😀

    sudah dipisahin tulangnya , terus disuapin ya Sop😀😀😀
    tinggal ngunyah aja deh🙂
    salam

  11. aditric says:

    adit ingin liat bunda senyum lagi. baca posting terakhirq hari ini ya bunda?
    salam,

    hmmmmmmm…………senangnya😀
    bunda segera meluncur ke tekape🙂
    salam

  12. […] This post was mentioned on Twitter by lily suhana. lily suhana said: Membedakan Aneka Steak: http://wp.me/puHIp-XH […]

  13. yanrmhd says:

    weleh..weleh…, bikin ngiler nih Bunda:mrgreen:
    mantafff kayaknya ya tuh, bernutrisi tinggi…
    tapi harganya tinggi juga..😀

    hehehe…..iya Mas, enak dan mahal😦
    salam

  14. sunflo says:

    hehehe… blompernah makan stik bunda… ^^ tapi kalau makanan yang sejenisnya… daging iris kemudian dimasak sih sering…:mrgreen:
    jadi tau nie terutama yg no 1 dan 2 ^^

    Mbak Flo khan pinter masak dan kreatif, pasti yg lebih enak dr steak,
    bikinnya lebih ok lagi ya🙂
    salam

  15. rurumichan says:

    aku gak gt suka daging hehe sukanya seafood sm ikan2an hehe😀
    nice info bundaaaa

    whaaaa…………bunda juga suka seafood, pokoknya yg enak2 , suka😀😀 (* bunda memang rakus nih*)😳
    salam

  16. nh18 says:

    Bunda Ly …
    Satu lagi pengetahuan simple tetapi sangat berguna …
    Ditulis oleh orang yang sangat mengetahui seluk beluk hal seperti ini …
    Saya paling suka hal-hal seperti ini di Blog Bunda Ly …

    Salam saya Bunda Ly …

    Mas Enha paling pandai, kalau membesarkan hati bunda😳 (jadi tersipu2)

  17. Plesiran says:

    Ketiga macam steak itu sudah pernah saya lahap.
    Lain kali buat postingan gandengannya steak ya mbak yaitu kentangnya

    Salam hangat dari Plesiran – media untuk mempromosikan pariwisata daerah anda secara gratis. Pengirim artikelnya bahkan akan mendapatkan tali asih berupa sebuah buku yang menarik dan bermanfaat.

    ok Pakdhe, apa sih yg gak ,kalau utk Pakdhe kita tersayang😀😀
    salam

  18. edratna says:

    Tenderloin memang paling mahal…rasanya empuk gurih…dan sirloin enak…nyam-nyam karena lemaknya (disini lupakan dulu kolesterolnya ya).

    Setuju, kalau utk melupakan kolesterol sebentar Bu😀😀
    salam

  19. dreesc says:

    pagi pagi baca soal steak bikin ngiler…. nyamnyam… makasih infonya… lam nal…

    silakan dicobain lho Mas/Mbak?
    salam kenal juga
    salam

  20. Kakaakin says:

    Hehe… saya biasa makan steak yang abal-abal aja di warung lesehan😉

    biar abal abal , tapi khan tetap maknyus🙂
    salam

  21. arkasala says:

    wah Bunda istri saya paling doyan banget tuh makanan ini ….
    tapi entah deh dia bisa membedakan apa nggak ……
    Trims sekali atas infonya.
    Salam hangat selalu🙂

    yg pasti enak ,Kang🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s