Awet muda tak hanya dapat diraih dari usaha jasmaniah saja seperti rajin merawat kulit, diet sehat, atau olah raga.

Namun, lebih dari itu semua adalah tentang bagaimana kesehatan mental Anda.

Masalah, stres, sakit hati merupakan hal-hal yang dapat membuat mental seseorang menjadi sakit.

Oleh sebab itu, setiap orang, perlu yang namanya liburan mental.

1. Relaksasi

Mengingat begitu padatnya aktivitas kita pada masa kini maka tubuh dan pikiran perlu mendapat kesegaran baru.

Ibarat mesin, tubuh juga perlu di tune-up agar kembali segar dan berenergi. Relaksasi dapat mengendurkan urat syaraf yang tegang, serta me-refresh pikiran-pikiran yang sumpek.

Cobalah luangkan waktu dengan melakukan kegiatan favorit Anda, misalnya dengan membaca buku favorit, berenang, mendengarkan musik, atau berkebun.

2. Tertawa

Tertawa merupakan obat stres yang mujarab. Saat Anda tertawa, sistem pernafasan jadi lebih baik karena timbul pola nafas yang khas.

Selain itu, tertawa juga dapat menurunkan zat residu yang bercokol di paru-paru, dan menggantikannya dengan udara yang kaya oksigen. Tertawa juga terbukti menurunkan hormon stres dan tekanan darah.

3. Berpikir positif

Pikiran positif menghasilkan tindakan yang positif pula. Yang Anda pikir akan terjadi, justru kerapkali hal itulah yang benar-benar akan terjadi.

Banyak orang yang stres karena memiliki pikiran buruk, prasangka, iri, dan hal-hal negatif lainnya. Jadi, jaga pikiran dan hati!

4. Nikmati Alam Bebas

Udara kota yang penuh dengan polusi, suara bising, serta beban kerja yang overload bisa menimbulkan stres.

Cobalah luangkan waktu untuk menikmati alam sekitar yang masih asri dan alami. Tumbuh-tumbuhan, binatang, dan pemandangan alam memiliki kesan tersendiri yang membuat Anda lebih rileks.

5. Luangkan waktu bersama teman-teman

Bersenda gurau, curhat, merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh tiap orang. Pergaulan dan komunikasi bersama dengan teman-teman bisa menjadi hal yang membuat kita lebih ‘hidup’.

6. Istirahat dan tidur nyenyak

Tidur cukup (sekitar 6-8 jam) sehari dapat membuat stamina terjaga.

Jadi jika ingin tetap fresh, pastikan waktu tidur Anda cukup.

Apa kira kira yang biasanya sahabat2 tersayang lakukan, ketika melakukan liburan mental?

Saya harap, sahabat2  mau untuk berbagi disini🙂

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

51 responses »

Comment navigation

  1. OGIK says:

    KALAU GAK BISA REFRESING KARENA KERJAAN GIMANA BUN…

    masa” sih gak bisa ?
    kan kerja itu mesti ada liburnya🙂
    salam

  2. fajar says:

    kalau saya lbh srng di no 4 dan 5 bund..
    salam knl ya bunda,,,:)

    yang penting bisa refreshing🙂
    salam kenal juga
    salam

  3. kikakirana says:

    Klo QK asal bikin bahagia…😆
    tergantung waktu itu maunya apa bunda…:mrgreen:

    Tapi normalnya sich tertawa dan tidur😀

    HIDUP!!! ^_^

    bunda juga suka tertawa dan senyum, apalagi tidur😀
    salam

  4. kayanya yang ke enam saya g bisa bun ^^ soalnya siklus hidup saya di malam hari hehe..

    kalau begitu tinggal diatur aja ya Abu waktu tidurnya
    salam

  5. senang rasanya masih bisa berkunjung di rumah sahabat di akhir pekan ini, salam dari kalimantan tengah 06:17

    terimakasih utk kunjungannya🙂
    salam

  6. Plesiran says:

    Yang tak boleh dilakukan adalah ” Ketika bergabung dengan teman jangan tidur sambil tertawa ha ha ha ha”

    Ketika lburan diluar rumah juga jangan ingat2 jemuran yang belum diangkat lho.
    Thanks tipnya yang bermanfaat

    Salam hangat dari Plesiran

    kalau itu namanya ngelindur atau mengingau ya Dhe😆 :mrgreen:

    dan, jemurannya dah tak angkat kok tadi Dhe😦
    salam

  7. sunflo says:

    hehehe… yg sering sunflo lakuin adalah ketawa n tidur bund…😉

    yg terakhir itu, hobi bunda😳
    salam

  8. kamil says:

    bunda salam kenal..
    tulisan bunda sangat inspiratif..

    salam kenal juga Mas,
    dan terimakasih banyak utk kunjungannya🙂
    salam

  9. ismi says:

    liburan mental biasanya nmenin Biy ngenet bun😛
    yg oenting sama Biy deeeh😉

    setuju, yg penting ada didekat Biy ya Ismi🙂

    salam

  10. yanrmhd says:

    plus satu bunda klo boleh, nikmati apa yang dikerjakan, hehehe..
    biar enjoy bin hepi,:mrgreen:

    tambah lagi ya…….. selalu bersyukur🙂
    salam

  11. dan jangan lupa mengkonsumsi herbal jangan obat-obatan kimia. insya Allah

    agar mengurangi juga racun kimia dr obat2an di tubuh ya🙂
    salam

  12. Antony 'hihia' Halim says:

    halo salam kenal bunda. saya sudah dengar bunda nih dari bbrp blog😀
    kebetulan saya masih mahasiswa bunda dan liburan mental kyk gn susaaaaaaaaaaaaaaahhhh bngt buat didapetin karena bnyk begadang untuk tugas dan terutama ujian. kalo tertawa sih mudah didapat krn brng tmn2 tapi buat tidur dan relaksasi susah bngt didapet T_T.

    trims yah bunda atas artikelnya. kpn2 kalo blh mampir ke blog saya juga bunda di http://hihia.co.cc dan http://hihia.wordpress.com. ditunggu yah kunjungannya.

    salam dan sukses selalu bunda😀

    salm kenal juga Mas Halim
    terimakasih utk kunjungannya,
    biar sibuk, kalau tertawa bersama teman2, bisa segar lagi ya Mas🙂
    salam

  13. klw saya lagi stress banget sering ngajak temen2 ngumpul, trus ngrayu supaya mau diajak kemping , klw sudah di alam bebas bersama teman2 rasanya beban yg menumpuk2 sedikit berkurang🙂

    pasti krn sejuknya hawa digunung dan indahnya pemandangan disana🙂
    salam

  14. zipoer7 says:

    Salam Takzim
    refreshing bagi saya sangat perlu dan saya biasa jalanin batavus untuk mendapatkan refreshing bund.
    Salam Takzim Batavusqu

    selain refreshing, dapat sehat juga ya Mas🙂
    salam

  15. zulhaq says:

    satu hal yang sering alami, adalah walaupun sudah refreshing kemana2, tempat yang indah, sama temen2, bla bla bla….tapi kalo jiwa belum refreshing dengan pendekatan diri. refreshing yg saya sebutkan didepan gak ada gunanya. tetap aja pikiran dan hati gak tenang.

    tetap harus refreshing di pertiga malam ya Mas Zul🙂
    salam

  16. Kaka Akin says:

    Berburu makanan favorit/tempat makan favorit, Bunda… Like it banget🙂
    Eh, mungkin itu termasuk yang point 1 ya🙂

    lagi lagi wisata kuliner, Kakaakin
    mau dong diajak🙂
    salam

  17. Kakaakin says:

    Yang paling saya sukai adalah ‘istirahat’, hehe…

    sambil nonton film korea ya * si bunda sok tau*🙂
    salam

  18. Asop says:

    Horeeee.. kesemua cara di atas semua sudah saya lakukan…😀😀

    alhamdulillah, kelihatan kok, kalau Asop itu selalu bersemangat :
    salam

  19. yangputri says:

    pagi bunda, senyumku pagi ini untuk bunda seorang

  20. akhyarusman says:

    terimakasih bunda atas artikel bagusnya bisa dipakai nih kalau mau meredakan ketegangan

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s