Banyak orang tidak sadar bahwa dirinya sering ngobrol dengan diri sendiri, namun yang sering jadi bahan obrolan adalah hal-hal negatif.

Seperti saat seseorang melakukan kesalahan, dia akan berkali-kali mengatakan pada dirinya sendiri, “Dasar bodoh..bodoh..bodoh…” dengan penuh kekesalan.

Jarang sekali seseorang bicara hal-hal positif dengan dirinya sendiri apa lagi saat sedang menghadapi sesuatu yang kurang menyenangkan.

Hal-hal negatif yang dikatakan pada diri sendiri akan berdampak buruk, melemahkan semangat, semakin sedih dan membuat orang melakukan lebih banyak kesalahan.

Untuk itu, mari merubah kebiasaan mengatakan sesuatu yang negative pada diri sendiri.

Mulailah mengatakan hal-hal positif sekalipun pada masa-masa sulit, contohnya adalah seperti ini:

Jika Anda menghadapi sebuah tantangan baru…

Dari pada mengatakan pada diri Anda bahwa hal itu “Sulit,” bukankah lebih baik mengatakan bahwa, “Ini adalah kesempatan untuk belajar hal baru.”

Dengan melihat bahwa ini adalah sebuah kesempatan untuk belajar, Anda akan lebih bersemangat, termotivasi, dan memberi rangsangan bagi pikiran Anda untuk melihat kesempatan-kesempatan yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan.

Jika Anda sedang merasa tidak sanggup menghadapi sesuatu…

Ingatlah kembali pengalaman-pengalaman Anda dimasa lalu, Anda sudah melewati berbagai masa sulit, dan semua itu berhasil Anda lewati dengan baik.

Ingatlah bagaimana Tuhan menolong Anda di masa-masa sulit itu, dengan melakukan hal ini, akan tumbuh kepercayaan dalam hati Anda bahwa kali ini Tuhan pun pasti akan memberikan pertolongan bagi Anda.

Jangan patah semangat, apapun yang terjadi dalam hidup Anda.

Jangan berdiam diri dan mengasihani diri saja.

Lakukanlah apa yang harus Anda kerjakan, dan pada waktunya, Anda akan seperti menemukan sebuah jalan ditengah padang belantara. Sebuah jalan terbuka bagi permasalahan Anda.

Saat masa sulit menghampiri, katakan pada diri Anda “Aku bisa..!”

Dalam kehidupan ini, hal-hal yang paling sulit hanya bisa ditaklukan dengan kegigihan.

Untuk itu, kemampuan Anda untuk terus maju adalah satu-satunya cara Anda menang dalam menaklukan masa sulit.

Katakan pada diri Anda sendiri “Aku bisa…!”  Jangan katakan hal yang melemahkan diri sendiri.

Katakan “Bersemangat..! Bersukacita..!”

Hal-hal positif akan mengikuti kata-kata dan sikap positif Anda, demikian juga hal-hal negative.

Karena sikap akan membentuk dan mengarahkan tindakan Anda.

Untuk itu, ingatlah untuk selalu mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri.


Yuk, ngobrol dengan diri sendiri, tapi yang positif ya…”

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

58 responses »

Comment navigation

  1. kikakirana says:

    Wah kalo posting yg kali ini QK juga sering ngelakuinnya bunda😀

    HIDUP!!! ^_^

    dan, hasilnya ok khan QK🙂
    salam

  2. BENY KADIR says:

    Artikel ini indah dan berarti bagiku,Bunda.
    Terimakasih,Bunda selalu memberikan pencerahan.

    alhamdulillah, Mas kalau memang ada manfaatnya🙂
    salam

  3. Sapril says:

    Ya, menyemangati diri sendiri dengan hal positif Bunda🙂

    jadi, harus selalu positif thinking dan akhirnya postif action ya Mas Sapril🙂
    salam

  4. Nia says:

    bundaa.. sering banget ketika nia berkunjung di rumah bunda ini, artikelnya pas sekali dengan yang saat ini nia butuhin..
    jadinya ngerasa langsung dapat pencerahan
    (lagi ga bersemangat nih bund)
    langsung dipraktekin aahh
    semangaaatt!! ceriaa!! dan Bisaa!!!

    *muwah muwah buat bunda*

    duh, alhamdulillah, Nia
    kalau memang ada manfaatnya,
    semangat terus ya, dan terimakasih banyak Nia juga bikin bunda semangat nih🙂
    *mwah mwah juga utk Nia*
    salam

  5. Kakaakin says:

    Ngobrol dengan diri sendiri mungkin disebut juga ‘berpikir’ ya, Bun…

    bentul Kakaakin, berfikir ke arah yg positif🙂
    salam

  6. Klo aku bicara dengan diri sendiri banyak positifnya daripada negatifnya🙂

    itu yang paling baik, selalu positif🙂
    salam

  7. Rani says:

    waahhh bener juga tuh..tapi kan kalo lagi malu dengan kesalahan ga bisa mikir juga,,malah yg kita pikirin cuma kesalahan itu makanya bilang ke diri sendiri “bodoh..bodoh..bodohh..” ternyata sulit juga melakukan hal yg mba sarankan😀

    dimulai saja pelan2, nanti juga akan terbiasa🙂
    salam

  8. ossy says:

    setujuuuuu sm bunda.. setujuratustujupuluhtujuuuu deeeh
    klo kita berpikir positif, artinya kita mensugesti dan merangsang diri kita sendiri untuk bertindak positif😀

    yg keseratus tujuhpuluh delapannya, gimana Ossy ?🙂
    salam

  9. Anoraga says:

    Kalau saya lagi suntuk dan malas menulis juga suka ngomong sendiri ” Cak, masa kamu nggak bisa kayak mbak Lily, PRnya 4 “.
    Lalu saya bangkit mbuat postingan lagi
    Terima kasih mau ngomong sendiri.
    Salam hangat dari Surabaya

    ahahahaha padahal aku yg bingung dgn Pakdhe,
    yg mengurus 9 rumah, dan semuanya up date, tiap hari pula,
    kayak aku bilang dulu, idenya seperti bengawan solo kalau musim hujan😀😀
    salam

  10. guskar says:

    saya menyisihkan waktu barang sejenak untuk ngobrol dng diri-sendiri, biasanya sebelum tidur malam dan setelah shalat subuh.
    malam hari untuk mereview ‘perjalanan’ seharian ini, dan paginya ngobrol ttg rencana2 yg akan saya lakukan sehari nanti

    bunda mau ikut jadwal yg sama dgn Kyaine🙂
    salam

  11. izzy says:

    berbicara pada diri sendiri terkadang dan sering dibutuhkan utk menumbuhkan motivasi diri, bunda… salam kenal, barangkali bisa berkunjung ke blog izzy, banyak resep masakan di sana loh…😉

    salam kenal juga Izzy
    segera kelokasi, jadi lapar nih denger banyak makanan lezat disana😀
    salam

  12. sunflo says:

    sip…sip..sip… sunflo jg seneng bicara ma diri sendiri buat menyemangati, bund..😉

    sama dong kita ya *toss*🙂
    salam

  13. rose says:

    hehehe… rose nie seneeeeng banget ngobrol ma diri sendiri, bunda… lewat puisi yang rose ciptakan… ^^

    bunda iri sekaligus senang dgn Rose yg pinter bikin puisi2 indah🙂
    salam

  14. nh18 says:

    Kontemplasi yang positif …

    ini spirit yang tiada terhingga …

    tersipu2 dipuji sama Mas Enha😳
    salam

  15. uni says:

    alhamdulillah bunda, uni sering sekali ngobrol dengan diri sendiri ^_^, yups setuju kata positip akan mempengaruhi pikiran dan tindakan kita menjadi positif juga😀

    agar selalu mampu memotivasi diri ya uni sayang🙂
    salam

  16. diri sendiri sahabat paling setia dimanapun kapanpun

    seetuju 10000%🙂
    salam

  17. Andi says:

    saya setuju dg tulisan ini. intinya adalah kepercayaan diri.

    salam kenal.

    salam kenal juga Andi🙂
    terimakasih utk kunjungannya
    salam

  18. ningrum says:

    assalamu’alaikum Bunda, selamat pagi🙂
    pagi-pagi memotivasi diri bersama Bunda
    salam hangat selalu

    walaikumsalam. wr.wb.
    Mbak Ningruuuuuuum……apa kabar?
    selalu sehat kan?
    senangnya………😀😀 dikunjungi sahabat lama🙂
    salam

    • ningrum says:

      alhamdulillah sehat Bun, semoga Bunda ku juga sehat selalu🙂
      saya sedang sibuk menata ulang jadwal Bun, meskipun masih serabutan😀
      salam sayang selalu buat Bunda😉

      alhamdulillah, berkat doa dr Mbak ningrum,
      bunda sekeluarga sehat2, kita saling mendoakan ya Mbak🙂
      semoga Allah swt memudahkan Mbak Ningrum dlm segala aktivitasnya,amin *peluk rindu*
      salam

  19. Ifan Jayadi says:

    Saya sering melakukan hal seperti pada tulisan diatas. Biasanya yang negatif, akhirnya melemahkan semangat saya. Besok2 saya mau belajar untuk berbicara kepada diri sendiri dengan kalimat2 yang positif. Terima kasih😛

    semoga sukses dgn percobaannya ya Mas Ifan🙂
    salam

  20. Hariez says:

    Baik Bun…Insya Allah akan saya coba😳

    mohon maaf ya Bunda baru bisa mampir lagi kesini😥

    salam hangat

    gpp Mas Riez, bunda ngerti kok dgn kesibukanmu🙂
    salam

  21. ChotaNaChoty says:

    bener..bener banget tuh.. kadang kalo ngelakuin sesuatu yang ga bisa, suka gerendeng/ngedumel sendiri.. bego amat sih gw, bodoh amat sih.. semua disebutin..

    mulai sekarang gak gitu lagi ya Chot🙂
    salam

  22. adelays says:

    Bunda…,
    Dua hal terakhir adalah hal yang paling sering saya sebutkan…..
    Heheheh….

    Selalu bersemangat ya De’ 😀😀
    salam

  23. tary Sonora says:

    tulisan bunda, membuka mata saya. bahkan saya sering sekali melakukannya, mungkin harus dirubah dari sekarang ya bund.

    Alhamdulillah, Tary, kalau memang ada manfaatnya🙂
    salam

  24. membicarakan hal – hal yang negatif itu nikmat bund…..disitu setan asyik dengan memainkan lidah kita

    setan memang selalu pandai mencari celah, kita hrs selalu waspada ya Den
    salam

  25. ngobrol dgn diri sendiri dlm hal yg positif ya bunda..🙂

    Betul Dhila, seperti Dhila juga khan ?🙂
    salam

  26. Insan says:

    ide lain dari “berpikir positif” yah bunda?

    agar tindakan kita jadi positif juga🙂
    salam

  27. […] 5. Muhasabahcinta Silahkan ambil awardnya 6. Bundo Tercinta Bundo, awardnya diterima yach. 7. Bunda Tersayang Di Ambil ya […]

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s