Seringkali kita tidak menyadari, bahwa disekitar rumah kita banyak tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kita terlalu sibuk dengan obat-obatan yang banyak tersedia di toko-toko obat, atau kita lebih percaya kepada seorang dokter.

Padahal di sekitar rumah kita, sudah tersedia banyak obat-obatan yang siap untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satu diantaranya adalah taoge, siapa mengira tumbuhan yang sangat kecil ini berperan sangat besar bagi kesehatan kita.


TAOGE BAGI KESEHATAN

Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari tumbuhan yang sangat kecil ini, diantaranya adalah:

Mencegah Kanker

Proses menjadi taoge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas.

Karena mengandung banyak serat dan air, taoge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar.

Hal ini menjadi kekuatan ganda taoge dalam memerangi kanker.

Dengan mendorong kotoran segera meninggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh.

Dan ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan taoge.

Hal ini disebabkan, saponin dalam taoge akan mengahancurkan lemak jahat LDL tanpa megganggu kandungan lemak yang baik HDL.

Mencegah Osteoporosis

Estrogen alami yang terdapat dalam taoge dapat berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping.

Sehingga estrogen dalam taoge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.

Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saponin taoge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami (natural killer cell), khususnya sel T-limfosit dan interferon.

Selain sarat DNA, taoge kaya akan zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.

Manfaat Lainnya

Karena bersifat alkali (basa), maka taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan.

Taoge juga baik untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan juga melangsingkan tubuh.

Karena mengandung Vitamin E, taoge juga dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Bagi wanita yang rajin makan taoge, akan membantu terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi, pramenopause dan gangguan akibat menopause.

Jadi mulai sekarang, apa salahnya untuk mencoba memusatkan perhatian kita terhadap tumbuhan di sekitar rumah, jangan tergantung kepada obat-obatan yang banyak mengandung bahan kimia, penyakit yang satu sembuh tetapi penyakit yang lain datang.

Jangan pernah meremehkan sesuatu yang kecil, karena siapa tahu di balik bentuknya yang kecil tersimpan manfaat yang sangat besar.


Salam

Referensi: health today

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

56 responses »

Comment navigation

  1. senang rasanya masih bisa berkunjung di rumah sahabat di akhir pekan ini, salam dari kalimantan tengah 06:23

    terimakasih utk kunjungannya
    salam

  2. thanks info-nya

    thanks juga utk komennya
    salam

  3. Kaka Akin says:

    Bunda, semenjak saya kenal dengan mi kocok, saya jadi suka banget sama taoge yang panjang2 itu😀
    Jadi saban ngelihat taoge yang panjang, saya langsung ngiler aja:mrgreen:
    Subhanallah, ternyata khasiatnya sangat banyak🙂

    selain tentunya murah meriah, mudah didapat dan enak ya Kakaakin🙂
    salam

  4. ismi says:

    ktanya biar subur jg bund…
    biar cpt hamil gtu……
    mu mkn toge bnyk2 aaahhh, biar cpt dksih dedek….😳
    doain ya bundaaaa, biar aq cpt hamil …….😉

    bunda selalu berdoa yg terbaik utk Ismi dan Biy,
    Semoga Allah swt memberikan momongan yg sholah dan sholehah,amin
    salam

  5. citromduro says:

    ternyata banyak manfaat dari toge, baru tahu
    murah dan meriah serta bermanfaat

    dan, lezat juga 😀
    salam

  6. citromduro says:

    kepercayaan orang madura bahwa toge juga dapat menyuburkan sel telur dan sperma
    katanya bagi yang telat memiliki keturunan di anjurkan untuk mengkonsumsi toge sebagai lalapan

    salam dari pamekasan madura

    secara ilmiah ternyata memang terbukti ya Mas,
    betapa sebenarnya ortu kita zaman dulu, memang banyak pengetahuannya🙂
    salam

  7. hellgalicious says:

    saya sering banget makan taoge bunda
    cuman kalo pas disajikan mentah-mentah, saya malah gasuka
    rasanya aneh dan pait

    taogenya ditumis aja ya🙂
    salam

  8. Pakne Lantip says:

    Ternyata, taoge itu nikmat yg luar biasa yg diberikan Allah melalui Rahman Rahimnya kpd makhluknya. Fabiayyi’alaa i robbikuma tukadzibaan

    memang Allah swt tdk menciptakan sesuatu dgn sia sia Pakne
    salam

  9. serasa diingatkan kembali oleh Bunda, terima kasih Bunda

    sama2, terimakasih banyak Mas Narno.
    Mas Narno jg sering mengingatkanku🙂
    salam

  10. dedekusn says:

    Sy termasuk org yg kurang menyukai toge, ternyata banyak skali manfaatnya ya Bunda, mudah2an bisa lebih suka taoge:mrgreen:

    taogenya dimakan bareng bakwan,rawon,soto atau taoge goreng ,
    mudah2an jadi suka ya Mas Dedekusn🙂
    salam

  11. BENY KADIR says:

    Terimakasih infonya,Bunda.
    Baru tau manfaatnya yg dpt mencegah berbagai penyakit berbahaya dari tumbuhan yg kadang disepelekan ini.

    selain khasiatnya yg oke, rasanyapun enak, mudah didapat dan murah pula ya Mas🙂
    salam

  12. Budisastro says:

    wow alkalis, baru tahu Bun, berarti cocok buat saya yang memiliki lambung cenderung mudah menghasilkan asam..makasih Bun

    Aha, kebetulan dong, semoga sukses si asam lambungnya bisa
    turun dgn taoge ini ya Pak Budi🙂
    salam

  13. muamdisini says:

    wah..toge memang enak..
    apalagi kalo pake rawon…
    hehehe…

    bunda, mohon maaf karena lama saya tak mampir dan beredar disini ya…
    tetap berkunjung yah bunda..

    senangnyaaa….. dikunjungi sahabat lama😀
    apa kabar Mas Muam?
    semoga selalu sehat,amin.
    salam

  14. yanrmhd says:

    ternyata banyak juga manfaatnya ya,,,
    wah, si kecil yang ajaib…:mrgreen:

    pokoknya jangan remehkan si taoge ini🙂
    salam

  15. peri01 says:

    wew baru tau banyak manfaatnya🙂
    salam sayang bunda

    periku sayang suka taoge khan ?🙂
    salam sayang juga Periku cantik
    salam

  16. Nia says:

    huidiii..manfaatnya banyak banget, kirain cuman banyak vitamin E aja. Kalo gitu dipaksaain rajin masak toge nih. Nia jarang banget masak toge bund, ga gitu suka si, aneh -_-!

    yah, jgn gitu dong Nia,
    ayo makan taoge bareng bunda, mau ?
    salam

  17. nurrahman18 says:

    sayangnya, saya lum bisa makan bunda, sakit gigi😦

    duh, semoga cepet pulih kembali ya Mas *ikut prihatin*
    salam

  18. omagus says:

    SAYA dulu paling nggak suka toge bund..!😀

    sekarang, dah suka Om?
    salam

  19. Ternyata Banyak juga ya Bund Manfaat Toge.,!!!!
    saya suka tuh yang namanya Toge Goreng.,
    xixixixi

    apalagi yg di bogor ya, hmm, maknyussss………🙂
    salam

  20. Mamah Aline says:

    Untung saya suka tauge, tadinya kukira manfaatnya buat kecantikan dan kesuburan aja, ternyata untuk osteoporosis dan kanker juga jitu ya bund…

    yuk, kita makan taoge Mah🙂
    salam

  21. wah keren nih bunda, tp denger2 toge ada dimana2 lho….ada di tahu isi, gado2, sup, soto, n msh banyak lagi…
    pantas saja krn berkhasiat untuk kesehatan…
    lam kenal bunda, mampir ke rumahku yach…

    salam kenal juga,
    terimakasih utk kunjungannya🙂
    ya si taoge ini memang ada dimana2 , dan kaya khasiat pulak🙂
    salam

  22. elmoudy says:

    aku sangat suka taoge bunda..
    kalau di masak agak setengah matang… hmm rasanya dahsyat.
    apalagi kalau ditambah bayam dan kacang panjang.
    bisa jadi pecel yang rasanya tambah mantaabbs

    bisa jadi urap juga tuh Mas Moudy,
    kalau dah komplit gitu…………🙂
    salam

  23. malam bunda, saya baru pertama kali mampir di blog bunda ini. tapi rasanya sangat familiar sekali bunda. informatif sekali bun.
    bolehkah saya tukeran link bunda. link bunda sudah ada di blog saya bun………..thanks…

    salam kenal Asnah,
    senang rasanya dikunjungi, semoga silaturahim kita
    tetap terjaga ya.
    nanti linknya bunda add juga ,terimakasih🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s