Orang yang sedang ditimpa sakit tidak perlu dicekam rasa takut selama ia mentauhidkan Allah swt dan menjaga shalatnya.

Bahkan, meskipun di masa sehatnya ia banyak berkubang dalam dosa dan maksiat, karena Allah swt  itu Maha Penerima taubat sebelum ruh seorang hamba sampai di kerongkongan.

Dan sesungguhnya di balik sakit itu terdapat hikmah dan pelajaran bagi siapa saja yang mau memikirkan-nya, di antaranya adalah:

1.    Mendidik dan menyucikan jiwa dari keburukan

Allah Ta’ala berfirman, artinya, “Apa saja musibah yang menimpa kamu maka disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy-Syura: 30)


Dalam ayat ini terdapat kabar gembira sekaligus ancaman jika kita mengetahui bahwa musibah yang kita alami adalah merupakan hukuman atas dosa-dosa kita.

Dalam hadits lain Rasulullah saw bersabda: “Cobaan senantiasa akan menimpa seorang mukmin, keluarga, harta dan anaknya hingga dia bertemu dengan Allah swt dalam keadaan tidak mempunyai dosa.”

2.    Mendapatkan kebahagiaan (pahala) tak terhingga di akhirat

Itu merupakan balasan dari sakit yang diderita sewaktu di dunia, sebab kegetiran hidup yang dirasakan seorang hamba ketika di dunia akan berubah menjadi kenikmatan di akhirat dan sebaliknya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ”Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir.” Dan dalam hadits lain disebutkan, ”Kematian adalah hiburan bagi orang beriman.” (HR. Ibnu Abid Dunya dengan sanad hasan).

3.    Allah dekat dengan orang sakit

Dalam hadits qudsi Allah berfirman: ”Wahai manusia, si fulan hamba-Ku sakit dan engkau tidak membesuknya. Ingatlah seandainya engkau membesuknya niscaya engkau mendapati-Ku di sisinya.” (HR Muslim dari Abu Hurairah)

4.    Sebagai parameter kesabaran seorang hamba

Sebagaimana dituturkan, bahwa kalau seandainya tidak ada ujian maka tidak akan tampak keutamaan sabar. Apabila ada kesabaran maka akan muncul segala macam kebaikan yang menyertainya, namun jika tidak ada kesabaran maka akan lenyap pula kebaikan itu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sungguh menakjubkan kondisi seorang mukmin, sesungguhnya semua urusannya adalah baik baginya. Jika memperoleh kelapangan lalu ia bersyukur maka itu adalah baik baginya. Dan jika ditimpa kesempitan lalu ia bersabar maka itupun baik baginya (juga).


5.    Dapat mengikis sikap sombong, ujub dan besar kepala

Jika seorang hamba kondisinya serba baik dan tak pernah ditimpa musibah, biasanya akan bertindak melampaui batas, lupa awal kejadiannya dan lupa tujuan akhir dari kehidupannya.

Tetapi ketika ia ditimpa sakit, mengeluarkan berbagai kotoran, bau tak sedap, dahak dan terpaksa harus lapar, kesakitan bahkan mati, maka ia tak mampu memberi manfaat dan menolak bahaya dari dirinya.

Maka apakah pantas baginya menyombongkan diri di hadapan Allahswt  dan sesama manusia?

6.   Memperkuat harapan (raja’) kepada Allah swt

Harapan atau raja’ merupakan ibadah yang sangat utama, karena menyebabkan seorang hamba hatinya tertambat kepada Allah swt dengan kuat. Apalagi pada penderita sakit yang telah sekian lama berobat kesana kemari namun tak kunjung sembuh.

Maka dalam kondisi seperti ini satu-satunya yang jadi tumpuan harapan hanyalah Allah swt  semata, sehingga ia mengadu: “Ya Allah tak ada lagi harapan untuk sembuhnya penyakit ini kecuali hanya kepada-Mu.”

Dan banyak terbukti ketika seseorang dalam keadaan kritis, ketika para dokter sudah angkat tangan namun dengan permohonan yang sungguh-sungguh kepada Allah swt ia dapat sembuh dan sehat kembali.

Ibadah raja’ (berharap) ini tak akan bisa terwujud dengan utuh dan sempurna jika seseorang tidak dalam keadaan kritis.


7.    Bagi seorang hamba (muslim) sakit merupakan rahmat bukan siksa

Firman Allah, artinya. “Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.” (QS. an Nisaa:147)

Akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengenal Allah swt  dan hikmahNya, meskipun demikian Allah swt tetap menyayanginya karena itu semua disebabkan ketidak tahuan, kelemahan dan kekurangannya.

Semoga kita semua termasuk mukmin yang selalu mensyukuri, apapun yang diberikan oleh Allah swt, baik itu berupa musibah apalagi keberuntungan, karena hanya Allah swt Yang Maha Tahu yang terbaik untuk hambaNYA.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

54 responses »

Comment navigation

  1. bri says:

    calamlekuummmmm^^…
    bundaaa apa kabarrr????

    kabar bunda baik 🙂
    kabar Bri gimana ?
    semoga selalu sehat ya,amin
    salam

  2. senang rasanya masih bisa berkunjung di rumah sahabat di akhir pekan ini, salam dari kalimantan tengah 06:25

    Terimakasih utk kunjungannya 🙂
    salam

  3. oelil says:

    kadang saya merasa jauh lebih sedih jika yg sakit adalah orang yang saya sayangi…
    maap baru bisa berkunjung bunda…

    Selalu begitu kok Mas Oelil,
    kita punya perasaan yg sangat manusiawi 🙂
    gak apa apa Mas Oelil,masih ada khan urusan di dunia nyata
    yg perlu perhatian juga 🙂
    salam

  4. Kakaakin says:

    Subhanallah…
    Sakit merupakan salah satu ladang ibadah ya, Bunda…
    Dan semoga yang masih sehat, terus bersyukur pada Allah Ta’ala 🙂

    Seperti yg dikatakan Rasulullah saw, semua perkara orang muslim itu baik,
    ketika susah ia bersabar,maka itu baik utknya,
    dan ketika senang,ia bersyukur,itupun baik utknya.
    salam

  5. Mamah Aline says:

    Betul semua yang dipaparkan Bunda, kena betul dihati saya… di kala sehat kita sering lupa mensyukuri bugarnya jasmani dan rohani ini padaNYa, di kala sakit baru terasa kalo adalah ujian dan teguranNya

    seharusnyalah kita mensyukuri semua keadaan itu ya Mah
    salam

  6. Nanang says:

    Saki adalah penggugur dosa kalau kita sabar, betul kan bun? ALLAH menyayangi kita salah satunya dengan memberi sakit. Boleh jadi kita menganggap sesuatu itu buruk padahal sebaik-baik di hadapan ALLAH dan boleh jadi kita menganggap sesuatu itu baik padahal seburuk-buruk
    di hadapan ALLAH.

    Bunda setuju, krn Allah swt Maha Penyayang pd semua hambaNYA
    salam

  7. cempaka says:

    hikss.. makasi bunda,,,cempaka jadi semngat nihhh 😀

    alhamdulillah, semangat terus Cempaka sayang 😀 *peluk erat*
    salam

  8. Dalam pandangan saya sakit adalah salah satu anugrah terbesar selain rezeki dan hidup. Di kala sakit saya semakin dekat dengan-Nya karena di kala sehat sibuk dengan segala aktivitas dunia.
    Sakit saya hanya bisa di obati dengan zikir kepada-Nya. Dengan sakit saya bisa rehat dari aktivitas dunia.

    dan yakin apapun yg diberikan Allah pd hambaNYA,
    hanya yg terbaik utk kita 🙂
    apakah musibah ataupun kesenangan, semua terjadi hanya atas izinNYA semata .
    salam

  9. Sapril says:

    Sering lupa bersyukur kalo diberi kesehatan :'(, sering mengeluh kalo diberi sakit. Musti segera berubah nih.

    manusiawi sekali kok itu Mas Sapril 🙂
    salam

  10. Reza Fauzi says:

    saya susah banget untuk bahagia dengan musibah sakit 😦

    dicoba dulu Mas Reza, sedikit2 dan perlahan saja,
    nanti akan bisa kok dirasakan kebahagiaan itu ketika sakit 🙂
    salam

  11. Sudah segar dan sehat kan sekarang Bunda? semoga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu, salam hangat

    Alhamdulillah, berkat doa dan atensi darimu juga Mas 🙂
    semoga kita semua selalu diberikan rezeki kesehatan,amin.
    salam

  12. ardee says:

    terima kasih untuk mengingatkan, buk…

    sama2, terimakasih Mas Ardi,
    hanya sekedar ingin berbagi saja Mas 🙂
    salam

  13. […] mengalami sakit dia masih bisa berkata dan mengambil hikmah dari sana dengan menulis “Berbahagia dengan musih sakit“, Bukankah itu Luar […]

  14. terima kasih atas infonya bu

    terimakasih juga, sudah mampir disini 🙂
    salam

  15. masnur says:

    Semoga Bunda dan keluarga dapat memetik berkah dan hikmah dari sakit kemarin. Selamat datang kembali di dunia maya.

    alhamdulillah, terimakasih utk doa dan atensinya Masnur.
    semoga Masnur dan keluarga juga selalu sehat ya 🙂
    salam

  16. Bee'J says:

    yah, kalau kita sakit adalah salah satu cara Tuhan untuk mengampuni dosa-dosa kita… (tapi jangan cari penyakit 🙂 )

    setuju Bang, jangan cari penyakit 😀
    salam

  17. dedekusn says:

    Postingan yg mengingatkan Bunda, sy kadang kurang menyadari hal yg bunda sebutkan ketika sakit.

    bunda pun baru mencoba utk menerapkan pd diri sendiri ,Mas 🙂
    salam

  18. yayat38 says:

    sedikit mencatat, sakit sebuah teguran .. dan banyak hikmahnya di balik itu.
    sebuah catatan yang menarik Bunda di artikel ini. Terima kasih sekali.
    Salam hangat selalu 🙂

    iya Kang Yayat, teguran mesra dr Sang Pencipta 🙂
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat
    salam

  19. peri01 says:

    apa kabar bunda sayang
    wah2 aku dan mamah juga lagi sakit ni bun mama malah udah 2 minggu lebih 😦
    doakan yah

    kabar baik, Periku sayang 🙂
    bunda titip doa utk Mamah, agar segera sembuh ya,amin.
    semoga Mamah sabar dlm menghadapi sakitnya
    salam

  20. citromduro says:

    selamat pagi bunda menyapa di pagi hari sebelum berangkat kerja
    semoga bunda dan keluarga senantiasa sehat wal afiat

    salam dari pamekasan madura

    selamat siang,Mas Citro
    duh, sapaan yg membuat semangat, terimakasih Mas
    Semoga Mas Citro dan keluarga selalu dlm rahmatNYA,amin
    salam

    • citromduro says:

      kebiasaan dengan BW membawa beberapa blog
      boleh kan????

      untuk bunda ,malah itu suatu kehormatan Mas 🙂
      salam

      • citromduro says:

        satu lagi bunda buat nitip link disini
        kasihan kalau tidak diajak BW

        salam dan sukses serta sehat walafiat bersama keluarga tercinta

        senangnya Mas Citro, bunda selalu dikunjungi beramai2 😀 😀
        salam hangat utk keluarga
        semoga selalu sehat
        salam

  21. terasa betapa nikmatnya sehat ketika kita merasakan sakit

    setuju,Mas Narno.
    ketika sehat kadang aku suka lupa bersyukur 😳
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s