nipis.jpg image by wongmursid

Jika Anda pecinta buah, mungkin terbiasa dengan jeruk yang memiliki rasa manis saja. Bagaimana dengan jeruk nipis?

Jeruk yang lebih sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau campuran sup dan soto itu ternyata memiliki manfaat yang paling banyak di antara jenis jeruk yang lain.

Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia yang bermanfaat. Misalnya, limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren dan sitral. Di samping itu jeruk nipis mengandung asam sitrat.

Dengan kandungan unsur senyawa kimia tersebut sudah tentu jeruk nipis pun memiliki manfaat yang luar biasa.

  • Selain digunakan untuk mengobati batuk, perasan jeruk nipis dicampur sedikit air ternyata mujarab juga untuk mengurangi ketegangan yang terjadi pada otot tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya.
  • Coba cek kemasan produk kecantikan, hampir sebagian besar menggunakan jeruk nipis sebagai bahan dasar ramuan obat kecantikan tradisional di Indonesia.
  • Jeruk nipis memang terbukti dapat memutihkan kulit, dengan cara menggosokan potongan jeruk nipis dibagian tubuh yang diinginkan secara rutin setiap hari.
  • Bagi anda yang memiliki masalah bau badan juga dapat diatasi dengan perasan jeruk nipis yang dicampur dengan sedikit kapur sirih, kemudian gosokkan ke sumber bau. Dalam sekejap, bau tak sedap berubah wangi.
  • Atau Anda ingin terlihat ramping ? Khasiat jeruk nipis juga dapat dicoba. Setiap pagi, siang dan malam, cobalah minum perasan air jeruk nipis dengan campuran air dan sedikit gula. Dengan cara ini, berat badan Anda akan terkontrol.
  • Selain itu, Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai pengganti kompres untuk menurunkan panas badan anak. Caranya, tambahkan air perasan jeruk nipis dengan selembar daun sirih, lalu tambahkan air hangat. Alat kompres pun siap digunakan.

Tidak salah jika buah kecil dengan rasa yang asam itu pun dijuluki para ahli buah seribu manfaat.

Anda mau mencoba?

Salam

Referensi: alternatifmed.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

56 responses »

Comment navigation

  1. sangat bermanfaat

    alhamdulillah
    salam

  2. berkunjung ke rumah tetangga dan mengucapkan selamat pagi. Semoga terus berjaya 15:19

  3. berkunjung ke rumah tetangga dan mengucapkan selamat pagi. Semoga terus berjaya 15:09

  4. nohara11 says:

    bunda… apa kabar? lama juga ya nohara gak mampir ke rumah maya bunda.

    duh, apakabar Nohara sayang?
    kemarin2 ini blognya kena suspend ya,
    bunda sampai beberapa kali gak bisa bertamu kesana.
    Alhamdulilah kalo sekarang sudah beres lagi , ikut senang bunda😀😀
    salam

  5. deeedeee says:

    air perasan jeruk nipis emang bikin seger,, saya suka bener lime tea,, seger…

    mo coba poin ketiga ah, hehehehe

    apalagi kalau minumnya pas siang2 panas, wah bener2 seger deh🙂
    salam

  6. wi3nd says:

    wooww..kasiaatnya banyak sekali

    trimakasi bunda..🙂

    *senyumsenyumm..bunda nda bole tahu he he *

    mau tau dooooong……….. *tarik2 tangan Wi3nd sambil maksa * 😀
    salam

  7. Tanti says:

    Mauuuu… aku mauuu coba biar langsung eh langsing…
    yippieee… dapet resep yahud nih..
    Go Slim Go Healthy..
    tenkyu buncay…. *cipika-cipiki-hugzzz*

    Whaaa…………Tanti kurang langsing gimana lagi ?
    * peluk2 erat *😀😀
    salam

  8. zulhaq says:

    oh bisa buat ketegasngan otot tangan bunda? saya sering mengalami hal itu. oto tangna dan kaki menegang. harus dicoba nih, meras jeruk nipis di campur air

    airnya air hangat Mas, biar lebih maknyuss🙂
    salam

  9. Blogcamp says:

    Enak pasti hobby maakan atau minum dicampur jerik nipis, makaya langsing banget alias tipis…
    hidup emak
    salam hangat dari Surabaya

    salam hormat dan sayang utk Emak ya PakDhe🙂
    salam.

  10. bri says:

    bundaaaa bundaaaaa..nandanya udah sembuh belum^^?cepet sembuh iaa nanda🙂 nanti main sepeda bareng mau gak😳
    bundaaa jeruk pipis nya segerrrr,owwh jadi bisa dicampur sama teh anet = lemon tea
    manfaatnya banyak baned…

    Apa kabar Bri cay ?:)
    semoga selalu sehat ya.
    Alhamdulilah, berkat doa dr Bri, sekarang Nanda dah sehat2,
    terimakasih ya Bri cay utk atensi dan doanya.
    Selalu sehat ya Bri sayang 🙂
    salam

  11. Kakaakin says:

    Jadi ngiler nih, Bunda…
    saya paling senang makan soto pake perasan jeruk nipis🙂
    Ehm… pengen nyoba yang poin ke-5 ah:mrgreen:

    utk makanan atau minuman , semuanya seger🙂
    salam

  12. Rita Susanti says:

    Saya suka menambahkan perasan jeruk nipis ini ke dalam minuman teh manis Bund, jadi lemon tea deh hehehe…

    seger pastinya ya Mbak🙂
    salam

  13. Fida says:

    tertarik dengat khasiat buat mutihin kulit… hehehehe. keliatan banget ya saya kulitnya item…. mkasih bunda infonya

    tapi Fida khan item manis dan cantik, juga baik hati🙂
    salam

  14. yangputri says:

    makasih bunda atas postingan manfaat jeruk nipis ini…

    semoga bermanfaat ya Yank🙂
    salam

  15. […] juga disodorkan oleh Bundadontworry dengan jeruk nipis! Buat blogger yang ingin cantik, baca deh posting jeruk nipis ini. Pasti […]

  16. bayuputra says:

    TERIMAKASIH BUNDA KARENA MEMBERIKAN TIPS DAN INFORMASI YG BERMANFAA BAGI SAYA…. SALAM MESRA DARI BAYU DI KALIMANTAN TENGAH…

    alhamdulillah, sama2 Mas Bayu.
    salam mesra juga dr bunda dan keluarga di TANGERANG🙂🙂
    SALAM

  17. bayuputra says:

    WAH KALAU SAYA MEMANG PALING SUKA MENGKONSUMSI BUAH JERUK NIPIS TERUTAPA DI BIKIN MINUMAN ASAM MANIS…
    KARENA UNTUK MENCEGARH PANAS DALAM / SARIAWAN DAN MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH….

    jadi ngiler , baca resepnya Mas Bayu🙂
    salam

  18. abifasya says:

    Dalam dunia persilatan😆😆 ada manfaat lain dari jeruk nipis, yaitu dengan cara memegang hjeruk tersebut dg telunjuk dan ibu jari kemudian diputar-putar(digelang=sunda) sampai hancur, dan itu sebagai latihan untuk menguatkan telunjuk dan jenmpol.

    wah, pasti pakai tenaga dalem ya Mas🙂
    salam

  19. abifasya says:

    kunjungan akhir pekan ke rumah sahabat tercinta, semoga sukses slalu.
    Ridla Allah semoga senantiasa bersama kita.
    Amiin

    amin, terimakasih utk doa dan kunjungannya Mas Abi.
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat
    salam

  20. anna says:

    wah, ternyata bisa bikin putih ya?? hehe.. tapi paling enak dibikin minuman bun.. seger, trus juga bikin lega di tenggorokan🙂

    pakai gula sedikit , kasih air hangat……… waaaahhh….bener2 seger tuh Mbak🙂
    salam

  21. sauskecap says:

    wah ternyata selain buat melunturkan kotoran di piring bisa buat melunturkan kotoran di wajah… makasih infonya

    jadi piring=wajah ya ……….. *kabuuuuuurrrrrr *
    salam

  22. arkasala says:

    untuk yang pertama saya sering menggunakan ini Bunda .. dan cukup terasa manfaatnya. Yang lainnya saya belum memanfaatkan sepenuhnya. Trims sekali atas infonya.
    Salam🙂

    alhamdulillah, sama2 Kang Yayat,
    semoga ada manfaatnya🙂
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat
    salam

  23. Budi Mulyono says:

    sukanya di peras, dikasih gula pake air panas tambah es batu… hehehe jadi es jeruk deh……….

    bikinnya lebihin satu ya utk bunda😀😀😀
    salam

  24. Hariez says:

    Alhamdulillah saya seringkali mencampurnya bersama teh hangat Bunda😀

    salam hangat

    jadim kayak lemon tea ya Mas Riez🙂
    salam

  25. agoenk70 says:

    dulu pernah nyobain waktu jerawatan pake jeruk nipis dan hasilnya lumayan terbukti jerawat hilang kulit muka pun jadi cling.. ckckck…

    satu lagi masukan yg bermanfaat nih, terima ya mas🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s