Bang bing yuk, kita nabung…..

Tang ting yuk, jangan dihitung……

Tau tau…..tiap bulan dapat untung….

Masih ingat khan, lagu ini ?

Menabung tak melulu berarti menyimpan uang dalam jumlah besar. Ada begitu banyak cara untuk menambah pundi-pundi uang Anda dengan mudah. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Maksimalkan kartu debet


Dengan menggunakan kartu debet, Anda bisa membayar sesuai yang tertera dalam tagihan. Makin sedikit Anda menggunakan uang tunai, makin besar penghematan Anda. Sebab bila sudah di tangan, biasanya uang akan gampang keluar.


2. Belanja online


Dengan belanja online, Anda bisa menghemat ongkos perjalanan, entah untuk naik angkutan umum ataupun biaya bensin mobil pribadi. Apalagi bila jarak rumah ke pusat perbelanjaan cukup jauh, akan semakin banyak uang yang bisa dihemat.

3. Kumpulkan receh


Seringkali kita menganggap remeh uang receh. Hanya menumpuknya di dalam tas dan dijamin takkan peduli bila salah satu uang receh Anda hilang. Coba, deh kumpulkan sisa uang receh Anda setiap hari ke dalam boks tabungan di rumah. Tak terasa dalam setahun uang Anda bisa terkumpul hingga ratusan ribu, lho.

4. Sisihkan 10 persen


Bila Anda cukup sering menarik uang tunai di ATM, biasakan untuk menyisihkan 10 persen dari setiap jumlah uang yang Anda ambil. Tanpa terasa, bila Anda rajin mengumpulkannya, jumlahnya cukup mengejutkan.

5. Bawa bekal ke kantor


Tak jarang Anda harus merogoh kocek yang tak sedikit untuk makan siang bersama teman kantor. Sesekali cobalah membawa bekal makan siang Anda dari rumah. Percaya, deh, saat membuka dompet dan menemukan beberapa lembar uang untuk makan siang tak tersentuh, Anda pasti akan “kecanduan”.

6. Pilih-pilih merek


Coba deh, contek tips berbelanja para ibu. Biasanya dalam membeli sebuah produk, mereka akan memilih brand dengan harga yang lebih murah, tapi dengan kualitas yang tak kalah. Kalau Anda ingin memiliki produk premium brand, pilih yang fungsi dan modelnya long lasting, seperti tas dan sepatu.

7. Pilih kendaraan umum


Naik kendaraan umum bisa menjadi pilihan menarik sebagai pengganti kendaraan pribadi. Biaya yang dikeluarkan bisa berbeda jauh, lho. Coba, deh, sesekali naik kereta api dalam kota atau bus Transjakarta dalam waktu seminggu. Pasti uang Anda akan tersisa lebih banyak, karena tak perlu mengeluarkan biaya bensin dan parkir.

8. Bikin kopi sendiri


Anda hobi sekali minum kopi. Tetapi tak perlu selalu pergi ke coffee shop kan, setiap kali ingin menikmati kopi. Ciptakan racikan kopi ala Anda, budget puluhan ribu untuk membeli kopi kan bisa ditabung.

9. Andalkan perpustakaan/e-book


Terkadang perlu dana tak sedikit untuk membeli buku incaran Anda. Nah, untuk menghemat pengeluaran, kenapa tidak meminjam buku di perpustakaan? atau anda bisa mendownload buku-buku e-book yg kini kian banyak pilihannya melalui Internet. Keperluan membaca terpenuhi, kocek Anda pun terselamatkan.

10. Hindari godaan sesaat


Seringkali kita tergoda membeli suatu barang apalagi bila ada tanda sale pada barcode harga. Hati-hati, bisa jadi ini hanya nafsu sesaat. Biasakan tak langsung membeli barang yang menggoda perhatian Anda. Pulanglah dan pikirkan apa Anda benar-benar membutuhkannya. Bila ternyata tidak, Anda tak perlu menyesal karena sudah membuang uang untuk hal yang tak perlu, kan?

11. Olahraga


Apa hubungannya olahraga dengan uang yang terkumpul? Rajin berolahraga akan membuat tubuh lebih sehat dan terjauh dari penyakit. Dengan begitu, Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk berobat ke dokter.

12. Jual kembali


Terlalu banyak barang yang jarang terpakai di rumah? Coba deh Anda tawarkan kepada teman atau jual via online. Anda bisa membeli barang baru dari hasil jualan dan bisa menabung lebih banyak lagi, kan?

14. Bijak dengan credit card


Sah-sah saja bila Anda ingin menggunakan kartu kredit, tapi ada baiknya menggunakannya secara bijak. Gunakan hanya untuk keperluan penting atau Anda bisa menggunakannya untuk membayar sesuatu yang menguntungkan. Misalnya, dengan menggunakan kartu kredit untuk pembayaran tiket penerbangan tertentu, Anda akan mendapat diskon biaya penginapan. Lebih hemat, kan?

15. Belanja dengan point reward


Kalau mendapat tagihan kartu kredit, jangan hanya dilihat jumlah tagihannya saja, tapi juga intip point reward-nya. Daripada point reward Anda terbuang percuma, cobalah manfaatkan poin-poin tersebut untuk membeli barang yang dibutuhkan.

Demikianlah, beberapa tips untuk memulai penghematan sekaligus menabung, semoga bermanfaat, atau sahabat punya tips yang lain?

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

57 responses »

Comment navigation

  1. BimaSakti85 says:

    klo belanja onLine ntar bayar ongkos kirim buk ? malah tambah ongkos donk …😀

    enggak kok, bunda kalau beli buku online, milihnya yg free delivery
    ada banyak kok pilihannya di internet🙂
    salam

  2. sunubiz says:

    bermanfaat sekali bunda…saya sudah punya celengan koin Rp.500 dan Rp.200, kayaknya yang mau saya coba, menyisihkan 10% tiap kali narik di ATM. CC saya ga punya bun…takut keenakan geseknya, bayarnya puyeng…:-D,jazakillah khair tipsnya…

    sama2, terima kasih banyak juga Mbak🙂
    salam

  3. Mbah Jiwo says:

    saya jadi ingat dua hal, tabungan d ibaah bantal dan di dalam bambu…wew

    jadi inget zaman dulu ya😀
    salam

  4. zulhaq says:

    sampe saat ini, saya kok susah benget nabung🙂

    *pentung diri sendiri*

    masa’ sih ?
    bukannya dah banyak tabungannya Mas🙂
    terutama tabungan akhirat
    salam

  5. Kakaakin says:

    Insya Allah walaupun masih sedikit, saya juga belajar menyisihkan penghasilan nih Bunda…🙂
    Pengeluaran saya memang terlalu besar ke makanan, camilan dan hal2 remeh temeh lainnya🙂

    Alhamdulillah, nanti kalau tabungannya Kakaakin
    dah banyak bunda ditraktir ke korea ya 😀 *ngarep*
    salam

  6. anna says:

    optimalkan kaetu debit. setuju banget.. jangan sampe kita kebiasaan untuk pake kartu kredit. kalo bisa tunai kenapa kredit yah ?
    makanya bun, saya di kantro pun, kalo ada teman yang bawa barang bagus..saya selalu bayar cash, walaupun yg jual selalu menawarkan pembayaran yang bisa dicicil sampe 3x. soalnya saya takut numpuk hutang🙂

    juga takut ,kalau gak ada umur, eh hutang masih ada
    hiiiii…..serem ya Mbak😦
    salam

  7. Budi Mulyono says:

    Alhamdulillah bunda sudah mulai menabung. Tidak menggunakan kartu kredit. lebih sering melakukan pembayaran dengan debet atm. kalo menyisihkan uang sudah bisa 30% bunda. …

    alhamdulillah, hebatnya, salut sama Mas Budi dan Mbak Henny🙂
    salam

  8. ceuceu says:

    beberapa tips di atas sudah saya lakukan Bun.. tp emang uangnya pas-pas an jadi ga terkumpul juga… hehheh.. ( gimana bisa saya pergi haji ya.. ?🙂 )

  9. BENY KADIR says:

    Wah,tips yg bermanfaat lagi yg saya dapatkan dari sini.
    Beberapa di antaranya memang cocok buat saya yg tinggal di kampung.
    Kadang bila ada uang recehan malah manjakan anak utk jajan seenaknya.
    Dalam kasus tertentu saya tergiur dg produk baru,walau bila dipikir bukan hal yg mendesak utk dibeli.

    jadi intinya, jangan mudah tergoda rayuan ya Mas Benny.🙂
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat
    salam

  10. Untuk menghindari pengambilan yang tak terkontrol, saya kadang bikin rekening yang nggak pake ATM, Bunda. Biar urusan pengambilannya jadi sulit dan membuat malas mengambilnya. Kalo pake ATM, bawaannya mau ngambil melulu…😀

    he heh bener juga tuh, jadi males ngambil uangnya kalau tanpa ATM ya Mas🙂
    salam

  11. Hariez says:

    niatan hati selalu ingin seperti tip’s yang BUnda bilang, namun setiap bulannya selalu ludes juga Bun ya buat asuransi pendidikan lah, kesehatan lah sisanya buat bensin satu bulan sama belanja keperluan rumah tangga *sama juga ya Bun*:mrgreen:

    heheh tapi asuransi pendidikan , kan jg tabungan utk masa depan Mas Riez🙂
    salam

  12. fisto says:

    setuju sama tips-tipsnya!….saya juga sedang berusaha menabung nih…🙂

    bunda doain semoga bener2 sukses nabungnya🙂
    salam

  13. aldy says:

    Nabung sih sering kok bunda, bahkan rutin.
    Tetapi ngambilnya juga rutin😀

    he hehehe tapi, masih ada sisa banyak khan Mas🙂
    salam

  14. soyjoy76 says:

    Bunda, saya paling takut sama poin #10. Karna dampaknya sulit diprediksi, lha wong belanjanya impulsive, muncul seketika🙂 Untungnya penyakit ‘godaan sesaat’ ini jarang menghinggapi kaum lelaki ya, bunda😀

    Poin #15 saya kurang setuju Bunda. Point reward diciptakan oleh penerbit kartu kredit ya tujuannya untuk ‘mengasah’ minat belanja. Padahal, minat belanja yang tinggi itulah akar dari segala pengeluaran tak terencana…

    pendapat yg cerdas Mas,
    kalau bunda biasanya poin reward itu utk bayar iuran bulanannya🙂
    salam

  15. wi3nd says:

    aku nda punya kartu kredit bund,takutnya konsumtif..
    nda pernah belanja online dan debit
    lebih suka cash and carry,dan daten9 lan9sun9 heheh..

    hehehe..aku jaran9 nabun9 neeh bunda,ikut arisan ajah ama ibu😳

    kapan dpat arisannya Wi3nd ?
    bisa jadi tabungan tuh……….🙂
    Wi3nd memang smart, bunda dah tau itu *hugz*
    salam

  16. Tanti says:

    wwwoooowww… nice tips bundacay. Sederhana tapi mengena.

    whaaa……..Tanti pasti sudah ahli utk hal ini, bunda yakin😀 *hugz*
    salam

  17. achoey says:

    Ah Bunda bisa aja
    Trik yg cantik
    Saya rajin menabung lho hehe

    he he yakin A pasti ahli dlm hal ini🙂
    salam

  18. badruz says:

    satu lagi Bund, hindari godaan syetan yang terkutuk, halaah….😆 apa maksudnya sih Druzz?
    Saya pernah punya masa2 ini Bund, ketika saya ngirit…dalam berbagai kesemoatan bersikap ngirit, eh…si isteri malah hobinya belanja dan makan enak melulu, jadinya boros buanget dong. tapi sekarang…alhamdu sudah tidak lagi….ingat anak yang semakin besar, maka kudu nabung….
    Mantap Bunda.

    zaman sekarang gitu ya Mas, makin besar anak, makin besar juga biaya utk pendidikannya
    salam

  19. Ruang Hati says:

    ikut dukung mari menabung dengan cermat!! Bunda kami ikut doakan semoga Putra Nya segera diberi kesembuhan dan kesehatan seperti semula, Salam hangat selalu

    Terima kasih banyak Mas utk doa dan atensinya.
    kami sangat menghargainya.
    salam

  20. munir ardi says:

    tipsnya mantap bunda akan saya cankam dalam-dalam

    alhamdulillah, semoga manfaat ya Mas🙂
    salam

  21. munir ardi says:

    mau menabung sih bunda tapi nggak ada yang bisa disisihkan

    he hehe Mas Nunir ini suka merendah saja sih🙂
    salam

  22. untuk kendaraan saya tetap memilih kendaraan pribadi, karena pilihan yang paling irit (dari rumah ke tempat kerja tak adanya ojek) kalau istri harus naik angkot dua kali, lebih baik satu motor dipakai bergantian.
    untuk beli buku setelah menikah apalagi punya anak saya kurangi sangat drastis, kalau dulu bisa satu bulan satu buku, sekarang satu tahun satu buku juga belum tentu

    yah, memang kita hrs cerdik2 utk mencermati pengeluaran demi
    masa depan anak2 ya Mas.
    salam hangat utk keluarga.
    semoga selalu sehat,amin.
    salam

  23. redesya says:

    Tipsnya bagus bunda.., mulai sekarang desya mau lebih rajin lg menabung🙂

    alhamdulillah, jadikan menabung kebiasaan baru ya Desya🙂
    salam

  24. nuances pen says:

    Tips penghematan yang jelas dan perlu diperhatikan!

    alah bisa karena biasa ya🙂
    salam

  25. nuansa pena says:

    hmm … oke, ayo menabung untuk dunia dan akherat!

    setujuuuuuuuuuuuuu ….. 🙂
    salam

  26. yup.. mari biasain nabung… *kangen juga ma bundaaaa…. udah lama banget yah bun, dila gak mampir. hikz.. maafkan anakmu ini bun.. hikz*😦

    he hehe gak apa apa kok Dhila,
    kan kita juga hrs mendahulukan pekerjaan di dunia nyata,
    sukses dan sehat selalu ya Dhila sayang *mwaah 99x*
    salam

  27. andipeace says:

    yang seperti ini saya lakukan jika ada chanel tenteng sesuatu..😀 kebiasaan buruk saya yang saat ini sedang saya hentikan (berusaha ga boros bun)
    matur nuwun tipsnya

    salam adem ayem

    lebih enak lho Mas menabung itu🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s