Jika mati seorang anak Adam maka putuslah segala amalnya, kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak yang saleh yang mendoakannya“. (HR Muslim)

Dari hadis di atas, banyak hikmah yang bisa dipetik tentang bekal untuk mati dan agar pahala kita terus mengalir meskipun telah meninggal dunia.

Satu di antaranya adalah sedekah atau amal jariyah dalam arti luas.

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya pahala orang Mukmin yang menyusul amalnya setelah dia meninggal dunia adalah ilmu yang dia ajarkan dan sebarkan, anak-anak saleh yang dia tinggalkan, atau mushaf (Al-Quran) yang dia wariskan, atau masjid yang dia bangun, atau rumah yang dia bangun untuk para ibnu sabil, atau selokan yang dia alirkan untuk kepentingan umum, atau sedekah yang dia keluarkan dari hartanya pada waktu sehat dalam hidupnya, akan menyusul amalnya sesudah matinya“. (HR Ibnu Majah)

Merujuk pesan Rasul tersebut, banyak hal yang bisa disedekahkan, seperti, mewariskan mushaf Al-Quran, membangun masjid, membangun rumah yatim piatu/tempat singgah untuk ibnu sabil, membangun fasilitas umum yang diperlukan, dan sedekah berupa harta yang dikeluarkan pada waktu sehat.

Di sini ada yang sangat perlu kita garis bawahi, yakni pentingnya mengeluarkan sedekah pada waktu sehat.


Banyak orang yang berniat sedekah, tapi menunda hingga umur beranjak tua.

Ada juga yang berniat sedekah, namun jika sudah mendekati ajalnya.

Bahkan, ada yang berniat sedekah kalau dia sudah mati.

Jadi, alangkah keliru orang yang baru berniat sedekah, tapi terus
menunda-nunda pelaksanaannya.

Betapa pun melimpah harta tersebut, rumah, mobil, saham, deposito, tanah, uang, dan sebagainya yang bernilai ratusan juta bahkan miliaran rupiah, namun semua itu bukanlah miliknya lagi jika sudah meninggal.


Semua itu adalah milik istri/suami dan anak-anaknya, milik ahli warisnya. Setelah harta itu dibagi sesuai dengan hukum waris, terserah hendak diapakan harta tersebut.

Semoga Allah membimbing kita agar menjadi orang-orang yang gemar bersedekah dan selalu menyegerakan sedekah.

Salam.

Dari: berbagai sumber.

gambar diambil dari :wboy.com

Advertisements

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

51 responses »

Comment navigation

  1. Memang sangat mantap rejeki yang ditimpakan ketika kita bersyukur.

    dan saya bersyukur memiliki blog ini http://antik-bendabertuah.blogspot.com mampir abang

    bunda bukan abang lho 😦 ( tapi ibu2 😀 )
    sedekah adalah bagian dr rasa syukur
    salam

  2. Pengunjungnya bisa rame kayak gini caranya gimana ya? 🙄 07:58

    kan termasuk Mas juga ikut meramaikan 🙂
    terimakasih ya banyak ya Mas
    salam

  3. Habis makan, jalan-jalan dulu ke rumah teman
    Semoga sukses !!! 05:51

    iki mesti lagi laper berat ya 🙂
    salam

  4. BENY KADIR says:

    Kalo begitu,jangan menunda sedekah ya,Bunda.
    Sekali memberi, pasti Tuhan akan memperhitungkan dan membalasnya berlimpah-limpah.

  5. Pakde Cholik says:

    Jika orang menyumbang atau sedekah itu dipertontonkan boleh2 saja asal tujuannya untuk syiar agama sehingga orang lain mengikuti jejaknya.
    yang dilarang adalah jika riya agar dipuji dan diberi tag ” dermawan, baik hati, loma,dll”

    Intinya adalah pada niat, jika niatnya bukan karena Allah maka nilai ibadahnya hilang.

    Salam hangat dari Surabaya.

    semoga apapun kebajikan yg kita lakukan semua hanya krn mengharap ridha Allah swt
    dan hanya untukNYA juga hanya karena NYA.
    salam

  6. ceuceu says:

    insya allah, saya selalu berusaha ingin berbagi Bun.. bukan saya ria, tapi jika ada rezeki lebih saya berusaha untuk berbagi..tidak banyak, misal ke tukang becak yg udah tuaa gitu.. senang saja melihat orang lain senang, toh ga seberapa nilainya apalagi Allah ngasih saya kesehatan untuk tetap bisa bekerja lebih baik dari mereka…

  7. dimasangga says:

    betul betul betul
    alangkah indahnya saling berbagi, terutama dengan keluarega dekat dan tetangga sekitar rumah. 🙂

  8. monda says:

    bunda,kl wakaf sejengkal tanah rame2 kmd di atasnya mau buat panti atau masjid spt banyak yg ditawarkan sekarang ini, afdol nggak ya

  9. munir ardi says:

    sebuah artikel yang sangat mencerahkan bu jadi ingat diri jarang bersedekah selama ini

    sekalian utk mengingatkan diri bunda sendiri juga Mas 🙂
    salam

  10. Mudah2an Allah selalu menggerakkan hati ini dan kita semua untuk ini, Bunda. Amin…
    <em
    bunda ikut mengaminkan doanya Mas Sudes.
    salam

  11. Laki-laki Biasa says:

    Assalaamu’alaikum Bunda..

    Ini ada artikel tentang sedekah, semoga bermanfaat 🙂
    http://dheryudi.wordpress.com/2009/12/14/sedekah-yang-utama/

    terima kasih utk undangannya Mas.
    segera meluncur ke TKP ………………………… *ngebut*
    salam

  12. Kakaakin says:

    Mumpung masih hidup, memang harus segera bersedekah.
    Karena takutnya juga bila nanti tiba masanya tak ada lagi orang yang layak tuk diberi sedekah, harus bersedekah kemana kita 🙂

    hiiiiii…………. ngeri ya kalau sampai tiba saat2 seperti itu.
    yuuuuu……..kk buruan kita sedekah
    salam.

  13. nanaharmanto says:

    Semoga kita bisa bersedekah dengan tulus ikhlas tanpa pamrih ya Bunda..

    salam hangat…

    itu yg selalu kita mohonkan padaNYA.
    agar benar2 tak ada pamrih sama sekali atau malah pamer……………. 😦
    salam

  14. yuk, bunda… 🙂
    hugzzz

    marrii…….. 😀 😀 *langsung mwaaahh+hugz99x*
    salam

  15. Rita says:

    Iya Bund, dan salah satu hikmah sedekah juga menghindari kita dari musibah.
    Semoga kita selalu bisa menyegerakan amal baik termasuk sedekah ini…Terima kasih Bund ilmunya…

    amin, sama2 terimakasih juga Mbak Rita.
    salam

  16. bidansmart says:

    Semoga kita termasuk orang2 yang ikhlas dan bersedekah baik diwaktu lapang maupun sempit…

    semoga Allah swt juga memudahkan kita utk melakukannya ,amin.
    salam

  17. bunda azzam says:

    sedekah berbagi kebahagiaan antar sesama dan mengeluarkan hak orang lain yg ada di kita

    agar jiwa kita menjadi bersih dan lebih bahagia 🙂
    salam

  18. Ruang Hati says:

    berbagi rejeki dengan sesama, sembari membersihkan diri. semakin banyak sedekah semakin enteng langkah dan pikiran serta hati kita

    salam hangat selalu untuk Bunda di pagi hari nan indah

    setuju sangat Mas 🙂
    salam hangat dan selalu sukses.
    salam.

  19. pakacil says:

    soal begini ini nampaknya banyak juga yang pake ilmu tarsok alias ntar besok
    akhirnya tarsok terus²an 😦
    padahal bener² gak ada ruginya.

    malah banyak untungnya utk diri kita sendiri,
    bukan utk orang lain ya Pakacil 🙂
    salam.

  20. yup saya merasakan sendiri manfaat sedekah. rejeki seakan mengalir deras

    Seperti janji Allah swt pada hambaNYA:
    ” siapa yg bersyukur atas nikmatKU, maka akan kutambah2 nikmat itu,
    siapa yg tdk mensyukuri, maka azabku amat pedih”
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s