Banyak hal seputar pola makan yang ternyata gosip belaka. BahwaΒ minum air es bisa bikin gemuk, misalnya.

Ternyata ini hanya mitos, karena mengonsumsi makanan dan minuman dingin malah bisa membuat tubuh membakar kalori lebih banyak.

Hanya saja, selisihnya tak banyak dibandingkan bila kita mengonsumsi air yang bersuhu ruangan.

Demikian menurut Madelyn Fernstrom, PhD, CNS, direktur dan pendiri UPMC Weight Management Center, Pittsburgh.


Hal ini juga ditegaskan oleh dr Johanes C. Chandrawinata, MND, SpGK. Ia menjelaskan, tubuh kita menganut sebuah hukum yang dinamakan hukum thermodinamika.

Artinya: Untuk menaikkan suhu 1 gram air menjadi 1 derajat Celcius, diperlukan 1 kalori.

Hukum ini sejalan dengan penelitian yang mengatakan, bila kita minum 6 gelas air es setiap hari, maka metabolisme akan meningkat.

Jumlah kalori yang terbakar bertambah 10, sehingga berat badan yang dapat kita hilangkan sekitar 0,5 kg dalam 1 tahun.

Peningkatan metabolisme yang dihasilkan memang tidak begitu signifikan. Namun, tak ada salahnya bila kita minum air es, sejauh tidak mengandung kalori tambahan, misalnya dari gula. Ini akan mengoptimalkan proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Salam.

dari :berbagai sumber.

Advertisements

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

54 responses »

Comment navigation

  1. 4 + 4 – 4 = 4
    Sempat tidak sempat main ke rumah sahabat
    ha ha ha 08:06

    duh, alhamdulillah, yg mertamu blogger andal πŸ™‚
    salam

  2. Habis makan, jalan-jalan dulu ke rumah teman
    Semoga sukses !!! 05:57

    kalau haus, silakan diminum air esnya πŸ™‚
    salam

  3. fathur says:

    kalo ga salah air es itu bikin mulut dingin kalo diminum.. :mrgreen:

    kalau minum air mendidih, biasanya malah melepuh Fathur
    salam

  4. nanaharmanto says:

    Udah lama saya nggak menyimpan air es di kulkas. Saya dan suami harus mengurangi minum es nih, Bunda…kalau saya karena menghindari agar radang amandel nggak kumat. kalau suami sih, karena dia sering banget masuk angin hehehe.. πŸ™‚

    sama dong kita ya πŸ˜€ πŸ˜€
    kalau bunda krn bisa kambuh sinusitisnya
    salam hangat utk Bro Neo.
    semoga Mbak Nana dan Bro Neo selalu sehat
    salam

  5. kikakirana says:

    yang ada klo kebanyakan minum air es ya lama” kembung bund.. heheheh πŸ˜›

    QK gak suka air es juga ya ?
    salam.

  6. Den Hanafi says:

    oh ternyta itu cuma mitos ya bun?? padahal dulu saya lama ga minum air dingin cuma karena pengen diet. ahahaha

    kenapa sih diet segala Kang Pai?
    salam

  7. dedekusn says:

    Mitos tentang es yg banyak dipercaya masyarakat,
    terima kasih infonya Bunda

    he he ternyata hanya mitos thok πŸ™‚
    salam

    • bri says:

      pagiii bundaaaaa pagiiii kangdede dan sahabat^^
      bri kangen 😦
      bundaaa aku ikut blog kompetisi korupsi, gmana menrut bunda cay πŸ™‚
      mohpon dukunganya iah bunda cay

      selamat pagi, Bri cay πŸ™‚
      bunda ikut mendukung, semoga Bri beruntung ya kompetisi ini
      bunda hanya ikut mendoakan saja Bri cay πŸ™‚
      salam.

      • bri says:

        glek glek glek (efek banun tidur minum 3 gelas air es^^)
        bundaaaaaaaaa^^
        salam paghi nan ceria πŸ™‚

        gak gosok gigi ya Bri ?
        iiiikh.jorok, sikat gigi dulu dong Bri Cay …………… πŸ˜€ πŸ˜€
        salam.

  8. mytemporarykitchen says:

    iyah, kata dokterku waktu hamil juga, mitos minum air es trus bayinya bisa ngembang di dalam hingga susah dikeluarkan itu hanya mitos πŸ˜€

    dan, Mimi bahagia sekali, terus minum air es melulu deh …………..* si bunda ngarang* πŸ˜€
    salam

  9. hanif IM says:

    sayangnya saya gak bisa sering2 minum es… hehe, bisa pilek. hohoho

    bunda juga gak suka air es,Mas.
    krn bikin sinusitisku kambuh 😦
    salam.

  10. anna says:

    hohoo.. ternyata cuma mitos ya. hehe, kalo dipikir dari mana coba, air es kok gemukin badan.

    tapi kebetulan saya emang gak suka minum es bun, sering jadi perut kembung.. bukan karena takut gemuk.. πŸ™‚

    Sama Mbak anna,
    bunda juga kurang suka air es,
    krn bikin sinusitisku kambuh 😦
    salam.

  11. didot says:

    alhamdulillah cuma mitos,kebetulan saya sendiri penggemar minum air es,apalagi es teh manis:D

    jadi, yuk pesen teh dingin manis Mas Didot πŸ˜€ πŸ˜€
    salam

  12. Budi Mulyono says:

    Setuju bunda….. Ada yang bilang lemak dalam tubuh akan beku bila terkena air es… Padahal lemak dalam tubuh sudah berubah bentuk karena proses metabolisme……..

    jadi, mari minum air es ,asal jangan terlalu banyak dan sering πŸ™‚
    salam.

  13. kyaine says:

    ada yg bilang air es akan membekukan lemak yg ada dalam pembuluh darah.
    tp hbs makan siang klo nggak minum dingin rasanya kurang mantab.. πŸ˜›

    jadi hukumnya wajib ya Gus, kalau habis makan siang
    minum air es πŸ™‚
    salam.

  14. sunflo says:

    wah.. sebuah artikel yang sgt mendukung hobiQ di musim panas, minum esssss… :mrgreen: makasih bunda atas info ini… hehehe..

    masih dinginkah disana Mbak?
    semoga selalu sehat ya Mbak.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  15. edratna says:

    Kebetulan saya sensitif dengan dingin…sehingga kalau minumpun air yang suam-suam kuku…atau tak air es….
    Mestinya sih, secara logika tak ada hubungan minum air es bikin gemuk, kecuali ditambah sirop, susu dll…

    betul banget tuh Bu, yg bikin gemuk krn ada gulanya ya πŸ™‚
    slam.

  16. monda says:

    dari mana ya mitos minum es bikin gendut

    gak jelas asal usul mitosnya ,Mbak πŸ™‚
    salam

  17. bidansmart says:

    Betul Bund…banyak ibu2 hamil yang mengatakan takut minum es…ntar anaknya kegemukan & susah lahiran…padahal yang bikin gemuk kalo tiap hari minumnya es cream kali ya..( coz mengandung gula&lemak)…

    Nice post bund..buat pencerahan bagi yang asih percaya mitos..:finger:

    bunda juga Bu Bidan, waktu hamil pinginnya minum air es,
    kan kita hamil tu, bawaannya gerah dan panas melulu ya πŸ™‚
    salam

  18. doelsoehono says:

    selamat malam , selamat malam minggu semoga selalu dalam karuniaNya .

    Makasih boend tipnya jadi tahu nih kalau minum air es cuman mitos belaka .

    salam hangat selalu .

    selamat malam juga,Mas.
    sama2, terima kasih juga sudah mengunjungi bunda Mas πŸ˜€
    salam

  19. Hajier says:

    Orang2 disekitarku juga melarang aku minum air es, ya karena itu tadi bikin tambah ndut. Padahal gak terbukti kan?! Hanya mitos belaka

    yg bikin gendut, kalau air esnya diberi gula/sirop yg banyak, Mas.
    salam

  20. abeecdick says:

    wah ternyata kesekian 😦
    gppa dech yang penting bisa siaturahmi,
    ternyata bunda pakar juga nie πŸ™‚

    whaa………. kok gitu aja, tiba2 jadi pakar 😳
    salam

  21. abeecdick says:

    komentar ketigaxxxx nie bunda, di malam minggu yang agak mendung πŸ™‚

    di tempat bunda, gak mendung,malah hujan deras Mas Bee,
    enak, adem πŸ˜€
    salam

  22. arkasala says:

    Saya setuju hanya mitos Bunda, anak saya minum air es melulu gak gemuk2 he he πŸ™‚
    Namun menyedihkan juga kadang anak saya itu minumnya air es melulu πŸ™‚
    Trims atas infonya Bunda.
    Salam hangat selalu πŸ™‚

    anak bunda yg bungsu juga gitu Kang,
    kalau gak minum air es, katanya gak terasa minum,
    tapi ya gitu, gak gemuk2 juga he he
    salam hangat utk keluarga Kang.
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s