Suatu sore di sebuah kedai kopi bergengsi terdengar percakapan sebagai berikut :

“Mas, saya minta kopi saya diganti! Saya enggak pesan kopi kayak gini!” seru perempuan muda dengan dandanan yang stylish tersebut.

Kasir yang ditegur itu pun segera mengecek kwitansi pemesanan dari perempuan tersebut. “Tertulis di sini Ibu memesan espresso?” katanya mengkonfirmasi, sambil menunjukkan kwitansi tersebut.

“Tapi bukan yang kayak gini!” seru perempuan itu lagi, tanpa mengindahkan kwitansi yang disodorkan kepadanya. “Kopi apa ini? Pahit begini?”

“Ini espresso, Bu. Tadi kan Ibu memang memesan espresso?”

Kasir  kedai kopi tersebut tidak sempat menawarkan jalan keluar lebih lanjut. Sebab perempuan tersebut keburu kesal dan langsung meninggalkan tempat. Atau, mungkin ia keburu malu karena tidak tahu bahwa kopi espresso ternyata kopi kental tanpa tambahan apa pun.

Tentu saja, hal ini tak akan terjadi bila Anda telah mengetahui jenis-jenis kopi dari cara penyajiannya.

Sekadar catatan, penyajian kopi di sini merupakan dasar penyajian kopi panas. Sedangkan kopi dingin umumnya merupakan variasi dari kedai kopi itu sendiri.

1. Espresso
Sebutan untuk kopi murni yang diseduh menggunakan air panas tanpa tambahan apa pun seperti krim atau susu. Kopi jenis ini disajikan kental, dan bahkan terkadang diminum tanpa gula sama sekali. Disajikan dalam satu cangkir kecil atau gelas belimbing. Di Indonesia dikenal dengan nama kopi tubruk atau kopi tanpa ampas.

2. Macchiato
Merupakan jenis penyajian kopi hitam yang dicampur dengan susu atau krim, atau busa panas. Disajikan dalam sepertiga atau kurang dari setengah cangkir kecil. Kopi jenis ini masih menyisakan rasa kopi yang dominan.

3. Caffe Latte
Atau dikenal dengan sebutan kopi susu. Kopi hitam encer yang ditambahkan dengan dua atau tiga kali takaran susu dari cangkir besar sehingga memiliki rasa dan aroma antara susu dan kopi yang seimbang.

4. Cappuccino
Merupakan kopi hitam yang diberi susu panas yang dibusakan. Disajikan dalam cangkir yang lebih besar dari cangkir espresso biasa. Cappuccino bisa diminum tanpa menggunakan gula. Namun jika Anda ingin cita rasa yang lebih manis, Anda bisa menambahkan dengan gula pasir atau gula cair yang biasanya sudah disediakan.

5. Moccacino
Kopi espresso atau kopi hitam yang ditambah busa susu panas dan taburan remahan cokelat atau bubuk cokelat di atasnya. Disajikan dalam cangkir kecil.

6. Kopi instan
Jenis kopi yang sudah diberi bermacam variasi, mulai dari susu, krim, mocca, atau kopi plain (murni tanpa tambahan). Contohnya bisa Anda lihat dari berbagai produk kopi dalam sachet. Ada yang merupakan campuran dari kopi, susu dan krim; kopi bubuk instan, kopi yang bisa diseduh dengan air dingin, atau kopi susu dengan ampas kopi yang halus dan lembut.

Nah, semoga tidak ada yang salah pesan lagi, setelah mengetahui macam kopi berikut cara penyajiannya. Bagaimana dengan kopi favorit anda, termasuk jenis yang manakah ?

Salam.

 

Gambar diambil dari: dreamstime.com

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

66 responses »

Comment navigation

  1. joel says:

    Ass.,,, bunda. saya pingin buka cafe coffe tapi saya nggak bsa bikin macam macam cara penyajian kopi. saya ingin belajar dengan bunda. apakah saya bisa minta no kontak Bunda / Hp. trims


    duh, sayang sekali Joel, bunda bukanlah seorang Barista
    jadi, semua yang bunda tulis disini hanya berupa pengalaman sewaktu belajar ttg food and beverages beberapa puluh tahun yang lalu, ketika bunda masih bertugas sebagai awak kabin🙂
    bunda sendiri gak pernah membuatnya sendiri,hanya sekedar menyajikan saja🙂
    jadi, sepertinya Joel harus mencari seorang Barista utk belajar…
    salam

  2. ternyata ada berbagai macam penyajian yah🙂

  3. Coffeeshopz says:

    Menarik sekali infonya

  4. Assalamu’alaikum

    salam kenal bunda…
    saya termasuk baru dalam blogging…
    mohon bimbingannya

    walaikusalam wr.wb Mas Arif.
    salam kenal juga.
    bunda juga sama2 newbie, mari kita belajar sama2 ya🙂
    salam

  5. bri says:

    bundaa bundaaa met pagiii
    bundaaa bundaaaa met hari minggu ^o^

  6. anna says:

    wah baru tau.. paling taunya coffe latte aja.. tapi itu pun yg sachet-an bun.. kan ada juga tuh.. ato coffe mix.. yaaa malah nyebut merek? heheh
    thx inponya bun🙂

    ternyata banayak macam nya ya Mbak🙂
    salam.

  7. Budi Mulyono says:

    Salam bunda… Baru berkunjung lagi.

    Wah ini pengalaman ya bunda… maaf bertanya.. Saya memang suka kopi, tetapi yang gak terlalu manis dan juga tidak pahit. Suka jenis Robusta…. dan plain kopi lebih enak. hehehe……..

    Hai, apa kabar Mas Budi?
    semoga selalu sehat ya,amin.
    alhamdulillah, dulu bunda pernah mempelajari ttg food and beverages ,
    salah satunya ada ttg kopinya,Mas.
    Salam hangat utk keluarga.
    salam.

  8. Kakaakin says:

    Saya lumayan suka minum kopi, tapi yang instant dengan berbagai pilihan rasa🙂

    bunda juga gak terlalu addict sih sama kopi Kakaakin,
    cuma sekali secangkir saja🙂
    salam

  9. blogpopuler says:

    Kalau saya sih kebanyakan komsumsi kopi instan tinggal buka, tuang dan seduh, jadi deh…

    praktis dan nikmat ya Mas😀
    salam

  10. robbymilo says:

    OOT: tetep bunda… kopi aceh adalah kopi terenak yang saya coba.. apalagi kalo langsung dinikmati di kedai disana. saringan pertama kopinya paling strong…

    recommended place @ banda : chek yukee Dan A2 kopi

    kopi yang kemarin dr bengkulu juga strong ya Mas Roby,
    akhirnya waktu bikin lagi, hanya sedikit kopinya ,tapi harumnya itu lho ………… dahsyat🙂
    terima kasih ya Mas Robby utk infonya
    salam.

    • robbymilo says:

      Bunda, nanti saya kirim lagi kopi aceh. saya bawa 2 jenis: murni kopi (butiran kasar) dan kopi campuran (dicampur Cannabis sativa-tapi tenang efeknya berbeda dengan yg dibakar).

      duh, Mas Robby jadi ngerepotin,
      walaupun bunda senang banget tapi bener ya gak repot?
      kalau boleh milih, bunda mau yg murni aja, gak pakai canabis, boleh gak?
      terimakasih banyak ya Mas Robby,
      apa dong yg bisa bunda balas atas semua kebaikan ini, Mas ?
      kabarin saja ya, jangan sungkan2 lho🙂
      salam.

      • robbymilo says:

        santai aja Bunda… kaya di pantai.
        Kemarin sekalian jalan-saya sengaja belanja beberapa hasil bumi yg khas ‘n memang saya kirim ke beberapa teman dan kolega baik dalam maupun luar.
        Indonesia itu indah, indonesia itu kaya. masih penasaran ama kopi Toraja, tunggu saya jalan kesanah saja.. kalo kopi luak, saya dapet di Aceh, asli Kopi Luak.
        Karena asli, jadi saja saya cuma dapat sedikti sekali.. hihihi **masukin ke musim robbymilo saja jadinya**

  11. nh18 says:

    Ahai …
    Tau ndak bu …
    Saya terus terang baru tau beberapa istilah itu …

    Dan yang kelas Bunda Ly pasti tau hal-hal ini ya Bu …
    Mantan Pramugari …
    Pasti pernah diajarkan hal seperti ini

    Salam saya Bunda Ly

    alhamdulillah, Mas
    krn memang ada pelajaran ttg food and beverage dulu
    itu sewaktu ground school.
    salam.

  12. bidansmart says:

    saya bukan tergolong pecandu kopi ni bun…
    Usus saya protes kalo dikasih kopi…pernah minum kopi..hbis itu langsung mules dan buru2 ke “T..” buat “B..” ( isin diungkapin, tar penggemar kopi protes)

    Thanks buat infonya…buat bagi2 ke temen & keluarga

    btw..bunda penggemar kopi juga nih???

    bukan penggemar berat sih, paling sehari cuma secangkir Bu Bidan🙂
    salam

  13. nanaharmanto says:

    Saya dulu suka minum kopi instan, tinggal seduh..
    sekarang sih nggak pernah lagi Bunda…nggak berani…soalnya suka deg-degan sih…
    nice info, Bunda..

    kalau gitu Mbak Nana bikin utk BroNeo aja kopinya😀😀
    salam

  14. deeedeee says:

    oo gt toh bun,, baru tau… saya penggemar coffe mix, kopi yg di-mix sama susu.. yahuuud *apa pun itu namanya, yg penting nge-mix😀

    sekalian satu utk bunda ya Deee😀
    salam

  15. Aldy says:

    Kalau kopi yang masih dengan ampasnya kopi apa bunda ?
    Ibunda saya biasayanya membuat kopi sendiri, karena kami dikalimantan barat kebun karet ( jenis lokal ) biasanya diselingi dengan pohon kopi ( saya nggak tahu jensinya – mungkin sejenis arabica atau robusta ). Dan jika masih panas wanginya nggak nahan.

    masih ada ampasnya, kopi tubruk (espresso) Mas Aldy.
    duh, enak banget pastinya kopi di tempatnya Ibunda ya Mas …………….. *ngiler*
    salam

  16. yasmin says:

    kalo saya paling suka cappuccino sama caffe latte, soalnya rasanya manis dan ga terlalu banyak aroma kopinya🙂
    kalo bunda paling suka kopi apa?

    bunda suka coffee mix Yasmin cay 🙂
    cuma secangkir sehari saja, gak banyak.
    salam.

  17. dedekusn says:

    Terima kasih tips penyajiannya bunda, kalo sy suka kopi instan🙂

    lebih mudah penyajiannya ya Mas,
    tinggal tuang air panas, minum deh🙂
    salam.

  18. Bening says:

    Kalau saya kerumah mbak Lily, jangan bilang begini lho.” Pakde, mau minum kopi hitam atau kopi pake cream?”. Saya biasanya langsung bilang. ” Kopi dangdhut sajaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa “.

    Atau yang ini,” Pakde, kopinya mau di tuang di cangkir atau di gelas ?”
    Dengan cepat saya biasanya menjawab ,” Taruh diember sajaaaaaaa, biar lama ngobrolnya ”

    Salam hangat dari Surabaya

    PakDheeeeeee……………jangan ge-er…………..
    wong aku gak mau nawarin kopi kok😦
    aku mau nawarin air putih aja sak sumur nya😀😀😀
    salam.

  19. Bang Iwan says:

    Wah… sudah rame nih Bunda pada pesen kopi.
    Aku biasanya cuman minum kopi asli yang baru ditumbuk….
    nendang rasanya.
    Aku baru tau tentang info lengkapnya disini. makasih banyak…
    Salam hangat untuk keluarga.

    wah, kalau gitu sih, pasti istimewa kopinya Bang.
    kebayang harum dan gurihnya ……………… *ngiler*
    selalu sehat dan sukses ya Bang
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  20. dykapede says:

    Selamat pagi….senyuman dan kebahagiaan selalu ada untuk kita semua, chayoo ^_^…V

    senyuman yg tulus ikhlas adalah juga sedekah🙂
    salam.

  21. peri01 says:

    kunjungan pagi bunda cantik *cium pipi*
    salam peri

    terimakasih utk kunjungannya Peri cay😀
    *hugz dan cipika cipiki *
    salam.

  22. abeecdick says:

    assalamualaikum bunda, met pagi (eh diborong semua)
    pagi2 gni enaknya ngopi sambil blogwalking🙂
    kebetulan bunda menyediakan macem-macem kopi jadi mampir dulu ach di kedai kopi bunda😀

    Walaikumsalam.wr.wb.
    selamat siang Mas Bee.
    silakan dicobain, Mas.😀
    salam.

  23. anggayasha says:

    kalo saya suka kopi-kopi di warung pinggir jalan itu. bukannya saya tidak suka coffelatte, cappucino dan sejenisnya. tapi emang saya aja yang belum pernah nyobain ngopi di kafe. hehehe

    wah, kopi tubruk ya Mas alias espresso🙂
    ada sisa ampasnya khan ?
    salam.

    • anggayasha says:

      Iya, bunda. ada sisa ampasnya yang biasa dipake para tukang becak untuk menambah harum aroma rokok. :p

      bukan hanya tukang becak ternyata ,Mas Angga.
      beberapa teman bunda juga ada yg kayak gitu,
      ampas kopinya dioles ke rokok, apa rasanya ya ?
      salam.

  24. jumialely says:

    Bunda,, saya adalah penggemar kopi. kalo cara saya minum kopi beda..🙂

    2 bungkus cofeemix saya aduk dalam segelas air, saya tambahkan 1 sendok teh kopi hitam dan tidak ditambah gula —–> itu cara minum kopi ala saya😀

    setiap hari saya wajib minum segelas bunda…. I really love cofee

    masing2 dengan seleranya ya Mbak ,
    jadi ini tho, kopi favoritnya Mbak Lely🙂
    salam

  25. sakurata says:

    Lho..
    kok komen Saya gak muncul ya Bund?

  26. sakurata says:

    Tulisan Bunda membuat Saya kangen dengan kopi, sudah lama tidak menikmati kopi karena terkendala dengan mag..

    Salam Hangat juga dari kami Bunda🙂

  27. tukita.tk says:

    hehe.. langsung manasin air ni bunda..

    salam kenal ya

    Salam kenal juga.
    mau biki kopi ya ?
    lebihin segelas utk bunda juga ya🙂
    salam.

  28. !Rchymera! says:

    Wach terima kasih mbak informasinya serta berguna banget bagi saya yang suka minum kopi,slm knl dan semoga sukses selalu mbak…:D

    Salam kenal juga .
    terima kasih sudah berkunjung Mbak/Mas(?)
    alhamdulillah, kalau memang ada manfaatnya🙂
    salam.

  29. kank_ripay says:

    hemm… bunda… entar kalo udah dapet calon istriku ajarin ya.. entar saya suruh baca2 di blognya bunda… hehehehheeee

    dari sekarang suruh bikin blog dulu saja Kang , calon istrinya🙂
    salam.

  30. ofaragilboy says:

    mantapppp bunda,,,,
    salam

    ngopi dulu ………..😀😀

    Selamat ngopi, Mas🙂
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

