Sadarkah Anda selama menjalani aktivitas di kantor, Anda bisa terjerumus dalam pola hidup tak sehat?

Berbagai kebiasaan buruk seperti terlalu banyak duduk, tekanan kerja atau kebiasaan kurang minum bisa menjerat Anda pada beragam penyakit.

Padahal kini para pekerja menghabiskan waktunya sebagian besar untuk bekerja. Bahkan pada beberapa jenis pekerjaan begitu menyita waktu.

Dapat dibayangkan, Anda menghabiskan lima hari dalam seminggu, bisa terhitung jumlah waktu yang dihabiskan untuk bekerja.

Untuk dapat mengatasi, tentu terlebih dahulu Anda perlu mengenali kebiasaan buruk Anda di kantor.

Ada beberapa tips yang dapat dilatih dan dijadikan kebiasaan, agar anda tidak terus menerus melakukan kebiasaan yang buruk tsb :

Musuh pertama ketika menjalani aktivitas kantor adalah cemilan.

  • Jangan mengkonsumsi cemilan yang bersifat manis seperti permen atau makanan ringan lain. Lebih baik, bawa buah-buahan dari rumah guna mengganti makanan ringan.
  • Kebutuhan air juga harus dipenuhi ketika bekerja. Penuhi standar kesehatan untuk mengkonsumsi air 10 gelas perhari. Jika memang tidak begitu suka dengan air yang disediakan kantor, maka bawa air dari rumah secukupnya.
  • Jalan kaki, kegiatan demikian akan membantu Anda membakar kalori dan menjaga kebugaran tubuh. Biasakanlah jalan kaki meski hanya sekedar makan siang atau kebetulan rapat ditempat yang tidak jauh dari kantor.
  • Gizi seimbang ketika santap siang, terkadang makan siang menjadi faktor penting kesehatan yang tidak diperhatikan. Kadang pula, demi alasan keuangan, sering abaikan kesimbangan gizi. Jika memang ingin hemat, bawalah makanan dari rumah.
  • Penyakit leher yang sering menghantui, untuk itu bagi sebagian dari Anda yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer maka lakukan beberapa langkah seperti misalnya,  jika telah merasa lelah maka lakukan relaksasi.
  • Sediakan pencuci tangan anti kuman, karena keyboard dan mouse berpotensi mengandung kuman yang bisa membuat sakit. Semisal, tanpa sengaja rekan kerja Anda yang terjangkit flu, bersin dikeyboard Anda.
  • Cara ampuh, kenali diri anda sendiri. Menurut Business Psychology Consulting mengatakan, langkah paling penting menjaga kesehatan dengan mengetahui diri dan batas-batas yang anda miliki. Karena anda menjadi mengerti kapan saatnya beristirahat dan berlibur. Tanpa disadari, faktor ke alpaan diri berpengaruh besar terhadap kesehatan.

Salam.

referensi : health today.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

39 responses »

Comment navigation

  1. yasmin says:

    makasih bun tipsnya🙂 .
    saya juga kalo di sekolah emang punya kebiasaan kurang sehat. misalnya kurang minum, jajan yang kurang sehat, minum-minuman bersoda terlalu sering, dll. kalo di rumah misalnya kurang tidur, kurang minum, kurang jalan kaki (males gerak hihi), internetan lupa waktu, dll.
    harus dirubah mulai dari sekarang nih

    bunda ikut mendoakan, agar Yasmin dimudahkan oleh Allah swt
    dalam usaha berubah kearah yg lebih baik,amin😀
    salam

  2. ABDUL AZIZ says:

    Assalamu’alaikum,
    Terima kasih Bu telah diingatkan dengan “kenali diri anda sendiri” pada poin terakhir tips ibu di atas. Saya sering lupa padahal usia saya sudah lanjut. Kalau sudah baca atau melototin monitor sering lupa waktu.

    Terima kasih banyak Bu. Mudah-mudahan saya bisa “tahu diri”.
    Salam.

    sama2 terima kasih juga Pak Azis, saya juga sama, suka lupa waktu kalau sudah
    di depan monitor komputer🙂
    selalu sehat ya Pak Aziz.
    Salam hangat utk keluarga.

    salam.

  3. aisyah muna says:

    hehehe..tenkyu bun sudah mengingatkan..
    setiap hari pulang balik kantor rumah saya jalan kaki..lumayan..sekitar 1 km.hohoho
    dikantor..bos ga pernah absen tuk ngingetin kita-kita untuk minum air putih..(baik ya…^__^)
    dan hampir tiap hari rekan-rekan ada yang bawa cemilan, entah gorengan, kue-kue, combro, kacang..(hehe..yg ini sehat ga ya..).
    Makan siang…nah ini nih bu..yang kadang suka terlupa, =p

    enak ya punya bos perhatian kayak gitu,
    mungkin dah kekenyangan nyemil, jadi lupa makan siang ya😀
    salam.

    ^__^

  4. nakjaDimande says:

    hyaaa, jalan kaki-ku masih kurang bun.. harus atur jadwal lagi!

    tapi, bundoku kalau kerja kan banyak berdirinya ya?
    semoga selalu sehat ya Buncay😀
    salam.

  5. fety says:

    bunda, fety yang no 2 itu yang susah sekali. minumnya mesti dikit, apalagi musim dingin seperti ini. Soalnya abis minum mesti dingin ke kamar mandi. gimana caranya yah, bunda, klo di musim dingin walaupun banyak minum tidak sering ke kamar mandi?

    wah, bunda kurang tau juga Mbak Fety,
    mungkin kalau musim dingin minum secukupnya saja ,biar gak beser🙂
    selalu sehat ya Mbak.
    salam.

  6. yayat38 says:

    Terima kasih Bunda atas tipsnya. Gizi seimbangnya ini yang sulit Bunda, saya termasuk apa aja mau😦 he he.
    Terima kasih atas tipsnya🙂

    sama kayak bunda ya Kang, pemakan segala😀😀
    semoga selalu sehat ya Kang.
    salam.

  7. Kakaakin says:

    Kalo di tempat kerja saya jalan kaki melulu, meski nggak luas tapi lumayan melelahkan, berjalan antara konter perawat-UGD-ruang perawatan…
    Jadi sering lupa minum…
    Bisa ngemil pas jaga sore-malam aja (saat bos nggak ada), karena dilarang makan di konter perawat:mrgreen:
    Masih jauh dari gaya hidup sehat😦

    duh,jadi malu😳 Kakaakin yg kasih komen disini,
    padahal kan Kakaakin lebih pakar dlm bidang ini (kesehatan)🙂
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s