Kebutuhan untuk mengeluarkan gas seperti bersendawa atau buang angin adalah hal yang normal.

Namun, sebagian orang merasa mereka melakukan kedua hal itu terlalu sering.
Seringkali gas berlebih disebabkan oleh asupan makanan tertentu atau kebiasaan tidak sehat, seperti makan terlalu lambat.

Cara yang paling mudah yaitu menghindari pemicu tersebut.


National Digestive Diseases Information Clearinghouse Amerika Serikat menawarkan beberapa saran untuk mengurangi gas yang berlebihan didalam perut Anda, yaitu :

  • Kurangi makanan yang dikenal menyebabkan gas, seperti kacang, produk susu dan makanan dari gandum utuh.
  • Batasi sayuran yang berpotensi menyebabkan gas seperti bawang, brokoli, kol dan kecambah. Serta, buah-buahan seperti buah persik, apel dan pir.
  • Hindari minuman sari buah manis dan minuman ringan berkarbonasi. Pilih air putih yang menyehatkan.
  • Tangkal asupan gas berlebih, misalnya saat makan terlalu lambat dan mengunyah terlalu lama.
  • Jangan konsumsi produk susu yang bisa mengakibatkan gas pada tubuh Anda.

semoga bermanfaat.

Salam.

Referensi: health today

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

48 responses »

Comment navigation

  1. disease says:

    Kelebihan gas dalam tubuh sangat mengganggu sekali, jadi gampang kena penyakit. Mesti sering minum minuman yang menghangatkan tubuh seperti minuman jahe, biar gas dalam tubuh pada keluar..makasih postingannya menarik.

  2. oelil says:

    wah biasanya langsung masuk angin kalo perut kembung..pusing dan badan gak enak..
    sangat bermanfaat ..trims bunda

    alhamdulillah, semoga bermanfaat ya Mas Oelil🙂
    salam

  3. yasmin says:

    selamat siang, bunda🙂 .
    saya paling suka minum minuman bersoda, bun. mangkanya sering kembung.
    tapi, nanti kalo kembung, tinggal ditepok-tepok aja perutnya “beng .. beng .. beng” sama oma hihihi
    harus dirubah nih kebiasaan buruk terlalu sering minum minuman bersoda. selain bikin kembung, juga ga bagus buat tenggorokan. tapi susah bun … hehehe

    pelan2 aja Yasmin cay..
    nanti juga bisa kok dihilangkan, apalagi Yasmin dah tau akibatnya bisa kembung🙂
    salam.

  4. ofaragilboy says:

    owwww gitu to bunda? wah harus hati2 milih makanan,

    salam bunda

  5. Aldy says:

    Ini baru namanya cilaka 999 bunda, lha wong saya doyang justru yang bunda tulis.
    Nggak apa-apa kalo kembung, ntar kalau “nge-gas” juga hilang sendiri…;)

    wah, ngobatin kembungnya kok gampang banget ya Mas Aldy😀😀
    salam

  6. hpnugroho says:

    apakah punya problem dengan pencernaan misalnya maag juga bisa menyebabkan hal ini Bunda ?

    biasanya kalau yg sudah punya penyakit maag, kalau terlambat makan akan terasa kembung ,Mas HP.
    salam

  7. harumhutan says:

    emm..baiklah bunda,akan aku hindari makanan tsbt,,
    ===============================
    supaya jangan kembung ya Wi3nd cay😀😀
    salam.

  8. kawanlama95 says:

    wah bisa jadi masuk angin kalie bund, tapi itu makanan yang sehat kan bund asal jangan berlebihan kalie
    ================================
    setuju Mas, yg berlebihan itu memang tdk baik🙂
    salam.

  9. allz punya obat manjur untuk kembung : daun jarak kurang lebih 4 lembar dilemesin di api lilin. kalo udah lemes diolesin minyak goreng ato minyak kayu putih juga boleh, trus ditangkupin di perut 2 lembar, punggung 2 lembar. dipakein kaos dalem untuk nahan daunnya, trus pake baju kayak biasa. Insya Allah lumayan lama dia gag kembung tanpa sebab lagi…
    ======================================
    terima kasih, Mimi selalu punya ide2 yg brillian * hugzz*
    salam

  10. tapi allz kalo abis kentut bilangnya gini : “upss… soriiiii…”😆
    ================================
    ha ha kebayang bunda lihat mukanya yg kyut…. *hugz utk Mimi dan Allz*
    salam.

  11. oooo…. pantesan allz suka kembung ya.. mungkin efek dari dia makan selalu dikunyah lama benerrrr…. sepiring nasi bisa habisa dalam waktu 1 jam lebih, kadang sampai 2 jam, pake cape ngejer2nya. duduk di kursi makan udah gamaw… pucing pucing…😀
    ==================================
    Allz ingin selalu diperhatikan oleh Mimi😀😀
    salam cinta utk Allz sayang
    Salam.

  12. Kakaakin says:

    Perut kembung, biasanya setelah itu akan timbul diare🙂
    ==============================
    oh gitu ya Kakaakin?
    jangan dong…………… hiks hiks.
    Salam.

  13. Wah baru tau nieh bunda soal ini… ternyata banyak makanan juga ya yang menyebabkan kita jadi lebih sering buang angin.. kirain cuman kentang dan biji buah sejenis nangka…

  14. fety says:

    klo fety, klo lagi musim dingin kayak gini di Jepang, mesti perutnya kembung dan buang angin mulu, bunda. saat-saat dingin gini benar-benar ngangenin tanah air deh.
    ======================================
    tetap saja rindu dgn negeri sendiri ya Mbak🙂
    semoga selalu sehat,amin.
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s