Apakah Anda selalu boros dalam pengeluaran Anda?

Bila ya, maka tips dibawah ini semoga bisa membantu Anda untuk mengatasi sifat boros Anda:

1.Buat batasan terhadap diri Anda sendiri.


Kenapa Anda tidak coba membatasi pengeluaran Anda sendiri dan mencoba mematuhi batas tersebut?

Anda bisa coba membuat Anggaran Pengeluaran Keluarga dan mencoba mematuhi anggaran tersebut.

Ingatlah bahwa salah satu gunanya membuat anggaran adalah untuk membatasi diri Anda sendiri dalam mengeluarkan uang.

2.Jangan mudah tertarik melihat suatu barang hanya karena barang itu bagus.

Jangan khawatir, tidak hanya Anda yang suka lapar mata.

Terkadang setiap orang juga sering lapar mata, dan ini manusiawi.

Bedanya, ada orang yang bisa mengendalikan lapar mata itu, dan ada yang tidak. Ada banyak barang bagus di toko, tapi ketahuilah, kalau Anda tidak bisa mengendalikan lapar mata Anda, Anda akan terus menerus membeli, padahal uang Anda mungkin terbatas.

3.Jangan mudah tertarik melihat suatu barang hanya karena barang itu didiskon.

Tidak peduli berapapun diskonnya, kalau Anda memang tidak membutuhkan barang tersebut, kenapa Anda harus membeli?

Suatu transaksi jual beli barang seharusnya terjadi karena adanya kebutuhan, bukan karena adanya diskon, entah berapapun besarnya diskon tersebut.

Sekali lagi, semua itu kembali kepada diri Anda.

Anda sendirilah yang bisa mencegah sifat boros Anda.

Hanya Andalah yang bisa mengubah diri Anda. Tetapkan tekad terlebih dulu untuk mengubah sifat boros Anda, karena percuma Anda mencoba menekan sifat boros Anda kalau Anda tidak menetapkan tekad terlebih dulu dalam hati Anda.

Semoga bermanfaat.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

42 responses »

Comment navigation

  1. ehfazella says:

    masih susah menerapkannya bun

  2. yasmin says:

    bunda, saya susah banget buat ngilangin sikap boros hehe.
    udah niat mau nabung eh malah kepake buat jajan hihihi.
    tips yg bermanfaat nih bun, harus terus saya coba🙂


    ya,Yasmin seneng banget jajan ya🙂
    coba aja pelan2 dan sedikit2, nanti juga bisa kok nabung🙂
    salam.

  3. bri says:

    bundaaaa bri = suka jajan = apa ajaahh yang menggoda mata suka langsung dibeli..huft jadi susah nabuung deh…tapi sekaranga mau berhemat buat beli kamera slr…salam bri kangen bunda erat^^
    ==================================
    nabung utk beli kamera ?
    nanti bunda boleh di foto juga ya Bri🙂 *hugz*
    salam.

    • bri says:

      iah boleh🙂 tapi tunggu itungan tiga iah bunda cay^^..satu duaaa tiga (jepret mode on) hugs
      =================================
      Bri……………. fotonya jgn lupa dikirim ya😀😀 *hugz*
      salam.

  4. robbymilo says:

    Hiks, pemborosan itu ada di maintenance motor–ada aja yang rusak. buakn kerena material jelek.. ya karena keseringan dipake.
    solusi hemat yang beli baru n jual lama. tapi sayang juga yang lama… sudah menemani kemana sajah.. dan dulu sudah payah membelinya..

    huaa.. hiks hiks
    *curcol mode on*
    ======================================
    emang gak cukup ya kalau cuma satu?
    lagi kan gak bisa juga kalau dua2nya dipakai bareng…………..*ibu2 ngomel mode on*
    Salam.

  5. Henny says:

    Alhamdulillah keluarga saya sudah menerapkan ini bunda… Alhamdulillah bisa menabung dan membeli rumah…
    =======================================
    Alhamdulillah, selamat ya Mbak🙂
    salam.

  6. Aldy says:

    Kalau orang saya bilang, kita sering “rambang mata”, apa yang dilihat ingin dimiliki dan itulah yang membuat prilaku konsumtif yang tidak terkendali.
    ==============================
    rambang mata= lapar mata dong ya Mas Aldy.
    nambah lagi nih kosa kata baru🙂
    salam.

  7. dedekusn says:

    Tipsnya sederhana, menarik.
    Kalo disiplin pasti bisa, bisa hemat. Tapi yg susah pelaksanaannya, apalagi bagi yg mudah ngiler tiap ada sesuatu yg bagus & diskon.
    ===============================
    disiplin utk menjalani aturan yg dibuat sendiri ya ,Mas Dedekusn🙂
    salam.

  8. sari says:

    wah…tipsnya ok banget bun…cucok buat saya hehee..
    mudah2an bisa belajar untuk ga boros lagi deh, dan tentunya ga gelap mata klo liat barang bagus n diskon😀
    ======================================
    barang bagus dan diskon,
    kalau memang kita membutuhkannya,tdk mengapa kalau dibeli,Mbak🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s