Basa-basi, mungkin terkesan omong kosong, namun sebenarnya perlu.

Tak hanya untuk menunjukkan Anda menghormati orang yang diajak bicara, tapi juga supaya orang ingat pada Anda.

Namun, meski judulnya “basa-basi”, bukan berarti isi percakapannya harus “basi” dan membuat suasana jadi membosankan.

Pada dasarnya, basa-basi dapat dilakukan di berbagai kesempatan, umumnya bila menemui seseorang yang belum begitu kita kenal.

Isinya ringan dan berupa salam perkenalan. Basa-basi bisa juga diibaratkan dengan kata-kata pembuka dalam sebuah tulisan karangan.

Bagaimana sebaiknya kita berbasa-basi, berikut adalah etiket berbasa-basi ย :

  • Cukup obrolkan hal-hal dan kejadian umum sehari-hari, seperti cuaca, kemacetan lalu lintas, berita-berita terhangat, dan seterusnya. Bingung mau membicarakan apa? Cobalah untuk sering-sering membaca koran atau mengamati keadaan sekitar.
  • Jangan berlebihan saat berbasa-basi. Usahakan untuk mengerti bahasa tubuh si lawan bicara. Jika wajahnya sudah terlihat bosan, bisa jadi karena Anda sudah terlalu banyak bicara, centil, atau bertele-tele.
  • Supaya tidak membosankan, cobalah berbasa-basi dengan topik yang disenangi lawan bicara. Caranya dengan memperhatikan alur pembicaraan, bisa juga dengan melihat apa yang dibawa atau dikenakan si lawan bicara.
  • Jangan pernah memotong pembicaraan si lawan bicara, kecuali untuk mengiyakan pernyataannya.
  • Berbasa-basi cukup dimulai dengan sapaan “halo” atau “selamat pagi”, dan seterusnya, ditambah seulas senyum di bibir. Lihat pula gerak-geriknya, apakah si lawan bicara terganggu atau tidak.
  • Perhatikan pula porsi basa-basi. Secukupnya saja. Jangan sampai keinginan untuk berbasa-basi melenceng jadi gosip.

Semoga tips diatas bermanfaat, sahabat2 tersayang.

Salam.

gambar:kompasiana.com


About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

42 responses »

Comment navigation

  1. ndutyke says:

    Jangan pernah memotong pembicaraan si lawan bicara, kecuali untuk mengiyakan pernyataannya.

    sip! bener ini mah… bahkan disaat sedang tidak berbasa-basi pun, sebaiknya jgn memootng pembicaraan si lawan bicara. kecuali klo emang dia udah kepanjangaaaaan ngomongnya sementara kita mesti cabcusss, signout dari percakapan tsb๐Ÿ˜€

    hehehe…kalau udah kepanjangan, kitanya keburu ngantuk….๐Ÿ™‚
    salam

  2. yasmin says:

    basi-basi penting nih bun buat awal menjalin suatu pertemanan. tapi betul bun, yang penting basa-basi secukupnya aja.
    makasih ya bun, tipsnya yang berguna ini๐Ÿ˜€
    ==============================
    sebagai orang timur, kita juga diajari ortu utk basa basi ya Yasmin๐Ÿ™‚
    salam.

  3. Henny says:

    emang kadang rada kikuk kalo ketemu orang yang baru kenal. Apalagi dengan latar belakang yang berbeda dengan kita. Terima kasih bunda atas tipsnya.
    ====================================
    dan bila perlu berbasa basi, cukup sekedarnya saja
    salam.

  4. ceuceu says:

    yang jelas saya datang ke sini bukan untuk berbasa-basi Bun.. heheh…

    *begitu baca judulnya…saya lsng merasa perlu untuk membacanya.. kenapa? karena saya ketika bertemu dengan orang baru.. suka bertanya2 dalam hati.. hmm.. perlu basa-basi ga ya ma orang ini ?๐Ÿ™‚ ..atau.. hmmm.. basa-basi yang pas..apa ya..๐Ÿ™‚ … hehe gitu deh Bun.. makasi infonya Bunda…
    ======================================
    bunda percaya 1000% sama Ceuceu kok ๐Ÿ˜€
    kadang gak gitu yakin juga ya Ceu ?
    salam.

  5. abeecdick says:

    oya budo mo berbasa basi nie.๐Ÿ™‚
    mo izin saling mengaitkan link๐Ÿ™‚ boleh khan, link bundo udah saya kaitkan di blog saya๐Ÿ˜€, mudah2an di link balik๐Ÿ˜€
    ====================================
    dengan senang hati dan bahagia,Mas.๐Ÿ™‚
    bunda add di VIP link disini ya,
    terima kasih banyak ,Mas Bee.
    salam.

  6. abeecdick says:

    wah basa basi ada etikanya juga y bunda๐Ÿ™‚
    ==============================
    betul, Mas Bee agar jangan jadi basi๐Ÿ™‚
    salam.

  7. Den Hanafi says:

    apapun yang berlebihan itu memang ga baik. termasuk dengan basa-basi, tentu ada porsinya. (ilmu lagi nih)
    ===================================
    kalau lagu dangdut bilang ” yang sedang2 saja”๐Ÿ˜€
    salam.

  8. Den Hanafi says:

    humor juga sepertinya masuk kedalam kategori basa basi ya bun??
    ==================================
    bisa juga, ketika suasana memungkinkan,Kang
    salam.

  9. KangBoed says:

    waaaaaaaakakkakakakk.. ma kasih bundo.. hatur nuhun
    ==================================
    sami sami, hatur nuhun pisan Kang Boed๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    salam.

  10. KangBoed says:

    ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    RAIHLAH โ€œJATI DIRI MANUSIAโ€.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang โ€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll
    ==================================
    I Luv You Fulllllllllllllllllll juga KangBoed๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    sal;am.

  11. nanaharmanto says:

    wah…saya jadi mikir nih, Bunda….
    jangan-janagan selama ini, saya kebanyakan basa-basi yang udah basi lagi…hehe..
    Semoga saya bisa berbasa-basi dengan sopan dan tak berlebihan supaya lawan bicara nggak bosen pada saya…
    Terima kasih tipsnya, Bunda…
    ====================================
    he he bundapun suka bertanya pd diri sendiri,
    apakah basa basi yg seperti ini perlu ?
    ternyata kita bisa tau dgn melihat reaksi dr lawan bicara.
    Salam.

  12. bri says:

    basabasi ituuhh takutnya jadinya basi bundaaaa๐Ÿ™‚
    kalau bri lebih enjoy bicara apaadanya…
    ceplas ceplos tapi gak nyindir atau bkn sakit hati orang lain…oops^^
    ==================================
    betul Bri, jangan pernah menyakiti perasaan orang lain๐Ÿ™‚
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s