Mengonsumsi sarapan tak jarang menjadi rutinitas yang terlupakan di tengah kesibukan menyiapkan aktivitas di pagi hari.

Padahal sarapan akan memberi Anda kesempatan berkonsentrasi maksimal hingga waktu makan siang tiba.
Sarapan sehat sebaiknya mengikuti pola makan seimbang yakni komposisi karbohidrat 60-68 persen, protein 12-15 persen, lemak 20-25 persen, dan serat 10-15 gram.

Selain itu, porsi sarapan juga minimal mencapai 20 hingga 25 persen dari total jatah kalori selama satu hari.

Sarapan rendah lemak yang sehat akan membuat kenyang hingga waktu makan siang.

Sarapan yang baik akan membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, sehingga Anda terhindar dari keinginan untuk makan sebatang cokelat atau ngemil donat saat rehat minum kopi sebelum makan siang.
Studi menunjukkan makanan tinggi protein dan tinggi karbohidrat bisa membantu memuaskan selera makan, serta bermanfaat meningkatkan asupan vitamin dan mineral bagi tubuh anda.
Berikut beberapa tips singkat memilih dan menyiapkan sarapan untuk Anda dan keluarga:

  • Siapkan menu sarapan sehat & bergizi seimbang. Anda bisa memilih nasi lengkap dengan lauk pauk dan sayur atau sereal dengan susu rendah lemak dilengkapi dengan buah-buahan.
  • Sarapan tidak harus nasi. Sereal, roti, kentang, dan mie bisa menjadi alternatif.
  • Pilih menu sarapan yang praktis dan  bervariasi dari berbagai jenis bahan makanan.
  • Susu atau hasil olahannya seperti yogurt sangat dianjurkan.
  • Bisa dilengkapi dengan buah segar atau yang diblender. Pilihan jus jeruk atau jus wortel bisa jadi pilihan.
  • Minum air putih cukup, minimal dua gelas.
  • Untuk anak-anak, sajikan menu yang menarik sekaligus ajak mereka menyiapkan dan menghias sarapan.

Selamat beraktivitas setelah menyantap sarapan anda hari ini.

Salam.

Sumber : health today.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

44 responses »

Comment navigation

  1. nancy says:

    Prinsip saya jg Sarapan Wajib bunda, tp klo tiap pg Susu dan Roti cukup gk ya? soalnya anak kosan susah cr sarapan yg sehat dan bersih..

  2. […] Dariku April 12, 2010 at 11:23 am | In speak speak | Leave a Comment Tags: blog, blogger, sahabat Sarapan nasi goreng di pagi ini […]

  3. yasmin says:

    wah bunda, saya tiap hari selalu dipaksa sarapan sama mama sama oma. udah gitu sarapannya itu harus nasi sama makanan-makanan yang berat kayak buat makan siang/makan malam. kata mereka biar, ga sakit dan bertenaga. tapi, saya kesel juga kalo tiap hari harus begitu😦
    padahal kan sarapan bisa aja cuma setangkup roti pake keju atau burger, dll.
    gimana ya bun soluisnya biar aku dibolehin sarapan yang ringan-ringan kayak temen-temenku?
    hehehe maaf ngerepotin bunda aja nih aku
    ===================================
    yang penting sarapan ,agar perut gak kosong, yg menyebabkan terganggunya aktivitas.
    coba beri Mama atau Oma pengertian, bahwa Yasmin malah ngantuk
    dan malas kalau makan yg berat2 di pagi hari (kekenyangan).
    cukup susu,roti dan buah saja, nanti makan siangnya baru deh lebih lengkap,
    semoga berhasil ya Yasmin cay 😀
    salam hangat utk Mama dan Oma tercinta.
    salam.

  4. bri says:

    perut aku jugaa bundaaaaa🙂
    sarapan is the best at 6:30 morning..super nasigoreng nyamiiiii buatan ibu ^^
    =======================================
    pasti nasgornya paling lezat , krn dibuat dgn bumbu cintanya ibu,Bri cay🙂
    salam.

  5. zulhaq says:

    sarapan = wajib
    kalo gak sarapan, perut saya bakal cekit cekittt cekit cekittt
    ===================================
    oh, sangkain main musik keroncong, Mas😀
    salam.

  6. sangsaka says:

    saya adalah orang yang termasuk males sarapan pagi Bunda… palingan cuma minum air putih ajah🙄
    =======================================
    sama rokok yaaaaa ……………….*ayo ngaku*🙂
    salam.

  7. sunflo says:

    alhamdulillaah saya selalu dibiasakan sarapan pagi sejak kecil bunda.. kebawa sampe sekarang… pokokna hrs sarapan kalo pagi…^^
    =================================
    sama dong , bunda juga gitu,
    pokoknya wajib sarapan,Mbak.😀
    salam.

  8. dedekusn says:

    Nambah pengetahuan lagi, terima kasih bunda…
    ==================================
    Alhamdulillah, Mas🙂
    salam.

  9. Bening says:

    Saya pasti sarapan pagi mbak, untuk modal ngeblog agar bisa tahan duduk ha ha ha. Saya suka nasi goreng, nasi pecel dan nasi2 lain. Sarapan roti kalau di LN saja.
    Terima kasih sudah mengingatkan
    salam hangat dari Bening
    ===================================
    Pak Dheeee………….. mau dong nasi gorengnya🙂
    salam.

  10. Mamah Aline says:

    anak saya wajib sarapan, apalagi di sekolah sampai siang dan jajan yang gak terkontrol sementara saya sendiri suka keteter sarapan udah diatas jam 9, makasih udah diingetin loh bunda
    ====================================
    terima kasih juga Mah, bunda juga sarapan antara jam 8 dan jam 9🙂
    salam.

  11. anak saya biasanya sarapannya agak siang, jadi kalau bukan hari libur tak bisa sarapan bareng

  12. Betul memang seperti itu, namun bagi beberapa orang makan pagi tidak bisa dilakukan, selain karena faktor diet, juga karena faktor sakit.

    Salam Brrrrr makan yang sehat!
    ===================================
    terima kasih krn sudah brrrrrkunjung, Mas Segar😀😀
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s