Ivanka Trump, putri Donald Trump yang baru menikah dengan Jared Kushner 25 Oktober lalu, mengaku sering lupa memakai cincin kawinnya.

Ia tak bisa mengelak ketika orang mengamati jari tangannya yang kerap tidak mengenakan cincin.

“Saya tahu orang akan menanyakan hal itu,” ujar Ivanka, yang menjabat wakil presiden di perusahaan real estate ayahnya. “Saya bertunangan selama tiga bulan, dan baru menikah beberapa hari, jadi cincin itu tergolek saja di meja di kamar saya. Saya lupa memakainya.”

Ketika didesak mengapa bisa lupa memakainya, Ivanka dengan tenang menjawab, “Ah, ini baru terjadi dua kali, kok.” Toh, ia mengaku, tanpa cincin itu, ia merasa sedikit “telanjang”.

Di antara keluarga dan teman-teman Anda, pasti banyak juga pasangan yang memilih tidak mengenakan cincin. Hal ini memang sering menimbulkan pertanyaan bagi yang melihatnya.

Bagaimana bila suami lalu mengaku masih bujangan ketika berada di luar rumah, karena dibiarkan tidak memakai cincinnya?

Namun, para wanita saat ini juga banyak yang memilih tidak mengenakan cincin. Apakah absennya cincin dari jari wanita juga disebabkan ia ingin mengaku masih single di luaran? Rasanya tidak. Ada beberapa alasan yang mereka lontarkan:

1. Menganggap memakai cincin kawin tidak begitu penting, atau tidak mutlak harus dilakukan.

Selama pasangan sama-sama bertanggungjawab dengan status pernikahannya, dan bersikap layaknya suami-istri atau partner yang mampu bekerja sama membangun perkawinan, untuk apa cincin?

2. Jari tangan mulai membengkak, sehingga cincin tak muat lagi.

Pada pria, jarinya membengkak karena mengikuti ukuran tubuhnya yang mulai membesar sejak merasakan nikmatnya menikah. Sedangkan wanita biasanya mengalami pembengkakan jari tangan karena pengalaman hamil dan melahirkan.

3. Anda termasuk perempuan yang tidak suka memakai perhiasan.

Betapa repotnya ketika harus melepas-pasang cincin saban kali mandi. Lebih baik, simpan saja cincin di dalam kotaknya di laci.

4. Anda ceroboh, sering kehilangan barang-barang pribadi Anda.

Anda sering lupa di mana meletakkan perhiasan Anda, atau cincin Anda kebesaran sehingga tak terasa jatuh entah di mana.

Sementara itu, kalangan yang “pro” dengan urusan memakai cincin mengemukakan alasan yang juga tak kalah kuat.

  • Cincin adalah simbol cinta antara suami dan istri, dan simbol ikatan pernikahan di antara keduanya. Adanya cincin, yang selalu melingkar di jari manis, akan selalu mengingatkan pasangan bahwa mereka telah menikah.
  • Cincin akan selalu mengingatkan mereka untuk saling menghargai, menjadi semacam “pegangan” ketika pasangan menghadapi masalah.
  • Ketika kita mulai tergoda untuk flirting dengan rekan di kantor, kehadiran cincin itu akan segera mengingatkan kita untuk tidak bertindak lebih lanjut.
  • Cincin akan menjadi rem bagi pria maupun wanita untuk tidak berlaku ceroboh dan mempertaruhkan perkawinannya karena ada godaan dari luar.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk yang merasa harus selalu memakai cincin kawin, atau sebaliknya?

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

46 responses »

Comment navigation

  1. lusy says:

    “yg paling penting dr semua hal ttg perkawinan , adalah adanya saling percaya, saling menghormati , saling berbagi dan saling lainnya yg membuat perkawinan itu berarti” Iya bunda setuju trimakasih yah…

    alhamdulillah, semoga perkawinan Lusy selalu dlm barokah dan karunia NYA, aamiin
    Lusy, kok gak ada alamat blog nya ya?
    bunda jd gak bisa mengunjungi balik🙂
    salam

  2. lusy says:

    Trimakasih bunda artikelnya sangat membantu membuat hatisaya yang lagi kacau jadi menenag, masalahnya kami belum dua bulan menikah dan suami baru saja kehilangan cincin kawin nya ceroboh masalahnya, di taruh di saku celana entah jatuh dimana, sedih saat tahu cincin itu hilang, mau marah salah gak marah juga jadi uneg2, jadi saya cuman bisa bilang jadikan ini pelajaran berharga dan jangan pernah ceroboh lagi. suami menyesal abis setelah kejadian itu, binggung nya apa saya perlu membeli kembali cincin kawin itu atau gak yah ? kalo di beli takut hilang lagi tapi kalo gak gak ada pengingat buat suami kalo kita sudah menikah, bisa bantu bunda ?

    sebenarnya mengenakan atau tidak cincin kawin itu, kembali pd kesepakatan bersama Lusi
    apakah, cincin itu demikian berarti?
    tentu saja, apalagi bagi kalian berdua yg masih pengantin baru🙂
    namun begitu, hal tsb, gak usahlah dijadikan bahan pertengkaran,
    bila suami memang agak sedikit ceroboh, cobalah sering2 diingatkan, agar jgn melepaskan cincin nya , takutnya malah hilang lagi atau lupa taruh dimana😦
    yg paling penting dr semua hal ttg perkawinan , adalah adanya saling percaya, saling menghormati , saling berbagi dan saling lainnya yg membuat perkawinan itu berarti , setuju kah Lusi?🙂
    atau istilah orang sono, caring and sharing sepanjang hayat selama masih berjodoh, ya khan?🙂
    Semoga selalu berbahagia ya Lusi………

    mudah2an uraian diatas , mampu membantumu🙂
    salam

  3. gama says:

    itu versi luarnya kalo mau yang versi indo bisa kunjungi disini http://tokoperak.blogspot.com/ terimakasih salam kenal semua

  4. gama says:

    dipakai aja biar lebih serasi kalo mau lihat koleksi cincinku bisa dilihat di web site ku,http://silversterlingring.com/

  5. hilda says:

    saya juga malas pakai cincin kawin, termasuk kriteria ke-3, malas pakai perhiasan. untung saja suami juga tipenya hampir sama, jadi tdk ada masalah
    =============================
    samaan dong kita ya ….*toss*
    salam.

  6. wi3nd says:

    hehehe..daku belum menikah,jadi masih koson9 jari manis kanannya🙂

    yan9 terpentin9 in9et status ajah,meski nda dipake cincinnya bahwa suda menikah,jd nda macem2 9ituh yah bunda ?
    ======================================
    nah, kalau yg ini setuju 100% dengan Wi3nd😀
    krn bunda dan suami juga gak pakai cincin kawin,
    yang penting hatinya, cincin hanya simbol ya Wi3nd .
    kapankah cincin di jari kananmu dipasang Wi3nd ?
    salam.

    • wi3nd says:

      mohoan doa restunya bunda,aku nda berani berplanin9 la9i,takut 9a9al🙂

      semo9a ALLAH memudahkan dan meridhoi nantina,amien

      **nanti klu da terpasan9 daku kabari yah bund hihii **
      ===================================
      dalam setiap doa namamu selalu bunda sertakan Wi3nd sayang 🙂
      harap2 cemas menunggu kabar dr Wi3nd 🙂
      salam.

      • wi3nd says:

        trimakasi bunda *terharu embun ini menetes jua *

        *peluk bunda erat*

        amin amin aminn..
        ===================================
        sama2 Wi3nd cay, terima kasih juga *peluk2 juga* 😀😀
        salam.

  7. orange float says:

    kalo saya setuju dengan point nomor satu Bunda karna bagi saya yang penting hatinya dan bukan cicinnya.
    ====================================
    cocok Yuli, bunda dan suami kebeneran gak pakai juga cincin kawin,🙂
    salam.

  8. maya says:

    klo di mesir, cincin emas itu berharga bgt bwt cewek biar gak diganggu ama org2 mesir yg suka godain warga asing utamanya cewek indonesia^^
    bahkan ga jarang teman2 yg blm nikah juga make hahahha, padahal bukan emas, tapi tiruan^^
    =======================================
    oh, jadi ada keuntungan yg lain juga ya Mbak.🙂
    salam.

  9. callme eno says:

    wah membaca artikel bunda yg satu ini…mengingatkan eno wkt sedang membeli jam tangan, karna sipenjual melihat cincin di jari manis tangan kanan, secara reflek si abang penjual menawarkan jam tangan wat suami (mungkin dikira itu cincing kawin kali ya…^_^) tapi ketika eno bilang aku blom nikah…dengan tulusnya pas ngebayar jam, si bapak penjual ngedoain “smoga cepat nikah ya mba…^_^” waaah jadi seneng hehehe….walhasil senyum simpul di wajah bertahan ampe keesokan hari dech…hehe ^_^

    btw bund…eno nanya dunk…cincin nikah itu di tangan mana ya bund??? kiri ato kanan??? abis nya kadang2 eno suka
    disangka dah tunangan atau dilain hari disangka dah nikah…jd bingung….????
    ==============================================
    biasanya sih kalau masih tunangan dipakai dijari manis kiri,
    dan kalau sudah nikah, dipakai dijari manis yg kanan.
    bunda dan suami gak pakai kok.
    krn cincin kan sebagai lambang saja, yg penting hatinya🙂
    salam.

  10. Bening says:

    Saya tidak lagi memakai cincin kawin karena terbuat dari emas.
    Cinta bukan terletak dicincin kawin tetap ada dihati.
    Saya sudah 34 tahun menikah dengan orang yang sama, Alhamdulillah adem-ayem.
    Ombak kecil-kecilan pasti ada tetapi kami berdua seperti karang ditengah lautan.
    Salam hangat dari Surabaya
    ======================================
    setuju PakDhe, kami berdua juga tdk pakai cincin kawin lagi,
    krn sekarang jarinya sudah besar2 ,gak muat lagi 😀
    salam.

  11. nanaharmanto says:

    Saya selalu melepas cincin kawin saat di rumah, sayang kotor karena beberes rumah. tapi kalau keluar rumah, saya selalu pakai. sepertinya ada yang kurang kalau saya nggak pakai. Tapi menurut saya sih, pertanggungjawaban suatu pernikahan bukan pada cincinnya karena cincin hanya sebagai simbol.
    =====================================
    he…he…memang benar2 sudah sehati, sehidup semati…… 🙂
    kemarin Bro Neo juga mengatakan hal yg hampir mirip seperti apa yg Mbak Nana tulis disini.
    bunda ikut bahagia mendengarnya.
    Semoga cinta dan kasih sayang kalian berdua selalu abadi sepanjang masa, amin.🙂
    salam.

  12. anfit says:

    Kalau lagi keluar rumah (terutama ke kantor), saya selalu pake cincinnya.
    Tapi kalau sedang di rumah, saya lepas, Bund..ribet soalnya. Lagian sayang cincinnya ntar kena sabun, tergores, dsb kalau dipakai waktu melakukan pekerjaan rumah..🙂
    ===================================
    jadi tetap merawatnya, seperti merawat perkawinan itu sendiri ya Mbak.🙂
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s