“Ayo dihabiskan susunya”, wejangan ini adalah nasihat paling sering yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Sebagian besar dari kita menelan bulat-bulat saran itu karena menyakini manfaatnya.

Seiring berjalannya waktu dengan jumlah penelitian yang dilakukan, kita juga mengetahui bahwa susu sapi memang kaya akan kalsium dan vitamin D.

Inilah yang kemudian diklaim sebagai nutrisi yang diperlukan tubuh. Namun, dengan jumlah penelitian mengenai susu yang terus meningkat, ternyata banyak peneliti yang tidak mengamini klaim tersebut secara utuh.

Sebab, ternyata mengonsumsi susu dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan risiko kesehatan baru. Salah satu yang paling mudah dilihat sebagai alasan para peneliti menyimpulkan hal tersebut adalah pola ternak sapi yang berubah untuk tujuan komersial.

Secara umum, susu sapi terdiri atas air, lemak, protein, laktosa, mineral, vitamin, dan enzim-enzim. Komposisi ini akan berubah ketika pola konsumsi sapi berubah, yang kemudian mempengaruhi siklus pemerahan susu dan susu yang dihasilkan.

Atas nama memperoleh untung besar, tidak sedikit produsen susu yang menyederhanakan proses tersebut. Alhasil, komponen susu pun berubah secara keseluruhan.

Belum lagi ketika sapi-sapi diberi hormon tambahan agar produksi susunya lebih banyak, ini akan menambah panjang daftar struktur susu yang berubah drastis.

Apa ini artinya kita harus beralih ke susu organik ? Dua ahli biologi molekular University of California, Jean Lee dan Randy Wei, menyarankan agar kita mengonsumsi susu organik.

Sebab, mulai dari makanan dan proses pemerahan susu dibiarkan berlangsung secara alami. Selain memilih susu organik, keduanya juga menyarankan agar tidak mengonsumsi susu secara berlebihan.

Takaran yang disarankan adalah dua gelas sehari. Susu tidak akan bekerja maksimal jika kita tidak mengimbanginya dengan makanan sehat lainnya.


Salam.

Referensi: prevent.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

61 responses »

Comment navigation

  1. kembali pada kata yang sering kita denger walaupun susu bermanfaat baik dan juga memiliki sisi negatif pada dasarnya apapun yang berlebihan itu tidak baik. berkunjung yah ke blog saya http://sewa-mobil-bali-murah.blogspot.com

  2. aya sebelumnya tidak tahu, kalau minum susu lebih dapat berdampak negatif. Kalau saya boleh tanya, saya punya anak yang umurnya 2 tahun, dan sering mengkonsumisi susu, apa sama antara susu buat anak kecil dengan susu orang dewasa pengaruh negatifnya jika diminum berlebih? Salam kenal,,,,,,,,,,,

  3. baru tau sich,,, emang sich,, apapun yang udah lewat masanya gak baik,,, Thank infonya…………

  4. saya sebelumnya tidak tahu, kalau minum susu lebih dapat berdampak negatif. Kalau saya boleh tanya, saya punya anak yang umurnya 2 tahun, dan sering mengkonsumisi susu, apa sama antara susu buat anak kecil dengan susu orang dewasa pengaruh negatifnya jika diminum berlebih? Salam kenal

  5. dulu suka banget saya dengan susu,,,tapi sekarang malah ga suka ya,,,,npha neyy q yah,,hehhe,,,

    supaya suka lagi, mungkin bisa dicampur dgn cokelat ketika meminumnya🙂
    salam

  6. saya dulu suka sekali tau minum susu tapi sekarang kok ga suka banget yah,,,,,to makanya saya kurus gni,,,,

    kurus? hiks hiks jadi ngiri, bunda ndut sih 😦
    salam

  7. bri says:

    bundaaaaaa met pagiii😳
    bri suka minum susu^^
    ================================
    Selamat pagi juga Bri cay……………😀
    bagus dong, bunda juga sampai sekarang msh minum susu 🙂
    salam.

  8. setuju dengan bunda. yang penting seimbang dan tidak berlebihan.
    ================================
    ssiiiplah…………..🙂
    salam.

  9. Mas Paidi says:

    Salam kenal buat anda.
    Sukses slalu dengan tulisanya.
    Jabat erat slalu dari bloger baru.
    ========================
    salam kenal juga ,Mas.
    terimakasih utk kunjungannya.
    salam.

  10. yasmin says:

    halo bunda, selamat siang .. berkunjung nih
    bun, minum susu kedelai lebih bagus daripada susu sapi ya? kalo susu kambing sama susu sapi lebih bagus mana?
    sodara saya yang masih balita juga ada yang minum susu ga pake ukuran. sehari bisa 5 gelas-an lebih. akhirnya masuk rumah sakit kena penyakit apa gitu hihihi. segala sesuatu yang berlebihan emang ga baik ya, bun. harus ada ukuran & batas-batasnya.
    ==========================================
    <em kalau mau tau, Yasmin bisa baca jawaban bunda pada pertanyaannya Mbak saus kecap dibawah.
    memang segala yg berlebih, berakibat tidak baik Yasmin cay🙂
    salam.

  11. sari says:

    iya bun, sesuatu yang berlebihan itu emang ga baik ya.
    minum susu sehari dua kali, kalau lebih dari itu kayak anak baby aja ya bun hehe
    oiya, sepengetahuan saya susu juga berguna untuk menghilangkan rasa letih.
    =========================================
    satu lagi Sari, kalau kepedasan minum susu, langsung hilang rasa pedasnya.
    salam.

  12. badruz says:

    hm… saya dapet pencerahan tentang susu nih Bunda, terima kasih. saya sempat mengklaim juga bahwa semua susu itu bagus. yah dengan pola pemeliharaan ternak sapi yang sudah modern sekarang, juga jadi was-mas, apalagi bentuk dan merek susu siap saji zaman sekarang banyak abiiisss. malahan..anak saya doyannya susu yang tinggal minum gitu…., ada sih beberapa merek yang di minum anak-anak tak lama kemudian bisa batuk2…..
    =====================================
    jadi sekarang bisa lebih berhati2 ya Mas Badruz🙂
    salam.

  13. abeecdick says:

    wah banyak2 mimik susu biar cepet gede, gak berlaku lagi donk bunda ?😀
    ================================
    he…he…biar cepet gede dgn gizi yg baik🙂
    salam.

  14. haris ahmad says:

    terima kasih infonya bunda
    saya suka minum susu dari sarihusada he he makyuussss
    ==============================
    setuju….maknyusssssssss🙂
    salam.

  15. abifasya says:

    pok ame-ame belang kupu2
    tepok biar rame
    pagi-pagi minum susu
    =====
    lagu itu kayanya akan terus inget
    karena ortu kita dulu bukan hanya menyayikan nya saaja sebelum kita tertidur tapi memang benar pagi2 kita dikasih susu.
    Manfaatnya ???

    sampai kita semua dewasa tidak pernah melipakan susu, tapi banyak sekali yg melpakan jasa ibu, Astaghfirullah.
    =======================================
    nauzubilllah, semoga kita termasuk orang2 yg selalu mengasihi ibu kita, Mas Abi.
    salam.

  16. aku pernah baca di koran tentang pro kontra manfaat dari susu ini Bunda…intinya sih sama seperti Bunda uraikan
    ===================================
    jadi……….tetep kan yg sedang2 saja😀😀
    salam.

  17. zulhaq says:

    saya dulu paling gak suka minum susu. makanya kurus gini
    tp sekarang, dah suka kok🙂
    =============================
    lho. kurusnya bukan krn sudah bakat dr sdononya,Mas.
    ngomong kurus, bikin iri …..😦
    salam.

  18. Minum susu adalah salah satu syarat membuat tubuh kita menjadi sehat.
    Apalagi untuk susu sapi murni ini mengandung serat dan vitamin2 yang membuat dan memperlancar peredaran tubuh kita .
    ============================
    terimakasih utk masukkannya🙂
    salam.

  19. Nanang says:

    Ternyata seperti itu ya bun? sepertinya memang segalanya jangan berlebihan. nanang´s last blog …Kamus Seluler
    ====================================
    tepat, Mas. jangan berlebihan, kuncinya.
    salam.

  20. bayuputra says:

    wah begitu penting yah susu untuk tubuh kita ,, tetapi tubuh saya sudah gemuk bunda ,, Gimana nih ?? apakah saya harus minum susu juga ??? atau susu apa yg cocok untuk saya bunda ??
    ==================================
    ada Mas , susu yang low fat kan sekarang sudah ada.
    salam.

  21. aldy says:

    Sudah jarang minum susu bunda (termasuk susu murni), yang menjadi menu hari-hari sekarang ini 5 gelas kopi tubruk dan 3 bungkus LA Menthol.
    =================================
    duh, yang penting Mas Aldy selalu sehat,amin.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  22. harumhutan says:

    selaMAT pa9i bunda🙂

    aku pernah baca neeh bund,katan aminum susu kalsium ju9a nda bole terllau rutin,karna ternyata malah menyebabkan ostoeoporis,sebaikna di selan9 selin9..

    hemm kirain mah ba9us yah bunda minum susu,ternyata ada takarannya..
    trimakasi bunda^^
    ====================================
    bener ya, ternyata segala yg berlebihan,
    malah jadi gak baik.
    gravatarnya baru ya………… Wi3nd🙂
    salam.

    • wi3nd says:

      9ravatar wi3nd uda lama bunda,tapi harus pake harumhutan baru muncul naman “wi3nd”nya🙂

      iyah bunda se9ala sesuatu yan9 berlebihan meman9 nda baik🙂
      ====================================
      apapun gravatarnya Wi3nd, bunda selalu betah berlama2 di hutanmu yg harum🙂
      salam.

      • bri says:

        setuju🙂 berlebihan emang gak baik sangat…iaa msg2kan ada proporsinya
        sama juga kayak mimi susu
        bundaaa^^……sejuukkkk😳
        ==============================
        yang sedang2 saja ya Bri🙂
        salam.

  23. arkasala says:

    beberapa minggu ini saya banyak menemui saran untuk minum susu di beberapa blog. Terakhir di sini hari ini. Ini pertanda saya harus mulai lagi minum susu kali ya Bunda. Selama ini selalu dijejali minum kopi saja. Terima kasih nih nasihatnya. Semoga saya segera memulai minum minuman sehat ini.
    Salam hangat selalu Bunda🙂
    =================================
    he…he…jadi sudah diserbu dgn postingan seperti ini terus ya Kang🙂
    semoga selalu sehat dan salam hangat utk keluarga.
    salam.

  24. selamat pagi bunda,….
    ====================
    selamat pagi juga ,Mas Dwi.
    selamat beraktivitas🙂
    salam.

  25. sunflo says:

    bundaaa… sunflo berkunjung…. maap lama ga berkunjung, lagi cuti BW nie…
    oohh… jadi ga boleh keseringan ya bund… emang sesuatu yg berlebihan tuh ga baik… sunflo pernah coba minum susu kedelai, kalo itu gmana bund?? kan ga pake hormon kek sapi ya??
    ==============================================
    kayaknya kalau susu kedelai gak pakai hormon, Mbak.
    dan juga khasiatnya baik sekali utk kesehatan.
    salam.

    • hanya sekedar berbagi informasi mba… ada temen di kantor yang doyan konsumsi susu kedelai. niat supaya lebih sehat eee malah asam urat dan kolesterol jadi naik. padahal sudah sesuai aturan yang tetrera. akhirnya ke dokter dianjurkan jangan mengkonsumsi susu kedelai lagi.
      ==================================
      mungkin krn sebelumnya , purinnya sudah tinggi,
      krn kalau purin tinggi, memang hrs menghindari produk dr kacang2an, Mbak.
      salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s