Siapa yang tak kenal gula ? semua orang pasti tahu bahwa kristal putih halus ini rasanya manis, apalagi kalau ditambahkan kedalam teh atau kopi, maka rasanya akan memberikan sensasi nikmat, terlebih lagi kebanyakan macam2 kue tidak diragukan lagi, pasti menggunakannya.

Namun begitu, seperti yang kita tahu, apapun yang serba berlebihan,maka akibatnya tidak akan baik, malahan mungkin membahayakan, begitu juga dengan gula yang manis ini.

Menurut Nancy Appleton, Ph.D, penulis buku Lick The Sugar Habits, terdapat berbagai dampak dari konsumsi gula yang berlebih terhadap sistem metabolisme.

Di antaranya:

  1. Gula dapat menekan sistem imun dan merusak pertahanan tubuh terhadap penyakit infeksi.
  2. Mengacaukan hubungan mineral dalam tubuh, sehingga terjadi kekurangan kromium dan tembaga. Juga menghambat penyerapan kalsium dan magnesium.
  3. Meningkatkan adrenalin dengan cepat, meningkatkan hiperaktif, kecemasan, sulit berkonsentrasi, dan mudah tersinggung.
  4. Meningkatkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida, serta menurunkan HDL.
  5. Menurunkan fungsi dan elastisitas jaringan tubuh.
  6. Melemahkan penglihatan.
  7. Menimbulkan banyak masalah pada pencernaan.
  8. Menyebabkan penuaan dini.
  9. Merusak gigi dan gusi.
  10. Gula merupakan makanan bergizi bagi sel kanker (payudara, ovarium, prostat, pankreas, paru-paru, dan lain-lain).
  11. Memicu penyakit autoimun, seperti artritis, berbagai jenis sklerosis, dll.
  12. Gula dapat menyuburkan jamur Candida albicans.
  13. Gula dapat menyebabkan batu saluran kemih, usus buntu, wasir, dan varises.
  14. Menurunkan kadar vitamin E dalam tubuh.
  15. Menyebabkan eksim pada anak-anak.
  16. Merusak pankreas, ginjal, dan hati.
  17. Menyebabkan ketidakseimbangan hormon (estrogen pada pria dan memperparah sindroma pramenstruasi).
  18. Meningkatkan radikal bebas dan stres oksidatif.
  19. Merusak struktur DNA.
  20. Menyebabkan sakit kepala, termasuk migrain, dll.

Ternyata ……………….manisnya gula, tidak semanis akibat yang ditimbulkannya.

Setelah kita melihat hasil penelitian diatas, tidak ada salahnya kita mulai mengurangi konsumsi gula mulai sekarang –Β bukan menghilangkan sama sekali gula dari kehidupan kita – agar kita bisa hidup lebih sehat, setujukah sahabat ?

Salam.

Sumber ;Lick the sugar habit .

Advertisements

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

43 responses »

Comment navigation

  1. KangBoed says:

    waaaaaaaaaaaaaaaaaaah.. kok dampaknya panjang banget.. untung saya engga suka yang manis manis.. kecuali isteri yang manis.. :mrgreen:
    =================================
    kok Kang Boed sama sih sama suami bunda πŸ˜€ πŸ˜€ :D……*sok pede*
    salam.

  2. nh18 says:

    Aaaddddoooohhhh …
    Saya jadi mikir nih …
    Memang sebaiknya takaran gula dalam Teh Panas saya
    harus saya kurangi

    Salam Saya Ibu
    Terima kasih sharingnya
    ================================
    wah, Mas Enha suka minum yang manis2 juga ya?
    kirain hanya cewek manis saja ……………..*just kidding * 😳
    salam

  3. septarius says:


    Takaran yg aman, sehari berapa sendok ya Bun..?
    ..
    ================================
    1 atau 2 sendok teh saja, Mas.
    salam.

  4. dasir says:

    Setuju Bunda..
    Aku juga jarang pake gula kalo masak, minum susu dan sedikit gula kalo minum teh.
    Salam Manis Bunda..
    =============================
    alhamdulillah, semoga Mas Dasir selalu sehat ya. πŸ™‚
    salam.

  5. Subhanallah… memang apapun yang berlebihan jadinya akan tidak baik yaaa…
    kecuali berlebihan berbuat kebaikan, pastinya akan makin baik πŸ˜‰
    =====================================
    Setuju, Mi.
    semua yg berlebihan ,efeknya gak baik.
    salam.

  6. abifasya says:

    Untung bun aku tidak termasuk yg berlebihan dalam menggunakan gula, buat kopi pun aku masih suka yg pahit kok.
    Salaaam
    ===============================
    karena yg buat kopinya (istri) sudah manis ya Mas Abi πŸ™‚ πŸ™‚
    salam.

  7. sobatsehat says:

    ia bundo, kadang kita lupa hal tersebut…….kebetulan saya juga kurang suka yang manis2 bun………
    ======================================
    betul, Mas Putra.
    alhamdulillah, bunda juga kurang suka yg manis2 πŸ™‚
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  8. bali beach says:

    di samping itu gula juga mengundang semut kan bun……….
    =================================
    terus, yg dimakan semutnya ya bukan gulanya πŸ˜€ πŸ˜€
    salam.

  9. Kakaakin says:

    Setuju banget, Bunda…
    Tapi mengapa begitu sulit merubah pola hidup yang saya jalani selama ini ya… 😦
    =======================================
    pelan2 dan sedikit2 ,pasti bisa kok Kakaakin.
    salam.

  10. yani says:

    setuju bunda, yang penting tidak berlebihan. diabetes/kencing manis karena pola hidup berlebihan terhadap gula efeknya sangat berbahaya… bisa menyebabkan komplikasi pada mata (kebutaan), ginjal (gagal ginjal), jantung, paru-paru, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.
    =====================================
    jadi, memang harus diuirangi dr sekarang
    konsumsi gulanya ya Mbak Yani.
    salam.

  11. Ah, baru tahu saya Bun.Secara di lampung makan duren masih ditambah kopi dan gula…hihihihi (ketularan penduduk asli sini..)
    ========================================
    duh, Mbak Yanti , perlu tuh dikurangi asupan gulanya πŸ™‚
    semoga selalu sehat ya Mbak.
    salam.

  12. nenek saya meninggal karena penyakit gula Bunda…jadi gula berbahaya jika berlebihan
    ==================================
    kalau secukupnya saja, gak apa apa ya Mas.
    salam.

  13. sakurata says:

    Jadi tahu, kenapa Moyang kita meninggalkan peribahasa :

    ” Sudah banyak makan asam garam”… bukannya “Sudah banyak makan asam gula” hehehe

    Salam kangen Bunda.
    ==================================
    Kuraaaaaaaa……………..apa kabar ?
    semoga selalu sehat ya,amin.
    kemana saja sih Kura ?
    bunda kangen………….
    salam.

  14. aldy says:

    Kalau menurut saya, sepanjang digunakan dalam batas-batas yang wajar nggak berbahaya kok bunda, semuanya akan berbahaya jika melewati ambang batas.
    ===================================
    setuju, Mas Aldy.
    semuanya kalau masih batas wajar, aman2 saja ya.
    salam.

  15. nakjaDimande says:

    iya bunda, kita kurangi konsumsi gula, klo aku minum teh nanti sambil memandang bunda saja ya.. pasti manis πŸ˜€
    ==============================
    duar…..! langsung meledak aku Buncay……….
    yang minum tehnya kan sudah manis………. πŸ™‚
    salam.

  16. makasih bunda,

    udah di-ingatkan:)
    ========================
    sama2 Mas Iip.
    semoga bermanfaat ya πŸ™‚
    salam.

  17. tukangpoto says:

    ..semuanya asal tidak berlebihan nggak apa-apa kan,bun…hehe.
    ===========================
    setuju, Mas Didit.
    yang sedang2 sajalah . πŸ™‚
    salam.

  18. arkasala says:

    jadi peringatan buat saya ni Bunda, karena saya suka yang manis-manis. Kelihatannya harus dikurangi.
    Terima kasih sekali Bunda.
    Salam hangat selalu πŸ™‚
    ==================================
    lain kali Kang Yayat, kalau ngopi sambil lihatin bunda,
    jadi gak usah banyak2 gulanya he…..he…. *pede stadium lanjut* 😳
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  19. udienroy says:

    Selamat sore bunda. maaf nih berkunjung lagi seperti biasa menjalankan tugas rutin yaitu blogwolking sambil mencari info terbaru kalau-kalau ada. Kalau gak dapat info baru ya gak apa-apa dapat kunjungan balik mah dah ayem. Oke deh salam adem ayem murah senyum ramah tamah biar banyak di sukai sahabat2 baik hati dan tidak sombong hehe
    ===================================
    adem ayem ramah tamah dan tdk sombong juga ya Mas πŸ™‚
    salam.

  20. sangsaka says:

    wedew… gak minum kopi dunk Bunda… 😦 waaaahhhh bisa ngeblog sambil merem neh saya πŸ˜†

    ada gula ada semut, jikalau bahaya mengonsumsi gula segitu banyaknya, gak kebayang bahayanya lagi kalo kita mengonsumsi semut ya Bunda :mrgreen:
    ================================
    kalau makan semut, ngalahain trenggiling dong Kang, kumaha ?
    salam.

  21. marsudiyanto says:

    IPKBSL (Ijin Pasang Kupu Biru Satu Lagi)

  22. marsudiyanto says:

    Kalau gula2 ngrusak apaan Bun… πŸ˜€
    ============================
    Bu Mars………………..
    ada yang tanya2 nih……………maksudnya ?
    salam.

  23. edda says:

    Setuju bundoooo πŸ˜€

  24. 1nd1r4 says:

    Untung saya ga begitu suka sesuatu yg terlalu manis ya bunda πŸ™‚ abis dah manis sih…hihihi *over pede dot com*
    ==================================
    bunda senang bisa punya sahabat yg manis,Mbak Indira πŸ™‚
    salam.

  25. kalau dihitung-hitung kok banyak banget ya bahayanya
    ==================================
    kalau secukupnya dan tdk berlebihan, aman kok Mas Narno.
    salam.

  26. badruz says:

    waduh, komengku ilang bunda, ketangkep si aki
    =============================
    sudah dibebaskan Mas.
    si aki lagi rajin kayaknya tuh πŸ™‚
    salam.

  27. druz says:

    waduh, ngeri juga Bunda akan bahayanya. banyak banget dan menakutkan.
    ==================================
    tapi Mas Badruz sedikit khan pakai gula kalau minum.
    jadi, ngak apa2 Mas.
    Salam.

  28. syelviapoe3 says:

    Begitu, ya, bu..?

    Efek dari kelebihan makan gula,ya, bu ?
    ==============================
    kalau berlebihan ternyata gak baik akibatnya
    bagi kesehatan kita,Mbak.
    salam.

  29. udienroy says:

    wahduh lha kok aku malah lesyu jika belum ngopi.
    ===============================
    ngopi saja Mas, tapi gulanya jangan banyak2 ya πŸ™‚
    salam.

    • Ruang Hati says:

      wah senangnya pagi pagi dah isi BBM pertamax

      gula kebanyakan bisa diabet tapi kalo kurang gula bisa masalah, gula gulali, selamat berakhir pekan dan salam hangat selalu bunda
      ===============================
      jadi, yang secukupnya saja ya Mas.
      salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s