Siapa yang tak kenal gula ? semua orang pasti tahu bahwa kristal putih halus ini rasanya manis, apalagi kalau ditambahkan kedalam teh atau kopi, maka rasanya akan memberikan sensasi nikmat, terlebih lagi kebanyakan macam2 kue tidak diragukan lagi, pasti menggunakannya.

Namun begitu, seperti yang kita tahu, apapun yang serba berlebihan,maka akibatnya tidak akan baik, malahan mungkin membahayakan, begitu juga dengan gula yang manis ini.

Menurut Nancy Appleton, Ph.D, penulis buku Lick The Sugar Habits, terdapat berbagai dampak dari konsumsi gula yang berlebih terhadap sistem metabolisme.

Di antaranya:

  1. Gula dapat menekan sistem imun dan merusak pertahanan tubuh terhadap penyakit infeksi.
  2. Mengacaukan hubungan mineral dalam tubuh, sehingga terjadi kekurangan kromium dan tembaga. Juga menghambat penyerapan kalsium dan magnesium.
  3. Meningkatkan adrenalin dengan cepat, meningkatkan hiperaktif, kecemasan, sulit berkonsentrasi, dan mudah tersinggung.
  4. Meningkatkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida, serta menurunkan HDL.
  5. Menurunkan fungsi dan elastisitas jaringan tubuh.
  6. Melemahkan penglihatan.
  7. Menimbulkan banyak masalah pada pencernaan.
  8. Menyebabkan penuaan dini.
  9. Merusak gigi dan gusi.
  10. Gula merupakan makanan bergizi bagi sel kanker (payudara, ovarium, prostat, pankreas, paru-paru, dan lain-lain).
  11. Memicu penyakit autoimun, seperti artritis, berbagai jenis sklerosis, dll.
  12. Gula dapat menyuburkan jamur Candida albicans.
  13. Gula dapat menyebabkan batu saluran kemih, usus buntu, wasir, dan varises.
  14. Menurunkan kadar vitamin E dalam tubuh.
  15. Menyebabkan eksim pada anak-anak.
  16. Merusak pankreas, ginjal, dan hati.
  17. Menyebabkan ketidakseimbangan hormon (estrogen pada pria dan memperparah sindroma pramenstruasi).
  18. Meningkatkan radikal bebas dan stres oksidatif.
  19. Merusak struktur DNA.
  20. Menyebabkan sakit kepala, termasuk migrain, dll.

Ternyata ……………….manisnya gula, tidak semanis akibat yang ditimbulkannya.

Setelah kita melihat hasil penelitian diatas, tidak ada salahnya kita mulai mengurangi konsumsi gula mulai sekarang – bukan menghilangkan sama sekali gula dari kehidupan kita – agar kita bisa hidup lebih sehat, setujukah sahabat ?

Salam.

Sumber ;Lick the sugar habit .

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

43 responses »

Comment navigation

  1. Pulau Tidung says:

    gula oh gula… susah melepaskan diri darimu…

  2. alphard says:

    Yang saya tahu, gula juga ada dalam nasi, makanan pokok yang paling sering kita makan, apakah pengaruhnya sama dengan gula pasir seperti aritikel diatas?

  3. ningrum says:

    Bunda, sebanyak itukah bahaya gula??
    saya serem bacanya Bun, saya suka makanan manis sih..

    merusak pankreas dan menyebabkan diabetes..
    ternyata selain merusak pankreas juga merusak hati dan ginjal, organ2 penting tubuh
    saya harus mengurangi makan makanan manis nih Bun😀
    =================================
    duh, bunda kalau ditanya oleh Bu Dokter satu ini jadi malu😳
    semoga kita selalu sehat ya Mbak Ningrum.
    salam.

  4. bri says:

    bundaaaaa🙂 met soreeeee…
    hari neh lumayan keringetan deh buncay…belom lagiih besok ujian, gampil kok bundaaa^^
    bundaaa bri nda suka manis apalagii berlebihan gulanya…
    bundaaa met istirahat bri juga istirahat..bobo😳
    =====================================
    selamat sore, Bri cay…………… 🙂
    semoga ujiannya sukses ya Bri,
    jangan lupa juga berdoa ya
    selalu sehat Bri cay🙂
    salam.

  5. yasmin says:

    setuju, bun. segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk pemakaian gula.
    kata nenek saya, kalo kekurangan gula bisa menyebabkan penyakit jantung, emang bener bun? hihihi jangan-jangan nenek saya aja yang sok tahu
    makasih bunda.
    =================================
    mungkin bukan sakit jantung, hanya jadi mudah lelah, Yasmin🙂
    salam.

  6. Masya Allah, banyak banget penyakit yang ditimbulkan oleh gula, Bunda. Padahal saya suka makanan yang manis-manis. Pantas aja kesehatan saya dari hari ke hari menurun. Mungkin pengaruh gula juga ya.
    ======================================
    duh, kalau bisa dikurangin ya ayah.
    salam.

  7. yang berlebihan memang mengundang penyakit ya Bunda…
    ===========================
    lebih baik yg sedang2 saja ,Mbak Desri.
    salam.

  8. sedjatee says:

    hemm… harus waspada neh…. semoga kita senantiasa sehat… salam sukses…

    sedj
    ===============================
    amin, ya Robbal alamiin.
    sukses juga, Mas🙂
    salam.

  9. bayuputra says:

    terimakasih bunda atas informasinya (jadi takut minum minuman yang mengandung gula nih)…
    =================================
    jangan takut, Mas.
    yg penting gak berlebihan saja 🙂
    salam.

  10. sunflo says:

    wuadoohh…. sy suka banget ma yg manis2 nie… gmana yaaa?? harus dikurangi ya bund??
    ================================
    kalau bisa sih gitu, Mbak.
    kalau terlalu banyak, malah mengancam kesehatan kita.
    salam.

  11. KutuBacaBuku says:

    sepertinya klo masalah gula, coba tanya deh pengalaman kang zipoer07 tentang gula, kutu sampai terkaget2 dengernya. Baru tahu klo gula bisa berakibat separah itu. Hayoo kita jaga gula darah kita selagi muda
    ====================================
    saran yg sangat bagus Kutcay,
    memang segala yg berlebihan akibatnya tdk baik.
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s