Banyak calon pengantin yang saat ini tidak lagi memilih tanggal perkawinan sesuai perhitungan “hari baik” seperti yang dipercaya para orangtua. Mereka meyakini bahwa semua hari adalah hari baik.

Tanggal perkawinan saat ini umumnya ditentukan oleh ketersediaan gedung perkawinan. Tanggal lain yang menjadi pilihan adalah tanggal-tanggal “keramat” seperti 7 Juli 2007, 8 Agustus 2008, , 9 September 2009 atau saat ini 10 oktober 2010.

Alasan memilih tanggal tersebut bermacam-macam. Ada yang sekadar menganggapnya “tanggal cantik”, mudah diingat (karena kombinasinya secara angka menjadi 10-10-10), atau percaya bahwa kombinasi angka tersebut merupakan angka “hoki”.

Namun jika Anda berniat memilih tanggal-tanggal dengan kombinasi “cantik” seperti itu, sebaiknya Anda pikirkan kembali masak-masak.

1. Sulit mencari lokasi perkawinan.

Begitu banyak pasangan yang mengincar tanggal tsb membuat gedung-gedung perkawinan sudah tersewa jauh-jauh hari. Banyak calon pengantin yang berani membayar lebih mahal daripada tarif normal, namun toh tak berhasil mendapatkannya. Akhirnya yang diperoleh hanyalah kekecewaan, karena terpaksa memilih tanggal lain.

2. Kesulitan mencari gedung perkawinan,

juga diikuti dengan kesulitan mencari vendor pendukung yang lain yang masih dapat melayani pada tanggal tersebut, seperti katering, make up artist, penjahit kebaya, fotografer, dekorasi, mobil pengantin, percetakan untuk undangan, dan lain sebagainya. Akibatnya, Anda harus mencari vendor pengganti, yang tentu saja membutuhkan perhatian ekstra.

3. Selain gedung perkawinan, pihak lembaga agama

yang akan menikahkan Anda juga akan sulit memberikan pelayanan jika jumlah calon pengantin terlalu banyak. Siap-siap saja ditolak jika Anda tidak memesan tempat sejak beberapa bulan sebelumnya.

4. Ternyata, banyak calon pengantin yang punya pikiran yang sama dengan Anda: memilih tanggal cantik.

Akhirnya, tanggal tersebut tidak lagi eksklusif, karena Anda bukan satu-satunya yang menikah pada tanggal tersebut.

5. Karena pesanan meningkat, penyedia jasa perkawinan umumnya juga menaikkan harga atau tarifnya.

Beberapa unit yang cenderung menaikkan harga contohnya, florist, penjahit atau desainer, percetakan, fotografer, persewaan mobil, dan lain sebagainya.

6. Anda akan dibuat lebih deg-degan karena penjahit kebaya,

atau percetakan tempat Anda mencetak undangan kebanjiran order, sehingga pesanan Anda pun terbengkalai. Justru karena Anda tidak turun tangan langsung mengurusi undangan, misalnya, Anda hanya dapat menunggu kabar, dan hal ini sama sekali tidak menyenangkan.

7. Tamu Anda umumnya juga kebanjiran undangan pada hari yang sama.

Sekalipun acara digelar pada jam yang berbeda, tamu tetap harus memilih undangan mana yang harus dihadiri. Bayangkan bila Anda menerima tujuh undangan dalam satu hari, dengan lokasi yang saling berjauhan. Menghadiri tiga undangan saja tentu sudah cukup melelahkan.

8. Macet!

Sebagai tamu, Anda akan dibikin stres mengarungi jalanan kota Jakarta untuk menghadiri undangan di sana-sini. Jangan lupakan juga vendor yang melayani kebutuhan Anda, seperti pembuat janur atau katering.

Seringkali kurirnya harus mengantarkan pesanan di beberapa tempat, dan ikut terkena macet. Lagi-lagi Anda akan dibuat was-was pesanan datang terlambat.

9. Karena poin ke-7 dan ke-8 di atas, Anda juga khawatir tidak banyak tamu yang dapat menghadiri acara Anda.

Nah, sekarang coba bandingkan hal-hal di atas dengan keuntungan yang Anda dapatkan dengan memilih tanggal “keramat”.

Paling-paling Anda hanya akan menyimpan tanggal cantik yang mudah diingat oleh Anda sendiri. Selebihnya, hanya kerepotan yang Anda dapatkan.

Salam.

Gambar;kapanlagi.com

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

40 responses »

Comment navigation

  1. 3w9 says:

    Banyak calon pengantin yang saat ini tidak lagi memilih tanggal perkawinan sesuai perhitungan “hari baik” seperti yang dipercaya para orangtua. Mereka meyakini bahwa semua hari adalah hari baik.
    Sangat sepakat dengan yang ini, kalo hari ada yang jelek, kasihan deh yang namanya mas Hari,,,, !

  2. hilda says:

    sering tdk terpikir dampak menikah di tanggal cantik. Bunda kreatif juga ya
    =============================
    terima kasih, Mbak.
    semoga ada manfaatnya🙂
    salam.

  3. sangsaka says:

    doh Casrudi kemana yaaaa…?!!! harusnya baca tulisan dari Bunda ini🙄
    =============================
    emang kapan sih Kang Cas mau ngundangnya, Kang ?
    salam.

  4. sangsaka says:

    terima kasih Bunda atas tipnya untuk saya kawin lagi😆
    ===============================
    husst………..Kang Saka………….
    awas ya……………… *ngancem*
    salam.

  5. Kalau di desa (desa saya), kayaknya orang engga pernah peduli tanggal cantik.
    Tapi, kalau tiba bulan Syawal. Wow, tiap hari pasti ada orang hajatan.
    ===============================
    jadi bulan Syawal adalah
    bulan favorit utk melangsungkan pernikahan ya .
    salam.

  6. bri says:

    bundaaaaaaaaa^^ kangen😳
    wedding = married = pernikahan mau seeh tapi blm terfikir
    iaaa tapi gk ada slhnya iaa buncay belajar dulu…. hugs bunda😳
    ================================
    hai Bri, kabarnya sehat2 kan ya Bri cay…………….
    bunda juga kangen ……………..sama anak bunda yg paling pinter ini 😀
    belajar, belajar dan belajar ya Bri,
    bunda juga begitu……………. *hugzz* 😀
    salam.

  7. kyaine says:

    saya dulu kok nggak sempat mikirkan tanggal cantik ya bun..
    maklum, itungan primbon org tua lebih dominan
    sbg anak ngikut saja🙂
    ==========================================
    sama dong kayak bunda juga,😀
    hanya waktu itu, kami berusaha bagaimana agar bisa mengambil cuti
    bersamaan waktunya .
    salam

  8. eka says:

    klo saya maunya merit di hari ulang taun aja…..
    jadi ntar taun dpn-nya mau ngerayain lebih irit, anniversary sekalian pesta ultah…
    hehehehhe….ekonomis khan….
    klo perlu, ntar punya anaknya juga tanggal yang sama
    hahahahhaha….
    btw, salam kenal bunda…. :p
    =====================================
    Salam kenal juga Eka,
    terima kasih utk kunjungannya.
    Boleh juga idenya, jadi ngirit ya🙂
    salam.

  9. Hajier says:

    Saya kepengen nikah di tgl 10-10-2010
    Yang harus aku persiapkan adalah………………..calon istri
    ==============================
    ayo dong, Mas.
    dimulai dr sekarang, masih ada waktu kok🙂
    bunda bantuin doa ya …………..
    salam.

  10. orange float says:

    kapan kawin??? kapan punya anak??? kapan punya cucu???
    agh….. pusing.
    kapan yah….
    ================================
    lho kok , kayak iklan gitu sih…………??😀😀
    duh, apa kabar Orangefloat ??
    kemana saja ?
    hiatus lama sekali ya……
    semoga selalu sehat.
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s