Selain untuk menambah rasa asam dan menghilangkan bau amis, cuka juga punya manfaat lain. Cuka atau asam asetat ini dapat mengatasi berbagai masalah kebersihan rumah.

Mulai dari shower mampet, lantai kusam, hingga membersihkan kerak botol. Cara menggunakannya pun sangat mudah.

Inilah tujuh manfaat cuka yang dapat diaplikasikan di rumah :

1. Shower mampet.


Air yang mengandung besi, tanah, atau pasir halus bisa menjadi biang keladinya. Untuk mengatasinya, siapkan 1 liter air panas, kemudian tuangkan satu cangkir cuka makan dan aduk.

Rendam kepala shower dalam larutan tadi selama 10 menit. Angkat, lalu bersihkan. Teratasi sudah masalah shower mampet.

2. Blender Kotor.


Penggunaan blender biasanya meninggalkan noda. Terkadang noda tersebut sulit dihilangkan. Jika itu terjadi, gunakan campuran air, sabun cuci piring, dan cuka.

Tuang campuran itu ke dalam blender dan nyalakan blender selama 30 detik. Buang campuran air tadi dan bilas dengan air hangat.

3. Lantai Kusam.


Lantai keramik yang berusia lebih dari lima tahun biasanya berubah menjadi kotor dan kusam.

Untuk membersihkannya, tuangkan cuka ke permukaan lantai. Diamkan selama lima menit. Kemudian bersihkan dengan kain pel hingga bersih. Pel sekali lagi dengan air untuk menghilangkan bau cuka.

4. Karat pada Logam.


Untuk menghilangkan karat, siapkan satu sendok makan cuka dicampur satu sendok teh garam.

Gosokkan campuran tersebut ke bagian perkakas logam yang berkarat. Setelah karat hilang, bersihkan dengan air dan keringkan.

5. Guci Pecah.


Guci pecah pun bukan lagi masalah. Buat campuran dari satu bungkus agar-agar, satu sendok cuka, aduk hingga mengental.

Gunakan campuran adonan tadi sebagai lem. Rekatkan setiap bagian pecahan guci. Setelah itu jemur hingga adonan lem kering. Guci pun kembali utuh.

6. Sisa minyak.


Agar noda minyak di panci gampang dibersihkan, tuangkan cuka ke dalam 2 liter air. Celupkan panci berminyak ke dalamnya. Noda minyak akan luntur dan setelah itu bilas panci dengan air bersih.

7. Kerak Botol.


Kerak pada botol bisa dibereskan dengan cuka. Masukkan air sabun ke dalam botol. Tambahkan satu sendok makan abu gosok dan satu sendok makan cuka.

Biarkan selama 10 menit. Kemudian kocok-kocok dan sikat bagian dalam botol. Kerak dalam botol pun hilang.

Salam.

Sumber : health concern.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

26 responses »

  1. yasmin says:

    bunda, setelah baca artikelnya ini, saya kasih tau ke mama saya. kata mama saya, makasih ya info manfaat cukanya.
    mama saya juga baru tau kalo ternyata cuka itu punya banyak manfaat ya dari baca postingannya bunda hihi.
    salam bunda
    ==========================================
    alhamdulillah, jadi bisa sharing juga dgn Mama ๐Ÿ˜€
    salam hangat utk Mama ya Yasmin.
    salam.

  2. muamdisini says:

    ternyata bahaya juga yah cuka….
    kalo kena kulit dengan jumlah yang banyak…
    ===========================
    jangan dikenai ke tangan Mas muam…๐Ÿ™‚
    salam.

  3. Isnuansa says:

    Bundo bikin postingan dgn angka 7 juga๐Ÿ˜‰

    seperti kata mas Didit tukangpoto, perlu di kliping nih.
    ===================================
    he…he..ternyata angka 7 itu merangsang dan penuh sensasi, Mbak Nunik๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    salam

  4. Anoraga says:

    Duh nggak nyangka kalau wanita secantik mbak Lily kok barangnya kotor2 gitu sih mbak, Pantas kalau mengunjungi sahabat gak bisa lama, lha pekerjaannya sampai nambal guci segala. Mbok ya dibuang saja tho barang2 yg kayak gitu.
    Sssstttt…jangan bilang siapa2..resepnya akan saya pake kok.Banyak botol berkerak je…sayang kalau dibuang..
    Salam hangat dari Anoraga
    ======================================
    ha…ha….๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ *ketawa sampai guling2+sakitperut*
    terima kasih PakDhe.
    salam.

  5. zulhaq says:

    simple tapi sangat bermanfaat untuk urusan rumah tangga
    =======================================
    berbagi pengalaman sebagai ibu rumah tangga, Mas Zul๐Ÿ™‚
    salam.

  6. batavusqu says:

    Salam Takzim
    Bener bener tips menarik saya biasanya menikmati kesaktian cuka hanya untuk teman makan bakso bund.
    Terima kasih ya bund atas tipnya sangat bermanfaat
    Salam Takzim Batavusqu
    ==================================
    alhamdulillah, semoga bermanfaat Mas Zipoer.
    hari ini berpuasakah Mas ?
    Selamat berpuasa , semoga berkah dr Allah swt selalu menyertai,amin.
    salam.

  7. tips yang menarik layak dijadikan contoh nih Bunda
    ================================
    utk keperluan sehari2 saja kok, Mas Narno.๐Ÿ™‚
    salam.

  8. yusami says:

    ini benar-benar tips keren…..
    =========================
    dan mudah juga dijalani๐Ÿ™‚
    salam

  9. sedjatee says:

    info yang bermanfaaat… biarpun asem, ternyata banyak gunanya… salam sukses…

    sedj
    ==============================
    semoga bermanfaat ya Mas.
    salam.

  10. Den Hanafi says:

    beeeeuh, itu kata2 dari bundo nakjadimande… “kerak hati”. emang kaya apa y?? jadi penasaran. hehe.

  11. Den Hanafi says:

    Kebetulan saya lagi nyari2 info tentang penghilang karat. eh, dapat di blog bunda. mantap. thanks banget bunda. langsung saya coba nih.๐Ÿ˜€
    =================================
    alhamdulillah, pucuk dicinta, ulam tiba ya Kang Pai๐Ÿ™‚
    salam.

  12. sunflo says:

    cuka yang buat acar itu bund?? waahh… segitunya yaa… tapi aman kan buat dimakan??
    ==================================
    iya bener Mbak Sunflo,
    insyaallah gak apa2 kok utk makan,
    asal jgn kebanyakan, ntar sakit perut,kan asem ๐Ÿ™‚
    salam.

  13. aldy says:

    Cuka ? wah kalau ditempat kudu dijelaskan dulu bunda, ntar tetangga salah pakai, antara Cuka Makan dan Cuka untuk membekukan latex. hiks….
    =================================
    maaf Mas Aldy,
    kalau yg ini cuka makan….๐Ÿ™‚
    salam.

  14. nakjaDimande says:

    adakah larutan cuka untuk kerak hatiku, bun?
    selamat malam bundaaaa..
    ============================
    hiks…hiks…Bundoku cay…
    hatikupun masih berkerak dan berkarat bundoku….. ๐Ÿ˜ฆ
    salam.

  15. tukangpoto says:

    Bunda tips-tips sekitar rumah tangganya keren-keren, harus diprint dan dibuat kliping kali ya,bun? Salam jepret!
    =====================================
    wah, gak kepikiran tuh,
    saran yang bagus juga, nanti bunda bikin akh,
    utk koleksi sendiri.
    terima kasih utk saran yg keren ini ,Mas Didit.
    salam.

  16. lho, kok engga yang pertamax ya. ih, jadi malu-maluin.

    Bunda, yang dimaksud cuka itu cuka makan apa cuka yang lainnya. Soalnya yang saya tahu cuka itu banyak jenisnya.

    Penyadap karet seperti saya, setiap hari memakai zat asam semut untuk mempercepat bekunya getah. cairan ini berbahaya banget, kalau kena oles di tangan, kulit bisa langsung melepuh. kami biasa nyebut asam semut itu sbg cuka.
    ===================================
    cuka yg utk makan itu lho Ayah.
    wah, bunda baru tahu ada zat asam semut yg disebut cuka.
    terima kasih utk infonya ๐Ÿ™‚
    salam.

  17. masnur says:

    Sebulan belakangan ini saya juga menggunakan cuka untuk membersihkan bak dan lantai kamar mandi, manjur banget, lebih hemat karena nggak perlu beli pembersih lantai.

    Kalu untuk lem guci itu sepertinya patas untuk dicoba. Makasih BUnda tipsnya menarik sekali.
    ========================================
    wah, Masnur sudah merasakan khasiatnya๐Ÿ™‚
    terima kasih juga utk kunjungannya Masnur.
    salam.

  18. yayat38 says:

    tipsnya menarik untuk dicoba Bunda.
    Terima kasih sekali.
    Salam hangat selalu๐Ÿ™‚
    ==========================
    silakan di coba ,Kang Yayat๐Ÿ™‚
    salam.

  19. ini bener2 bermanfaat Bunda…apalagi saya termasuk bukan pemakan cuka (khawatir sama gigi sih…^^..). Dengan info dari Bunda ini, saya jadi mau menyediakan cuka di rumah…
    ====================================
    Mbak Desri, pembuat dan pemakan kue2 lezat ya๐Ÿ™‚
    salam.

  20. Kakaakin says:

    Wow…cuka plus agar-agar ternyata bisa jadi lem๐Ÿ™‚
    Bisa di coba nih…
    ===========================
    silakan dicoba Kakaakin๐Ÿ™‚
    salam.

  21. KangBoed says:

    Hadooooh komengna masuk kotak.. aki akina galak๐Ÿ˜ฆ
    ================================
    gak kok Kang, dah dibebaskan tuh…………..๐Ÿ™‚
    Salam.

  22. KangBoed says:

    wkwkwkwkwkwkwkwkkkk MEMANG bener bener SAKTI Bundo.. hahahaha..
    =====================================
    Kang BOeddddddddd………………..
    apa kabar ?
    semoga selalu sehat ya, amin .:D๐Ÿ˜€
    salam.

  23. maaf belum sempat baca postingannya. udah maghrib ternyata.

    tapi saya mau mengamankan yang….

    pertamaaaaxxx!

    terlebih dahulu.
    ======================================
    silakan Ayah, ibadah yg nomor satu.
    selamat menjalankan ibadah sholat maghrib.
    salam.

  24. callme eno says:

    waaah ternyata cuka banyak bgt manfaatnya ya bund…eno kira slain u/penambah rasa masakan, cuka cuma bisa u/ngilangin noda di baju…^_^ trnyata cuka tuuuuh….kecil botolnya geedeeee manfaatnya….:D

    trims kasih banyak atas tips2 nya yg kuereeeen ya bunda…^_^

    *peluk kangen u/ bundaa…
    ==================================
    peluk juga plus cipika cipiki utk Mbak Eno sayang๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    salam.

  25. callme eno says:

    waaah ternyata cuka buaaanyk bgt manfaat nya ya bund…Eno kira slain u/pelengkap rasa masakan, cuka cuma u/ngilangin noda di baju doank….^_^

    trims kasih banyak bunda…atas tips2 keren2 nya…
    ==================================
    sama2 Mbak Eno.
    semoga bermanfaat ya๐Ÿ™‚
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s