Tak ada yang menyangkal bahwa pola makan ikut menentukan kesehatan. Kebiasaan serta pola makan dari berbagai negara ini bisa jadi pilihan menarik untuk dicoba. Bukan hanya menjadi sehat, tapi juga mencicipi kuliner dari negara lain.

Asia.


Salah satu pola makan orang-orang Asia yang cukup menguntungkan untuk kesehatan adalah tak memasukkan daging sebagai menu utamanya.

Kebanyakan orang Asia lebih banyak menggunakan sayuran dengan sedikit daging sebagai garnish.

Sumber protein pengganti daging bisa didapatkan dari ikan dan kacang-kacangan, terutama kedelai. Nasi sebagai sumber karbohidrat utama juga membuat orang Asia tak begitu gemuk.

Amerika Selatan.


Meski orang-orang Amerika Latin mengonsumsi daging lebih banyak dari orang Amerika Serikat, namun angka penyakit jantung yang diderita masyarakatnya cenderung rendah.

Rahasianya, mereka mengonsumsi daging sapi yang diternakkan secara konvensional, yakni dibiarkan bebas makan rumput di lapangan.

Dengan demikian daging sapi yang dihasilkan memiliki kadar lemak lebih rendah dibanding sapi yang dikurung dan diberi pakan jadi.

Mediterania.


Alih-alih memilih lemak jenuh, orang Mediterania menggantinya dengan lemak sehat yang berasal dari minyak zaitun.

Selain dipakai untuk masak, kebanyakan orang Mediterania juga mengonsumsi langsung minyak zaitun.

Rahasia sehat lainnya adalah memakan buah anggur sebagai makanan penutup.

Afrika.


Tambahkan lebih banyak kacang-kacangan dalam piring Anda. Di banyak negara Afrika, kacang-kacangan seringkali menjadi hidangan utama mereka yang ditambah dengan tomat atau salad yang lezat.

Hasilnya, selain tak punya masalah dengan berat badan, secara statistik internasional orang Afrika memiliki tingkat paling rendah dalam kejadian kanker.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

38 responses »

Comment navigation

  1. You could definitely see your expertise in the work you write.
    The arena hopes for even more passionate writers such as you who aren’t
    afraid to mention how they believe. Always follow your heart.

  2. Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The overall look of your web site is
    excellent, as well as the content!

  3. syaif says:

    pola makan orang eropa tu kyak pa sih bun
    ko’ sampe’ mereka tu tinggi2 semua

  4. bri says:

    bundaaaaa^^🙂
    semangat pagiii baca inii jadiiinya harus menjaga kesehatan diri sendiri
    terangkai…terucaappp..terimakasiii buat infonya bundaaa
    ============================
    sama2, terimakasih Bri cay,
    semoga selalu sehat ya..😀
    salam.

  5. yasmin says:

    kalo saya yang penting ada nasi sama sayur tumis bun, beres deh makannya hehe
    tapi saya juga suka makan daging kambing bun, itu kurang baik ya buat kesehatan?
    maaf ya bun saya bertamu sambil sekalian nanya, jadi ngerepotin hihi
    ==========================================
    nggak apa apa kok,bunda gak repot😀
    kalau makan daging kambing gak kebanyakan ya ok ok saja Yasmin.
    seperti lagu dangdut, yang sedang sedang saja😀😀
    salam.

  6. callme eno says:

    waaah itu toh rahasia daging sapi amerika Latin ya bund….hmmm klo gtu ntar klo aku punya sapi….aku biarin lepas aja aah….^_^
    =================================
    nanti sapinya berantem gak sama si pus…….🙂
    salam.

  7. cah ndeso says:

    kalo pola makan saya tergantung sama istri Bun. Jadi ndak teratur. Tapi seng penting ada Tempe Goreng sama sambel, pasti dah 2 piring ludes😀
    ================================
    di rumahnya Cah, harus ada tempe,
    kalau dirumah bunda selalu ada tahu🙂
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s