Belanja merupakan salah satu kegiatan yang disukai banyak orang saat berwisata. Pelaku bisnis di industri pariwisata pun melihat wisatawan sebagai pasar yang potensial.

Maka, munculah istilah wisata belanja: berwisata sambil belanja atau belanja sambil berwisata. Obyek wisata belanja seperti mal dan plaza pun bertumbuhan.

Jika Anda memang berniat melakukan wisata belanja dan uang bukan masalah, Anda tinggal membuat daftar barang yang ingin dibeli serta daftar lokasi yang hendak dituju.

Tetapi jika kantong Anda cekak dan merasa perlu membeli souvenir khas dari daerah yang dikunjungi, untuk kenang-kenangan atau sekedar oleh-oleh, Anda perlu kiat khusus saat belanja agar perjalanan Anda bisa tetap berlangsung mulus dan menyenangkan.

Apa saja kiatnya ?

Langkah pertama, Anda tetap harus membuat daftar, atau paling tidak tahu persis apa yang ingin dibeli.

Selanjutnya, tentukan plafon anggaran yang akan digunakan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Setelah itu, cari informasi tentang tempat penjualan barang-barang yang ingin Anda beli. Informasi itu bisa didapatkan dari berbagai sumber (internet atau koran). Salah satu sumber jitu adalah masyarakat lokal.

Di tempat belanja jangan terbuai promosi.

Program diskon yang tampak jor-joran bisa mendorong Anda membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Jika akhirnya tergoda, teliti dengan cermat barang yang akan dibeli.

Carilah harga termurah untuk barang dengan kualitas yang kurang lebih sama.

Karena itu, jangan lupa melakukan penawaran. Lakukan penawaran dengan tenang, jangan menunjukkan kesan Anda sangat tertarik pada suatu barang. Ajukan harga penawaran setengah dari harga yang diajukan penjual.


Belanjalah dengan tenang, jangan terburu-buru.

Hindari belanja saat jam sibuk atau jika Anda tidak punya cukup waktu.

Semoga tips tips ini bermanfaat bagi anda.

Salam.


About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

28 responses »

  1. yasmin says:

    bun, ini tipsnya bermanfaat banget buat saya. soalnya saya sering banget ketipu sama pedagang lokal tempat wisata. semoga setelah baca tipsnya bunda, saya ga ketipu lagi hehe.
    ====================================
    gantian, nipu pedagangnya ya ………*justjoking*๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    salam.

  2. zulhaq says:

    hal ini yang tak pernah saya perhatikan ketika berbelanja pas libur

    semua main comot
    padahal banyak barang2 yang tidak perlu
    =============================
    setelah membaca ini, mudah2an jadi lebih hati2 lagi ya Mas๐Ÿ˜€
    salam.

  3. dedekusn says:

    Betul bunda, kalo tiak dibuatkan daftar biasanya kita tergiur untuk membeli segama macem, yang tidak direncanakan sebelumnya, akhirnya biaya liburanpun melebihi perkiraan.
    Murah dan berkualitas selalu menjadi pilihan utama.
    Terima kasih bunda
    =====================================
    iya mata suka lapar, tak terkontrol ๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    salam.

    • bri says:

      bundaaaaaaaaaa^^…bunda senyummm dong๐Ÿ™‚ makasiihhh
      uwaaahh lagih diskonan, lsg ambil lsg beliii
      akhirnyaa gak bisa nabung..ahahay..
      mmhh dari info neh coba berhemat aaaaaa^^
      terima kasih bunda
      =====================================
      ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      Nabung yang banyak ya Bri,
      nanti traktir bunda ………:)๐Ÿ™‚
      salam.

  4. guskar says:

    melakukan survey lbh akan jauh lebih baik, dng memilah-milah mana barang yg bagus dan harganya murah. di kota tujuan wisata, biasanya penjual nggak marah klo kita sekedar tanya2 saja
    nah, ntar klo sdh cocok dng pilihan, baru beli..๐Ÿ™‚
    ================================
    kadang kalau lihat harga murah suka kalap, lalu nanti menyesal kalau ternyata di tempat lain, ada yg lebih murah dan bagus, inilah kisah klasik yg sering ditemui.
    seperti yg Gus bilang, adakan survey atau tanya pd yg pernah kesana, akan mendapat jawaban yg lebih tepat.
    salam.

  5. oelil says:

    kalo saya punya rem otomatisnya Bunda..yaitu omelan istri hahahaha
    ============================================
    untung masih ada yg ngerem………..:)๐Ÿ™‚
    salam sayang dr bunda utk istri tercinta,Mas Oelil.
    Salam.

  6. san says:

    yang penting harus sedia uang sebelum kehabisan
    ==================================
    dan membeli yg hanya dibutuhkan, bukan yg diinginkan saja ya Mas.
    salam.

  7. Walau ringkas dan sederhana, namun bagi saya terasa ribet, Bunda. Hahaha… Maklum deh, nggak hobi acara belanja2an. But, tips Bunda ini akan saya ingat. Ya, mulai biasakan untuk menikmati acara yang seperti ini, trus berdisiplin kalo lagi belanja. Sesuai petunjuk Bunda. But, kira2 saya bisa nggak ngikutinya ya?๐Ÿ˜€
    ======================================
    ya kalau cowok khan malah sibuk mencari barang2 utk hobinya……….:D๐Ÿ˜€
    salam.

  8. nakjaDimande says:

    klo di Bukittinggi susah untuk lapar mata bundaaa.. mau belanja apa? adanya cuman nasi kapau doang, hehhehe

    tp klo lagi maen ke BDG dan JKT nah baru tips bunda ini akan aku terapkan๐Ÿ˜€
    ======================================
    wah, kalau bunda malahan suka kalap gitu di Bukittinggi, Bundoku cay.
    beli keripik balado dah pasti, belum lagi beli karupuak jangek, ikan bilih, asam sunday,dkk nya..:)๐Ÿ™‚
    Ke bandung pasti Bundoku kalap ke FO ya………………..* ayo ngaku*
    Salam.

  9. kawanlama95 says:

    segala sesuatunya berdasarkan agenda dan perencanaan
    ===============================
    ini yang paling tepat,
    apalagi kalau bisa mentaatinya.
    salam.

  10. Rychan says:

    bunda minta dukungan!!! mohon ke blog saya ya! Allahu akbar!!!
    =================================
    segera ke TKP ,Mas Ry.
    salam.

  11. haris ahmad says:

    satu lagi kalo belanja WASPADA banyak copet xixixixixxii

    jaga tas dan henpon anda
    ===========================
    bener juga yg satu ini,
    hati2 kecopetan …………..:(
    Salam.

  12. haris ahmad says:

    he he he jaga mata jangan tergoda
    salam Ogut
    ===========================
    a.k.a. jangan lapar mata ,gitu ya Mas.
    Salam.

  13. Hary4n4 says:

    Saya jarang belanja, apalagi wisata…hehe๐Ÿ™‚
    Tapi tipsnya sungguh bermanfaat.. Siapa tau lain waktu saya pas melancong dan pingin beli2, bisa ingat2 tips dari Bunda.. Makasih yaa Bunda…
    ============================
    asik dong Mas Har, satu saat bisa utk membeli
    yang benar2 dibutuhkan ya.
    salam.

  14. nh18 says:

    Kalau saya ada dua bu …
    1. jangan bawa uang banyak …
    2. umpetin kartu kredit …

    hahahaha
    ==============================
    3. jangan jalan2 ke pertokoan……..(?)
    4.umpetin juga dompet…….:)๐Ÿ™‚
    Terima kasih Mas Enha………
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  15. ABDUL AZIZ says:

    Terima kasih Bu tipsnya. Saya sering kerepotan oleh keluarga yang selalu minta oleh-oleh, walau wisatanya tidak terlalu jauh. Sementara anggaran sangat terbatas.
    Karena keterbatasan itulah, buat daftar yang harsu dibeli jadinya susah juga.

    Terima kasih Bu.
    Salam.
    ===========================================
    kadang2 memang oleh2 malahan yg makan porsi paling
    banyak dlm daftar belanja ya Pak aziz.
    Salam.

  16. Abula says:

    Selamat Siang menjelang sore,
    Selamat Hari Senin,
    Semoga tetap semangat dan Sukses selalu,

    Salam Hangat,
    AbulaMedia
    ==================================
    Selamat beraktivitas dan sehat selalu Mas .
    salam.

  17. Carilah harga termurah untuk barang dengan kualitas yang kurang lebih sama.

    itulah yang lebih saya utamakan, kalau tidak bisa akhirnya tak jadi beli
    ====================================
    Cocok dgn bunda Mas Narno๐Ÿ˜€
    salam.

  18. Bhirawa says:

    Saya datang dengan membawa perdamaian.
    Saya perkenalkan dengan Bhirawa.
    Sebuah blog baru yang masih belajar dan mohon bimbingan,petunjuk,saran, masukan dan kritik yang sehat dan membangun dari para blogger senior.
    Terima kasih mas.
    Salam hangat selalu dari Kota Pahlawan
    =======================================
    salam kenal juga Mas Bhirawa (PakDhe cay…..)๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    Salam.

  19. zipoer7 says:

    Salam Takzim
    Sebelumnya selamat siang bunda
    Saya biasanya hanya nemenin istri dan jadi tukang dorong roli jadi ngga tau deh daftar belanja yang istri buat, habis ada dikepala beliau bund.
    Tetapi saya salut dengan istri saya yang dibeli kayanya hanya barang barang kepeluan dapur ama sumur ga pernah yang macam-macam apalagi menghampiri promo-promo
    Salam Takzim Batavusqu
    =======================================
    alhamdulillah, sungguh istri yang bijak, Mas.
    salam sayang utk istri tercinta.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  20. dira says:

    Abis belanja di Seoul ya Bunda..oleh2nya mana nih..
    =================================
    ini oleh2nya sudah 2 episode, Mas dira…..:)๐Ÿ™‚
    salam.

  21. nDa says:

    Nambahin satu lagi Bun,..
    jangan lapar mata, krn bisa2 kita beli barang yg kita inginkan, tp tdk kita butuhkan.:D (pengalaman pribadi neh..hehehe)
    ==================================
    cocok Nda, bunda paling takut tuh sama lapar mata…………..:):)
    krn kadang2 masih suka gitu juga sih………………..๐Ÿ˜ณ
    salam.

  22. wardoyo says:

    Berwisata sambil belanja memang menyenangkan ya…
    Tipsnya bisa diterapkan nih. Terimakasih bunda.
    ================================
    pasti enak Mas, jalan2 juga, belanja juga,
    tapi tetap harus hati2 ………………
    Salam.

  23. marsudiyanto says:

    Saya nggak perlu buat daftar Bun…
    Uang yg ada sudah membatasi dengan sendirinya.
    Otomatis!!
    =============================
    Asik dong Pak Guru,
    bunda juga gitu kok, sama dengan Pak Guru Mars………:)๐Ÿ™‚
    salam.

  24. ningrum says:

    tips-nya oke Bun..๐Ÿ˜€ (walau saya jarang belanja hehe..)
    ==================================
    terima kasih, Mbak Ningrum.
    salam.

  25. yayat38 says:

    Bermanfaat sekali, terutama mengingatkan sekali untuk tidak terbuai promosi, karena sekarang semakin pintar-pintar gaya memasarkan produknya.
    Terima kasih Bunda atas tips2nya.
    Salam hangat selalu๐Ÿ™‚
    ====================================
    terima kasih ,Kang,
    semoga ada manfaatnya.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  26. 1121 says:

    Aku kurang suka belanja sih, boleh tambain yach Bunda ? kalo belanja siap mental, karena serbuan para sales yg menggila.
    Tambah lagi, kalo gak punya uang, usahakan bergaya seolah-olah punya uang hehehe
    ===================================
    he…he…he…boleh nih, saran yg ok juga………..:D๐Ÿ˜€
    Biar tongpes tetap gaya, gitu ya………..:D๐Ÿ˜€
    salam.

  27. Kakaakin says:

    Tipsnya ok banget๐Ÿ™‚ Wisata belanja memang kadang bikin lupa diri, Bun. Apalagi di daerah orang kita banyak nemu hal-hal baru, yang lucu2 atau imut2… jadi pengen dibeli semua…
    padahal pas nyampe di rumah juga barang itu kadang nggak ada manfaatnya๐Ÿ˜ฆ
    Kalau saya biasanya bikin daftar anggota keluarga atau teman yg bakalan dikasih oleh2, Bun. Supaya nggak ada yang ketinggalan๐Ÿ™‚
    =========================================
    Bener tuh Kakaakin, jadinya tetap dimana saja berada
    teliti sebelum membeli,
    kalau oleh2 utk orang2 terdekat dan sahabat wajib hukumnya………..:D๐Ÿ˜€
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s