Ada tiga masalah kesehatan umum para pelancong yaitu jet lag, penyakit ketinggian (altitude sickness) dan diare.

JANGAN sampai acara jalan-jalan yang telah lama Anda rancang dan nanti-nantikan jadi berantakan gara-gara masalah kesehatan yang mendadak muncul yang sesungguhnya  bisa dicegah.

Maka, sangat penting untuk selalu jaga kesehatan, entah Anda di rumah atau dalam perjalanan. Namun dalam perjalanan, seperti dalam liburan keluarga atau saat tinggal sementara di luar negeri untuk keperluan studi atau bisnis, ada sejumlah hal yang perlu perhatian khusus.

Soalnya, Anda akan sangat mudah terkena sakit ketika berada di tempat baru karena tubuh tidak punya cukup kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan makanan, minuman, dan udara di tempat baru itu.

Bepergian akan menempatkan tubuh Anda dalam situasi baru dan akan bersentuhan dengan hal-hal baru pula.

Jangan Pernah Abaikan Kesehatan.

STRES dan kelelahan akibat perjalanan dapat membuat Anda jatuh sakit. Kabar baiknya adalah tubuh punya sistem kekebalan. Tetapi kondisi kurang tidur atau praktek diet yang buruk dapat menyebakan tubuh mudah terkena penyakit.

Hal pertama yang harus dilakukan jika bepergian, apalagi ke luar negeri, adalah mengetahui vaksin jenis apa yang dibutuhkan sebelum Anda berangkat. Jenis vaksin yang diperlukan sangat tergantung pada kondisi negara tujuan.

Turis dari negara maju misalnya, dianjurkan untuk mendapatkan vaksin tipus, hepatitis A dan B jika berkunjung ke negera berkembang. Jika berkunjung ke Nepal atau beberapa bagian wilayah India, Anda dianjurkan untuk mendapatkan vaksin meningitis terlebih dahulu.

Atau jika hendak ke bagian selatan Amerika dan Afrika, Anda sebaiknya mendapatkan vaksin demam kuning (yellow fever) terlebih dahulu. Jika ke daerah tropis yang tergolong endemik malaria seperti Vanuatu, Papua atau Ujung Kulon, bawalah obat anti-malaria.

Masalah Kesehatan Umum Dalam Perjalanan.


Saat terbang melewati rangkaian zona waktu, Anda menerima jumlah cahaya yang berbeda dan itu dapat mengubah jam biologis tubuh Anda. Hal itu menyebabkan kondisi yang dikenal dengan sebutan jet lag.

Jet lag dapat menyebabkan sejumlah gejala yang dapat merusak perjalanan seperti sakit perut, insomnia, dan kelelahan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi jet lag; misalnya jika berjalan dari barat ke timur, jangan berada di bawah terpaan sinar matahari pada hari kedatangan. Jika Anda terbang dari timur ke barat, pergilah jalan-jalan sesegera mungkin setelah Anda tiba.

Sementara penyakit ketinggian (altitudes sickness) disebabkan oleh udara yang kering, oksigen yang berkurang, dan tekanan barometrik yang rendah pada saat Anda terbang atau berjalan ke tingkat ketinggian yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Akibatnya, Anda bisa saja mengalami masalah seperti sakit kepala, dehidrasi, atau sesak napas.


Beberapa orang terkena penyakit ketinggian pada ketinggian 5,000 kaki (1,524 meter), yang lain tidak terpengaruh sampai mencapai ketinggian 20,000 kaki (6,096 meter) atau lebih.

Segera cari tahu batas toleransi ketinggian untuk tubuh Anda demi mengetahui jika ketinggian dapat menjadi masalah.

Pencegahan terbaik untuk masalah ketinggian adalah secara bertahap meningkatkan level ketinggian Anda setiap hari agar terbiasa dengan kondisi itu.

Jika hal itu tidak mungkin dilakukan, gunakan obat acetazolamide. Obat itu dapat membantu menghilangkan dan bahkan mencegah penyakit ketinggian.

Jika Anda berpikir mungkin akan mengalami masalah dengan ketinggian, bicarakan dengan dokter sebelum meninggalkan rumah.

Kasus diare mungkin terlihat banyak dan karena itu dianggap sepele, namun hal itu bisa menjadi masalah serius. Diare bagi para traveler dikenal dengan nama turista. Diare sering terjadi ketika bakteri asing memasuki saluran pencernaan Anda, biasanya karena makan makanan atau minum minuman yang terkontaminasi.

Cara terbaik untuk mencegah turista adalah berhati-hati terhadap makanan dan minuman selama dalam perjalanan.


Makan dan Minuman yang Aman.

MAKANAN dan minuman apa yang aman untuk dimakan dan diminum?

Semua makanan yang direbus umumnya aman, begitu pula dengan buah-buahan dan sayuran yang dikupas sebelum dimakan. Hindari makan daging mentah atau setengah matang, atau makanan yang disajikan dalam kondisi tidak dimasak.

Anda mungkin mendengar bahwa turis dari negara maju dilarang minum air di sejumlah negara berkembang, tetapi tahukah Anda mengapa ? Persediaan air di banyak negara berkembang tidak ditangani seperti di negara maju; aneka bakteri, virus, dan parasit umumnya ditemukan dalam air.

Banyak ahli menyarankan untuk minum hanya air kemasan saat traveling. Jika menggunakan air keran, pertama harus merebus atau menjernihkannya dengan iodium tablet terlebih dahulu. Jika sedang sikat gigi, cuci lensa kontak, kumur, atau menambahkan es pada minuman, pertama-tama pastikan air itu aman untuk diminum.

Bawalah Obat.

SAAT mengepak, masukan semua obat dan persediaan yang berkaitan dengan kesehatan yang biasanya Anda gunakan karena semua itu mungkin saja sulit ditemukan di negara lain jika persediaan Anda habis.

Anda bisa saja menemukannya di negeri tujuan namun tetap ada resiko obat-obat itu terlalu keras atau lemah buat Anda. Obat-obat seperti bisa saja berupa obat berdasarkan resep dokter yang biasa gunakan seperti inhalers, obat alergi, insulin, lensa kontak dan vitamin.


Bawa juga obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen dan obat diare. Baik juga untuk membawa obat penghilang alergi meskipun Anda tidak pernah menggunakannya selama di rumah.

Orang kadang-kadang menderita alergi terhadap serbuk sari dan unsur protein lain yang terdapat dalam lingkungan yang baru.


MESKIPUN Anda telah memperhatikan semua yang hendak dimakan, diminum, dan cukup istirahat, Anda dapat saja masih bisa sakit.

Jangan kuatir. Anda bisa menemukan petugas medis yang kompeten. Kuncinya adalah tahu ke mana harus pergi.

Untuk alasan ini, baik jika Anda selalu bawa riwayat medis dalam bentuk tertulis. Punya informasi penting seperti itu dapat membantu petugas medis membuat putusan yang tepat, dan Anda pun tidak perlu kuatir ketinggalan informasi penting saat Anda dalam kondisi sangat kecewa dan tidak bisa berpikir jernih.

Maka, sebelum meninggalkan rumah, buatlah riwayat medis yang mencantumkan informasi berikut ini:

  • nama, alamat, nomor telepon Anda.
  • imunisasi.
  • nama dokter Anda, alamat, dan telepon kantor dan darurat.
  • nama, alamat dan nomor telepon kantor asuransi kesehatan Anda, termasuk nomor polis.
  • daftar masalah kesehatan yang tengah dialami seperti penyakit jantung, diabetes, atau AIDS.
  • daftar obat-obatan terakhir yang digunakan dan nama perusahaan farmasi serta nomor telepon.
  • daftar alergi obat, makanan, serangga, dan binatang.
  • resep dokter untuk kaca mata atau kontak lensa.
  • nama, alamat, dan nomor telepon orang tua dan relasi yang bisa dihubungi dalam kondisi darurat.
  • dan, bila di luar negeri akan membantu sekali bila mempunyai nomor telepon Kedutaan Besar  kita.

Baik juga kalau Anda punya pengetahuan dasar tentang emergency medical. Hal itu tidak hanya berguna untuk Anda sendiri tetapi juga untuk membantu orang lain yang berjalan bersama Anda.

Satu cara jitu untuk itu adalah Anda mengambil kursus tentang pertolongan pertama dalam kondisi darurat atau kursus dasar tentang life support.

Akhirnya, silakan mencoba, niscaya Anda bisa fokus pada pemandangan, bukan pada masalah kesehatan. Anda pun bisa pulang ke rumah tanpa masalah.


Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

22 responses »

  1. yasmin says:

    bener bun, kalo sakit pas lagi liburan kan jadi kurang asik. bukannya fokus ke objek wisata malah fokus ke masalah kesehatan. mencegah lebih baik daripada mengobati ya, bun. nice post hehe.
    wah, kalo saya mau nyari tips-tips, informasi sama renungan-renungan yang bermanfaat, tinggal lari ke bundadon’tworryblog aja deh hehehe
    ===========================================
    wah, Yasmin terlalu memuji bunda😳
    nanti besar kepala bunda, berilah bundamu ini kritikan juga ya Yasmin 🙂
    salam.

  2. zulhaq says:

    referensi persiapan cuti nih🙂
    makasih bunda tips nya
    ========================
    alhamdulillah, semoga ada manfaatnya ya Mas Zul 😀
    salam.

  3. dedekusn says:

    Lagi-lagi, tipsnya sanat bermanfaat… walau musim liburan telah lewat, tetep postingan ini bisa dijadikan acuan untuk liburan mendatang. terima kasih referensinya Bunda
    =====================================
    terima kasih, Mas.
    Semoga di liburan mendatang bisa di praktikkan ya 😀
    salam.

    • bri says:

      bundaaaaaaaa^^ kebetulaann bentarr lagikan liburaan uas
      jadi bisa persiaapaan deh
      bri blm kepingin ke ruarr negri bundaaaa
      skrg lagii mau keliling nusantara dulu
      pelancong domestik gituhh low buncay😳
      terimakasiih refrensinya bunda
      ===================================
      bunda ikut doooong………………………Bri.
      semoga UAS nya sukses ya Bri cay………..:)
      salam.

  4. Den Hanafi says:

    Lengkap banget tips liburannya bun. hatur nuhun bunda. berguna banget tipsnya.😀
    =====================================
    Semoga ada manfaatnya utk Kang Pai.
    salam.

  5. pernah tuh Bunda…waktu si AA ke papua, sampe sana diare terus…kasian juga, lagian ke sananya juga dalam rangka kerja…
    ==================================
    duh, prihatin sama AA, perlunya kita bawa obat2an sendiri
    kalau terjadi hal mendadak kayak gini ya Mbak Desri.
    salam.

  6. kawanlama95 says:

    tips yang bagus. sangat bermanfaat bund. met pagi ya
    ============================
    Selamat Pagi juga, Mas.
    semoga tips ini bermanfaat.
    salam.

  7. A.J.I says:

    saat kita bertemu dengan lingkungan yang benar-benar baru apa lagi beda iklmi dan musim air mineral botolan bisa disebut sebagai air paling aman saat liburan ke tempat baru, karena sistem pencernaan kita harus beradaptasi terlebih dahulu
    ==================================
    cocok, Mas.
    memang yg penting itu minum kalau lapar masih bisa ditahan ya.
    salam.

  8. wah lengkap sekali Bunda…
    iya, kan liburan tuk senang-senang, refreshing..kalo sakit malah ga jadi liburan hehehe…
    Terimakasih Bunda.
    ================================
    kadang kita bisa dpt pengalaman
    dari kejadian sebelumnya,Mas.
    Salam.

  9. oelil says:

    biasanya saya sakit perut kalo mau pergi2 dan biasanya telat gara2 itu… sekarang sudah agak medingan gak terlalu…
    dicatat tipsnya bunda…
    ========================================
    sakit perut krn senewen, akan meninggalkan
    yg tercinta dirumah ya Mas Oelil…………….:)🙂
    salam.

  10. Isnuansa says:

    Kalo saya bukan malah diare, Bun, tapi susah BAB di tempat baru…
    =====================================
    yah, pulang2 malah ”bongkar muatan’ dong,Mbak Nunik……:)🙂
    salam.

  11. Mamah Aline says:

    saya selalu membawa obat ketika bepergian ntuk jaga-jaga biar gak telat mendapat pertolongan pertama, air minum yang baik ya air putih saat di perjalanan
    =====================================
    betul, Mah.
    bunda juga selalu bawa air botol mineral yg kecil
    yang mudah dibawa kemana2.
    salam.

  12. monda says:

    tips yang berguna banget bunda, mudah2an ada rejeki jalan2 biar bisa langsung diterapkan tipsnya bunda
    =====================================
    alhamdulillah, semoga ada manfaatnya, Mbak.
    salam.

  13. bayu putra says:

    dapat ilmu dan pengetahuan baru lagi nih bunda…makasih banyak atas informasinya…
    ==========================================
    semoga selalu sehat dlm melakukan perjalanan, Mas.
    salam.

  14. bayu putra says:

    wah pas banget info-infonya nih …. ditahun yang baru banyak rencana keluar kota…
    terimakasih atas informasinya bunda…
    ====================================
    Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya Mas Bayu.
    salam.

  15. KangBoed says:

    Selamat Tahun Baru
    Semangat Baru
    Menemukan Diri Sebenar Diri
    Meraih Kehidupan Sejati..
    😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll
    =======================================
    Salam cinta damai dan I luv You Pullllllllllllllllll juga KangBoed……….:)🙂
    salam.

  16. KangBoed says:

    Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010

  17. sunflo says:

    menyapa bunda, semoga senantiasa sehat dan baik2 selalu setelah liburan yang menyenangkan bersama putri tercinta.. lama ga ketemu bunda nieh..😦
    =================================
    terima kasih dikunjungi sahabat tercay………..Mbak Sunflo,
    semoga sehat2 selalu ya,amin.
    salam hangat utk keluarga nun di Jeddah…………….:)🙂
    salam.

  18. marsudiyanto says:

    Wah, saya nggak pernah punya acara berlibur Bun…
    =================================
    waktu berliburnya dipakai utk ngeblog terus ya Pak Guru Mars…………:)🙂
    salam.

  19. Kakaakin says:

    Saya pernah jalan-jalan, trus demam. Tapi lagi nggak bawa obat apa2, jadi repot deh nyari obat dulu.
    Ok banget nih, Bun. Saya ijin kopas ya…🙂
    Sekarang sih udah jarang jalan2, tapi bolehlah buat referensi🙂
    ==================================
    tapi, kalau Kakaakin khan langsung
    tahu dan bertindak cepat…………….:)
    salam.

  20. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Betul sekali, Bunda. jangan sampai acara liburan malah membuat sakit.
    Trima kasih atas tips2nya.
    ======================================
    tanpa maaf pun utk Mas Alm, apa sih yg nggak boleh🙂🙂
    agar tetap nyaman dan bisa menikmati liburan.
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s