Tulisan ini terilhami setelah salah seorang sahabat yaitu Zaiful Anwar, berkomentar di salah satu postingan disini dengan judul : Kepribadian Yang Menyenangkan.

Zaiful Anwar
zaifulanwar.com

2010/01/02 at 14:07 Tipsnya bagus kali bunda. saya sedikit kesulitan di no 7 dan 9, 10. dan oya bunda bagaimana caranya untuk meningkatkan rasa percaya diri?

Semoga tulisan tentang rasa percaya diri ini ada manfaatnya untuk sahabat2 yang lain yang juga ikut membacanya.

Rasa percaya diri yang baik dapat berperan banyak dalam menunjang sukses karir Anda. Berikut ini akan saya coba uraikan tips bagaimana meningkatkan rasa percaya diri Anda dengan mudah:

1. Rasa Malu/minder.


Rasa percaya diri sangat dekat dengan rasa malu/minder pada diri seseorang. Anda harus mampu mengupas perasaan malu Anda untuk kemudian mengatasinya satu demi satu. Misalnya Anda malu berbicara di depan audiens maka mulailah sedikit2 belajar berbicara di depan audiens.

Apabila Anda bergender laki-laki, ketika Anda malu mendekati cewek idaman Anda maka mulailah belajar mendekati cewek walaupun ia bukan idaman Anda, sekedar untuk berlatih –cara ini lumayan mudah diterapkan dan saya yakin Anda akan menikmatinya. Dan kata kuncinya adalah ” paksa diri anda ”, karena disini Anda dituntut untuk lepas dari zona nyaman Anda sebagai ” seorang pemalu ”.

2. Jangan Takut Akan Kesempurnaan.

Tampil sempurna dan tampil baik bukan merupakan hal yang sama. Khawatir tentang rasa malu akibat kesalahan2 kecil, akan menghindarkan Anda dari kesempatan bagus menantang yang dapat lebih mematangkan diri Anda.

Misalnya Anda ditunjuk sebagai koordinator sebuah Acara –walau Anda belum pernah menghandle sebuah acarapun, jangan panik atau bahkan jangan menolak.

Terima dan jalani saja kepercayaan yang diberikan, ini merupakan kesempatan Anda mulai belajar satu-demi-satu seluk beluk pengelolaan Acara tersebut.

Kalaupun pada Acara ini Anda gagal, setidaknya Anda telah banyak belajar di sini, dan ketika Anda dihadapkan pada tanggung jawab serupa Anda sudah menguasainya.

3. Jangan Takut Akan Kegagalan.

Ketika sekolah, Anda sering diajarkan tentang bagaimana ” mengerikannya ” sebuah kegagalan yang harus selalu Anda hindari. Namun, pada relita kehidupan ini, kegagalan merupakan cara seseorang utk belajar.

Memang tidak selamanya belajar dari kegagalan merupakan suatu hal yang menyenangkan, namun kalau Anda membaca perjalanan hidup orang-orang berhasil, Anda akan menemukan bahwa mereka labih banyak mengalami kegagalan dibanding orang2 pada umumnya.

4. Prilaku Positif.

Cobalah untuk balajar bagaimana berprilaku positif. Dua orang memiliki keahlian (skills) dan kemampuan (ability), namun prilaku positif yang dimiliki, akan menempatkan mereka pada posisi yang berbeda. Hal ini bukan merupakan proses semalam jadi, tapi proses yang berjalan terus menerus selama Anda hidup.

5. Tingkatkan Setiap Hari.

Usahakan untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda setiap hari, walaupun sedikit-sedikit. Namun setelah berjalan 1 atau 2 tahun, dan Anda menengok ke belakang, Anda akan merasakan langkah besar yang telah Anda lakukan dalam hidup Anda.

Misalnya, ketika SMA Anda merupakan seorang pemalu yang minder bila harus tampil di depan kelas, namun sekarang Anda sudah menjadi pembicara hebat.

Bagaimana menurut sahabat2, apakah ada saran saran lainnya?

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

22 responses »

  1. wibowo says:

    tentang rasa kepercayaan diri. itu sebenarnya bisa di asah apa tidak? saumpama memang pada dasarnya memiliki sifat seperti itu, apakah bisa di rubah?
    terima kasih buat share nya dan happy blogging. salam kenal ya ^_^

    bisa kok diasah dgn cara meningkatkan kemampuan diri, juga bisa belajar dr pengalaman orang lain.
    dari kita sendiri harus ada keinginan utk berubah setiap hari agar lebih baik dan lebih baik lagi
    salam kenal juga Mas Bowo.
    terimakasih sudah mampir disiniπŸ™‚
    salam

  2. sanur says:

    aslm..
    berikan aq tips bunda… aq wanita pendiem apakah benar kata org2 klo wanita pendiem itu sulit mendapatkan jodoh… dan kenapa si wanita pendiem itu selalu membayangkan jodohnya dengan kriteria yg perfect dan bisa mengerti keberadaan wanita pendiem itu?

    reply via email aja ya bunda… trims

    ok Sanur, bunda akan tunggu e-mail mu ya,
    semoga bunda bisa bantu sesuai kemampuan bundaπŸ™‚
    salam

  3. zulhaq says:

    saya dulu orang yang sangat tidak percaya diri bunda
    dengan menghadapi ketakutan dan mempelajari tiap hari, alhamdulillah sekarang dah cukup percaya diri
    ======================================
    anak bunda yg jenius ini pastilah
    percaya diri…………..:)
    salam.

  4. callme eno says:

    =^+^= –> waaah bund tips2 diatas pas bgt wat Eno nih bund….soalnya eno suka demam panggung bund….:p apalagi klo lg jadi pusat perhatian,waaah2 bisa2 bolak balik kamar mandiny ampe 10x bund…^_^

    {@_@} –> husss kuciiing ….jng buka2 rahasia aku dunk….:(( maluuu nih ama bund….
    =======================================
    he…he….gak usah buka rahasia,
    bunda udah tahu kok πŸ™‚
    salam.

  5. Benar sekali, Bunda. Saya sangat terinspirasi oleh ini. Jujur, di dunia nyata saya masih punya rasa minder. Saya nggak bohong, Bunda. Dan itu sulit sekali menghilangkannya. Tampaknya, memang harus dicoba pelan2 untuk menghilangkannya. Trims sekali, Bunda…πŸ™‚
    =======================================
    minder kalau sekali2 dan nggak sampai menggangu, sah2 aja kok,
    bunda juga kadang masih mengalaminya Mas Sudes.
    salam.

  6. zipoer7 says:

    Salam Takzim
    Dari 5 pancaran warna yang bunda sajikan akan menjadi sebuah warna baru dalam kehidupan saya bund. Semoga bunda selalu diberikan kekuatan dan kesehatan agar warna warna yang bunda pancarkan dapat terus saya jadikan pembelajaran.
    Terima kasih bunda atas pancaran warnanya, karena bunda saya bisa berjalan
    Salam Takzim Batavusqu
    ==========================================
    duh, Mas Zipoer terlalu memuji,
    sampai tambah gelembung badan jadinya……………..😳
    Semoga ad manfaatnya ya Mas.
    Salam.

  7. wardoyo says:

    Mantap bunda. Walau sudah sering saya dengar, tapi diingatkan begini jadi semangat untuk terus meningkatkan kualitas (no 5 ya bunda).
    Salut.
    =====================================
    terima kasih,Mas.
    bunda juga masih saja terus berusaha,
    agar lebih pede lagi………:)πŸ™‚
    salam.

  8. wuaa..! makasiii tipsnya bundaa..
    ========================
    Alhamdulillah, semoga ada manfaatnya ya Mas Hafid.
    salam.

  9. hpnugroho says:

    selamat malam, …
    kunjungan perdana langsung mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat, sepertinya akan ada kunjungan berikutnya untuk mencuri sedikit ilmu …
    =================================
    Selamat malam, Mas HP.
    Duh, tersanjung mendapat kunjungan dr senior………:)πŸ™‚
    alhamdulillah, kunjungan kembali sangat diharapkan Mas……..:DπŸ˜€
    salam.

  10. atmakusumah says:

    Postingan ini penting sekali buat saya…kadang2 diri ini masih berkutat dengan rasa tidak percaya diri…
    makasih ya Bun…
    ================================
    Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya Mas.
    salam.

  11. yasmin says:

    melatih percaya diri memang sulit ya,bun. apalagi untuk yang nomer 1. saya masih sering minder dan malu kalo ketemu orang banyak, bunda. apalagi kalo diliatin banyak pasang mata … malu banget. enggak tau kenapa penyebabnya. kira-kira, gimana ya bun cara mengatasi minder ini? maaf ya bun, merepotkan hehehe …

    btw, makasih ya bun tipsnya. boleh dicoba ini. sangat bermanfaat sekali untuk saya.
    =========================================
    Bunda pun dulu sempat seperti itu,
    minder rasanya kalau dipandangi banyak mata,
    tapi lama2 dgn berpikir positif, bahwa mungkin yang lagi ngelihatin ,
    kagum sama kita ( sok pede), akhirnya sekarang biasa aja.
    salam.

  12. yayat38 says:

    Kelima point di atas ampuh memang Bunda untuk meningkatkan kepercayaan diri. Mungkin dibarengi dengan memaksakan diri untuk berani mencoba.
    =====================================
    tepat sekali, Kang.
    terimakasih utk apresiasinya.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  13. salam bunda…..ku juga lagi terus mempelajari tingkat percaya diri…..apalagi yang no 3 ama 5 itu :D…..ku perlu trus tingkatin percaya diri hehehehe
    ==================================
    semoga tulisan ini ada manfaatnya ya Mas.:)πŸ™‚
    salam.

  14. Mamah Aline says:

    selalu mendapat tambahan ilmu disini bunda… percaya diri ada jika kita pupuk dengan semangat dan keberanian
    =====================================
    terima kasih utk apresiasinya Mah,
    salam.

  15. tary bailah says:

    ini masalah yg aku alami juga bund? nggak pede tapi nggak minder, gimana lagi tuh bund??πŸ™‚
    ========================================
    jadi, sedang2 saja ya Mbak Tary…………:)πŸ™‚
    bagus dong, kalau kepedean, nanti bisa2 narsis, kalau terlalu minder
    bisa2 malah jadi susah majunya…………….:)πŸ™‚
    salam.

  16. elmoudy says:

    benar sekali bunda…
    ingin sekali kita percaya diri dalam setiap situasi…
    karena dengan begitu… hidup makin terasa manfaatnya..
    dan setiap detik… ada nilai yang indah
    ===========================================
    percaya diri juga membuat kesempatan kita utk maju lebih luas, Mas.
    salam.

  17. nDa says:

    ras percaya diri itu akan muncul dgn menghadirkan apa yang kita miliki bisa dengan rasa keyakinan, serta memperluas wawasan dgn sellau ingin belajar & mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan. nice post bunda..:)
    ==========================================
    setuju Nda, terima kasih utk tambahan masukkannya.
    salam.

  18. Percaya diri akan muncul kalo kita mulai dengan berfikir positif terlebih dulu, selain itu juga memperluas wawasan dengan membaca dan bergaul (silaturahmi).

    Oh, ya saya lagi nampang di google lho, untuk jelasnya klik artikel ini: Celetukan Segar Search’s Engine
    =====================================
    wah, hebatnya Mas Segar.
    Selamat ya………………….
    bunda segera meluncur……………….
    salam.

  19. bri says:

    bundaaa^^
    salam pagii met pagiii…lagih belajar no 5
    haturnuhun bundaa buat info infoo infooo nyaπŸ™‚
    =============================
    Selamat pagi, Bri cay
    hatur nuhun sami sami , Bri………………:DπŸ˜€πŸ˜€
    salam.

  20. nakjaDimande says:

    minder itu penyakitku bunda, sedari kecil..setelah dewasa bukannya berkurang malah tambah-tambah. sedang berusaha memeranginya. dengan belajar dari bunda.
    ======================================
    aaa…hhhh Bundoku cay………
    apa lagi yg diminderin, bundoku sudah pinter, cantik dan baik hati.
    diriku malah banyak belajar dr kebaikan hati bundoku yg cantik lahir bathin.
    salam rindu bundo……………..*peluk*
    salam.

  21. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Kepercayaan diri perlu latihan yang intens dan berkelanjutan
    ===========================
    silakan, apa sih yg nggak boleh utk Mas Alam………..:DπŸ˜€
    salam.

  22. Agus Purwoko says:

    Izin mengamankan posisi pertama dulu ah!
    salam “guspur”

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s