Liburan Natal dan Tahun Baru kemarin menguras tabungan Anda? Ada baiknya untuk kembali mengisi pundi-pundi seperti sedia kala. Anda bisa saja bertekad untuk mengisi kembali.

Namun, jangan gegabah, dan saking bersemangatnya malah kurang perhitungan. Ada beberapa pos yang tak perlu dipangkas, dan ada yang boleh. Berikut tips dan triknya:

Yang pantang dipangkas


1.Dana kesehatan


Kesehatan adalah modal utama Anda untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Karenanya, bila Anda terbiasa mengkonsumsi multivitamin setiap hari, jangan mengurangi jumlahnya menjadi dua hari sekali demi penghematan. Kalau pun itu dilakukan, pastikan Anda mengganti kebutuhan multivitamin dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

2. Kebutuhan dasar


Yang masuk ke dalam kategori ini adalah sandang, pangan, dan papan, yang setiap hari tidak bisa absen dari kehidupan Anda. Karena itu, demi menghemat pengeluaran, rasa-rasanya tak perlu Anda kelewat menahan diri untuk tidak membeli sepatu baru guna menggantikan sepatu kerja yang sudah rusak.

Atau tidak bisa makan di luar lantaran takut dompet terkuras. Anda masih boleh kok makan siang di luar asal pilih tempat yang harga makanannya terjangkau, bukan di mal.

3. Investasi


Anda sudah punya rencana menyisihkan gaji bulanan untuk membeli reksadana atau jenis investasi jangka panjang lainnya? Jika hal itu sudah tercantum dalam rencana keuangan tahunan Anda, maka patuhilah aturan yang sudah Anda buat sendiri itu.

4. Rekreasi


Mengalihkan perhatian dari pekerjaan untuk bersenang-senang sama sekali bukan kegiatan tak penting yang memboroskan waktu dan uang.

Anda justru perlu melakukan rekreasi supaya pikiran tetap segar dan tidak suntuk menghadapi pekerjaan. Pilih saja alternatif berekreasi yang “ramah” budget, misalnya: mengunjungi museum, ke taman bermain dll.

Yang perlu dihemat


1. Ongkos gaul


Coba perkirakan dan hitung kembali pengeluaran bulanan Anda untuk “hangout”. Jika masih bisa dikurangi, mengapa tidak? Jika biasanya Anda clubbing minimal seminggu tiga kali, gantikan ajang sosialisasi Anda dengan janjian makan siang bersama teman-teman SMA atau kuliah dulu. Selain baik untuk kepentingan silaturahmi, Anda juga bisa mengkorting budget untuk gaul.

2. Transportasi


Ketimbang memboroskan bensin dan menghabiskan jatah kilometer sebelum melakukan servis rutin selanjutnya, ada baiknya Anda menjajal alternatif transportasi yang lebih hemat.

Misalnya, menggunakan bis Trans Jakarta, shuttle bus kompleks perumahan, kereta api, atau nebeng teman kerja yang rumahnya searah tempat tinggal Anda. Selain menghemat pengeluaran, Anda juga bisa ikut andil mengurangi kemacetan dan polusi udara di jalan raya.

3. Shopping


Jika tidak kepepet, ada baiknya bila Anda menghindari jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau butik-butik favorit selama sebulan penuh. Selain untuk menghemat tenaga, Anda juga bisa meredam hasrat untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Kalau memang perlu berbelanja, susunlah daftar barang-barang yang perlu dibeli dan patuhilah daftar tersebut supaya tagihan belanja Anda tidak “menggemuk”.

Salam.

dari: berbagai sumber.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

37 responses »

Comment navigation

  1. KutuBacaBuku says:

    Ongkos gaul : sudah dipangkas dengan bersosialisasi di dunia maya dan sms, hee

    transportasi : sudah dipangkas dengan Ricky si Belalang Tempurnya kutu

    shopping : cowok gt, mana doyan shopping, hee ^^
    ======================================
    waa…hhhh Kutu hebat…..bunda salut….
    ini nih yang patut di contoh …..:)🙂
    salam.

  2. oelil says:

    bener banget bunda…saat sekarang ini kita memang harus mengencangkan ikat pinggang. Ongkos gaul, transportasi, shopping bisa tuh di alihkan ke ongkos internet..lebih hemat juga kan..nambah temen dan ilmu juga kan…
    =======================================
    setuju Mas Oelil, krn kita juga belum tahu,
    apakah pd tahun 2010 ini, harga2 malahan akan kian naik apa nggak.
    salam.

  3. Rychan says:

    Wah klo biaya buat intenetan juga dihemat nggak ya???? makasih tipnya bunda….muantap dach😉
    =======================================
    kalau yg satu itu, jangan dong Mas Ry…….
    nanti jarang2 dong ketemu Mas Ry…………….:)🙂
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  4. Kakaakin says:

    Untuk hobi kadang gak peduli seberapa besar pengeluaran…
    Hmmm, harus lebih berhemat nih…
    ================================
    terutama yg senang baca, pasti deh uangnya banyak habis
    karena beli buku terus ya Kakaakin.
    salam.

  5. suryarahadianto says:

    Assalamu’alaikum,
    Salam kenal bunda, makasih tipsnya , klo boleh tambahin biar keuangan skornya jadi gak minus , tambahin pos sedekah soalnya dari sedekah bisa ngurangin pengeluaran atau tambahin keuangan ..pengalaman gara2 nunda sedekah jadi ke dokter..

    nih ceritanya..
    http://suryarahadianto.wordpress.com/2010/01/07/sedekah-yang-tertunda/

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s