Hasan Basri, seorang ulama shalafussaleh yang terkenal hati-hati dan zuhud, beberapa kali menunda, bahkan menolak membahas suatu hal dalam sebuah kajian keilmuan, bukan karena alasan apa-apa, tapi lebih karena ia sendiri belum pernah melaksanakan hal-hal yang akan diterangkan kepada umat.

Lantas bagaimana dengan saya? Sudahkan saya melaksanakan shalat malam pada saat saya membacakan hadits tentang qiamullail? Sudahkah saya bersedekah, sementara saya sering membacakan nash tentang itu kepada orang lain?

Saya tentu saja bukanlah Hasan Basri si ulama wara’ itu, tapi melihat ke-hati-hati-an beliau dalam membuat “sepatah kata menjadi sepetak surga”, memang perlu ditiru.

Dan rupanya bukanlah sesuatu hal yang mudah. Walaupun itu juga tak selamanya menjadi sebuah kesulitan.

Karena kita semua memang sudah paham, bahwa bagi orang mu’min, antara kata dan perbuatan haruslah sama. Tidak boleh seperti orang-orang munafik, yang antara kata dan perbuatan selalu tidak sama.

Wallahua’lam.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

27 responses »

  1. zulhaq says:

    kata adalah cambuk untuk bertindak
    dia harus berjalan beriringan
    ===========================
    kata, hati dan perlakuan, sudahkah sejalan?
    salam.

  2. sunflo says:

    setuju bunda…emang org mukmin harus sportif…^^
    ===============================
    agar kata, hati dan perbuatan selalu sejalan,Mbak.
    salam.

  3. aih…jadi ngeri ya Bunda! merasa selama ini mempunyai kualitas amal yang buruk….
    ================================
    benar Mbak, marilah kita terus berusaha
    agar kata, hati dan peruatan bisa sejalan.
    salam.

  4. Kakaakin says:

    😥
    Saya nih rasanya banyak banget berkata/memberi nasehat hal2 yang tidak saya sendiri tidak melakukannya… 😦
    Harus introspeksi lagi nih…
    ===================================
    bermuhasabah memang harus ya Kakaakin.
    salam.

  5. KutuBacaBuku says:

    kutu ingat ketika beliau Rahimahullah ingin menganjurkan untuk membebaskan budak, beliau harus menunggu sampai 3 minggu sampai beliau membeli, dan kemudian membebaskan kembali budak yang baru beliau beli tersebut …

    sungguh teladan indah dari para pecinta surga
    ======================================
    karena akhlak Beliau adalah Al-Quran.
    patut utk diteladani oleh kita semua.
    salam.

  6. makngah lena says:

    kita memang harus selalu hati-hati dengan ucapan kita ya , bund..
    semoga kita selalu mendapat bimbinganNYA agar tak salah dalam berucap dan melangkah..
    salam hangat dari bangka
    =========================================
    inginnya kata, hati dan perbuatan adalah sama ya Makngah.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  7. yasmin says:

    kadang memang berat ya bun, untuk melaksanakan perbuatan sesuai dengan perkataan. lebih mudah bicara, daripada bertindak. tapi memang kita harus berusaha agar apa yang kita ucapkan sama dengan yang kita lakukan.
    artikelnya pendek, namun bermanfaat bun.
    makasih bunda.
    ========================================
    terima kasih, Mbak Yasmin.
    semoga kata, hati dan perbuatan kita selalu sejalan, amin.
    salam.

  8. agus kusuma says:

    atikelnya pendek tpi penuh makna
    maksih bunda dh diingatkan
    semoga Allah selalu menjaga lidah dan perbuatan saya atas segala kemunafikan dan perbuatan maksiat lainnya..

    salam
    ========================================
    amin, semoga kata,hati dan perbuatan kita selalu sejalan.
    salam.

  9. Ruang Hati says:

    lebih banyak termotivasi mana ya? takut masuk neraka, atau berharap surga? materialisme jaman sekarang membuat kita sering lupa hakekat tujuan hidup sebenarnya. thanks posting pencerahannya ya bunda
    =========================================
    motivasi yg tebaik, hanya mengharap ridhaNYA.
    salam.

  10. Nisa says:

    rabbighfirly..

    Ya Allah, selaraskan ucapan dan perbuatanku…
    ===================================
    amiin……………..
    salam.

  11. Kluwung says:

    Bahasa Jawanya “Jarkoni ” alias biso ujar ning ra biso nglakoni-bisa ngomong tapi nggak mengerjakannya.
    Jadi kita memang harus benar-benar menjaga lidah ya mbak.
    Salam hangat dari Galaxi
    ===================================
    lidah kita yg menentukan
    dimana tempat akhir kita nantinya ya PakDhe.
    Salam.

  12. Keren Bunda, walaupun saya belum tau tokoh Hasan Basri secara lebih mendalam..tapi kehidupannya yang dekat dengan Allah patut dicontohi…
    selamat pagi bunda
    =========================================
    terima kasih Mas, kita contoh semampu kita.
    salam.

  13. hanif says:

    wah, sungguh sulit dijaman sekarang untuk seperti itu, namun bukan tidak mungkin untuk melalukkannya.
    ======================================
    semoga kita dimudahkan NYA utk menjalanakan ya Mas.
    salam.

  14. Rizal says:

    Bunda.. kalau ditempat saya (Kalsel) yang namnya Hasan Basri itu Pahlawan .. untuk mengenang nya samapi dijadikan nama Jalan … 😀
    ======================================
    oh gitu,Mas Rizal.
    Hasa Basri ini seorang ulama besar, mas.
    salam .

  15. Kadang, ketika saya memposting sesuatu yang mengajak pada kebaikan, saya merasa menyesal, diri saya sendiri ternyata tak sebaik apa yang tertulis di sana. Mungkin saya munafik, tapi saya terus berusaha mempelajari tulisan saya itu, dan saya berusaha untuk mengamalkannya.
    Salam
    ==========================================
    ada sisi positifnya disitu Ayah,
    krn kita bisa instrospeksi diri juga.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  16. guskar says:

    menasihatkan perbuatan baik kepada org lain akan lbh afdol jika kita sdh melakukannya terlebih dahulu. jgn sampai kita dicap sbg NATO = no action talk only 🙂
    =========================================
    setuju banget Gus, lagi pula terasa lebih enak pd hati ini,
    katika menyampaikannya.
    salam.

  17. ningrum says:

    kalo kita kasi tau orang lain, trus kita belum mengerjakan, bisa juga jadi pengingat kita Bun, biar kita juga ikut mengerjakan. sama-sama mengerjakan 🙂
    *saya sering gitu Bun hehe.. mudah-mudahan perkataan dan perbuatan kita selalu sejalan ya Bunda-ku 🙂
    ===========================================
    kita juga saling mengingatkan yuk, Mbak….:) 🙂
    salam.

  18. kolojengking says:

    Semoga setiap ilmu yang kita sampaikan menjadi pemacu kita untuk terus menjadi lebih baik lagi…

    salam. 🙂
    ========================================
    Mengaminkan doa Mas Kojeng.
    salam hangat utk Dinda….:) 🙂
    salam.

  19. zipoer7 says:

    Salam Takzim
    Selamat pagi Bunda Lily Izin ya

    Mengunjungi sahabat untuk meruak ilmu,
    semoga tetap sehat dihari Minggu.
    Semua postingan adalah ilmu
    Akhirnya dapat setelah lama menunggu
    ======================================
    Alhamdulilllah, terimakasih utk kunjungannya Mas Zipoer.
    slam hangat utk keluarga.
    salam.

    Salam Takzim Batavusqu

  20. Iksa says:

    Sangat setuju Bunda, hati – kata – perbuatan sebaiknya sama ….
    ===================================
    agar tdk menjadi orang munafik ya Pak Iksa.
    Salam.

  21. Yes! Bun!
    Pengalaman itu lebih berharga dari pd pengetahuan. Pengetahuan itu disusun dari berbagai pengalaman. Banyak orang yg berbengetahuan ttg Allah tapi belum banyak pengalaman berkehidupan dengan-Nya.

    Salam Damai!
    =================================================
    semoga kita termasuk orang2 yg dekat dan mendpt ridhaNYA, amin.
    salam.

  22. callme eno says:

    alhamdulillah, satu lagi Eno dapat ilmu sekaligus artikel yang menjadi “reminde” bagi aku…Eno setuju banget dengan yang Bunda tulis diatas…^_^

    Jadi teringat kisah perjalanan Rasul saat Isra’ Mi’raj, yaitu pada saat Beliau melintasi Neraka, didalamnya Beliau melihat orang2 menggunting lidah nya sendiri, kemudian lidah yang telah dipotong panjang lagi lalu dipotong lagi. Saat Rasul bertanya alasan mereka berbuat itu, ternyata penyebabnya adalah saat didunia mereka mengajak orang-orang untuk berbuat kebaikan sedangkan mereka sendiri tidak melaksanakannya. Na’udzubillahi min dzalik
    ===============================================
    harus sering2 bermuhasabah ya Mbak Eno.
    agar tdk tergelincir lidah dgn perkataan yg sia sia.
    salam.

    Smoga kita terhindar dari segala dosa yang dtimbulkan oleh lidah ya Bund ^_^

  23. yangputri says:

    iya bunda janganlah kita jadi orang munafik, karena hal itu sangat dibenci oleh Allah
    =======================================
    semoga kita dijauhkan dr hal itu ya Yank.
    salam.

  24. badruz zaman says:

    semoga kita terjauhkan dari tanda-tanda orang munafik Bunda. Amien
    =====================================
    amin, dan selalu diberiNYA petunjuk.
    salam.

  25. betul, bunda, betul..
    sering banget lidah ini membahas sesuatu yang hanya tau sebatas ilmu.. belum pernah mewujud perilaku..
    ====================================
    semoga kita sebaliknya ya Mas,
    melakukan lebih dulu, barulah berucap,amin.
    salam.

  26. JakaPrasetya says:

    Klo gak salah ada hadits Rasulullah yg menerangkan bahwa yg banyak membuat manusia menjadi pnghuni neraka adalah karena lidahnya,,

    Naudzubillah,,Satu pencerahan lg bwt saya bunda,,trims 🙂
    ==================================
    benar sekali, Mas Jaka.
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s