Memasuki akhir tahun biasanya mal atau toko-toko besar berlomba-lomba mengeluarkan jurus tahunan menarik pembeli lewat diskon.

Istilah yang dipakai pun beragam, mulai dari “Cuci Gudang Akhir Tahun “, ” Diskon Akhir Tahun “, ” Diskon Natal dan Tahun Baru ” dan sebagainya.

Barang yang ditawarkan pun bukan sekadar kebutuhan untuk perayaan Natal dan pesta Tahun Baru seperti busana, sepatu, tas, aksesoris serta kosmetik, tetapi juga barang-barang elektronik mulai dari ponsel hingga komputer.

Ada kiat untuk menyikapi tawaran diskon dari berbagai pusat perbelanjaan yang rata-rata harganya mengugah kita untuk langsung merogoh dompet kita.

1. Jangan Terburu-Buru dalam Berbelanja.


Pertama, cobalah meluangkan waktu yang cukup untuk belanja diskon akhir tahun. Jika waktu terbatas membuat Anda terburu-buru dan tidak cermat dalam memilih barang. Akibatnya barang yang Anda pilih bisa jadi tidak berkualitas. Sering kan, kita baru sadar bahwa barang yang dibeli tidak memiliki kualitas sesuai dengan harapan ketika Β sampai di rumah, seperti baju yang tidak pas ukurannya, tidak rapi jahitannya, atau cepat luntur warnanya.

Yang tak kalah penting adalah keaslian produk. Jika Anda membeli suatu produk terkenal yang sedang mengadakan diskon besar-besaran. Jangan sampai Anda mendapatkan diskon yang besar, tetapi barang yang Anda beli ternyata “aspal” (asli tapi palsu). Rugi, kan?

2. Bandingkan Harganya.


Tidak ada salahnya untuk membandingkan harga suatu barang yang sama di suatu tempat dengan tempat lainnya. Tujuannya untuk memastikan apakah memang barang yang kita beli tersebut memang benar-benar diskon.

Ada beberapa toko yang Β ” curang”. Caranya menaikkan dulu harganya setelah itu baru diberi label diskon. Kalau dihitung-hitung harganya tetap sama.

Sebagai contoh: Baju seharga Rp 10.000 sebelum diskon. Nah pada acara diskon, harga baju dinaikkan menjadi Rp 12.500 dengan diskon 20%. Artinya pada saat diskon Anda tetap membayar baju tersebut Rp 10. 000. Jadi, tidak ada salahnya, Anda membandingkan harga dari suatu tempat ke tempat lainnya, daripada Anda buntung nantinya.

3. Tidak Ada Salahnya Mengajak Teman.


Iya, tidak ada salahnya Anda mengajak suami, pacar atau teman yang bisa mengingatkan Anda untuk tidak terus berbelanja. Kalau Anda belanja sendirian atau malah bersama dengan teman yang senang berbelanja, bisa-bisa Anda akan ” kalap ” melahap barang-barang dengan diskon yang besar.

Tidak ada salahnya Anda menceritakan daftar tentang apa saja kebutuhan yang ingin Anda beli kepada teman Anda. Harapannya tentu saja ia dapat mengingatkan Anda untuk tidak berbelanja barang-barang yang memang di luar daftar kebutuhan tersebut.

Ingat, diskon akhir tahun harus disikapi dengan bijak, bukan dengan hasrat belanja yang meluap-luap.

Nah, selamat berbelanja akhir tahun !

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

43 responses »

Comment navigation

  1. bri says:

    salam pagii met pagii
    bundaaaaaaπŸ™‚
    klo bri bingung mau belanja apa..banyak pilihanyaa
    jadi mendingan uangnya disave dulu ajaa
    __bundaaaa senyuumm..makasiihh^^__
    ==================================
    ya Bri, nabung aja yang banyak ya…….
    nanti bikinin bunda rumah dan kamar yg nyaman
    seperti yang Bri gambar dulu itu………:DπŸ˜€πŸ˜€
    salam.

  2. zulhaq says:

    hikzz hikzzz…
    boro boro mikir shopping, ahkir tahun saya masuk kerja bunda. gak kenal tanggal merah😦
    ========================================
    nanti bunda bilangin sama Pak Bos,
    minta libur sehari aja utk Mas Zul ya………….:DπŸ˜€πŸ˜€
    salam.

  3. Iksa says:

    Ada tempat-tempat yang ‘sale’nya memang memotong harga .. itupun belanjanya sebaiknya tetap terencana .. masalahnya kalau sudah ketempat belanja bisa kalap he he he
    ==================================
    kayaknya saya suka kalap tuh kalau lihat yg sale sale gitu………:DπŸ˜€πŸ˜€
    salam.

  4. Kakaakin says:

    Hehe… saya memang nunggu di masa2 seperti ini baru syoping, Bun…
    Kemaren2 cuma window syoping doang…πŸ™‚
    Tapi teteup… sebagai seorang wanita, harus bermata jeli (bukan jelly), dan punya otak spreti kalkulator saat menghitung potongan harga…:mrgreen:
    =============================================
    cocok, Kakaakin………….
    bunda diajak shopping nggak ya………………:)πŸ™‚
    salam.

  5. yasmin says:

    diskon akhir tahun … hmm siapa yang engga tergiur..
    termasuk saya hehe ..
    tapi memang bener bun, kita tidak boleh ‘terbuai’ dengan kata-kata BIG SALE. karena ya itu tadi, kadang-kadang para pedagang menaikkan harga terlebih dahulu sebelum mendiskon. jadinya ya tetep sama aja harganya.
    terus sekadar info untuk para konsumen, diskon 50%+20% itu beda dengan diskon 70%. meskipun 50%+20% hasilnya sama dengan 70% juga.
    salam bunda.
    ========================================
    ya bener lho, kadang2 mereka mencoba mengakali,
    kalau kita kurang jeli, pasti terus terbuai dan akhirnya jadi banyak hutang kartu kredit deh……..
    salam.

  6. nh18 says:

    Diskon ???

    Mana tahaaaannn … !!!
    πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚
    ============================
    nggak suka ya Mas ?
    atau malah pernah kejebak ?.:)πŸ™‚πŸ™‚
    salam.

  7. Sari Ajah says:

    ada lagi bunda :
    – bikin cek list sebelum belanja.
    biasanya berita ‘BIG SALE’ digembar-gemborkan dari jauh hari.. jadi lebih baik list dulu barang yang benar-benar butuh untuk dibeli.
    – tentukan prioritas.
    kalau tau embel2 ‘BIG SALE’ untuk sepatu dan baju, tapi prioritas utama untuk beli bahan makanan, dahulukan berbelanja bahan makanan dulu.
    – jangan bawa debit/credit card.
    kalau bawa kartu-kartu ‘bersahabat’ itu, setiap uang cash habis atau masih ada barang ‘bagus’, pasti tagihan jadi bengkak.
    – berpikir : tenang…. beberapa merchant biasanya sering kok ngasih BIG SALE dalam rangka ‘CUCI GUDANG’. jadi ga harus year-end-big-sale yang diburu. masih banyak ranah peperangan BIG SALE yang lainπŸ˜€
    =========================================
    wah, terima kasih utk masukannya ya Mbak.
    dan, harus taat juga sama cek-list nya………….
    bunda diajak dong kalau ada acara CUCI GUDANG yang bener2 mur-mer…he…he….:DπŸ˜€πŸ˜€
    salam.

  8. guskar says:

    angka ajaib yg sering dipakai untuk promosi adalah tiga angka terakhir : Rp. XX.900,- atau SALE 70%. angka 900 memberikan kesan sangat murah atau salah mengartikan sale 70%, pdhl bukan diskon 70% tp 30% saja.
    spt yg bunda lily tulis, waspada thdp kualitas barang.
    ================================
    jadi, teliti sebelum membeli menjadi wajib ya Gus.
    salam.

  9. Baru sempat berkunjung lagi nih, Bunda.

    Diskon akhir tahun? Duuuh, harusnya nanya ke istri dulu sebelum kasih koment. Salah kata sedikit nanti malah diketawain. Saya sangat awam dalam urusan beginian.

    Salam.
    =======================================
    betul ayah, kalau soal belanja2,
    istri pasti lebih ngerti…………:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  10. dedekusn says:

    Wuih… infonya sangat menarik Bunda, sangat bermanfat…

    Maaf bunda, karena kesibukkan jd jarang kesiniπŸ˜€
    ==============================
    apa kabar Mas Dedekusn ?
    semoga selalu sehat ya,amin.
    nggak apa apa kok Mas, kalau sempat saja.
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s