Sebelumnya di sini, saya telah menuliskan tentang apa dan bagaimana cara sebaiknya kita menikmati minuman teh.

Nah, sekarang saya akan mencoba untuk berbagi tentang bagaimana sebaiknya kita menikmati minuman kopi agar bermanfaat bagi tubuh kita.

Cara yang salah adalah jika kopi justru membuat Anda sakit.

Contohnya jika Anda harus menyelesaikan pekerjaan semalaman, lalu minum banyak kopi untuk membuat Anda terus terjaga.

Perlu Anda ingat bahwa kopi mengandung racun yang bernama kafein. Seperti obat, kafein bisa menyehatkan sekaligus melukai kita. Terlalu banyak kafein bisa menimbulkan gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, mudah marah, dan gangguan tidur.

Kesalahan lainnya adalah membiarkan anak Anda minum kopi sebagai ganti minuman bergizi lain yang dibutuhkan anak. Kafein dalam kopi bisa berbahaya bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Kafein dapat mencuri kalsium dari tulang, dan bisa membuat tulang anak menjadi rapuh.

Inilah cara minum kopi yang disarankan:

Minum lebih sering dalam dosis kecil.

Cukup minum seperempat cangkir kopi setiap jam. Jika Anda meminumnya untuk mencegah kantuk, cara ini lebih efektif daripada jika Anda menenggak satu mug besar.

Singkirkan rokok Anda.

Minum kopi sambil merokok justru mengurangi daya tahan kafein.

Resapi/nikmati kopi Anda, lalu tidurlah.

Inilah cara terbaik untuk memulihkan energi. Minumlah kopi, lalu tiduran 10 hingga 20 menit. Selama itulah kopi juga membutuhkan waktu untuk menampakkan khasiatnya. Lagi pula, tidur memang satu-satunya cara untuk menjadi bugar. Dengan demikian, Anda akan terbangun dalam keadaan betul-betul segar.

Isi dulu perut Anda.

Bohong bila ada yang mengatakan bahwa minum kopi bisa menyingkirkan rasa lapar. Hal itu hanya membuat perut Anda kembung. Justru Anda harus makan sebelum minum kopi.

Anda tidak perlu minum kopi bila:

1. Anda merasa gelisah setelah meminum kopi.

2. Anda mengalami kesulitan tidur (insomnia).

3. Anda punya masalah dengan perut, atau gangguan dalam pencernaan.

4. Anda ingin buru-buru merokok setelah minum kopi.

5. Anda sedang mengonsumsi obat flu atau sakit kepala yang juga mengandung kafein. Hal ini akan melebihi kuota kafein yang aman.

Selamat menikmati kopi bersama orang2 yang dekat di hati anda.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

55 responses »

Comment navigation

  1. payuenk says:

    salam kenal bun
    saya peminum kopi berat n perokok berat
    dr info diatas ad yg blg kopi bkn mual,kopi bikin ngantuk
    klo itu perasaan saya gak pernah ngalamin bun
    tp klo kopi dipisahkan dgn rokok itu baru bs menyiksa saya bun heheheheheheheeheheh

    duh, jadi benar2 coffee lover banget nih ya🙂
    salam kenal juga.
    terimakasih sudah mampir🙂
    salam

  2. abeecdick says:

    tipsnya mantab bundo, buat penggemar ngopi😀

    Mas Bee, ngopi jugakah ?
    salam

  3. Rychan says:

    salah satu penggemar kopi bunda,, tak praktekin langsung!

    sekalian dilebihin utk bunda secangkir ya Mas Ry 😀
    terima kasih …………….
    salam.

  4. Mas Adi says:

    wah…. untuk tips yang lain mungkin masih bisa dijalani. tapi kalo hindari rokok setelah minum kopi kayaknya masih berat bu…soalnya menurut saya pribadi, kopi dan rokok adalah pasang serasi yang harus selalu bersatu setiap saat… he he
    salam kenal bu dari Blogger Lumajang yang masih Newbie Abiieeezzzz….😀😀😀
    =======================================
    Salam kenal juga, Mas.
    Terima kasih sudah berkunjung disini.
    Memang ada juga yg bilang kopi dan rokok itu sudah satu paket.:D😀😀
    Salam.

  5. bayu putra says:

    salam kenal bu dari Kalimantan Tengah.. wah baru sadar saya bu..bahwa ada cara nimat untuk menikmati secangkir kopi..salam
    ================================
    salam kenal juga Pak Bayu.
    senang sekali Pak Bayu menyempatkan berkunjung disini.
    ini hanya sekedar info utk berbagi saja kok Pak…….:)🙂
    semoga bermanfaat,amin.
    salam.

  6. budisan68 says:

    BUn, kunjungan pertama langsung nyari kopi..halah malah ada anjuran minum kopi jauhkan rokok
    saya kok masih sulit ya Bun, mninggalkan rokok..jadi malu Bun
    ========================================
    he….he….silakan lho Mas Budi,
    iya banyak yg bilang, katanya kalau ngopi sepaket sama rokok ya………:D😀😀
    terima kasih utk kunjungan dan komen nya Mas.
    salam.

  7. riankurus says:

    ngopi sebelum tidur ? patut dicoba
    ===========================
    jangan banyak2 ya ngopi ya Mas Rian………:D😀
    salam.

  8. guskar says:

    krn saya mengkonsumsi 3 gelas kopi per hari, pagi-siang-malam.. makanya setiap kopi ada variasi rasanya : pg kopi instan, siang kopi tubruk, malam kopi jahe..🙂
    =======================================
    dan diantaranya………….? air putih ya Gus ?
    sama dgn suami juga minum kopi kok kayak minum obat 3x sehari …..:D😀😀
    salam.

  9. dedekusn says:

    Info kesehatan yg sngt bermanfaat
    ==========================
    amin…………….terima kasih………..:D
    salam.

  10. Fiya says:

    bundaaa

    salam kenal yaaa

    makasih infona

    saia sangat suka kopi…
    ternyata selama ini cara menikmatinya salah..
    hehehehe
    ====================================
    he…….he…………yg penting tetap nikmat, Mbak……..:D😀
    salam.

  11. fauzikun says:

    makasih bunda atas infonya,
    sayah sering begadang sambil minum kopi, jadi infonya bakal sangat membantu nih.🙂
    ========================================
    kalau bang haji oma bilang: begadang jangan begadang…………:D😀
    salam.

  12. Hariez says:

    malam Bunda…😀 Alhamdulillah akhirnya bisa mampir lagi kesini😳 wahh…sebetulnya saya paling suka sama kopi Bun..api sayang sejak maag saya parah, jadi ndak berani lagi😥
    ====================================
    selamat malam juga, Mas.
    lebih baik minum teh atau air putih saja ya,
    dari pada hrs mengorbankan maag nya…………..
    salam.

  13. abifasya says:

    walaupun saya bukan perokok, tapi saya penikmat kopi bun. Buat saya kopi tidak berpengaruh untuk menghilangkan kantuk, kalaupun bisa menghilangkan kantuk hanya sesekali saja, seringnya sih gak ngaruh. Apa yg disarnkan bunda minum sedikit kemudian tidurlah 10-20 menit agar bisa menyelesaikan pekerjaan dan badan kembali bugar hal itu saya sering lakukan dan memang benar begitu adanya, pokoknya nikmat banget deh bun.
    =============================================
    hai, apa kabar Mas Abi?😀😀😀
    semoga selalu sehat ya……………..amin.
    ngopi kalau pas diperlukan saja, memang pas juga jadinya ya Mas.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  14. kawanlama95 says:

    aku terkadang bila malem2 ngeblok minum kopi, wah kapan2 pengen nulis pengalaman minum kopi neeh, padahal aku dulu ga suka kopi , awalnya di kampung nenek saya maninjau koto gadang disediakan kopi . kok kopinya beda dengan yang dirumah. wah enak banget. akhirnya setelah itu kok jadi anak minum kokpi
    ===================================
    oh, urang awak juo ruponyo adiak bunda ko yo ?
    kopi di kampung memang pasti lebih enak rasanya, nggak tahu kenapa ya.
    salam.

  15. A.J.I says:

    “Bohong bila ada yang mengatakan bahwa minum kopi bisa menyingkirkan rasa lapar. Hal itu hanya membuat perut Anda kembung. Justru Anda harus makan sebelum minum kopi” sepertinya ada kekeliruan bunda..efek caffein dalam kopi sebenernya akan menurunkan sensasi atau nafsu makan sehingga perasaannya perut masih kenyang padahal tidak
    ==========================================
    ya bener kok, krn kalau perut kosong, kafein akan merangsang asam lambung,
    yg menyebabkan maag kambuh, Mas.
    salam.

  16. iskandaria says:

    Kebetulan saya penggemar kopi nih Bun. Tips di atas ada benarnya juga. Yang terpenting jangan sampai kecanduan berlebihan kayak alm.Mbah Surip yang sampe bergelas-gelas per hari🙂

    Oya, ada satu artikel bagus yang juga membahas masalah kopi di 7 TIPS SEHAT MINUM KOPI
    ===================================
    ok. Mas saya segera ke TKP,
    terima kasih Mas utk komennya.
    salam.

  17. ningrum says:

    duh Bun, saya ga begitu suka kopi. tapi terkadang kalo terpaksa harus begadang, diminum juga hehe.. dan akibatnya saya yang memang punya masalah pencernaan jadi meringis mual Bun😀 ga enak banget rasanya
    ============================================
    tapi kalau Mbak Ningrum sih sebagai dokter khan
    aman, krn tahu cara ngobatinnya ya…….:D😀😀
    kalau bunda suka mules kalau mulai akhir bulan he….he….
    salam.

  18. bee says:

    minum kupi bikin perut Muless….
    ==========================
    air putih atau teh manis saja ya Mas.
    salam.

  19. dinoyudha says:

    sukanya kopi mocaccino yang nggak kopi kopi amat… pernah kejadian soalnya, minum kopi maksudnya iseng, eh malam malamnya ga bisa tidur beneran.
    ===================================
    kalau bunda dasar tukang molor, abis ngopi , kalau ngantuk
    ya tidur aja, nggak ngaruh sama sekali he….he….:)
    salam.

  20. ofaragilboy says:

    bunda, ngopi ga ngerokok kayaknya kurang pas

    thanx info nya bunda
    =================================
    kalau begitu, silakan aja Mas, ngopi dan merokok
    dibarengi, tapi….apa rokoknya nggak basah ya kalau bareng kopi…………???:)🙂
    salam.

  21. pensiun kaya says:

    salam kenal bunda…
    nice tips buat yang suka ngopi..bahkan ada yang menyebutkan bahwa kafein bisa meminimalisir penyakit kulit, apa benar?
    ========================================
    salam kenal juga, Mas
    terima kasih sudah berkunjung disini.
    wah, kalau masalah itu, bunda belum tahu.
    salam.

  22. Kakaakin says:

    Saya sukanya kopi instan, yang udah plus krim, apalgi kalo ada chocogranulenya…🙂 Minumnya saat iseng aja sih. Saya kalau mengantuk, biar diapain aja tetep juga nggak hilang ngantuknya… so, kudu tidur deh.
    =========================================
    sama kayak bunda dong, Kakaakin
    kalau udah ngantuk, biar ngopi juga nggak ngaruh,
    tetap aja molor ……………:)🙂🙂
    salam.

  23. Iksa says:

    Minum kopi paling enak kalo bareng teman-teman ngobrol Bunda … he he gak terasa waktu berlalu … itupun kopi tubruk saja

    (psst lebih mantap lagi kopi tubruk pake duren .. he he he)
    ===================================
    kopi tubruknya sih ok, Pak.
    tapi, kalau durennya , ampyuuuuuuun deh…………..
    nggak suka baunya………………..huek………huek………..
    salam.

  24. hakimaza says:

    minum kopi… wah bisa gak tidur 2 hari 2 malem…
    btw.. thx infonya, jadi lebih tahu..
    salam kenal aja bund.. sekalian tukeran link ya..
    ================================
    salam kenal juga, Mas.
    silakan utk tukeran linknya,
    nanti linknya bunda add juga di vip links.
    salam.

  25. dickya says:

    aku malah gak kuat minum kopi, walaupun cuma sedikit, perut rasanya mual banget.Kadang langsung muntah2.
    ======================================
    ngeteh aja ya sama air putih,Mas.
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s