Jika Anda bepergian ke kota-kota lain di Indonesia, atau ke negara-negara lain, Anda mungkin akan menerima menu khas sarapan di hotel, seperti sereal, omelet, atau American breakfast yang terdiri atas telur ceplok, bacon atau sosis, dan roti isi.

Namun cobalah Anda keluar dari hotel dan menemui penjaja makanan kaki lima. Anda akan menemukan beragam menu sarapan yang belum pernah Anda temukan di Indonesia.

Menu sarapan negara-negara di Asia dan Afrika ini tergolong berat dan berlemak. Ingin tahu apa saja yang menjadi bahan bakar mereka sebelum mulai bekerjaย ?

Huevos motulenos.

View Image
Sarapan favorit rakyat Meksiko ini berasal dari Yucatan Peninsula, sisi tenggara Meksiko.

Terdiri atas dua telur yang disajikan di atas tostada (tortilla yang digoreng kering), dengan “lauk” berupa tomat, ham, kacang polong, platanos maduros (pisang goreng), queso fresco (keju putih), dan kadang-kadang kacang hitam.

Platos tipicos.

View Image
Orang El Salvador amat menikmati sarapan yang dibuat dari makanan nasional standar, yang terdiri atas pisang raja goreng yang manis, casamiento (kacang hitam dan nasi dengan saus bawang), dan salsa.

Breakfast tagine.

View Image
Tagine adalah daging kambing yang direbus dalam waktu lama, dengan sejumlah sayuran dan rempah-rempah tradisional.

Sarapan khas Maroko ini diberi nama sesuai pot tanah liat dimana bahan-bahan tersebut dimasak. Jika ada sisa makanan, biasanya dimakan untuk sarapan esok harinya.

Ful medames.

View Image
Umumnya sarapan khas Mesir ini dimakan pagi-pagi, berupa kacang yang dimasak dalam waktu cukup lama (sebagian atau sampai benar-benar menjadi bubur). Disajikan dengan minyak zaitun, taburan seledri, bawang bombay, bawang putih, jus lemon, dan dimakan dengan roti.

Khichdi.

View Image
Sarapan standar kaum Hindi, berupa campuran nasi, lentil, dan berbagai bumbu, ditemani dengan side dish berupa terong yang digoreng dengan minyak banyak, acar, dan yogurt.

Menu ini juga biasa dinikmati penduduk di Pakistan, India bagian utara, dan Bangladesh.

Appam.

View Image
Menu ini populer di kawasan Sri Lanka dan barat daya India. Sajiannya berupa pancake yang dibuat dari tepung nasi yang difermentasikan, dan dapat dinikmati dengan saus pedas atau dibuat dengan cita rasa telur, madu, atau krim kelapa.

Dilihat dari penampilan dan bahan bakunya sih, mirip dengan apem ya, cemilan khas dari Jawa.

Natto on rice with miso soup.

View Image
Orang Jepang ternyata tidak hanya menikmati shabu-shabu, sukiyaki, yakiniku, sushi, dan lain sebagainya yang Anda kenal di sini.

Untuk sarapan, menu mereka terdiri atas natto (kacang kedelai yang difermentasikan) yang dituang di atas nasi, bersama dengan sup miso dan teh hijau.

Nasi lemak.

View Image
Nah, kalau nasi lemak Anda pasti sudah tahu. Menu yang populer di Malaysia ini terdiri atas nasi santan (nasi uduk), mentimun, ikan teri, kacang goreng, telur rebus, dan sambal, dibungkus dengan daun pisang dan dilapis kertas koran atau kertas coklat.

Cukup nyambung sih, untuk selera kita.

Turkish tarhana.

View Image
Di Turki, tarhana merupakan kombinasi gandum, yogurt, dan sayuran yang difermentasikan dan digoreng, sehingga menjadi sup kental yang bisa dimakan kapan saja.

Namun sajian ini terutama dinikmati sebagai menu sarapan.

Boerewors.

View Image
Anda suka makan sosis ? Cobalah sajian sosis tradisional yang dibuat dari irisan kasar daging sapi, dengan cita rasa berbagai bumbu dan lemak, dan dimakan dengan orak-arik telur burung unta.

Menu ini banyak dihidangkan di kawasan Botswana, Namibia, Lesotho, Zimbabwe, dan Afrika Selatan.

Salam.

dari:berbagai sumber.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

48 responses »

Comment navigation

  1. Spanish John says:

    hey

    just registered and put on my todo list

    hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.

  2. Sari Ajah says:

    menggugah selera, sebenernya
    tapi gimana ya, Bundo..
    lidah dan lambung ini sudah cintaaaa sekali sarapan Nasi Pecel๐Ÿ˜€
    tortilla ato sosis mana pun g ada yang bisa menang๐Ÿ˜€
    *antri beli pecel*
    ================================
    bungkusin sekalian pecelnya utk bunda ya……….:D๐Ÿ˜€
    eh, tambahin rempeyek juga ………..please………*ngarep*
    salam.

  3. Iksa says:

    Banyak banget ya sarapan mereka ..
    ==============================
    waktu kemarin di Shanghai, sarapannya apa Pak Iksa ?
    salam.

  4. BlogCamp says:

    Boerewors, kok kayak ular tho mbak, gilo aku.
    Ibu2 senang ??
    Salam hangat dari Surabaya
    ===========================
    khan kalau mau dimakannya, dipotong2 kecil gitu PakDhe………
    pastilah PakDhe pernah nyoba juga,
    mungkin waktu itu sudah dipotong2, jadi nggak lihat utuhnya.
    no comment utk pertanyaannya yg terakhir………..:D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    salam.

  5. yasmin says:

    dari gambar-gambar diatas, belum pernah ada yang saya coba bunda selain nasi lemak, breakfast tagine, ful medames dan tentu saja appam hehehe …
    kapan-kapan pengen nyobain ah makanan-makanan tadi kecuali yang buerewors sama huevos motulenos (karena mengandung ham).
    salam bunda.
    ========================================
    enak2 khan ya…………..
    hamnya disini boleh minta yg sapi kok Yasmin…………
    salam.

  6. marsudiyanto says:

    Iya Bun…
    Lidah saya masih lebih memilih yang masakan luar.
    Maksud saya luar hotel alias kaki lima…
    =================================
    lebih enak , murah meriah asal nggak pakai m****ret ya, Pak Guru……….:D๐Ÿ˜€
    salam.

  7. wew..
    jadi pgn makan pecel neh bunda..๐Ÿ˜‰
    ..
    btw, 10 teman yg mendapatkan..
    novel Debu Cintayana..
    bisa dilihat di artasastra.com๐Ÿ˜€
    =================================
    wah, pecel dan nasi hangat2 plus tempe goreng………….hmmm…yummy…
    segera ke TKP mas,
    salam.

  8. monda says:

    blogwalking bunda lilly, postingnya asik2…
    menu sarapan berat begini cuma bisa kunikmati hari libur aja dan agak siangan dikit, kl hari kerja biasanya cuma segelas teh hangat dan sepotong roti, perutnya nggak bisa damai kl diisi kepagian
    =============================================
    selamat Pagi Mbak Monda.
    selamat berkreativitas dan sukses ya.
    salam.

  9. alamendah says:

    Apa kabar bundo. Sehat, selalu , kan?
    Kok menu sarapannya beberapa hari gak ganti-ganti?
    ======================================
    alhamdulillah, sehat Mas Alam.
    iya nih belum ada lagi yg mau ditulis……..:)๐Ÿ™‚
    salam.

  10. Ruang Hati says:

    kunjungan malam hari di penghujung pekan mencari sesuap ilmu dan setetes embun pengetahuan

  11. rayya says:

    Fyuh…
    paling cuma bisa makan sego kucing.
    Anak kost sih, Bunda.:mrgreen:
    ===============================
    sego kucing juga khan enak Mas Rayya………:D๐Ÿ˜€
    salam.

    • bri says:

      sego kucing = nasi kucing
      makanan khas nak kos yg tinggal di
      jogjakarta^^….
      bundaaa met pagii
      ===============================
      selamat pagi, Briiii……….:D๐Ÿ˜€
      tetap semangat ya , gmana ? udah kelar ujiannya Bri ?
      semoga sukses,amin.
      salam.

  12. callme eno says:

    wah….bund kyanya tipe2 sarapan diatas tak ada yg bisa bikin ku ngiler…secara eno kan susah makan…^_^ tp kyanya nasi lemak plus bakwan dan sambel kacang dah mantap tuh….ntar tak pesen di warungnya nyak thoyib ah….bunda mo pesan jg?? ^_^
    ======================================
    Mau, mau, utk bunda tambahin sambel extra ya Mbak Eno…………:D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    salam.

  13. Kalo saya ke luar negeri, agak cenderung ragu2 mau coba macam-macam jenis makanan. Soalnya, taku halal atau tidak. Namun, refensi ini boleh juga jadi pegangan…๐Ÿ™‚
    =====================================
    kalau yg bunda tuliskan disini,
    insyaallah, halal Mas Sudes…………..:)๐Ÿ™‚
    salam.

  14. badruz zaman says:

    appam dan nasi lemak kayaknya makanan rakyat banget Bunda. Mantaaaps๐Ÿ˜† jadi ngiler nih..
    =================================
    paling pas dgn lidah kita ya Mas Badruz………….:)
    salam.

  15. Abdi Jaya says:

    di tempat saya, menu khas sarapannya adalah LONtong bunda
    =======================================
    lontong pakai apa? diapain ?
    ceritain dong Bang Jaya……………
    salam.

  16. Abula says:

    apalagi Ful Medames tuh bikin ngiler…๐Ÿ˜€
    ================================
    terus makannya dikasih sambel botol,
    wuih, lebih sedap lagi tuh, Mas…………..:D๐Ÿ˜€
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s