Sering, kan, Anda diundang menghadiri jamuan makan untuk urusan bisnis? Sudahkah Anda memahami bagaimana harus bersikap di meja makan ? Penting, lho, agar rekanan bisnis memiliki kesan baik pada Anda.


Di bawah ini 5 cara yang cepat dan mudah untuk diingat mengenai etika di meja makan.

1. Memperkenalkan Sesama Kolega.


Untuk memperkenalkan dua orang teman yang tidak saling mengenal pada tempat yang tidak formal pasti lebih mudah dibandingkan di tempat yang lebih formal semisal di seminar atau rapat. Dengan memperkenalkan secara resmi orang-orang yang Anda kenal tetapi di antara mereka belum saling mengenal, suasana kaku dan tak nyaman pun bisa sirna.

Utamakan orang yang lebih tua atau posisinya lebih tinggi.

Contohnya, ” Pak, perkenalkan Sdr. Putra dari Perusahaan X.”

Lalu kepada Putra, katakan, “Putra, perkenalkan atasan saya dari Perusahaan Y, Bapak Pangaribuan”.

Dengan demikian, perkenalan singkat tadi dapat berkembang pada pembicaraan lebih lanjut di antara mereka.

Anda dapat mengganti contoh atasan dan kolega dengan ibu Anda dan teman, atau kakek Anda dengan sahabat Anda. Bila tidak yakin siapa yang harus Anda dahulukan, Anda dapat memilih seseorang yang sepantasnya didahulukan.

2. Berdiri Jika Ada Yang Bangun.


Menurut etika, seorang pria sebaiknya berdiri jika rekan semejanya yang berjenis kelamin wanita meninggalkan meja atau kembali ke meja setelah ia dari kamar kecil, misalnya.

Hal ini tampak kuno tetapi tetap berlaku untuk masa kini. Kecuali pada acara makan siang bisnis, seorang pria harus berdiri bila seorang wanita yang duduk di meja yang sama, apakah itu istrinya atau orang lain, akan meninggalkan meja ataupun kembali ke meja.

Terutama bila wanita tersebut duduk di sebelah Anda. Para wanita menghargai sikap ini. Pada meja yang agak padat, beri ruang pada seorang wanita yang akan duduk ataupun berdiri.

3. Perbaiki Dasi.


Walaupun Anda sedang merasa sangat lapar dan ingin segera makan, jangan lupa atur letak dasi sebelum mulai menyantap hidangan sehingga tidak mengganggu saat Anda tengah makan.

Jangan letakkan dasi ke belakang bahu karena hal ini tampak tidak sopan dan tidak rapi. Bila tidak mempunyai klip khusus untuk dasi, masukkan sedikit bagian ujung dasi ke dalam kemeja. Serbet juga dapat dipakai untuk menutupi dasi Anda.

4. Cicipi.


Ada dua alasan mengapa sebaiknya hal ini dilakukan:
* Anda tidak tahu apakah makanan yang akan dimakan sudah cukup asin atau belum.

Jangan rusak acara makan tersebut dengan menambahkan garam pada makanan sebelum Anda tahu pasti apakah makanan tersebut sudah cukup asin atau belum bagi Anda. Karena dengan langsung menambahkan garam tanpa mencicipinya terlebih dahulu dan ternyata makanan tersebut sudah cukup asin, Anda tidak mungkin dapat menghabisi makanan tersebut dan hal ini akan memberi kesan tidak baik.

* Alasan berikut (dan hanya berlaku di pesta makan malam), menambahkan garam pada makanan di piring Anda akan memberi kesan seakan Anda tidak percaya terhadap masakan tuan rumah. Bila ditanya apakah perlu garam, minta garam dan lada, karena garam dan lada selalu berada bersama.

5. Siku Di Meja.


Meletakkan siku di meja memang nyaman tetapi hal ini tidak dibenarkan bila Anda melakukannya pada suatu jamuan makan siang atau makan malam. Hal ini memberi kesan tidak sopan. Apalagi bila kemeja yang Anda kenakan berlengan panjang. Bila terkena noda, akan terlihat jelas.

Kapan Anda boleh meletakkan siku di meja makan ? Waktu yang tepat adalah di antara dua makanan. Maksudnya, pada waktu selesai menyantap makanan pembuka dan akan masuk ke makanan utama atau pada saat selesai menyantap makanan utama dan akan melahap makanan penutup.

Anda dapat relaks sebentar sambil menantikan makanan berikutnya. Atau dapat juga pada saat Anda harus berbicara dengan teman satu meja yang posisinya tak langsung di sebelah Anda.

Letakkan siku di atas serbet dan dekatkan posisi Anda dengan lawan bicara sehingga Anda dapat mendengar apa yang dikatakannya, demikian pula sebaliknya.

Bila bicara soal etika, tidak berarti kita sedang membicarakan masalah penampilan yang menarik.

Tata krama merupakan cara untuk menghargai orang lain.

Dengan memahami etika atau tata krama, sikap kaku dan tak nyaman dapat dihindari.

Selain itu, Anda pun terkesan sopan dan amat pantas untuk dihargai.

Nah, mulai sekarang, jangan lupa menerapkan 5 aturan dasar tadi dan Anda akan melihat serta menikmati hasilnya.

Salam.

 

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

30 responses »

  1. Iksa says:

    ha ha ha makanya pakai batik saja supaya gak ribet dengan dasi
    ================================
    keren dan juga bangga makainya ya Pak….:)πŸ™‚
    cocok juga utk berbagai kesempatan.
    salam

  2. yasmin says:

    makasih bun tipsnya. table manner ini memang penting banget. kebetulan saya sekeluarga sering diundang makan malam bersama yang resmi, jadi tipsnya bunda ini sangat bermanfaat biar ngga malu-maluin hehehe …
    ============================================
    alhamdulillah, semoga bermanfaat.
    kalau ada undangan lagi, bunda diajak ya……………..:DπŸ˜€ *ngarep*
    salam.

  3. Hehehe… Menarik juga diskusi soal etika di meja makan ini. Trims sekali atas tipsnya, Bunda.πŸ™‚
    =======================================
    utk jaga2 kalau dpt undangan makan yg resmi, Mas ………….:)πŸ™‚
    salam.

  4. setelah baca tulisan ini saya jadi membayangkan…
    pada saat makan bersama kolega dari perusahaan lain, saya selalu berdiri ketika isteri berdiri, menyiapkan tempat duduknya saat dia akan duduk, merapikan tempat duduknya kembali.. padahal saat itu usia pernikahan kami sudah lewat lima puluh tahun.. huaha..
    ==========================================
    wah, niat yg bagus banget utk istri tercinta………..
    so sweet…….after years and years……..still romantic………:DπŸ˜€πŸ˜€
    salam.

  5. fatih says:

    tips nya menarik, nampak remeh tapi salah-salah bisa bikin urusan berantakan, cuma bagaimana ya kalau makan 10 orang, 5 wanita, trus beliau-beliau itu gantian ke toilet, bisa-bisa makannya jalan ditempat .he he he.
    makasih tips nya.
    ====================================
    nggak juga sih, Mas Fatih.
    itu khan hanya utk wanita2 yg duduk dikiri kanan kita saja…:)πŸ™‚
    salam.

  6. zipoer7 says:

    Salam Takzim
    Tabble manner bagi saya harus memposisikan diri lebih menjaga kesantunan, walau seumur hidup belum pernah hehehe
    Salam Takzim Batavusqu
    =======================================
    cocok, MasZipoer,
    bagaimana mempraktekkan tata krama di meja makan ya……….:DπŸ˜€
    salam.

  7. bri says:

    bundaaaaaaaaaaa^^
    salam pagii met pagiiii bunda
    bunda bri baca pelan pelan dulu nii
    tips ini emang penting
    biiaar gak ilfil temen temen
    apalagii pas sama kekasiih iaa bundaa
    __bunda senyumm…senyumm pagii^^__
    ========================================
    terima kasih senyum paginya, Bri…………
    salam.

    • bri says:

      bundaa udah banuun blom iaaa
      bundaaa apakabarr iaaaaaa
      semoaga sehat selalu..amiin
      ============================
      selamat pagi juga Bri.
      alhamdulillah bunda sehat, Bri juga ya……….
      salam.

  8. frezyprimaardi says:

    selamat dini hari menjelang subuh bunda…
    udah lama ni ga komen tempat bunda..
    lai sehat bun??

    kayak nyo tips bunda kini ko,benar2 membantu awak untuak acara makan malam bisuak…mokasi yo bun…hehe
    =====================================
    bunda lai sihaik, Frezzy.
    mudah2an bisa utk manambah ilmu saketek yo………….:)πŸ™‚
    salam.

    • frezyprimaardi says:

      bukan sihaik bunda…tapi sehat…hehe..
      minggu bisuak zi pulang kampuang bunda..ka padang..bunda nio nitip oleh2 apo ndak???
      ============================================
      bunda masih baraja zi mangece awak..
      untuang lai Zi amuah maagiah tahu……….
      terima kasiah banyak Zi, bunda ndak ado menitip oleh2 doh,
      Zi elok2 dijalan ,sehat2 yo Zi, salam kasadono yo…………:DπŸ˜€
      salam.

  9. PF says:

    Saya malah jarang makan direstoran yang penuh dengan tata krama dan etika, saya milihnya yang dipinggir aja, murah meriah pulangnya mules…
    ==========================================
    murah meriahnya, jangan pakai mules dong, Mas.
    nanti bunda diajak ya, boleh nggak?
    salam.

  10. aldy says:

    Nggak pernah diundang makan dengan relasi kok bunda, selama ini sih makanya diwarteg, jadi ya slengek’an gitu. Kali dinaikan satu keatas kursi. *jadi malu*
    =====================================
    wah, itu yg paling enak tuh Mas Aldy
    kalau bunda juga dirumah kadang2 suka naikin kaki juga………….he…..he……
    kok malah tambah nikmat ya makannya………………..
    salam.

  11. arkasala says:

    Terima kasih sekali, tips yang bermanfaat ini bisa saya peroleh juga.
    Salam kenal dulu ni Bunda.
    Salam sukses selaluπŸ™‚
    ==================================
    salam kenal juga Mas.
    terima kasih sudah menyempatkan berkunjung disiniπŸ˜€πŸ˜€
    salam.

  12. Ah, ternyata ngga asal makan aja, ya.
    Info ini penting, akan kusimpan. Bukan karena menghayal kelak aku akan jadi orang penting, tapi yah, untuk menambah wawasan kalau mau bikin novel melibatkan org-org penting.
    Makasih ya!
    =========================================
    terima kasih ayahnya Rangga.
    semoga ada manfaatnya, sekarang khan sudah jadi orang yg penting utk keluarga……….:DπŸ˜€
    salam.

  13. muamdisini says:

    terima kasih infonya bunda…
    biar kalo makan sama orang “penting” gak bingung lagi…
    tapi masih bingung milih sendoknya..
    ==============================
    selalu pilih sendok yg posisinya paling
    sebelah luar utk memulai setiap sajian, Mas.
    salam.

  14. kawanlama95 says:

    suatu ketika aku pengen nyoba makan di hotel pake tanggan ga pake sendok berani ga ya. sebab sudah sekian kali makan di hotel pada saat beberapa waktu lalu ga berani. Padahal sebagian besar orang muslim
    ======================================
    yuk kapan2 dicoba, biar waitressnya pada bingung he….he…
    salam.

  15. kawanlama95 says:

    mungkin bila acara ini sifatnya formal ya bund tapi bila sama kawan2 keknya bebas aja tapi yang penting sofran ya bund. Sebab aku pernah menghadiri jamuan makan di tempat orang elite .kita sudah sangat serius . eh malah tuan rumah bilang . udah biasa aja ga perlu resmi2 banget. wah aku dah pake garpu dan pisau eh kata tuan rumah , enak makan pake tangan aja. kan nyunah.
    aku jadi intropeksi diri. memang budya barat membuat kita secara tidak langsung menjadi agent aget mereka.
    ===========================================
    buat kita memang paling enak makan dengan tangan,
    nasinya anget2, ada sambal, lalapan, ayam goreng ……..wah benar2 nimat rasanya.
    namun, dlm keadaan tertentu perlu juga kita tahu ttg table manner ini
    pada saat ada undangan makan malam resmi.
    salam.

  16. BlogCamp says:

    Tabel manner sungguh sangat penting apalagi jika ada acara dengan orang2 penting atau setengah penting.

    Saya agak tertarik dengan point nomer 2.” Berdiri jika ada yang bangun”. Apa nggak malah menyolok kalau si dia bangun kita berdiri mbak. ha ha haaaaaak…kok kesitu terus sih arahnya Pakdeeeeeeeeeeeeeeeee.

    Salam hangat dari Surabaya
    ======================================
    idih, PakDhe sih …..kok gitu………….
    salam.

  17. sunflo says:

    wadooww…kek gtunya..?? kalo di arab sono, makannya ga pake di meja..gelaran tikar ajah sambil ngobrol seru…wuheeheheee… (kecuali kalo yg ngundang pejabat: raja or emir ..halah!…sptnya harus spt yg di atas…^^)
    ========================================
    apalgi kalau makan chicken tika ya Mbak, kudu pakai tangan deh.
    salam.

  18. blogpopuler says:

    Terkesan kaku tapi itulah yang memang etikanya.Kalau diluar itu terserah aja.hihihi πŸ™‚
    ======================================
    terpaksa atau nggak, mau bagaimana lagi,?
    salam.

  19. kalo aku ditambah 1 kebiasaan lagi, yaitu nunggu dibayarin alias di traktirin.. he he
    ======================================
    ini yg sama dg bunda ……………..:DπŸ˜€πŸ˜€
    salam.

  20. ribet yach table manner ituh, blum jenis2 sendoknyah hehehe…
    paling nyaman memang makan pake tangan, sunnah Rasul…πŸ™‚
    =====================================
    namun perlu juga Mbak, paling nggak kita tidak jadi
    satu2nya orang yg panik pas ngalamin ini.
    salam.

    • BlogCamp says:

      cukup pake sarung tanpa celana………panjang..
      ===================================
      kalau PakDhe sih, pasti sudah tahu lebih dulu masalah ini
      dari pada saya ya, khan sudah sering melanglang buana ke segala penjuru dunia ya Pakdhe…….:DπŸ˜€πŸ˜€
      salam.

      • muamdisini says:

        trus makannya sambil lesehan tanpa sendok garpu, langsung pake tangan….
        wah…lahap…
        ================================
        wah, kalau itu sih, sudah yg paling nikmat deh.
        salam.

  21. Seperti kata Bundo, aku juga lebih sering menghadiri acara makan tradisional Bunda…yang lesehan gitu, tapi info Bunda ini bermanfaat sekali untukku.Siapa tau suatu saat nanti ada aca makan formal gitu ya…
    =================================
    amin, mudah2an masih ada juga manfaat tulisan ini, Mbak.
    salam.

  22. jack says:

    pasti etiket ini banyak dilakukan orang-orang profesional dan businesman. Kalau di kondangan jarang banget memperhatikan hal yang beginian
    ==================================
    bener Bang Jay, memang utk acara makan malam resmi.
    salam.

  23. nakjaDimande says:

    aku belum pernah menghadiri jamuan makan formal begini bunda, klopun di puskesmas ada acara makan dengan tamu penting tetap saja pake konsep tradisonalπŸ˜€

    makasiy tipsnya bunda, agar aku tidak menjadi orang yg paling panik bila berada di acara perjamuan resmi itu..
    ======================================
    makan jo gulai paku, sampadeh jo randang bundoku yo
    nasi angek2, ndak nampak mintuo lalu
    (memang mintuo sadang lalok)…….he……he………
    salam.

  24. Kakaakin says:

    Hehe… beribet juga ya…
    Sepertinya untuk yg hi-class aja nih…πŸ˜‰
    =============================
    hanya sekilas info kok Kakaakin…………:DπŸ˜€
    salam.

  25. dan says:

    sepertinya ribet yah..πŸ™‚
    =========================
    kalau udah dijalani nggak kok, Mas Dan.
    salam.

  26. Triunt says:

    waw ini atitude di meja makan yah.
    waduh Triunt tipe orang yang seenaknya.
    agak susah buat disiplin ilmu yg kayak beginian BunπŸ˜₯
    =====================================
    yg enak memang dgn cara kita yg biasa ya Mas,
    makan langsung pakai tangan, mengikuti sunnah Rasul……….:DπŸ˜€
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s