Kata “gosip” kerap mendapat konotasi negatif. Para ahli bahasa Indonesia mengartikan gosip sebagai obrolan tentang orang lain. Sementara psikolog berpendapat, obrolan itu bisa berakibat baik, bisa juga berakibat buruk.

Salah satu yang melontarkan pendapat tersebut adalah Frank McAndrew, profesor di bidang psikologi dari Knox College, Amerika Serikat.

McAndrew adalah profesor yang khusus mendalami ilmu seputar perilaku heroik dan kebiasaan bergosip dari sudut pandang psikologi.

Menurutnya, kita tidak perlu terlalu mencemaskan gosip, karena ini adalah bagian dari kehidupan manusia.ย Mengapa demikian ? Sebagai manusia, kita memiliki naluri untuk berkelompok dengan manusia lain yang usia dan jenis kelaminnya sama.

Setelah menemukan kelompok, timbul keinginan dalam diri kita untuk mempertahankan keutuhannya. Salah satu caranya adalah dengan berbagi cerita. Sebab, berbagi cerita atau bergosip dapat menambah kedekatan sesama anggota kelompok itu.

Ada banyak keuntungan positif yang bisa kita dapat dari bergosip yang terungkap dalam penelitian-penelitian yang dilakukan oleh McAndrew. Beberapa di antaranya adalah:

Menjalin kepercayaan.

” Berbagi cerita pribadi, sama artinya dengan menitipkan kepercayaan. Teman yang mendengarkan seharusnya bisa menjaganya,” ujar McAndrew. Hal ini melatih kita untuk mau berbagi dan percaya dengan orang lain. Sebaliknya, kalau kita bertindak sebagai pendengar, gosip adalah ujian bagi keteguhan kita menjaga rahasia orang lain.

Menambah keakraban.

Berbagi rahasia merupakan salah satu sarana untuk mempererat hubungan. Menurut McAndrew, ketika kita menceritakan suatu rahasia, terbentuk lah ikatan psikologis antara kita dengan teman yang mendengarkan. Ini yang menyebabkan kita menganggap orang lain yang tidak mau berbagai rahasia sebagai orang luar.

Mencairkan kebekuan.

Kalau kita termasuk orang yang sulit memulai komunikasi, gosip ringan seputar kehidupan sehari-hari atau gosip tentang orang terkenalย  bisa menjadi senjata ampuh untuk mencairkan kebekuan suasana.

McAndrew menyebutnya ” The Power of the Particular “. Adanya kesamaan pemahaman akan satu hal bisa membuat dua orang yang tadinya tidak begitu akrab menjadi lebih dekat.

Mengontrol perilaku.

Gosip dapat menjadi sarana ampuh bagi kita untuk lebih mawas diri dan tidak bertindak di luar norma masyarakat. Menurut McAndrew, gosip juga bisa menjadi semacam sarana ” belajar ” bagi para remaja.

” Orang-orang muda menyerap begitu saja banyak hal dari gosip seputar kisah kehidupan orang terkenal. Mereka menjadikan para selebriti sebagai panutan. Ini terlihat dari bagaimana para remaja meniru role model-nya. Mulai dari cara berpakaian, cara mereka menjalani hubungan asmara, hingga perilaku mereka di dunia sosial, ” papar McAndrew.

Melatih nalar.

Banyak informasi yang kita dengar, belum tentu semuanya benar. Sebab itu, kita perlu menyaring mana yang hanya rumor, dan mana yang fakta. Mana yang merugikan, dan mana yang bermanfaat. Inilah yang disebut sebagai latihan nalar dan kecerdasan.

3 aturan bergosip positif.
Gosip yang sehat itu tak mustahil dilakukan. Mari kita pelajari caranya melalui kisah berikut ini:

Suatu hari, filsuf terkenal Socrates bertemu dengan seorang pria. Setelah mengucapkan salam, sang pria berkata :” Tahukah Bapak, apa yang baru saya dengar mengenai salah seorang teman kita ?”

” Tunggu sebentar,” jawab Socrates.

” Sebelum kamu bercerita, saya ingin mengajukan tiga pertanyaan terlebih dulu. Pertanyaan pertama, apakah kamu bisa memastikan bahwa berita itu memang benar terjadi dan bukan sekadar kabar burung ?”

Pria itu menjawab, ” Tidak. Saya baru saja mendengar berita itu dan belum sempat memastikan apa pun tentangnya.”

Socrates mengajukan pertanyaan kedua : ” Apakah cerita yang akan kamu sampaikan berisi kebaikan orang lain ?” Sekali lagi pria itu menjawab tidak.

Sang filsuf mengajukan pertanyaan terakhir : ” Apakah cerita itu akan berguna buat saya, kamu, atau orang lain ?” Lagi-lagi, pria teman Socrates menjawab tidak.

” Kalau begitu,” simpul Socrates : ” Jika apa yang akan kamu katakan tidak benar, tidak baik, dan tidak berguna, sebaiknya kamu simpan cerita itu di dalam hati saja. Lain kali saringlah setiap kata dari mulutmu dengan tiga aturan itu.”

Salam.

Dari : berbagai sumber.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

12 responses »

  1. ningrum says:

    hehe Bun, kalo beritanya benar, berisi kebaikan dan berguna buat orang lain, kita ganti aja namanya jadi berbagi pengalaman atau sharing๐Ÿ™‚
    =================================
    itu lebih cocok ya ,Mbak Ningrum…………:D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    salam.

  2. akhlis says:

    Bagus juga nih tips bergosip. Tambah getol ngegosip nh aku..hehe
    ========================================
    gosip ala Socrates ya Mas……..:)๐Ÿ™‚
    salam.

  3. semuanya: setuju!๐Ÿ™‚
    ==========================
    yang lainnya…………..?????
    setuju juga……:)๐Ÿ™‚
    salam.

  4. sunflo says:

    ah…asal ga ngomongin kejelekan org lain ajah ya bund, ngegosipin diri n lawan bicara aja, kek asyik tuuh..bisa instropeksi…bisa cekakak cekikik…( jd ingat ma sobatku di indo neh, aq juga suka ngegosip ma dia…ttg kami ajah sama hobi kami, mlihara ikan ma tanaman hias..hehehe…^^)
    =====================================
    kalau berbagi kayak gitu malah lebih senang ya Mbak,
    malah kadang2 dapat ilmu baru juga dr teman2 kita ya…..
    salam.

  5. Kakaakin says:

    Mari kita ikuti tata tertib bergosip dari Socrates…๐Ÿ™‚
    ===================================
    siap…….., segera dilaksanakan………..!!!:D๐Ÿ˜€
    salam.

  6. zipoer7 says:

    Salam Takzim
    Saya tertarik dengan 70% pendapat McAndrew sebagai manusia yang dibatasi dengan berbagai larangan ghibah, kecuali ghibah khasanah. Dan semua penyampaian tentang gosip sering saya rahasiakan. karena saya takut penyampainnya akan menimbulkan kesan yang tidak baik
    Salam Takzim Batavusqu
    ===================================
    Mas Zipoer mamang sahabat yg bijak,
    senang rasanya bisa bersahabat denganmu, Mas.
    salam.

  7. vizon says:

    menceritakan sesuatu yang tidak ada poinnya memang tidak berguna bunda, tapi menceritakan sebuah kejadian yang mungkin di dalamnya melibatkan orang lain baik juga bila poin yang ingin disampaikan adalah hikmahnya. dan sebisanya, tidak menyebutkan secara detail para aktor yang terlibat. artinya, tetap fokus pada poin hikmah dari kejadian itu. gosip seperti inilah yang menurut saya boleh kita lakukan…๐Ÿ˜€
    =========================================
    setuju sekali, Nyiak.
    dengan begitu kita hanya perlu mengambil pelajaran berharganya saja ya,
    tanpa perlu menyebutkan orangnya.
    salam.

  8. muamdisini says:

    dengan bergosip seharusnya melatih sikap skeptis kita bunda…
    ==============================
    yg penting gosipnya positif ya, Mas.
    salam.

  9. dan says:

    Membicarakan kebaikan orang lain, itu boleh.
    Membicarakan aib / kejelekan orang lain / menyebarkannya, itu dosa besar.
    Ada pengecualian, misalnya ketika bersaksi di pengadilan atau ketika minta nasehat/pertolongan tentunya ini hal yang darurat, berbeda dengan gosip yang karena iseng atau utk kesenangan saja. Dan lain-lain.
    Jadi jika gosip itu membicarakan kebaikan orang lain maka positif, jika menyebarkan aib/keburukan orang lain maka negatif kecuali ada hal2 yang penting/mendesak dan bermanfaat.
    begitu yah?
    ==============================================
    seratus utk Mas Dan………….:D๐Ÿ˜€
    salam.

  10. digosok semakin sipp
    beda ngegosip dan ngerumpi apa yah?
    selalu ada ide dan artikl menarik setiap berkunjung ke kedai bunda ini, salam buat semua keluarga
    ===================================
    terima kasih, salam hangat juga utk keluarga…….:D
    salam.

  11. nakjaDimande says:

    pengen ngajakin bunda lily ngegosip aahhh, ttg pak Mars saja ya bun *sttt hanya antara kita berdua bun๐Ÿ˜›
    ====================================
    oh, Bundoku…………., keburu datang yg mau digosipin………:)๐Ÿ™‚
    salam.

  12. marsudiyanto says:

    Malam2 mau ikut nggosip, tapi ternyata masih sepi…
    Jangan2 pada nggosip di tempat lain ya…๐Ÿ˜€
    =============================
    he….he….Pak Guru…..:D๐Ÿ˜€
    lagi gosipin Pak Guru nih sekarang…………:D
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s