View Image

Pernahkah Anda mengalami bad mood pada pagi hari, yang kemudian mempengaruhi performa Anda sepanjang hari ?

Jalanan mendadak macet karena ada galian, rekan kerja tidak masuk sehingga pekerjaan menumpuk, bahkan makan siang pun tidak sesuai pesanan.

Kenapa segala sesuatu rasanya menjadi salah, ya?

Percayalah, bila Anda mengawali dengan lima kebiasaan baik ini, dijamin Anda akan selalu menjalani hari-hari yang menyenangkan.

Regangkan badan saat bangun tidur.

Ketimbang Anda memejamkan mata lagi atau melamun sambil “mengumpulkan nyawa” saat bangun tidur, lebih baik regangkan tubuh Anda.

Regangkan jari-jari tangan, kaki, lalu putar pergelangan kaki Anda. Ngulet membuat peredaran darah menjadi lancar. Menguaplah sepuas-puasnya untuk menghirup sebanyak mungkin oksigen.

Minum air putih sebelum sarapan.

Saat bangun tidur tubuh kita mengalami dehidrasi. Buktinya, Anda pasti merasa haus. Kondisi dehidrasi sebenarnya dapat memperlambat metabolisme.

Karena itu sebelum menikmati teh manis, susu cokelat hangat, dan roti, minumlah lebih dulu segelar air putih. Menurut jurnal Obesity, sel-sel yang terpenuhi kebutuhan airnya tidak hanya bekerja lebih baik, tetapi juga membantu membuang lemak.

Sarapan yang mengandung protein.

Sarapan adalah makanan paling penting dalam sehari. Dengan sarapan, Anda akan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari karena sebagian calorie intake disisihkan untuk pagi hari.

Sarapan juga membuat Anda dapat berpikir lebih baik dan lebih mampu berkonsentrasi. Yang penting masukkan makanan yang mengandung protein ke dalam menu sarapan Anda.

Sesuaikan porsinya dengan kapasitas perut Anda. Terlalu kenyang juga akan membuat Anda mengantuk.

Biarkan sirkulasi darah lancar.

Berangkat ke kantor dengan menempuh perjalanan selama dua jam memang membuat tubuh menjadi tidak bugar. Biasakan untuk berolahraga ringan pada pagi hari, karena metabolisme yang lancar juga akan menjauhkan stres dari diri Anda.

Olahraga pagi juga menjadi cara yang baik untuk memastikan tubuh Anda siap “bertarung” dengan jadual yang padat sepanjang hari. Tak perlu mencari tempat yang jauh atau waktu yang lama. Cukup lakukan latihan ringan selama 10 menit untuk melancarkan peredaran darah.

Secangkir kopi saja.

Banyak yang mengatakan bahwa kopi dapat meningkatkan konsentrasi, atau membantu Anda bekerja lebih baik. Namun, jangan mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Secangkir kopi pada pagi hari (atau sore hari, tergantung kenyamanan Anda) sudah cukup. Kafein berlebih akan membuat Anda gelisah dan meningkatkan detak jantung Anda.

Sebagai gantinya, nikmati saja secangkir teh hijau.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

29 responses »

  1. tiwi says:

    Waah…boleh juga buat Tiwi Bunda ya????
    tapi..kopinya kan diganti sama teh hijau, nah..Tiwi nggak suka kopi nggak juga suka teh hijau..kalo diganti susu boleh, Bunda??
    salam sayang dari Bangka
    ================================
    boleh dong Tiwi..:)🙂
    apa sih nggak boleh kalau utk Tiwi cay……….
    Salam.

  2. Iksa says:

    Ha ha bangun pagi langsung buru-buru siram kembang sebelum matahari nongol ..
    ================================
    wow, Pak Iksa rajin banget,
    pasti kebun bunganya…..keren…………:)🙂
    salam.

  3. segera dicoba tips bagus ini… semoga berhasil. trims share nya ya bunda
    ================================
    semoga bermanfaat…………:)
    Salam.

  4. kolojengking says:

    Apa kabar bunda?

    InsyaAllah triknya dicoba besok pagi bunda…🙂
    ================================
    apa kabar Mas Kojeng ?
    senangnya…………………….:D😀😀😀 sahabat lama datang…………
    silakan….silakan….duduk dulu Mas Kojeng……………:)🙂
    semoga selalu sehat ya, salam hangat utk Dinda Bestari.
    salam.

  5. adin says:

    bangun tidur…tidur lagi..bangun lagi…tidur lagi…hehehe…becanda…tapi saya biasanya baru bener-bener bangun tu ya sekitar jam 7.30 pagi…hehehe…nek kepagian biasanya di kantor jadi cepet ngantuk…mungkin kebiasaan dan pola hidup saya terlanjur salah…tapi masih bisa diperbaiki sih…makasih infonya…
    =========================================
    paling nggak adaptasinya pelan2 ya Mas………………:)
    salam.

  6. zipoer7 says:

    Salam Takzim
    Kalau saya karena kebanyakan komentar di blog sahabat bisa jadi segar, kenapa ya
    Salam Takzim Batavusq
    ================================
    itu kayaknya gejala penyakit semua blogger ya Mas………….:D😀😀
    salam.

  7. zulhaq says:

    saya, tiap bangun tidur selalu minum air putih
    kalo kopi, gak suka. mending teh hiaju deh🙂
    ===================================
    kita sama dong……………:D😀
    bangun tidur minum air putih, lalu ngopi secangkir.
    the rest air putih dan teh hijau………….
    Salam.

  8. aldy says:

    Ini pembahasannya sudah sama dengan ahli gizi.
    Yang ada sulit mungkin Kopi bunda, mana cukup cuma satu cangkir, kayak satu hari perlu 3 cangkir besar kopi + 3 bungkus Rokok.
    =========================================
    kalau memang tdk masaalh dgn kopi dan rokoknya
    nggak apa apa kok,Mas.
    lanjutkan…..:)🙂🙂
    salam.

  9. Kakaakin says:

    Hehe… waduh, Bun… sepertinya tak satupun yang merupakan kebiasaan saya… Kecuali ngulet tentunya…:mrgreen:
    ====================================
    Kakaakin pasti lebih tahu yg terbaik dr pada yg ini ya………….:)🙂
    salam.

  10. mase mungil says:

    mmmh bunda….
    br yg pertama sama yg kedua nih yg bisa dilakuin…
    hihihihi.. mo sarapan males…
    =================================
    ayo dong Mas, mulai sarapan……….
    nanti bunda paksa lho…………….*maksadotcom*😀😀
    salam.

  11. Trims atas tipsnya, Bunda. Kebiasaan ngopi yang agak banyak itu yang susah saya hilangkan. Memang terasa efeknya. Gelisah. Ada juga seorang fakar komunikasi mengatakan, kalau sedang pidato atau memberi materi di mimbar atau seminar, jangan minum teh atau kopi, air putih saja. Itu akan membantu kita rileks dan berpikir lancar menjawab pertanyaan2 audiens. Akan coba saya kurangi ngopinya, Bunda. Salam hangat…🙂
    ============================================
    alhamdulillah, dapat ilmu lagi dr Mas Sudes……….:D😀
    terima kasih telah berbagi……….
    memang air putih baik ya utk segala kesempatan.
    salam.

  12. iskandaria says:

    Kalo kebiasaan saya BUN, tiap abis bangun pagi pasti saya langsung minum air putih 2 gelas. Efeknya sangat bagus buat melancarkan BAM, membuang racun dalam tubuh, dan bahkan untuk awet muda😀
    ==================================
    utk yg terakhir bunda mau ikutan juga,Mas……………:D😀😀
    salam.

  13. yangputri says:

    bunda ! nice tips deh, ntar aku coba dan hasilnya akan ku laporkan ke bunda
    ================================
    semoga bermanfaat ya Yank……………..:)🙂
    salam.

  14. muamdisini says:

    hmm, jadi ingat dulu kalo ngulet pas bangun tidur dimarahi..
    katanya begitu perbuatan malas,,,
    apa benar begitu bunda?…
    ==================================
    Mas Muam khan bukan pemalas,
    buktinya selalu rajin menyambangi bunda ……………….:D😀😀
    salam.

  15. marsudiyanto says:

    Dari 5 itu kok nggak ada “buka blog” ya…
    Masalahnya saya nggak nyaman regangkan badan, nggak segar minum air putih / kopi, belum enak sarapan kalau belum buka blog…
    Gimana ini Bun…
    =====================================
    kalau buka blog kan sudah termasuk ”upacara ritual” harian
    semua blogger Pak Guru…………………:D😀
    salam.

    • Kakaakin says:

      Kadang saya malah lupa matikan lappy dari malam, pak…
      Jadi Online terus… padahal sayanya tidur dengan suksesnya…🙂
      ==================================
      sang lappy sukses juga begadangnya……………..:D😀
      salam.

  16. haris ahmad says:

    makan sekuteng pake kolang kaling
    Ogut cuma mao blogwalking
    ==============================
    silakan blogwalking sambil makn kolang kaling ya Gut…………..:D😀
    salam.

  17. sunflo says:

    iya neh bunda, kadang bad mood menyambang…coba nanti dipraktekin dech…barang kali bisa membantu menumbuhkan semangat tuk memulai aktivitas…makasih infonya bunda…^^
    =======================================
    kalau bunda lihat, kok kayaknya Mbak Sunflo
    nggak pernah bad mood ya, selalu semangat terus…………..:D😀
    Salam.

  18. nakjaDimande says:

    makaciy bundaa.. dan kumulai hari ini denagn memandang langit biru..!🙂
    ===================================
    sebiru ilalang di rumah bundoku cay………..:)
    salam.

  19. dasir says:

    Kesembilan, itu bagi yang kerja pagi bun. Kalau kayak saya yang kerja sore bgmn?
    =====================================
    bisa dimulai dgn niat yg lurus dan semangat, Mas.
    Salam.

  20. dasir says:

    Kedelapan, assalamu’alaikum
    ========================
    walaikumsalam.wr.wb
    lho ………….. pertamaxnya manna……………?
    salam.

  21. inzpiratif says:

    Sekedar nambahin, bangun jangan telat. Coz, klo dah bangun telat bawaannya dah males duluan
    =========================================
    bener juga Mas,
    terus jadi grasa grusu nggak puguh ya.
    terima kasih utk tambahan masukkannya, Mas.
    Salam.

  22. callme eno says:

    Aslkm bundaaaaaaaaa…..^_^

    wah…dah lama ga kerumah bunda….jd kangen, alhmd kunjungan kali ini disuguhi sayur asem…hehe ^^ tp sayang nya ga smpet nyicipin…hiks hiks hiks :((

    bunda blog nya kok bisa turun salju???gmn caranya???? share dunk bund ilmu nya….^_^
    ==================================================
    Walaikumsalam.wr.wb Mbak Eno.
    nanti deh dikirimin sayur asem yg enak ya…………….:)🙂
    salju bunda dapat dr word press kok Mbak Eno,
    dr news2 yg dibagi2kan kemarin, tinggal klik saja disana.
    salam.

    thx bunda..

  23. JakaPrasetya says:

    Hmm,, tapi kalo bersumber dari pikiran yang gak tentu pasti beda dong bunda, *lagi ngerasa gitu soalnya🙂
    ============================================
    kenapa gak tentunya ,Mas?
    ayo dong semangat ya…………..:)🙂
    salam.

  24. Badruz says:

    Mantap Bunda tipsnya. yang terakhir itu, paling saya tidak bisa, nggak biasa ngopi Bunda, teh juga jarang. paling maknyus…ya air putih dingin, he..😆
    ===========================================
    air putih juga khan sangat baik utk kesehatan,Mas.
    bunda kalau ngopi hanya pagi saja,
    selebihnya minum teh hijau dan air putih.
    salam.

  25. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    nambah sedikit.

  26. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Pernah banget, Bun.
    Keknya tipsnya layak dipraktekin.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s