Jangan kira semua aktivitas menyehatkan benar-benar membuat Anda sehat. Untuk beberapa kebiasaan, hal itu justru bisa membuat Anda sakit. Apa saja kebiasaan itu ?

Menurut Dr. Erika Schwartz, Medical Director of Cinergy Health yang dikutip dari Huffington Post, ada 6 kebiasaan umum yang dianggap orang menyehatkan tapi sebenarnya tidak, bahkan kebiasaan itu akan membuat Anda sakit.

1. Olahraga berlebihan.


Tubuh dan pikiran sebenarnya tidak membutuhkan 30-45 menit selama 3-4 hari seminggu untuk melakukan aktivitas yang menyehatkan. Olahraga atau aerobik sebaiknya tidak dilakukan berlebihan, cukup dilakukan ketika hari libur jika ingin benar-benar berolahraga.

Olahraga yang berlebihan hanya akan membuat Anda keletihan dan mudah sakit. Tapi jika ingin berolahraga tiap hari, sebaiknya cukup jalan kaki atau yoga. Olahraga berenang, tenis, golf atau olahraga tim bisa dilakukan sebulan sekali.

2. Menghindari sinar matahari.


Mencegah terkena sinar matahari sama saja dengan mencegah masuknya vitamin D ke dalam tubuh. Padahal vitamin D sangat penting untuk tubuh dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sinar ultraviolet dari matahari memang bisa merusak kulit, tapi sebaiknya jangan menjadi takut berlebihan juga sampai-sampai tidak mau terkena sinar matahari.

Penggunaan lotion pelembab juga sebaiknya tidak terlalu berlebihan karena akan menghalangi masuknya sinar matahari ke kulit. Satu-satunya bagian tubuh yang perlu perlindungan hanyalah wajah.

3. Selalu menggunakan gel atau sabun khusus antibakteri.


Produk-produk antibakteri memang bisa mencegah seseorang dari kuman, bakteri atau virus. Tapi penggunaan yang terlalu sering justru akan melemahkan antibodi tubuh.

Zat antibakteri tidak hanya akan membunuh bakteri jahat tapi juga bakteri baik yang sebenarnya berguna untuk menyeimbangkan flora bakteri dalam tubuh. Gunakanlah produk tersebut dengan wajar dan berhentilah menjadi seseorang yang ingin selalu bersih setiap saat.

4. Kelebihan atau kekurangan tidur.


Rata-rata orang butuh sekitar 8 jam per hari untuk tidur. Jika Anda kurang atau terlalu banyak tidur dari jam seharusnya, tubuh tidak akan bisa berpikir, berproses dan berfungsi secara optimal.

Bahkan beberapa studi menyebutkan bahwa jam tidur yang kurang atau lebih tidak baik untuk kulit, menyebabkan pusing, depresi dan nafsu makan bertambah.

5. Berada di ruangan AC terus menerus.


Meskipun AC baik untuk mencegah seseorang dari gejala pusing atau pingsan akibat kepanasan, tapi sebaiknya jangan terlalu banyak menghirup udara AC. Kandungan udara dingin yang terdapat pada AC mungkin mengandung banyak bakteri dan partikel kotor lainnya.

Setiap jamnya sebaiknya matikan AC, buka jendela, jalan ke luar ruangan dan hiruplah udara segar. Jangan lupa bersihkan penyaring AC dengan air hangat dan sabun setiap bulannya.

Jika Anda berada di ruangan kantor yang full AC, bawalah jaket untuk menjaga suhu tubuh jika udaranya terlalu dingin, keluarlah dari kantor setidaknya untuk makan siang atau jajan sore.

6. Mengonsumi makanan organik.


Tidak semua makanan yang berlabel organik ternyata benar-benar organik, karena banyak yang masih menggunakan pestisida. Bukan hanya harus mengeluarkan uang lebih banyak, tapi Anda juga berisiko tertipu dengan label tersebut.

Makanan tidak perlu organik untuk disebut sebagai makanan sehat. Dengan penanganan dan pengolahan yang tepat, risiko makanan terkontaminasi zat asing pun diatasi.

Salam.

Sumber: health today.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

44 responses »

Comment navigation

  1. zulhaq says:

    point 4 dan 5, adalah kebiasaan hari hari saya.
    sering kurang tidur, kalo dah libur kebanyakan tidur
    nah, pagi sampe pagi di ac terus….makanya gampang flu🙂
    gak suka olahraga pula
    ==========================================
    Semoga selalu sehat ya Mas Zul,
    dan tetap semangat dlm beraktivitas.
    bunda juga kalau olah raga ,kadang2 hangat2 t** ayam gitu……….:)🙂
    salam.

  2. akhlis says:

    Hmm,aku kok orangnya agak hypokondria gitu bunda. Hehe, agak2 maniak bersih,tapi ga terlalu ekstrim kok.
    Ternyata betul juga kata Spice Girl, Too much is as bad as too little, ya kan bun? Jadi inget Vety Vera, yang sedang2 saja… ^_^
    =====================================
    suka lagu dangdut juga ya Mas Akhlis………….
    Salam.

  3. sobatsehat says:

    tambah info nih saya. makasih bundo…………
    ==========================
    sama2 terima kasih juga Mas Putra,
    semoga bermanfaat.
    salam.

  4. Iksa says:

    Iya Bunda jangan berlebih … nanti bukan sehat malah sakit

  5. paraden says:

    poin 3 ama 4 cocok banget buat akuu.
    badanku malah rusak gara2 pake sbun anti bakteri.
    =============================
    krn bakteri baiknya ikut tergusur ya Paraden……….
    salam.

  6. dedekusn says:

    Beberapa diantaranya sering saya lakukan Bunda, terima kasih peringatannya.
    =================================
    ada juga beberapa yg bunda lakukan juga..he……..he……..
    salam.

  7. Waduh masuk point 3,4,5 nih.. berarti musti ganti sabun en ubah pemikiran pakai sabun antibakteri biar bersih dari bakteri nakal..(hikz bakteri baik juga ilang ternyata..). Atur waktu dgn baik biar gak sering begadang ngejar orderan pelanggan. Jangan malas keluar kantor untuk makan siang biar ktemu mr. sun. Makasih banyak tipsnya ya bun..
    =========================================
    he….he…..begadang jangan begadang kata Oma Irama…….
    semoga bermanfaat tips ini, Mbak.
    Salam.

  8. oelil says:

    Dan masing2 tubuh juga punya daya adaptasi sendiri2 sesuai kemampuannya ya bunda…. kalo saya saat ini bermasalah dengan yg point 4 je
    saya disinyalir terkena “tumor” alias tukang molor….hehehehe
    ========================================
    he….he…..khan nggak apa2 Mas Oelil,
    tidur juga adalah salah satu nikmat,
    dr pada orang2 yg insomnia……..
    Salam.

  9. blogpopuler says:

    hal-hal tersebut diatas sering kita lakukan, ternyata ada salahnya juga rupanya.Trims bunda
    ======================================
    kalau berlebihan memang tdk baik jadinya, Mas.
    salam.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s