Sejak lama, madu diagung-agungkan sebagai pemanis alami yang baik bagi kesehatan kita. Selain karena rasanya yang nikmat, konsumsi madu yang banyak juga tak akan menimbulkan efek buruk bagi tubuh kita di masa mendatang.

Ini yang membuatnya jauh lebih unggul dibanding jenis pemanis lainnya. Sebagai pelengkap makanan, madu juga mampu menahan kelembapan apabila dioleskan di permukaan makanan.

Hasilnya, hidangan tersebut tak akan cepat kering atau kusam. Kelezatannya pun terjaga lebih lama.

Di pasar swalayan, kita bisa menemukan bermacam-macam jenis madu.

Ada yang cair, ada pula yang kental. Secara umum, kita bisa menandai bahwa madu yang berwarna coklat gelap biasanya memiliki rasa manis yang lebih kuat. Ditambah lagi, kandungan antioksidannya lebih banyak ketimbang madu yang berwarna emas terang.

Banyak orang mengonsumsi madu sebagai pemanis dalam teh atau jenis minuman lain. Selain itu, kerap digunakan sebagai pengganti selai saat menyantap roti.

Yang jarang kita tahu, madu juga cocok ditambahkan pada jenis hidangan lain, seperti saus barbecue, sup kacang, salad buah maupun sayur.

Maka, segeralah beralih pada madu untuk memuaskan selera kita akan makanan bercita rasa manis. Tinggalkan gula buatan yang selama ini kita konsumsi.

Menjaga kualitas madu.

* Simpan dalam tempat bersuhu ruang, dan terhindar dari pancaran sinar matahari langsung. Jangan menyimpannya di lemari es, agar komposisi madu tak berubah, dan kandungan gizinya tak rusak.

* Jika madu yang disimpan dalam stoples tampak mengkristal, masukkan stoples ke dalam mangkuk berisi air panas. Goyangkan terus hingga madu yang mengkristal tampak mencair kembali.

* Saat menyendok madu, lapisi dulu permukaan sendok dengan sedikit minyak. Madu jadi tak menempel lama di sendok.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

28 responses »

  1. Iksa says:

    Madu yang pemrosesannya bagus memudahkan penyimpanan. Kalau tidak… bisa kerepotan Bunda ..

  2. zulhaq says:

    kalo saya terbiasa menyimpannya dalam botol aqua. maklum, belinya di kampungπŸ™‚
    =====================================
    yg penting, jgn masuk ke kulkas ya Mas Zul.
    Salam.

  3. frezyprimaardi says:

    aku ga suka madu bun..gimana gitu rasanya…huhu
    padahal semua keluargaku suka madu..aku aja yang engga…
    =============================
    nggak apa2 kok Mas,
    dicoba saja sedikit2 dulu,
    nanti lama2 juga bisa suka,
    alah bisa krn biasa kata pepatah.
    salam.

    • frezyprimaardi says:

      iya seh b un…tapi udah dari sma di coba-coba…ampe sekarang masih aja ga demen ma yang namanya mabu..mungkin saya nya kali bun..punya lidah yang aneh…
      ================================
      nggaklah, kan masing2 dari kita pasti
      ada yg suka atau nggak suka dengan makanan tertentu,
      jadi, biasa sajalah nggak usah dipaksakan…..:)πŸ™‚
      toh masih ada yg lain yg bisa dimakan sekaligus bermanfaat.
      salam.

  4. callme eno says:

    hmmm panggilan honey kan artinya jg madu ya bund…^_^
    ===============================
    jadi, jangan mau kalau dipanggil honey………….:)πŸ™‚πŸ™‚
    salam.

    • enozone says:

      hehe bener bund…so enaknya dipanggil apa dunk bun???? *sambil mikir nyari ide u/ panggilan baru
      ===============================
      *ikiut2an nyari ide*…………@@@@####^^^&&………
      salam.

  5. haris ahmad says:

    perempuan paling nggak suka sama madu he he he
    =============================
    madu yg berjenis kelamin ya……???
    Salam.

  6. wi3nd says:

    hwaa..aku ju9a salah neeh,nyimpennya dikulkas,bisa wat obat ju9a bunda,klu mu flu biasana aku minum madu dicampur cenkeh,ju9a bisa wat masker wajah hehe
    ==============================
    bunda juga kadang2 pakai utk masker,
    tapi memang sudah keriput ya……….tetap saja …………:)πŸ™‚
    salam.

  7. Pakde Cholik says:

    Dulu dikantor ada yang suka menjajakan madu, katanya asli, kami selalu membeli. harganya 20 ribu/botol 1 liter.
    Madu konon sebagai obat untuk aneka penyakit.
    Lagu Mandi Madu juga menjadi obat jika ada yang badannya sakit-sakit karena sudah lama tidak njoget.
    Lagu Madu dan racun memberikan pilihan, mana yang akan diberikan oleh sang kekasih.
    Orang Jawa mengatakan ” Pait Madu” berarti maniiiiis sekali.
    Salam semanis madu dari Surabaya.
    ===================================
    he….he….asal jangan di madu ya PakDhe………..
    Salam semanis madu juga PakDhe.
    salam.

  8. Triunt says:

    di tempat saya bnayk sekali yang jualan madu murni.
    tapi kenapa ya madunya banyak dikerubuti semut❓
    katanya kalo madu murni kagak bakal dikerubuti semut ya.
    ================================
    yang bunda tahu sih, kalau madu dikerubutin
    semut, semutnya langsung mati, itu yg asli.
    salam.

  9. ajikinai says:

    tapi rasanya pasti agak aneh bagi yang ga biasa konsumsi madu, soalnya selalu pakai gula sih…
    ================================
    memang benar Mas, alah bisa krn biasa.
    salam.

  10. atmakusumah says:

    Madu salah satu bukti kebesaran Allah dari lebah…banyak khasiatnya…
    Makasih Tipsnya Bun…
    O ya, katanya salah satu ngetes madu itu asli atau tidak, katanya dengan cara dibakar, betul ga Bun…?
    salam
    =============================
    wah, bunda baru dengar tuh,
    tapi mungkin saja ya.
    ada yg bunda tahu, kalau dikerubutin semut, lalu semutnya mati,
    itulah madu asli, Mas Atma.
    salam.

  11. Kakaakin says:

    Menyapa Bunda di dini hari yg dingin karena hujan…
    Assalamu’alaikum…
    Madu memang sangat berkhasiat… Di rumah saya selalu ada madu, biasanya dipakai om saya buat campuran jus bengkudu… Tapi, walopun ditambah madu, tetep aja saya gak bs minum jus bengkudu itu…bau… mmph…:mrgreen:
    ===============================
    he…he….sama dong Kakaakin, bunda juga nggak suka
    jus mengkudu, bau……:(😦😦
    minum madunya saja…..
    salam.

  12. Hariez says:

    malam Bunda..πŸ˜€ malu rasanya melihat Bunda yang setiap hari update terus sedangkan saya selalu tertinggal jauh dibelakang😳

    yapzz kebetulan saya juga selalu menyimpan madu yah tadinya hanya sekedar untuk berjaga-jaga jika putri kecil saya minta madu. Namun jika dipadukan dengan berbagai hidangan justru saya baru tahu lho Bunda, ternyata memang bisa ya ?

    ya saya pernah tuh Bunda menyimpannya di dalam lemari es walhasil hehe..bukan mengkristal lagi tapi nda bisa menetes lagi:mrgreen: akhirnaysaya pakai cara yang Bunda sebutkan dengan menggoyang-goyang di dalam air panas hingga mencair kembali tapi nda tahu apa masih berkhasiat apa ngga:mrgreen:

    -salam- ^_^
    ================================
    duh, Mas Hariez terima kasih atas komplimennya,
    kalau lagi rajin, ya kayak gini,
    kalau lagi males, sama saja kok
    bunda rasa tetap berkhasiat, hanya berkurang salah satu vitaminnya,
    kalau ditaruh diluar msh bisa tahan 3 bulan Mas .
    salam hangat utk keluarga ,
    salam.

  13. sobatsehat says:

    bunda, di tempat saya bangka belitung disamping pantainya indah2. ada madu yang rasanya pahit. konon lebih berkhasiat untuk kesehatan. yang disebut madu pelawan.
    ================================
    oh, jadi bener ya , ada madu yg pahit,
    terima kasih utk infonya Mas Putra.
    jadi bertambah lagi ilmu bunda…………..:)πŸ™‚πŸ™‚
    salam.

  14. saya ampe sekarang masih midum madu minimal sendok sehari bun…
    tapi emang susah sekarang nyari yang asli…
    ==========================
    bener Mas, mau madu yg asli kayaknya susah,
    kebanyakan sudah dicampur ya.
    bunda juga tiap hari minum 1 sendok,
    lama2 jadi kebiasaan.
    salam.

  15. isnuansa says:

    Berarti selama ini saya salah ya Bund, nyimpennya di kulkas. Yah, semua barang yang bisa dimasukkan kulkas saya masukin aja…
    ============================
    jadi, sekarang madunya dah taruh diluar kulkas kan,Mbak Nunik………?
    salam.

  16. agoesman120 says:

    Madu berasal dari sari-sari bunga.. bunga akan menghasilkan buah dan biji untuk dijadikan cikal bakal tanaman lagi…jadi wajar madu mempunyai banyak manfaatnya..
    Salam Hangat

  17. Oelil says:

    kita harus berterima kasih pada tawon2 yg ngu,pulin madu itu bunda…lebih lagi bagi YG NYiptain tawon itu ya

    saya sudah kembali lagi bunda…
    ==================================
    Welcome back, Mas Oelil………..
    senangnya sahabat lama sudah datang kembali,
    semoga selalu sehat ya Mas Oelil…….:)πŸ™‚πŸ™‚
    salam.

  18. ipul says:

    madu??? saya ragu nih mau konsumsi madu . yang asli amma yang palsu hampir ga ada bedanya…..
    =====================================
    kita mempunyai banyak pilihan di supermarket, Mas.
    madu sangat bermanfaat utk tubuh.
    salam.

  19. belum bisa merasa suka dengan madu kalo diminum langsung. apalagi kalo dicampur telor mentah….eneg, tapi kalo udah jadi campuran seperti di saus, mau juga bunda. oh ya…katanya ada juga ya madu yang rasanya pahit
    =================================
    masak iya Mbak Desri ?
    kok bunda baru denger, madu dr apa ya ?
    apakah dr lebah juga ?
    salam.

  20. akhlis says:

    Madu atau ‘madu’, bun? hehe. Kayak lagu dangdut aja ..”Aku tak mau dimadu”. (Kok malah mpe poligami)
    Kayaknya postingan ini harus bunda follow-up dg tips membedakan madu asli dan palsu. Pasti banyak yg baca deh bun.
    kalau aku sih daripada susah2 bedain madu mana yg asli ato ga, mending pelihara sekoloni lebah madu aja di rumah. hehe…Pasti madunya asli.Tapi mau makan di mana tuh lebah2…ga ada taman/hutan/bunga2an di sekitar rumah.haha. Nanti ga ngeluarin madu, malah zat2 beracun ..^_^
    Ah, daripada pusing2, pilih ‘madu’ yang cantik aja ^_^
    ===================================
    nanti bunda akan bilang sama calonnya Mas Akhlis,
    jangan mau ”dimadu”
    Salam.

  21. ABDUL AZIZ says:

    Terima kasih infonya Bu. Saya suka menyimpan madu di lemari es, tidak tahu kalau gizinya bisa berkurang. Saya biasa mengkonsumsi madu Pramuka, walaupun mungkin tidak 100% asli, tapi lumayanlah. Kekuatan madu kalau tidak disimpan di lemari es bisa tahan berapa lama ya Bu ?
    Terima kasih Bu.
    Salam buat keluarga.
    ======================================
    memang kita tdk bisa banyak berharap utk mendapatkan
    madu asli Pak Aziz,saya sendiri selalu membeli di supermarket saja.
    kalau ditaruh diluar bisa tahan sampai 3 bulan Pak Aziz.
    salam.

  22. Badruz says:

    istilah bulan madu mungkin di ambil dari madu ya Bund. manis-manis gitu. bulan yang penuh kemanisan, penuh madu. btw, madu juga penting sekali tuh untuk kekuatan dan stamina bagi orang yang sedang bulan madu. ealah..madu minum madu….πŸ˜†
    ======================================
    wah, Mas Badruz sedang membicarakan bulan madu ya,
    sebaiknya kita berbulan madu setiap hari ya Mas ………:DπŸ˜€πŸ˜€
    salam.

  23. yulian says:

    Madu..? wah..yang satu ini memang luar biasa bagi saya, tapi saya baru menggunakan madu ini intuk selai roti atau pemanis minuman, itu pun masih jarang bund.. apalagi digunakan untuk yang lain… he..he..

  24. saya pilih madu tapi tak mau dimaduπŸ™‚

  25. arifin says:

    saya pernah minum madu aspal (asli tapi palsu). nggak tahu dicampur sama apa, setelah tiga hari saya minum pagi dan malam, saya malah sakit tenggorokan dan batuk-batuk

  26. arifin says:

    susahnya bunda cari madu asli. banyak sih madu yang dijual di supermarket, tapi sudah nggak 100 persen lagi.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s