Tentu Anda sering menjumpai aneka sayuran asing saat berbelanja di pasar swalayan, kan ? Namun, ada kalanya Anda tak tahu aneka jenis sayuran berbentuk dan berwarna unik tadi akan diolah untuk apa.

Nah, agar tak bingung lagi, mari kenali lebih jauh aneka sayuran asing ini dan cara mengolahnya agar menjadi sajian yang menarik sekaligus lezat!

• Zucchini.

Selintas, sayuran yang termasuk ke dalam jenis labu dan populer juga dengan nama courgette ini mirip dengan mentimun berwarna hijau tua. Zucchini banyak digunakan di dunia kuliner Eropa. Cocok untuk dibuat sebagai bahan aneka sajian salad, sup, tumisan, atau aneka hidangan gurih lainya.

Cara mengolahnya, tak perlu dikupas kulitnya dan zucchini dapat langsung dimakan secara segar begitu saja, atau dihaluskan menjadi sup.

 

• Selada romaine.

Sayuran sejenis daun selada ini memiliki daun yang memanjang dan agak keras mirip sawi putih. Warnanya hijau segar dan bagian dalamnya agak berwarna kuning. Rasanya agak manis dan renyah. Biasa dibuat untuk campuran salad segar.

 

 

 

 

• Daun tanko.

Biasa kita jumpai dalam masakan Jepang, terutama pada masakan shabu-shabu. Sayuran ini banyak mengandung air dan mudah layu. Banyak dijual di pasar swalayan, khususnya yang menjual aneka bahan makanan Jepang.

 

 

 

• Siomak.

23082007071.jpg image by minggoen

Bentuknya mirip selada keriting dengan panjang sekitar 4-5 cm, namun daunnya lebih kecil. Jika dimasak, rasanya agak pahit, sehingga lebih cocok diolah sebagai bahan campuran salad segar atau dibuat tumisan.

 

 

• Horenso.

Dikenal juga sebagai bayam Jepang yang banyak mengandung kadar air. Sayur ini biasanya ditumis, dan saat ditumis tak perlu menambahkan air lagi, karena sayuran ini akan mengeluarkan air sendiri. Horenso dapat diperoleh di pasar swalayan, terutama toko khusus makanan Jepang.

 

• Daun ginseng.

Sayuran ini biasanya digunakan sebagai pengganti daun sawi hijau. Mengandung banyak air dan mudah sekali layu.

 

 

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

22 responses »

  1. zulhaq says:

    selada riomaine….i like it!!!
    ====================
    seger dan crunchy ya……………..yummy……….
    salam.

  2. wieda says:

    untuk zuchini saya pernah posting gimana saya masak sayur satu ini….
    http://amethys.blogspot.com/2009/08/masak-yukkkkk.html

    trus saya liat gambar nomer 4 yg disitu disebut siomak…itu kan okra? banyak dipakai di masakan india….hehe pernah saya coba masak..ternyata banyak cairan yg lengket2 gitu…..ih jadi ga kemakan..tapi pernah beli makanan jadi enak juga looh
    =========================================
    iya memang betul Mbak, itu okra
    atau disebut juga finger lady.
    salam.

  3. Walah gak ada yang dikenal.. pernah lihat sih beberapa di hipermarket, tapi nanya ama spg-nya, dia juga gak ngerti diolahnya gimana… akhirnya bunda mengenalkannya… tenkyuuuu…
    ===============================
    jadi, hari ini mulai masak sayuran asing dong……
    hmmm…..pasti yummy………….*ngilerdotcom*
    salam.

    • teteup ajah bun, sayur di pastrad (pasar tradisional). Irit dan tetap bergizi hihihi… skali2 boleh lah dicoba sayur asing… biar gak asing lagih..
      Salam.
      =================================
      bunda juga kalau pas bikin salad saja baru deh pakai sayuran itu,
      utk hari2 sih lebih enak bikin sayur asem atau tauge…he.hee………:D😀😀
      salam.

  4. sunflo says:

    waaahh..makasih bund, atas infonya, yg belom qtahu siomak ama horenso…perasaan siomak kek finger lady dech bund..
    ================================
    betul Mbak,
    ada juga yg bilang namanya finger lady,
    salam.

  5. Pakde Cholik says:

    Waduh, siomk kayaknya belum pernah makan tuh mbak.
    Ginseng kayaknya sudah pernah deh.
    yang paling sering ya sejenis sawi dan selada, yang lain jarang2.
    Terima kasih, artikel ini menambah wawasan ttg sayuran asing.
    Salam hangat dari Surabaya

  6. Afif says:

    wah, semuanya asing di mata saya, kecuali siomak.. rasanya pahit bgt..he🙂
    Salam.

  7. Selamat pagi Semua, Semoga Senin ini menjadi awal sukses di minggu ini. Semangat ayo !!

  8. seger seger bunda, pa lagi warnanya ijo royo royo, gizi vitamin dan mineralnya pasti banyak nih, jadi pengen lalapan dan oseng oseng nih. Selalu ada info menarik di blog nya Bunda ini, trims ya, Salam Buat Semua Keluarga

  9. noersam says:

    romain lettuce buat caesar salad..mantap

  10. tukangpoto says:

    Saya seorang pecinta makan sayuran nih,bun maklum orang Sunda . Bisa nggak ya sayuran di atas di hidangkan dengan bumbu gado-gado?

  11. Kakaakin says:

    Saya pernah beli zucchini, emang enak dimakan mentah…🙂

  12. isil says:

    makasih info nya bun..
    ternyata masih banyak nama2 diatas yang tidak sil kenal..
    ==========================
    sama2 Sil, semoga bermanfaat ya.:)
    salam.

  13. Badruz says:

    kayaknya yang paling enak dan enak di makan mentah nomer 2 bund.
    ===================================
    yg no1 juga enak dimakan mentah,
    kayak ketimun, kreces…kreces….gitu
    Salam.

  14. nakjaDimande says:

    di Bukittinggi engga ada sayuran itu Bunda.. adanya Lobak Singgalang, dimasak ala gulai kapau.. hmm, yammieee..
    =====================================
    ho…ho…Bundoku…………
    bunda selalu kangen dgn lobak singgalang……………..*ngiler,liurnya netes2*
    kadang2 suka minta dikirimin sama keponakan suami dr bukittinggi……
    Salam.

  15. kuli koding says:

    oh ternyata namanya siomak tho… saya pernah nyoba siomak bun, rasanya gimana gitu… pait…😀
    ===============================
    agak pahit memang, tapi seger ya Mas Koding.
    salam.

  16. yulian says:

    Ya.. sepertinya jenis sayur ini memang benar benar asing bagi saya

  17. meylya says:

    jenis sayuran tersebut diatas nggak bisa tumbuh di indo yah

  18. agoesman120 says:

    Ada banyak Sayuran import tsb sudah diadaptasi dan ditanam di dalam negeri.. Ada yg cocok & tumbuh baik (subur)…ada yang perlu modifikasi lingkungan tertentu.. namun ada juga yg tidak bisa tumbuh sama sekali karena faktor iklim.
    Thanks atas sharing infonya Bunda..
    Salam Hangat
    =========================================
    tuh, pertanyaan dr Mbak Meylya sudah dijawab sama
    Mas Agoes………………..:)🙂
    Terima kasih utk masukkannya ya Mas Agoes.
    salam.

  19. nanaharmanto says:

    Wah, saya juga sering bingung kalau ke supermarket lihat sayuran asing ini, sekaligus penasaran, ini dimasak apa ya? gimana masaknya ya?🙂

    Yang pernah saya masak hanya zuuchini (kalau nggak salah disebut juga timun jepang) dan daun ginseng itu, yang lain belum pernah nyoba…

    salam,
    ===============================
    bunda juga baru nyobain masak zuccini dan ginseng,
    kalau yg lain sih, pas kebeneran makan diresto jepang.
    salam.
    nana

  20. isnuansa says:

    Belom pernah nyobain Bund, saya makannya Toge aja, hihihi…
    ===============================
    dirumah juga pada suka taoge, kangkung dan bayam
    eh, sayur asem juga ………….:D😀
    salam.

  21. akhlis says:

    Ada lagi bun, rutabaga (semacam umbi2an berwarna kuning), artichoke juga
    =============================
    terima kasih utk tambahan masukannya, Mas Akhlis.
    memang masih ada beberapa lagi, seperti thyme atau dhil juga.
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s