Penampilan apel yang merah dan ranum mengundang imajinasi dan selera orang yang memandangnya. Apel dijuluki buah terlarang yang sensual dan memiliki daya tarik tersendiri. Lebih dari itu, buah ini punya banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu:

 

1. Menurunkan kadar kolesterol.


Life Science tahun 1999 menulis, selain menurunkan kolesterol jahat, apel juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kandungan pektin dan asam D-glucaric dalam apel berjasa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Mencegah kanker dan menyehatkan paru-paru.

National Cancer Institute di AS melaporkan, zat flavonoid dalam apel terbukti dapat menurunkan risiko kanker paru-paru sampai 50 persen.

Penelitian dari Cornell University di AS juga menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43 persen.

3. Mencegah stroke dan penyakit jantung.


British Medical Journal (1996) mencatat, apel terbukti mencegah serangan stroke. Publikasi penelitian di Finlandia (1996) menunjukkan, orang berpola makan kaya flavonoid mengalami insiden penyakit jantung lebih rendah.

4. Menurunkan berat badan.

Sebagai sumber serat yang baik, apel baik untuk pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Apel merupakan camilan yang sangat baik untuk orang yang sedang menurunkan berat badan karena kadar seratnya tinggi sehingga mencegah rasa lapar datang lebih cepat.

5. Menjaga kesehatan gigi.


Apel juga mengandung tanin, zat yang bermanfaat mencegah kerusakan gigi periodontal. Penyakit gusi itu disebabkan saling menempelnya bakteri pembentuk plak. Itu menurut Journal of American Dental Association (1998).

6. Membuat perempuan tetap cantik.

Kandungan boron dalam apel terbukti membantu wanita mempertahankan kadar hormon estrogen saat menopause.

Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang disebabkan oleh ketidak-seimbangan hormon di kala menopause, misalnya semburan panas ( hot flushes ), nyeri, depresi, penyakit jantung, dan osteoporosis.

7. Melindungi tubuh dari virus flu.


Konowalchuck pada 1978 mengeluarkan publikasi mengenai efek antivirus dalam minuman sari buah apel.

Menurutnya, sari apel sangat baik untuk melawan serangan infeksi virus karena stamina dan kekebalan tubuh meningkat berkat konsumsi sari apel itu.

Salam.

Sumber : health sense.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

24 responses »

  1. bri says:

    salam pagiii bundaaaa selamaat pagiiii^^
    bundaaa kangeeenn
    bundaaaaaaaaaa^^
    apelnya segerrr pas bgt sama musim panas skrg…
    bundaaaaaaaaa kangennnnnn
    ===================================
    makan buah selalu baik utk kesehatan Bri,
    Bri nggak boleh mogok makan buah ya.
    Bunda jg kangen sama Bri,
    selalu sehat ya.
    Salam.

  2. kolojengking says:

    Enak bunda… apalagi kalo dibikin jus, seger tenan bunda… he.he.πŸ™‚
    ==================================
    lebih segar lagi kalau
    Dinda Bestari yg membuat ya Mas Kojeng……………:DπŸ˜€
    Salam.

  3. Hariez says:

    jujur Bunda yang aku tahu hanya memakan buah apel yang bervitamin saja tidak tahu dengan kelebihannya😳
    ===================================
    alhamdulillah, sekarang jadi tau kan ya, Mas.
    Salam.

  4. Saung Web says:

    Ternyata banyak juga ya khasiatnya.. cuman duh ntu tuh bunda harganya.. mendingan binahong nih… ohya salam kenal ya
    =======================================
    sala kenal juga,
    terimakasih sudah menyempatkan mampir disini.
    apel malang kan nggak terlalu mahal,
    namun khasiatnya sama.
    Salam.

  5. akhlis says:

    Makin terlarang,makin menggoda..haha
    Dulu aku juga suka makan buah apel dan pir skalian ma kulit2nya. tapi stelah baca ttg isu pestisida jadi mikir2 enaknya gmn ya, dikupas ato dimakan ma kulitnya juga. Sebelum makan aku dah cuci bersih sih, tapi tetep ada kekhawatiran masih ada pestisida. Dilematis juga. Buang kulitnya, brarti buang serat dan vitamin yg berguna. tapi kl dmakan langsung, takut kena kanker krn penumpukan pestisida. Apalagi denger2 ada buah yg dikasih zat lilin biar awet, ga cepet busuk. bener ga sih? Bisa diare aku kalau makan lilin…Aduh, pusingnya jadi sehat….
    ===================================
    nggak usah pusing,Mas Akhlis.
    tetap saja cuci dgn bersih, lalu baca bismillah
    insyaallah akan tetap menyehatkan.
    salam.

    • akhlis says:

      pusingnya krn habis bayar apel yg mahal, bunda
      ==============================
      nggak usah pusing, Mas
      beli saja apel malang, lebih murah, namun sama khasiatnya.
      Salam.

  6. tetep ga ngerti bunda …mengapa poster yang ngegambarin tentang adam dan hawa, yang jadi buah khuldi-nya si apel? malang nian nasibmu apel….

  7. hmm apel ..
    suka banget makan apel, terutama apel malang, karena rasanya asem2 manis ..
    seger ..

    Cara Membuat Website

  8. kenapa yah kok bisa dibilang terlarang? apa terlarang untuk dinikmati? atau terlarang untuk tidak dinikmati…:) salam bundaa

  9. guskar says:

    saya makan apel untuk menetralisir kafein di kopi yg cukup banyak saya konsumsi setiap harinya..
    menurut saya makan apel paling dahsyat, apel digosok2kan di baju/pakaian, langsung digigit plus kulit2nya…πŸ˜€
    =======================================
    kuman2nya mati setelah digosokkan di bajunya Gus ya….:DπŸ˜€πŸ˜€
    salam.

  10. agoesman120 says:

    Kalo disimak-simak sebenarnya hampir semua buah ada manfaatnya toek kesehatan… tapi yang jelas cari buah lokal aja biar lebih irit..
    Salam Hangat
    =======================================
    Betul, Mas Agoes, setiap buah punya keunggulan sendiri2,
    cari yg sehat dan harga terjangkau saja, seperti saya juga…..:)πŸ™‚πŸ™‚
    Salam.

  11. sobatsehat says:

    ntar komennya bunda, jawaban pertanyaan bunda sudah ada di blog saya.
    ======================================
    Segera ke TKP, Dan terima kasih banyak atas atensinya Mas Putra.
    Salam.

  12. omagus says:

    wah bakalan pulang beli apel nih keknya..!
    ================================
    bunda dibeliin juga ya………:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  13. liza says:

    wah bunda ngebahas tentang buah cinta. liza pernah baca, dengan mengkonsumsi satu apel/harinya maka tak perlu lagi ke dokter… (wah bisa miskin nih para dokkter ntar)
    =====================================
    he….he……nggak gitu2 banget juga kali, Liza…………:)πŸ™‚πŸ™‚
    nanti bunda dimarahin dong sama para dokter…….takuuut…….:(
    Salam.

  14. zipoer7 says:

    Salam Takzim
    Mohon pencerahannya kenapa disebut buah terlarang, apa bentuknya sama dengan buah khuldi yang ada di sorga. Terus terang baru dengar kalau apel disebut buah terlarang, kapan mulai disebut dan pertama kali disebut sebagai buah terlarang oleh siapa ya Bun. Mohon pencerahannya ya Bunda
    Salam Takzim Batavusqu
    ======================================
    sepanjang yg bunda tahu, mereka yg nasrani, menganggap
    buah yg dimakan Adam dan Eva dulu,
    adalah buah apel, Mas.
    semoga berkenan dgn keterangan yg serba minim ini.
    salam.

  15. RitaSusanti says:

    Manfaat dari buah yang satu ini sangat banyak, tetapi sayang harga nya mahal (sepakat dengan komen Pak Badruz)
    ====================================
    duh, Mbak Rita, bunda juga beli apelnya yg murah saja,
    apel malang, krn sama saja khasiatnya.
    Salam.

  16. sedjatee says:

    banyak manfaatnya, tetapi disebut sebagai buah terlarang.. karena mahal kali ye… hehehe…

    sedj

  17. nh18 says:

    So …
    Perbanyaklah makan buah terlarang …
    hehehe

  18. aduh…masalahnya saya ndak suka apel…tapi melihat fungsinya yang banyak begitu sepertinya saya harus mulai belajar menyukainya neh…

  19. Badruz says:

    Sayang bund, harganya cukup mahal, jadi tidak bisa terlalu sering membelinya. paling2 apel hijau semu kuning dan kecil-kecil yang murah meriah bund. waktu bapak saya kena penyakit lemah jantung, kesehariannya sering minum apel hijau yang murah itu. di parut, kemudian hanya di ambil airnya saja. bagi orang normal, air apel itu juga sangat enak dan nikmat.
    salam.
    =============================================
    terima kasih banyak Mas Badruz atas masukannya
    ttg manfaat lain dr apel.
    kebetulan ibunya bunda punya penyakit jantung,
    mau disuruh coba juga utk beliau.
    Semoga Bapaknya Mas Badruz selalu diberi rezeki kesehatan olehNYA, amin.
    salam hormat utk Bapak.
    salam.

  20. D3pd says:

    Selamat pagi bunda, ^_^…V pertama ya bun…

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s