DATES (Kurma) by djokomuljanto.

Allah Swt telah melebihkan kurma dari buah-buahan yang lain. Allah menyebutkannya dalam Al-Qur’an dalam 20 tempat yang berbeda dengan memakai lafaz pohon kurma; an-Nakhl, an-Nakhiil dan an-Nakhlah.

Kurma mendapat tempat istimewa dalam Al-Qur’an dan sebenar-benar perkataan adalah Kalamullah (Al-Qur’an Al-Karim). Allah telah menetapkan bahwasanya pohon kurma ada di bumi, kemudian Allah mengutamakannya dengan menyebutkan ciri-ciri pohon dan buah ini.

Allah berfirman:

“ Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang memiliki kelopak mayang. ” (Q.S. Ar-Rahman: 11).

Ibnu Katsir berkata : ” Allah menyebutkan buah kurma ini secara khusus karena kemuliaan dan manfaat yang dikandungnya, baik ketika masih basah maupun ketika telah kering .”

“ Dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun. ” (Q.S. Qaaf: 10).

Buah kurma mengandung banyak manfaat, di antaranya kurma sangat dianjurkan bagi perempuan yang hamil dan yang akan segera melahirkan. Bahkan Allah memerintahkan Maryam binti ‘Imran untuk memakan buah kurma ini ketika ia sedang nifas.

Kurma Menurut Tinjauan Medis dan Pengobatan.


 

1. Dalam kurma, ditemukan beberapa bahan kimia yang memengaruhi horman oksitosik, yaitu hormon yang bercampur di dalam peranakan wanita, sehingga dapat membantu percepatan kelahiran, serta dapat mengurangi resiko pendarahan setelah melahirkan.  Bahan yang lain, yaitu hormon pembangkit kelenjar susu, sehingga dapat memperlancar ASI (Air Susu Ibu).

2. Serat selulosa berguna untuk membangkitkan kerja usus, sebagai obat mujarab untuk penyembuhan yang disebabkan kurang makan. Serat ini tidak dapat dicerna oleh alat pencernaan kita, sehingga dapat menjaga tubuh supaya terhindar dari kekurangan makanan dalam perut.

3. Vitamin A diperlukan untuk pemeliharaan epitel selaput lendir, ketajaman penglihatan mata, dan pencegahan terjadinya infeksi. Oleh karena ini lah orang-orang gurun selalu mengkonsumsi kurma untuk memperkuat pendengaran dan memfokuskan penglihatan.

4. Fosfor bersama kalsium diperlukan untuk membentuk tulang dan kesehatan gigi. Fosfor berguna untuk membangun aktivitas kelenjar dan mengembalikan fungsi kelenjar tubuh. Fosfor juga berperan penting sebagai nutrisi otak, sehingga bila dikonsumsi teratur, dalam jangka panjang berefek mencerdaskan otak.

5. Magnesium penting sekali bagi aktivitas kehidupan di dalam tubuh, serta untuk menjaga diri dari penyakit.

6. Besi sangat penting untuk aktivitas pembentukan hemoglobin dan zat darah merah dalam sumsum tulang. Oleh karena itu, ia diperlukan untuk melindungi manusia dari kekurangan darah.

7. Seng, diperlukan untuk mengobati penyakit sensitivitas tubuh.

8. Kurma kering mengandung aspirin (acetylsalicylic acid) alami yang dapat mengurangi rasa sakit (analgesic).

9. Kalium (potassium) signifikan untuk mengatasi kelelahan, membuat organ jantung bekerja lebih optimal, mengaktifkan kontraksi otot, dan berperan dalam pengaturan tekanan darah.

Salam.

Referensi : dr berbagai sumber.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

25 responses »

  1. Hariez says:

    justru karena khasiat-khasiat diatas itu Bunda sampe sekarang masih suka apalagi itu menjadi kiat sehat Baginda Rasul😀
    ==================================
    semoga Allah swt selalu memberikan
    kita rezeki kesehatan ya Mas, amin.
    salam.

  2. Ingat kurma jadi ingat bulan Ramadhan… tp itu dulu, klo skrng buah kurma dah bs dijumpai di hampir setiap waktu ya Bun, ternyata kandungannya banyak banget, Subhanallah…
    ==================================
    Benar Mas Edi, sunnah Rasul selalu baik
    utk kita ikuti.
    Salam.

  3. akhlis says:

    Waduh, kok aku gak gitu suka yg manis2 ya bunda. Suka yg asam2 malah (tapi aku gak hamil lho bun). Tapi aku pernah baca kalau Rosul juga suka atau menyarankan kita makan buah pir. Nah,kl pir aku lebih suka, seger banget gitu lho. Berair, crunchy, renyah, ga kaya kurma yg lengket di sela2 gigi (bikin stres kl sikat gigi). Entah kenapa kalau aku makan kurma rasanya pingin langsung minum,kayak eneg krn manis banget.
    ======================================
    kalau begitu mungkin Mas Akhlis
    lebih cocok makan kurma yg masih mengkal,
    rasanya seger2 crunchy gitu, coba deh.
    Salam.

    • akhlis says:

      wah,ada ya kurma jenis itu? belum pernah liat deh.kebanyakan yg dijual di sekitarku yg dah mateng banget. manisnya minta ampun, empuk trus lengket di gigi.
      ===================================
      Ada Mas, kalau tinggal di Jakarta
      bisa beli di Pasar Tanah Abang.
      salam.

  4. sekarang lagi trend minumjus kurma, apalagi untuk yang lagi DB….
    ===============================
    dan ternyata baik utk kesehatan ya Mbak Desri.
    Salam.

  5. hmm .. selain enak ternyata banyak manfaatnya ..
    pantas saja jika kurma itu sangat disarankan untuk dikonsumsi setelah puasa ..

    Cara Membuat Website
    ================================
    InsyaAllah, sunah Rasul itu utk kebaikan kita umat Beliau.
    salam.

  6. ningrum says:

    rasulullah memang uswatun hasanah Bun ^_^
    =========================
    Dan, akhlak Beliau adalah Al-Quran.
    Salam.

  7. masnur says:

    Bagi say akalo makan kurma itu seperti terapi, campuran antara kelembutan dan rasa manis. Nikmat memang Bun.
    Salam kenal, baru mampir nih.
    =====================================
    Salam kenal juga Masnur.
    terima kasih sudah menyempatkan mampir.
    kurma memang enak dan manfaatnya banyak.
    Salam.

  8. blogpopuler says:

    Subahanallah, memang buah kurma sangat banyak manfaatnya.Kebetulan aku paling suka buah yang satu ini
    =================================
    sama dong kita ya….:)🙂🙂
    Salam

  9. nakjaDimande says:

    Allah selalu memberikan buah2an istimewa di setiap negeri, walaupun di mekah adalah negeri tandus yang tak punya tanaman buah tropis tapi ada kurma yang khasiatnya penuh menggantikan buah2an lain. Subhanallah..
    ===============================
    Kebesaran akan ayat2NYA ada diseluruh permukaan bumi ini ya Bundoku……….
    Salam.

  10. Wong Jalur says:

    Begitulan Bunda jika sesuatu sudah disebut dalam Al-Quran berarti mengandung sesuatu yg luar biasa. Wong yg diajarkan Rasul saja speti tidur miring dengan kepala di atas tangan mengandung hal yg luar biasa ditinjau dari medis, aplg jika disebut dalam al-Quran.
    ====================================
    Insya Allah bertambah keyakinan kita
    betapa indah dan damainya Islam itu ya Mas.
    Salam.

  11. aap says:

    Sekarang saya setiap hari minum sari kurma..benar bikin badan enak.
    Salam kenal..!
    ===============================
    Alhamdulillah, semoga selalu sehat ya Mas.
    Salam.

  12. indra1082 says:

    Ada SENG juga ya bund?? gak Mbeler itu bund??:mrgreen:
    =============================
    😀😀😀😀

  13. Mangkanya saya kalo puasa itu lebih sreg buka dan sahur pakai kurma bun.
    ============================
    Tapi kok, puasa kemarin, bunda nggak dikirimin
    kurmanya tho Pak Guru……………:(😦😦
    salam.

  14. Kurma mimang menyehatkan ya bun
    ============================
    link ” perawan tuane” wis tak tangkringin maning Pak Guru.
    Salam.

  15. yang paling enak adalah kurma

    apalagi di bulan puasa

    blogwalking sebelum ujian akmen
    akuntansi manajemen
    ===================================
    Selamat menempuh ujian, semoga sukses.
    Salam.

  16. arifin says:

    pas ramadhan kemarin kurma tandan aljazair di sebuah supermarket manado harganya 47 ribu per 500 gr. beberapa hari yang lalu ternyata stok masih banyak, diobral, 10 ribu dapat 1500 gr. ternyata masih banyak yang anggap remeh khasiat kurma ya?
    ===========================================
    duh, murah banget ya Mas Arif.
    mau dooooong…………..
    Salam.

  17. riankurus says:

    kok aku kurang suka yach bu ? hiks..hiks..hiks.. padahal kandungannya bener2 bagus. sedih aku karena tidak suka. Pernah memaksanya, tapi tak tertelan
    ======================================
    nggak apa2 kan masih suka dgn buah yg lain ?
    Salam.

  18. Triunt says:

    Jadi inget tetangga yang pas hamil ngidam kurma padahal carinya lagi susah.

    bener2 cobaan buat suaminya.

    salam kenal bun..🙂
    ======================================
    wah, kasihan juga ya…
    coba kalau d jakarta, nggak musim haji pun, kurma
    selalu banyak di Tanah Abang.
    Salam.

  19. Pakde Cholik says:

    Rasulullah memang manusia teladan ya mbak. Semua ucapan dan tingkah lakunya membawa kemaslahatan bagi umatnya.
    Alhamdulillah kita bisa menjadi umat beliau.
    Salam hangat dari Surabaya

  20. Dream House says:

    saya suka makan kurma bunda. dengan ini saya jadi tahu kandungan gizi kurma. biasanya cuma makan karena rosul juga suka makan kurma.🙂
    ===========================================
    benar, apapun yg dilakukan Rasulullah selalu
    utk kebaikan kita, umat beliau.
    Salam.

  21. kanglurik says:

    begitu banyak bun kandungan yang ada di kurma… Subhanalloh…
    ======================================
    begitu juga kandungan yg ada didlm air zam-zam, Kanglurik.
    Salam.

  22. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    KURMA TERNYATA BERFAEDAH SEKALI, YA?

  23. sobatsehat says:

    kandungan yang lengkap banget bunda. kalo buka puasa pasti makan kurma dulu. biar segar

  24. badruz zaman says:

    Subhanallah ya Bund kandunganya. sama juga seperti air zam-zam. keduanya sama2 unik bin ajaib.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s