Fruit & Vegetables by Jeff Harris of Baltimore.

Sebelum mengonsumsi makanan, perhatikan betul kebersihannya. Tubuh kurus langsing tapi terkena diare atau cacingan juga tidak asyik kan. Apalagi tubuh tambun berpenyakit. Polusi dalam makanan mentah terjadi karena pestisida, bakteri, parasit, dan telur-telur cacing.

Hal inilah yang membuat orang agak was-was . Untuk menjaga kebersihan makanan mentah, ikuti tips berikut ini:

1. Pilih sayur dan buah yang bebas dari ulat atau serangga.

Buah yang mempunyai ulat atau serangga menunjukkan kurang atau tidak adanya sisa zat pestisida. Walau demikian, penggunaan berbagai jenis racun pada jangka waktu lama menyebabkan hama menjadi kebal.

2. Mencuci bersih sayur dan buah dengan air mengalir sebelum disantap. Mencuci sayur dan buah dapat mengurangi efek pestisida sekitar 10-20%.

3. Setelah itu rendam dengan cuka apel atau cairan pencuci yang banyak tersedia di supermarket.

4. Jangan merendam sayur dan buah setelah dipotong karena vitamin C mudah larut dalam air. Buah-buahan yang perlu dikupas kulitnya harus langsung disantap karena vitamin mudah teroksidasi oleh udara dan suhu tinggi.

5. Cuci dengan bersih semua peralatan yang telah digunakan untuk memotong .

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

23 responses »

  1. akhlis says:

    Aku juga pingin rajin2 makan makanan mentah macam lalapan&buah, tapi masalahnya ya itu, pestisida.
    Postingan bunda malah bikin aku pingin punya rumah di tempat yg jauh dr kota, yang pekarangannya luas, spy bisa tanem sendiri sayur2an yg kita konsumsi. Ga perlu beli, ga perlu mikir dan ketakutan “Ni kena pestisida gak ya?”. Meski agak repot krn harus ngerawat tapi aku pikir berkebun/bercocok tanam itu sarana refreshing juga,kayak blogging.
    Tapi kalo dah telanjur punya rumah di kota, yg halamannya aja dah disemen/dipaving semua, ya gimana lagi…tapi kan bisa disiasati dg pake pot.
    Jujur aku paling sebel kl liat rumah pekarangannya sempit trus disemen semua, kayak rumah yg sekarang kutempati. Maklum rumahnya papi jadi sbg anak aku ga punya wewenang dlm menentukan design rumah😦 ga demokratis..
    Dulu ada taman di dpn rumah tp dah disulap jadi garasi..Ga ada ruang buat nanem tanaman lagi. Semua batu bata, ubin, dan semen…ughhh.
    ======================================
    bunda doakan, nanti kalau Mas Akhlis sudah punya rumah sendiri,
    agar halamannya cukup luas utk ditanami berbagai pohon buah dan sayuran,
    selain adem, juga bisa makan buah dan sayur segar setiap hari.
    bunda dikrimin ya, kalau pas panen…….:)🙂 :
    salam.

  2. saya suka makan buah dan sayur segar mentah (lalapan) ..
    untuk itu memang harus benar2 bersih agar tidak jadi penyakit ..
    trims ya tipsnya ..

    Cara Membuat Website
    ==============================
    sama2, terima kasih juga Mas,
    semoga bermanfaat ya………..
    salam.

  3. Pakde Cholik says:

    Waktu kecil kalau mau makan jambu cukup di gesek-gesekkan di celana saja langsyng diemplok .Waktu di Akabri kala latihan di lapangan ya langsung dilap pakai baju. Gitu kok ya sehat2 saja lho, hiiiiiiii.
    Sekarang kalau makan anggur kadang langsung dari tokonya ha ha ha
    Sebaiknya memang harus dicuci ya mbak.
    Terima kasih tipnya.
    ========================================
    mungkin kuman nya takut sama PakDhe…he……he….:D😀
    Salam.

  4. bri says:

    salampagii bunda^^
    bundaaaaaaaaaaaaaaa^^
    segar segar segar…
    bundaaaaaaaaaaaaaa
    abiss ituh minum ovaltine iaa
    biar cepet endud..ahahay
    bundaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa^^
    ======================================
    Alhamdulillah, Bri sudah semangat kembali……………
    jaga kesehatan ya Bri sayang…………..
    salam.

    • bri says:

      bundasayangbrijugasayangbundaa^^
      salampagii bundaa
      bundaaa mau berangkat kuliah
      bundaaa terimakasih buatdoadaribundaa
      bri harus jaga kesehatan
      biar bisa aktifitas teyuus^^
      ===================================
      jaga kesehatan dan jangan lupa juga ibadah ya Bri…………:D😀
      Salam.

  5. haris ahmad says:

    terima kasih tipsnya bundo

  6. nakjaDimande says:

    hehhe.. dari lima poin itu, aku cuman melakukan yang kedua bun.. ok deehh saran bunda mulai hari coba dilaksanakan🙂 makaciy bunda cay..
    ====================================
    yg penting sewaktu makannya nggak sakit gigi kan Bundoku sayang,
    kalau sakit, tetap saja semuanya jadi nggak ada yg enak………
    Terima kasih juga Bundoku………….
    Salam.

  7. sunflo says:

    wuiiih… makasih atas sharing infonya bunda, biar dapat makanan yang halalan wa thayyiban yaaak..^^

  8. ada yang kurang bunda

    yaitu

    berdoa
    membaca bismillah
    ================================
    itu yg paling pertama ya Mbak…..
    salam.

  9. elmoudy says:

    tip yang manfaat banget…
    kadang gw gak terlalu care ama buah2an ..
    asal cuci n santap sesukanya..

    makasi Bunda,,

  10. Makasih bund tipsnya.. bermanfaat sekali, karena kesehatan itu memang sangatlah penting dan sangatlah mahal..
    terkadang hal-hal yang demikian memang kurang diperhatikan oleh orang-orang, padahal juga berpengaruh pada kesehtan!
    Cara Membuat Blog
    =======================================
    alhamdulillah, semoga bermanfaat.
    salam.

  11. RitaSusanti says:

    Hmm, info yang sangat bermanfaat nih Bund, terima kasih.

  12. badruz zaman says:

    cuocuok Bund. Ada kebiasaan istri saya di rumah, sering tidak mencuci lombik untuk masak. selalu saya tegur. ini akan berbahaya, bisa jadi tanaman lomok ada juga yang memakai semprot hama..
    =====================================
    betul Mas Badruz,
    kayaknya hampir semua hasil pertanian
    sudah kena pestisida ya.
    Salam.

  13. omagusnet says:

    nanti kasih tau ama istri bund..!
    ===========================
    seneng makan lalapan ya Omagus ….??
    salam.

  14. omagus says:

    tips segar bunda…!

  15. Zulhaq says:

    tips pagi, buah seger, jadi pengen yang seger seger nih he he he he
    ==============================
    di hutan kan banyak yg seger2, Mas Zul.
    Salam.

  16. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Perlu banget diketahui, nih.

  17. Selamat Pagi semua……..

  18. mentah lebih segar, namun kebersiahn memang sangat perlu, trims tips nya bunda, salam untuk semua keluarga
    =============================
    terima kasih Mbak,
    salam hangat juga utk keluarga.
    Salam,.

  19. ada yang bilang, kalo sayuran ada bekas gigitan uletnya itu menandakan kadar pestididanya rendah, betul ga bunda?
    ===================================
    gitu ya?
    kayaknya tetap saja harus dicuci, kan sedikit atau nggak nya si pestisida
    kita pengen yg bersih………….dan sehat
    salam.

  20. pertama ya? jadi bisa direndam dengan cuka apel, apa tidak merubah rasa bunda?
    ================================
    kan direndamnya cuma sebentar saja………
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s