Sekarang ini sedang musim buah mangga dimana2, sangat mudah ditemukan, di Super market, di pinggir jalan maupun yang lewat di depan rumah. Dan, harganya pun termasuk terjangkau, tidak terlalu mahal.

Selain air dan karbohidrat (termasuk di dalamnya serat), mangga juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, macam-macam asam, tanin, zat warna, dan zat volatil. Zat volatil inilah yang memberikan aroma harum khas pada mangga.

Karbohidrat daging buah mangga terdiri atas gula sederhana (sukrosa, glukosa, fruktosa) pati, dan selulosa. Gula berperan dalam memberikan rasa manis dan penghasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh.

Kadar pati mangga masak lebih sedikit daripada mangga mentah karena telah banyak diubah menjadi gula. Serat pangan jadi bagian dari karbohidrat, terutama selulosa dan pektin.

Mangga mengandung vitamin A, C, dan B kompleks terutama B1,B2, B3, dan B6.

Mangga muda mengandung vitamin C lebih tinggi daripada mangga matang, tapi kadar vitamin A-nya lebih rendah.

Mangga juga mengandung mineral, kalsium, besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Keuntungan lain, rasio antara Na dan K rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita darah tinggi.

Beberapa senyawa asam (terutama asam sitrat) berkontribusi terhadap rasa asam, berkisar 0,13 – 0,71 persen. Kombinasi kadar gula tinggi dan rasa asam itulah yang menyebabkan mangga dapat merangsang selera makan.

Jadi, patutlah kita bersyukur karena di negeri ini, kaya akan segala macam buah2an yang penuh dengan segala macam vitamin.

Salam.

referensi : Gaya Hidup Sehat.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

13 responses »

  1. yani says:

    iya bunda…sangat bersyukur kita bisa menikmati bermacam-macam buah tropis yang penuh ragam. di sini kangen mangga banget lho bun.. makanya seringnya jus mangga pabrikan, hehe… kan ngga da buah mangga di negara subtropisπŸ˜‰
    =================================
    wah, seandainya bunda bisa kirimin utk Mbak Yani………:)πŸ™‚
    Salam.

  2. haris ahmad says:

    wah saya suka mangga terutama di jus………..enak banget

    selamat siang bundo
    ==========================
    enak dan sehat………yummy……:DπŸ˜€πŸ˜€
    salam.

  3. sedjatee says:

    mangga… sumber vitamin, enggakpun saya tetap suka, karena enak… mangga juga seru dimakan, yaitu mangga yang dapetnya dari nyolong milik tetangga.. hehehe, ingat masa kecil… btw, makasih dah masang taut blog saya di blog ini, insyaAllah sebaliknya juga terpasang… salam mangga…

    sedj
    =====================================
    ha….ha….masa2 kecil kita sama ya Mas,
    suka nyuri mangga tetangga ,walaupun nyurinya sama anak yg punya pohon itu juga sih,
    sama2 terima kasih juga Mas, taut saya dipasang.
    Salam.

  4. zipoer7 says:

    Salam Takzim
    Mangga, saya pun masuk. karena ini sebutan bagi orang sunda.. Eh disini dikupas warnanya orange kekuning-kuningan kalau tukang mangga disunda kumaha nyebutnya ya..
    Benar bun, mangga mengadung banyak vitamin, jadi bisa disebut buah multivitamin. Saya belum pernah mendengar ada orang yang tidak suka manggah, sungguh buah yang multiguna ya bunda.
    Salam Takzim Batavusqu
    =================================
    Alhamdulillah, negeri kita sangat kaya
    dgn aneka ragam buah2an yg lezat2 ya Mas……….
    Salam.

  5. jadi ngiler liat mangga, di beberapa daerah sekarang lagi musim mangga, kalo nggak punya ya terpaksa deh beli, salam untuk semua keluarga Bunda
    ======================================
    wah, lagi musim dimana2 kok Mbak,
    lagi pula harganya juga terjangkau……..
    utk ug punya pohon sendiri, lebih asyik lagi tentunya………:D :D:D
    Salam.

  6. RitaSusanti says:

    Hmm, iya gambar di atas sangat menggiurkan tuh BUnd:). Ah negeri kita memang kaya akan hasil alam seperti buah2an itu lah..Alhamdulillah.
    =================================
    ho ho Mbak Rita ngiler ya………
    memang mangga buah yg enak dan berkhasiat…..
    Salam.

  7. Hariez says:

    selamat malam Bunda..πŸ˜€
    lebih nikmat dan sehat rasanya jika dinikmati dengan penuh syukur ya BunπŸ˜€

    -salam- ^_^
    ================================
    apalagi bersama dengan orang2 yg kita sayangi ya………
    Salam.

  8. tukangpoto says:

    Mangga muda itu buah favorit saya semenjak jaman saya SD,apalagi yang dagingnya putih dan mak krekes kalo digigit,waduh jadi menerbitkan air liur nih. Oya salam kenal dari tukangpoto, Bunda.
    ======================================
    Salam kenal juga,
    terima kasih sudah menyempatkan berkunjung……
    kalau mangga muda yg krekes2 itu, yg enak mangga Manalagi Mas………
    Salam.

  9. yusupman says:

    Mangga selain rasanya enak,enak dilihat jg kandungan yg terkandung di dalamnya kaya juga ya Bunda..
    ==============================
    Kebesaran kasih sayang NYA pada kita,
    yg telah menyediakan utk kita Mas………….
    Salam.

    • andry sianipar says:

      betul,,,,,,
      saya juga salah satu penggemar berat benar mangga lho,,,
      ===========================
      hampir semua orang suka mangga ya Mas……..:)πŸ™‚
      Salam.

  10. hai bunda….
    lama tak berkunjung…
    wah kebetulan disoroako lagi musim mangga, jadi cocok nie ma tipsnya. plus karena mangga juga salah satu buah favorit kami sekeluarga.
    ======================================
    Hai juga…………:)πŸ™‚πŸ™‚
    lama tak berkunjung, tapi yg penting kan selalu sehat ya Mas………
    kayaknya memang mangga buah yg banyak penggemarnya,
    termasuk juga kami sekeluarga……..
    Salam hangat utk keluarga,Mas…………
    Salam.

  11. guskar says:

    lihat gambar paling atas saya kok jd senyum2 bun… soalnya klo lg malas mengupas mangga, cara makan yg seperti di gambar itu… 1 mangga langsung tandas.. rupanya mangga kaya akan vitamin yaπŸ™‚
    =================================
    cara yg paling gampang ngupasnya kayak gitu ya Gus………..:)πŸ™‚
    langsung dinikmati………nyam……….nyam……yummi………
    Salam.

  12. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Di depan rumah saya juga nanam tiga batang pohon mangga. Ketiga-tiganya berbuah lebat, sayang belum ada yang masak.
    Pengen?
    ==============================
    kapan bunda dikirimin mangga ya…………( ngarep dot com )………:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s